Ayunda Zikrina Social media specialist who enjoys writing as much as scrolling Twitter. You might find my written words speak louder than my vocal.

Niagahoster Goes to School: Sukseskan Program #SMKBisaBikinWebsite

1 min read

Bisa Bikin Website

Pada tanggal 22 November 2018 kemarin Niagahoster berkesempatan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada siswa-siswi SMK Negeri 1 Bantul sebagai guru tamu. Bagaimana keseruannya?

Program SMK #BisaBikinWebsite

SMK Negeri 1 Bantul Yogyakarta, kemarin mengundang Niagahoster untuk mengisi sebuah workshop dengan judul “Niagahoster Goes to School: SMK #BisaBikinWebsite”. Dalam kesempatan ini, Niagahoster membagikan semangat berwirausaha untuk para siswa SMK dengan materi membuat toko online menggunakan WordPress.

Workshop ini diikuti oleh 60 siswa-siswi kelas 12 jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 1 Bantul. Selama workshop, para peserta akan dibimbing untuk mengaktivasi domain, menginstal SSL, menginstal WordPress hingga diajarkan untuk membuat website toko online.

Workshop ini dibagi menjadi dua kelas dengan masing-masing kelas dibimbing oleh satu orang staf teknis Niagahoster. Kelas berdurasi 6 jam dan dibagi menjadi dua sesi. Di sesi pertama peserta dikenalkan terlebih dahulu mengenai apa itu hosting, domain, dan WordPress. Tentu ini menjadi hal penting karena peserta harus mengetahui dasar dari apa yang akan mereka kerjakan.

Di sesi kedua, peserta mulai lebih banyak praktik. Mulai dari instalasi WordPress, memasang plugin yang dibutuhkan hingga langkah-langkah membuat website hingga website mereka akhirnya live. Dalam prosesnya, workshop ini terkendala koneksi internet yang kurang baik. Namun secara penyampaian materi, workshop ini berjalan lancar.

#BisaBikinWebsite Untuk Generasi Milenial yang Adaptif

Pemerintah saat ini tengah melakukan usaha untuk meningkatkan minat kewirausahaan pada generasi muda. Para pelaku industri diminta untuk aktif bekerja sama dengan SMK untuk dapat mencetak kualitas SDM yang lebih baik. Para lulusan SMK dianggap sudah memiliki kemampuan yang cukup untuk bisa membantu mereka memiliki usaha mandiri.

Di era di mana semua hal sudah dituntut untuk online, website menjadi salah satu media yang memainkan peranan penting. Melalui sesi workshop ini, diharapkan siswa SMK bisa tergerak untuk berwirausaha dengan melakukan bisnis digital. Salah satunya adalah dengan memiliki website toko online.

Niagahoster membantu mensukseskan program pemerintah ini lewat #BisaBikinWebsite. Niagahoster Goes to School ini memang baru pertama kali dilakukan, tapi kemungkinan untuk dilakukan di sekolah lain sangat terbuka lebar. Program ini tentunya juga sejalan dengan misi Niagahoster untuk membantu jutaan orang memaksimalkan potensi internet.

 

Ingin sekolah kamu ikutan program Niagahoster Goes to School? Berikan informasi di kolom komentar di bawah ya!

0
Ayunda Zikrina Social media specialist who enjoys writing as much as scrolling Twitter. You might find my written words speak louder than my vocal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − eleven =