Categories: WordPress

Cara Mengatasi MySQL Server Has Gone Away di WordPress

Apakah Anda mengalami error MySQL Server Has Gone Away di WordPress? Tidak perlu panik. Meskipun terdengar mengintimidasi, database situs Anda sebenarnya tidak hilang.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan maksud dari error tersebut dan tiga cara mudah untuk mengatasinya.

Apa itu Error MySQL Server Has Gone Away?

Error WordPress MySQL Server Has Gone Away adalah kondisi di mana sebuah website hanya berisi teks tersebut ketika diakses.

Masalah tersebut bisa disebabkan oleh salah satu dari keempat hal berikut:

  • Tabel bermasalah di dalam database — Database Anda corrupted dan Anda perlu menggunakan backup sebelumnya atau memperbaiki database tersebut.
  • Timeout PHP terlalu singkat — Script PHP yang membutuhkan sesuatu dari database bisa menjadi penyebab jika durasi maksimalnya terlalu pendek.
  • Fragmen data (packets) gagal terkirim — Proses memuat halaman website meliputi transfer data dari database. Ketika ada fragmen data yang gagal terkirim, error bisa terjadi.
  • Ukuran data terlalu besar — Ini berhubungan dengan timeout PHP tadi. Jika ukuran data yang digunakan halaman website memang besar, timeout PHP perlu diperpanjang agar transfer data tidak gagal.

Kabar baiknya, keempat pemicu di atas dapat ditanggulangi dengan mudah. Mari simak cara-caranya pada bagian selanjutnya!

3 Cara Mengatasi MySQL Server Has Gone Away di WordPress

Berikut adalah tiga cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi error MySQL Server Has Gone Away di WordPress:

  1. Mengedit file wp-db.php
  2. Memperbaiki database website
  3. Menggunakan fitur backup yang diberikan penyedia hosting

1. Mengedit File wp-db.php

Seperti yang telah disebutkan, ukuran data yang besar dan timeout PHP yang terlalu singkat dapat menyebabkan error. Karena itu, tentunya Anda ingin mengubah pengaturan durasinya.

Ini dapat dilakukan dengan mengedit file wp-db.php yang ada di dalam root folder website Anda. Untuk mengaksesnya, masuklah ke cPanel Anda dan cari File Manager.

Jika sudah masuk ke file manager, temukan dan buka folder public_html. Kemudian masuklah ke folder wp-includes. Di dalam folder inilah file wp-db.php berada.

Untuk mengedit file tersebut, Anda dapat menggunakan text editor yang Anda miliki maupun yang tersedia di cPanel. Dalam artikel ini, kami menggunakan text editor bawaan cPanel.

Caranya, klik kanan pada file tersebut dan pilih Edit. Selanjutnya, temukan baris kode $this->ready = true; seperti yang ditunjukkan di bawah ini. Anda bisa menggunakan fitur search agar lebih mudah.

Tambahkan kode berikut ini di bawahnya, lalu klik Save Changes untuk menyimpan perubahan pada file wp-db.php.

$this->query("set session wait_timeout=300");

Kode tersebut memastikan bahwa timeout PHP Anda 300 detik. Dengan durasi sepanjang itu, error MySQL Server Has Gone Away dapat dicegah.

2. Memperbaiki Database Website

Dengan bertambahnya volume data website, terkadang databasenya bisa bermasalah. Error MySQL Server Has Gone Away dapat muncul jika hal tersebut terjadi.

Untungnya, WordPress menyediakan fitur bawaan yang memungkinkan Anda untuk memperbaiki masalah di atas. Namun, Anda harus menyalakan pengaturannya terlebih dahulu di dalam file wp-config.php. File ini juga dapat ditemukan di dalam folder public_html.

Buka file tersebut dengan text editor cPanel, lalu ketikkan kode berikut ini di baris paling bawah:

define('WP_ALLOW_REPAIR', true);

Dengan adanya kode tersebut di dalam file wp-config.php, fitur perbaikan database WordPress telah diaktifkan.  Sekarang Anda hanya perlu untuk mengakses https://yourwebsite.com/wp-admin/maint/repair.php di browser.

Akan muncul dua opsi perbaikan database, yaitu Repair Database dan Repair Database and Optimize. Pilihlah opsi yang pertama. Dengan melakukan ini, error MySQL Server Has Gone Away akan teratasi.

Jangan lupa untuk mematikan fitur perbaikan database tadi dengan menghapus kodenya di file wp-config.php setelah prosesnya selesai. Jika tidak, orang lain bisa saja melakukan reparasi database website Anda dengan URL tadi.

Baca Juga : Cara Setting dan Penggunaan WP-Config.php

3. Menggunakan Fitur Backup yang Diberikan Penyedia Hosting

Selain kedua cara di atas, ada cara lain yang tidak kalah praktis, yaitu dengan melakukan restore backup database. Namun, metode ini hanya dapat dilakukan apabila penyedia hosting Anda memiliki fitur tersebut.

Di Niagahoster, Anda bisa mengakses fitur ini di member area. Setelah login, temukan layanan hosting Anda di daftar layanan pada beranda member area. Lalu, klik Kelola.

Selanjutnya, pilih tab cPanel dan klik Database Backup. Anda akan dibawa menuju menu JetBackup cPanel.

Pada menu tersebut, pilih Database Backups.

Sekarang Anda akan dihadapkan daftar backup database yang dimiliki website Anda. Pilih backup terbaru, lalu klik Restore.

Cara ini dijamin ampuh untuk menghilangkan error database. Akan tetapi, perlu diingat bahwa cara ini akan menghapus pembaruan terakhir di situs Anda dan menggantinya dengan backup terakhir yang dilakukan. Untuk itu, penting bagi Anda untuk melakukan backup database secara rutin.

Penutup

Demikian pembahasan kami mengenai cara mengatasi error MySQL Server Has Gone Away di WordPress. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkan komentar pada kolom yang tersedia di bawah.

Aldwin Nayoan

Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Share
Published by
Aldwin Nayoan
Tags: Wordpress

Recent Posts

Harbolnas: Momen Bisnismu Menutup 2020 dengan Mengesankan!

Tidak disangka ternyata Desember sebentar lagi. Dan waktunya Harbolnas tiba! Angin segar bagi bisnis online Anda, karena event belanja online…

13 hours ago

API: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Apa yang terjadi jika sebuah aplikasi dapat dikembangkan tanpa membuat setiap komponennya dari nol? Tentunya, pekerjaan developer bisa lebih mudah…

2 days ago

Web Cache: Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya

Adanya web cache memungkinkan loading website bisa lebih cepat. Jadi, Anda bisa menarik banyak pengunjung sekaligus membuat mereka betah di…

3 days ago

Tambah Penghasilan dengan Program Referral Karyawan Niagahoster

Mau tambah penghasilan dengan mudah? Coba ikut aja Program Referral Karyawan dari Niagahoster! Apa itu Program Referral Karyawan Niagahoster? Program…

3 days ago

Maskot Galeri: Dari Brosur Tempel, Kini Rambah Pasar Nasional dengan Website

Website akan mempermudah Anda dalam memasarkan bisnis dan meraih kepercayaan konsumen. Belum percaya? Coba tengok kisah Maskot Galeri. Produsen kostum…

4 days ago

Belajar HTML Lengkap untuk Pemula

Saat ini, hampir semua orang bisa membuat website tanpa memahami coding. Padahal, penting juga lho untuk memahami pondasi pembentuk website,…

4 days ago