Niagahoster Mendukung Aspirasi Karyawan

1 min read

Sebelumnya kita sudah pernah membahas mengenai munculnya profesi baru di era digital saat ini. Nah, kini giliran kita membahas bagaimana era digital saat ini juga mempengaruhi sistem kerja yang lebih fleksibel terhadap perkembangan karir karyawan di suatu perusahaan.

Seiring berkembangnya zaman, konsep bekerja yang dialami oleh karyawan juga mengalami perubahan mengikuti trend generasi milenial. Di generasi sebelumnya, bekerja identik dengan berbagai peraturan yang mengekang dan kaku sehingga memberatkan para karyawan itu sendiri. Bahkan berdasarkan penelitian dari The American Institute of Stress menyebutkan bahwa 45 persen penyebab stres seorang karyawan memiliki kaitan yang erat terhadap tempat kerja itu sendiri.

Berdasarkan hal tersebut, generasi milenial mulai menciptakan suasana yang baru agar konsep kerja pada generasi sebelumnya tidak terulang pada mereka. Salah satu konsep kerja yang memberikan keuntungan bagi karyawan adalah fleksibilitas dalam mengembangkan karir. Seorang karyawan dapat memiliki kesempatan untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki meskipun pekerjaan tersebut berada di department yang berbeda dari sebelumnya.

Sebagai contoh nyata dari perubahan sistem kerja tersebut telah terjadi di Niagahoster. Maudy, salah satu karyawan di Niagahoster, awalnya bergabung dengan Niagahoster di posisi Finance. Namun setelah 8 bulan bekerja, kemampuannya dalam hal mengorganisir sesuatu membuat Maudy kini beralih jabatan sebagai Office Operation Manager.

Kisah Maudy pun cukup menarik. “Sebenarnya menjadi Finance udah sesuai dengan jurusan saya waktu kuliah, Manajemen Keuangan. Namun setelah itu Niagahoster sedang buka internal recruitment untuk posisi Office Operation. Nah, dari situlah saya mendaftarkan diri ke Mba Dora dan Mas Bopi, tim HRD, karena sebenarnya saya ini anaknya suka gerak kan, ngatur ini itu, mengorganisir ini itu, jadi saya pikir Office Operation ini sesuai dengan kemampuan lain yang saya miliki”, jelas Maudy. Kini Maudy sudah 4 bulan menjadi Office Operation Manager yang bertugas untuk memenuhi kebutuhan kantor dan kebutuhan karyawan untuk menunjang produktivitas perusahaan.

Sebagai perusahaan yang mengadopsi culture perusahaan sesuai dengan trend era digital dan milenial, Niagahoster selalu mendukung penuh bakat yang dimiliki karyawannya. Selain Maudy, Devin, salah satu CSA Recruiter, juga mengalami hal yang sama. Bermula dari seorang Customer Success Agent (CSA), kini Devin bergabung menjadi Talent Acquisition yang menangani rekrutmen khusus untuk posisi CSA. 

Sama halnya dengan Maudy, Devin mengikuti internal recruitment yang dibuka oleh tim HRD. “Sejak saya bergabung di Niagahoster, sebenarnya saya sudah tahu bahwa Niagahoster adalah perusahaan yang terbuka untuk mengembangkan kemampuan pegawainya. Jika salah satu pegawai merasa kurang perform atau kurang maksimal dalam bekerja di posisi sebelumnya, Niagahoster membuka kesempatan untuk beralih ke posisi yang sekiranya dapat meningkatkan performa kerja kami”, ucap pria keturunan Batak itu.

Ketika saya menemui Devin untuk wawancara, ia juga menjelaskan bahwa dirinya lebih senang berkomunikasi langsung dengan orang-orang. Terlebih pengalamannya bertahun-tahun menjadi seorang CSA membuatnya mampu memahami bagaimana cara menjadi CSA yang baik, sehingga Devin mampu mengidentifikasi kemampuan calon pekerja yang akan mendaftar sebagai CSA.

Perubahan sistem kerja di era digital yang diadopsi oleh Niagahoster memberikan keuntungan bagi para pegawai yang bekerja di Niagahoster. Lingkungan kerja yang menyenangkan dan fleksibel akan meningkatkan happiness rate seorang karyawan di suatu perusahaan. Selain itu karyawan akan mampu bekerja dengan lebih efektif. Terlebih lagi, performa yang diberikan untuk perusahaan akan lebih maksimal jika perusahaan juga mendukung bakat dan kreativitas karyawannya.

1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen + 20 =