Ayunda Zikrina A proud Hoster Ranger takes part as Head of Brand and Market Development. A social media and digital marketing geek who enjoys writing as much as scrolling Twitter. You might find my written words speak louder than my vocal.

Cegah Penyebaran COVID-19, Niagahoster Wajibkan Work From Home

3 min read

Niagahoster Terapkan Work From Home

Menanggapi meluasnya penyebaran wabah COVID-19, Niagahoster menetapkan kebijakan kerja dari rumah atau yang saat ini familiar dikenal dengan istilah work from home (WFH). Semua proses bisnis yang biasanya kami lakukan di kantor, berpindah total ke daring dan secara remote. Bagaimana persiapan dan proses berjalannya work from home ini? 

Niagahoster Mewajibkan Work From Home Sejak 16 Maret 2020

Sejak ditemukannya kasus positif COVID-19 di Solo dan penambahan pasien positif COVID-19 yang cukup signifikan setiap harinya, Niagahoster segera mengambil tindakan. Kesehatan para karyawan dan keluarga tetap menjadi perhatian utama kami. Tantangan terbesarnya adalah meski bekerja remote bukan hal yang baru untuk para Hoster Rangers, namun ini adalah pertama kalinya kami bekerja full remote untuk semua tim. Gedung kantor kami sterilkan, tidak ada Hoster Rangers yang diperbolehkan untuk bekerja di kantor. Semua aktivitas bekerja wajib dilakukan di tempat tinggal masing-masing. 

Kebijakan ini ditetapkan sejak 16 Maret 2020. Niagahoster sepenuhnya memfasilitasi kebijakan ini. Mulai dari perangkat kerja seperti laptop, PC, monitor, bahkan hingga meja dan kursi kerja – jika memang dibutuhkan – disediakan dan bisa dipinjam bawa pulang selama WFH untuk semua Hoster Rangers. Tidak hanya itu kebutuhan seperti koneksi internet, uang makan, dan hal penunjang lainnya juga disediakan oleh Niagahoster. Kami ingin memastikan produktivitas tetap terjaga dengan baik meski proses kerja dilakukan di rumah masing-masing. Dengan demikian, kualitas pelayanan kepada pelanggan tetap terjaga. 

“Tim CS adalah tim dengan jumlah member terbanyak di Niagahoster. Kami membutuhkan persiapan yang sangat detail untuk memulai WFH, tantangannya antara lain adalah tim CS belum pernah sebelumnya melakukan WFH, banyak aktivitas tim CS selama ini dilakukan offline/tatap muka dan ada dependensi yang tinggi terhadap device dan koneksi internet yang reliable di kantor. 

Bagaimanapun juga, pada akhirnya kami harus bisa menerapkan WFH untuk mencegah Covid-19. Team CS bekerja sangat keras untuk memastikan WFH berjalan dengan baik, kami lakukan banyak effort untuk memastikan Team CS siap memulai WFH, seperti: setting device, penyediaan kebutuhan team untuk bekerja, melakukan briefing kepada seluruh member mengenai plan WFH dll. Dapat kita lihat sampai saat ini setelah beberapa hari penerapan WFH, layanan CS tetap on dan berjalan dengan baik.”

-Badai Mahendra Giri, Customer Support Manager Niagahoster, terkait persiapan WFH untuk tim customer support Niagahoster

Baca juga: Pentingnya Mengelola Keberagaman di Tempat Kerja

Budaya Freedom and Responsibility Menjaga Hoster Rangers Tetap Produktif

Secara prinsip, mengambil langkah full remote work dengan menerapkan kebijakan Work From Home ini bukan kebijakan yang terlalu sulit untuk diambil. Salah satu budaya Niagahoster, freedom and responsibility, memastikan setiap Hoster Rangers bisa bertanggung jawab terhadap kebebasan bekerja dari rumah yang diberikan. Proses bisnis tetap berjalan seperti biasa dan layanan pelanggan secara online 24 jam berjalan sebagaimana di situasi normal.

Penerapan budaya kebebasan yang bertanggung jawab di Niagahoster menjaga setiap Hoster Rangers tetap produktif menjalankan tugas dan pekerjaannya. Bekerja dari rumah bukan berarti produktivitas menurun. Dengan pengkondisian yang tepat dan kesadaran akan tanggung jawab masing-masing, semua penyelesaian pekerjaan tetap bisa dilakukan tepat waktu dan sesuai. Bahkan berdasarkan beberapa testimoni Hoster Rangers, bekerja dari rumah justru membuat mereka lebih produktif dibanding biasanya. 

Beberapa testimoni para Hoster Rangers terkait kebijakan Work From Home

“Menurutku WFH itu justru bikin aku lebih produktif sih pertama karena jelas less distraction, kedua waktuku ga hilang di jalan, karena jarak perjalanan ke kantor bisa hampir satu jam. Selama WFH aku malah bisa start kerja lebih awal. Tantangan terbesarnya sih, ruangan ga sedingin di kantor haha. Sisi fun-nya sih juga agak kurang karena nggak bisa semenyenangkan di kantor yang bisa ketemu langsung sama temen-temen. Mereka ga bisa tergantikan sih.”

-Azis, Graphic Designer Niagahoster

“Jadi untuk pertama kerja WFH itu agak bingung untuk produktif, dilemma antara kasur atau duduk di meja tapi kok lama-lama pegal, tapi di kasur kok pas videocall-an jadi nggak proper juga. Besoknya sudah lebih produktif dengan at least cuci muka dulu, mandi, bebersih kamar dulu, dll lalu buat list apa aja yg akan dilakukan di hari itu. Jujur, sebenernya gak banyak distraksi (karena di kost), jadi emang bikin produktif asal buat list dulu mau ngapain aja.

Tantangannya, karena ga ada distraksi luar, jadi lebih ke diri sendiri aja tantangannya lebih ke bosen. Namun karena ada video call conference dengan tim, cukup membantu awake lagi.”

-Astia, Account Manager Niagaweb

“WFH berjalan cukup menyenangkan karena tidak perlu tergesa gesa untuk bersiap commute ke kantor dengan jarak tempuh yang lumayan jauh. Sejauh ini tingkat produktivitas saya di rumah sama seperti di kantor karena memang dasarnya sudah produktif. Saya tetap bisa keep up with my pace. Hanya saja tantangan datang dari ambience rumah (lebih tepatnya kamar) yg tidak office-able. Mulai dari layout serta sarpras pendukung seperti meja dan kursi. Tapi kantor sudah sangat memfasilitasi hingga biaya internet selama WFH ini bagi karyawan juga ditanggung. Diskusi dengan teman-teman tetap berjalan meskipun yah kadang agak buffer karena koneksi yang tidak stabil.”

-Aji, Video Creator Niagahoster

Sedikit Perubahan di Layanan Pelanggan Niagahoster

Meskipun secara online kami memastikan semua layanan pelanggan tetap berjalan seperti biasa, namun kami harus melakukan sedikit perubahan terhadap layanan pelanggan secara offline. Untuk sementara hingga waktu yang belum ditentukan, kami tidak bisa melayani pelanggan yang datang langsung ke kantor dikarenakan kondisi kantor yang kami sterilkan dari karyawan. 

Hal ini juga untuk mendukung gerakan social distancing, yaitu menjaga jarak secara fisik antar satu sama lain untuk menghindari meluasnya penyebaran COVID-19. Kami sepenuhnya sadar, kesehatan kita bersama tetap menjadi perhatian utama. Kami juga menghimbau para pelanggan setia Niagahoster untuk tetap berada di rumah jika tidak ada keperluan mendesak yang mengharuskan untuk bepergian keluar rumah. Social distancing ini adalah tanggung jawab kita bersama. 

Tetap optimis dan berpikir positif bahwa wabah ini akan segera berakhir dan kita semua bisa melewatinya dengan aman dan sehat.

Salam hangat dari kami para Hoster Rangers.

Ayunda Zikrina A proud Hoster Ranger takes part as Head of Brand and Market Development. A social media and digital marketing geek who enjoys writing as much as scrolling Twitter. You might find my written words speak louder than my vocal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *