Ayunda Zikrina A proud Hoster Ranger takes part as a Brand and Reputation Management Manager. A social media and digital marketing geek who enjoys writing as much as scrolling Twitter. You might find my written words speak louder than my vocal.

Niagahoster Turut Serta dalam Peluncuran Platform SIMONAS Milik Kominfo

1 min read

Niagahoster SIMONAS

Di tengah perkembangan era digital, kebutuhan talenta terbaik juga mengalami peningkatan. Persaingan juga semakin ketat dan terbuka bahkan tidak hanya di dalam negeri, namun juga antarnegara. Dalam usaha mengantisipasi hal tersebut, Kementerian Kominfo meluncurkan platform SIMONAS. Niagahoster turut serta dalam peluncuran ini dan menjadi perwakilan perusahaan pertama yang menggunakan platform SIMONAS untuk mencari talenta.

Mengenal SIMONAS

SIMONAS adalah sebuah platform rekrutmen tenaga kerja sekaligus sebagai national talent pool yang dapat digunakan oleh kandidat pencari kerja dan perusahaan atau instansi yang memerlukan tenaga kerja. Sebelumnya Kominfo telah melaksanakan program Digital Talent Scholarship (DTS) yaitu program untuk meningkatkan keterampilan SDM bidang komunikasi dan informatika. SIMONAS ini dirancang untuk melengkapi DTS dan memastikan setiap talenta terserap di industri.

Peluncuran platform ini dilaksanakan pada 5 September 2019 bertempat di Ruang Serbaguna Kementrian Kominfo, Jakarta. Platform ini dapat diakses melalui simonas.kominfo.go.id. Kepala Badan Litbang SDM Basuki Yusuf Iskandar mengungkapkan platform ini terbuka untuk umum, namun memberikan badge verifikasi terhadap lulusan program DTS serta informasi mengenai tema pelatihan yang diikuti.

Niagahoster Turut Hadir dalam Peluncuran Platform SIMONAS

Niagahoster sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi tentunya akan sangat terbantu mendapatkan talenta-talenta terbaik dengan hadirnya SIMONAS ini. Niagahoster hadir di peluncuran platform ini sebagai perwakilan perusahaan pertama yang menggunakan platform SIMONAS. Melalui penandatanganan nota kerja sama dengan Kominfo, Niagahoster menyatakan kesiapan untuk menyediakan ruang berkarir bagi para lulusan DTS dan talenta digital terbaik Indonesia lainnya.

“Platform ini tentunya sangat bermanfaat bagi kami yang bergerak di industri. Harapannya, SIMONAS tidak hanya menjadi penghubung kami dengan talenta, tetapi juga menjadi wadah bagi para pelaku industri untuk melihat calon-calon kandidat dengan lebih objektif dan terbuka.”, ungkap Zidni Syukuri, Talent Acquisition Specialist Niagahoster.

SIMONAS dikembangkan layaknya marketplace untuk pencari kerja dan pemburu talenta. Dalam platform ini, perusahaan dapat melihat portfolio, skill, hingga sertifikasi para calon kandidat. Bagi para pencari kerja, platform ini dilengkapi filter untuk melihat preferensi lokasi, gaji, dan kategori perusahaan yang diinginkan. SIMONAS diharapkan dapat memberikan pengakuan terhadap sertifikasi yang dimiliki oleh kandidat pencari kerja. Melalui pengakuan sertifikasi ini harapannya kompetensi SDM Indonesia dapat lebih diakui dan dipertanggungjawabkan, serta dapat menjamin SDM yang lebih berkualitas unggul dimulai dari sekarang hingga minimal 5 tahun ke depan. 

1
Ayunda Zikrina A proud Hoster Ranger takes part as a Brand and Reputation Management Manager. A social media and digital marketing geek who enjoys writing as much as scrolling Twitter. You might find my written words speak louder than my vocal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − one =