Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Apa itu Meta Tag? Fungsi dan Cara Memasang Meta Tag

5 min read

meta tag

Apa itu Meta Tag? Meta tag adalah deskripsi yang Anda lihat di halaman hasil pencarian ketika Anda sedang berselancar di dunia maya.

Membuat website berada di halaman pertama hasil pencarian itu sulit. Mengapa? Selain banyak kompetitor, algoritma penentuan rangking hasil pencarian Google juga sulit ditebak. Itulah mengapa Anda harus terus mengoptimasi website Anda agar dapat berada di halaman pertama mesin pencari. 

Nah, salah satu cara meningkatkan peringkat dan traffic website adalah dengan optimasi mesin pencari (SEO). Dalam teknik SEO, Anda akan menemukan perintah untuk mengoptimasi meta tag. 

Kira-kira mengapa meta tag harus dioptimasi, ya? Lalu bagaimana cara memasang meta tag yang benar di website Anda? 

Di artikel kali ini, kami akan membahas secara rinci mulai dari pengertian, fungsi dan cara memasang meta tag yang benar untuk website Anda. 

Mari simak pembahasan lengkapnya berikut ini! 

Apa itu Meta Tag? 

Meta Tag adalah deskripsi yang ditampilkan atau muncul pada halaman hasil pencarian. Secara sederhana, meta tag merupakan deskripsi dari sebuah konten. Meta tag akan menjelaskan pada Google tentang isi dari konten Anda. 

Perlu Anda ketahui bahwa meta tag tidak terdapat di dalam konten Anda. Namun, biasanya meta tag ini terletak di bagian ‘head’ dalam halaman source code. Meta tag ini sebenarnya dituliskan dalam bentuk HTML yang ditempatkan pada header website Anda.  Namun, jika Anda tidak memiliki pengetahuan tentang HTML, Anda bisa menggunakan plugin SEO pada WordPress. 

Meta tag juga merupakan salah satu teknik SEO. Oleh sebab itu meta tag penting untuk diperhatikan. Anda perlu mengoptimasinya agar website Anda bisa muncul di halaman pertama mesin pencari.

Meta tag sendiri terdiri dari tiga jenis, yaitu meta title (tag title), meta description, dan meta keyword. Simak penjelasan ketiganya di bawah ini. 

Meta Title (Title Tag) 

Meta title atau title tag adalah judul yang muncul di halaman hasil pencarian. Anda bisa klik meta title ini untuk masuk ke halaman situs yang dituju. 

Meta title ada di bagian paling atas masing-masing hasil pencarian. Meta title alias judul akan menginformasikan isi konten pada pengunjung. Contoh meta title dapat dilihat di bawah ini. 

ilustrasi meta title dan meta description

Meta title juga berguna untuk memberitahu Anda  apa pokok isi halaman tersebut. Meta title sendiri dapat Anda edit menggunakan kode HTML. Namun, jika Anda menggunakan WordPress, Anda tinggal menuliskan judul pada kolom meta title atau SEO Title. (Untuk cara lengkapnya, akan kami jelaskan di bagian bawah).

Meta Description

contoh meta description

Meta description adalah sebuah cuplikan ataupun rangkuman konten website yang muncul di halaman hasil pencarian. Meta description ini terletak di bawah meta title. 

Meta description ini akan memberikan gambaran informasi konten website Anda yang dapat dilihat di halaman hasil pencarian. Sebelum membuka link artikel, pengunjung dapat mengetahui terlebih dahulu gambaran konten Anda. 

Selain itu, dengan menuliskan deskripsi yang jelas, ringkas, dan menarik, website Anda berpeluang mendapatkan traffic lebih tinggi. 

Meta Keyword

Meta keywords ini berisi informasi kata kunci pada sebuah website. Kata kunci dibutuhkan untuk memberi tahu mesin pencari mengenai isi postingan dan artikel website Anda. 

Selain itu, pastikan Anda menggunakan kata kunci yang relevan dengan konten Anda. Kata kunci tersebut juga harus terdapat dalam konten Anda. Google saat ini sudah sangat pintar menganalisis sebuah konten sehingga Anda tidak bisa sembarang memasukkan kata kunci. 

Menambahkan meta keyword sebenarnya tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan plugin SEO sehingga Anda tidak perlu bersentuhan langsung dengan coding sedikit pun. Anda tinggal mengisi beberapa keyword konten Anda pada kolom meta keyword. 

Baca Juga : Cara Menambahkan Meta Title, Keyword, dan Description di WordPress

Fungsi Meta Tag

Mengapa meta tag perlu dipasang pada halaman website? Jawabannya adalah agar Google mudah mengindeks website Anda. Google akan mencocokkan keyword pada halaman dengan pencarian. 

Selain itu, pengguna internet dapat dengan mudah mengetahui secara umum isi konten website Anda. Meta description juga dapat digunakan untuk menarik perhatian pengguna agar meng-klik website Anda. Dengan menulis meta title dan meta description yang menarik, traffic website Anda bisa meningkat. 

Lalu apakah meta tag berperan penting terhadap rangking hasil pencarian di Google?

Sebenarnya, algoritma Google dalam merangking halaman website adalah teka-teki yang sulit dipecahkan. Google semakin pintar dalam membaca dan menafsirkan isi website Anda, sehingga isi website yang penuh dengan kata kunci tidak bisa mengelabui Google. 

Google sendiri pernah mengatakan bahwa mereka tidak lagi menggunakan kata kunci atau meta keyword dalam algoritma untuk menentukan hasil pencarian. 

Namun, beberapa ahli SEO menyarankan agar Anda tetap menambahkan meta keyword. Menurutnya, menambahkan meta keyword dapat mengoptimasi website. Selain itu, Meta tag masih sangat diperlukan karena berperan penting dalam memberikan informasi mengenai judul dan deskripsi halaman website Anda kepada pengguna. 

Cara Memasang Meta Tag 

sekarang mari simak panduan cara memasang meta tag untuk website Anda. Seperti diketahui bahwa terdapat tiga jenis meta tag. Berikut ini susunan meta tag yang benar dalam kode HTML.  

  • Meta title: <Title>Title Website Anda</Title>
  • Meta Description : <Meta Content=’Description Website Anda’ Name=’Description’/>
  • Meta Keyword : <Meta Content=’Keyword Website Anda’ Name=’Keywords’/>

Bagi Anda pengguna WordPress, Anda bisa dengan mudah memasang meta tag dengan plugin SEO. Salah satu plugin SEO WordPress yang populer digunakan adalah Yoast SEO. 

Jika Anda belum menginstalnya, Anda bisa membaca artikel cara setting Yoast SEO terlebih dahulu. Dengan plugin Yoast SEO ini, Anda bisa membuat meta title, meta description, dan meta keyword dengan mudah. 

Menambahkan Meta Title (Title Tag)

Selanjutnya, tambahkan meta title. Buka post yang ingin Anda tambahkan meta title. Kemudian scroll ke bawah sampai Anda menemukan pengaturan Yoast SEO. 

Pada tab SEO, Anda akan melihat snippet yang akan menggambarkan bagaimana meta title dan meta description muncul di halaman hasil pencarian. Klik Edit Snippet untuk mulai menambahkan meta tag. 

Untuk menambahkan meta title Anda harus mengisi kolom SEO Title seperti di bawah ini.

ilustrasi menambahkan seo title di plugin yoast seo

Dengan menggunakan Yoast SEO, judul konten Anda akan dinilai baik jika tanda warna di bawah kolom judul berwarna hijau. 

Nah, berikut ini ada beberapa cara terbaik untuk membuat judul yang SEO friendly yang bisa Anda terapkan. 

  • Buatlah judul yang unik dan menarik;
  • Jangan membuat judul terlalu panjang, usahakan di bawah 60 karakter;
  • Sisipkan target keyword pada judul Anda; 
  • Judul sesuai isi konten (bukan clickbait).

Menambahkan Meta Description

Langkah berikutnya, tambahkan meta description. Anda dapat langsung menambahkan deskripsi pada kolom meta description seperti di bawah ini. 

ilustrasi menambahkan meta description di plugin yoast seo

Meskipun meta description bukanlah merupakan faktor utama penentu peringkat di halaman pencari, meta description biasa dipakai oleh Google untuk snippet yang akan ditampilkan. Untuk itu Anda tetap perlu menambahkan meta description pada halaman Anda. 

Berikut ini kami berikan beberapa cara membuat meta description yang baik. 

  • Tulis deskripsi yang sesuai dengan isi konten Anda; 
  • Buatlah deskripsi yang menarik dan layak klik tetapi bukan clickbait;
  • Usahakan membuat meta description tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang; 
  • Sisipkan target keyword pada meta description. 

Menambahkan Meta Keyword

Kemudian untuk menambahkan meta keyword, Anda harus mengatur secara manual terlebih dahulu di Yoast SEO. Buka tab Titles & Meta > Other. Kemudian aktifkan User meta keyword tag dan simpan perubahannya. 

Sekarang Anda bisa menambahkan keyword di post Anda. Di bawah snippet, Anda akan menemukan kolom meta Keyword yang bisa Anda isi. Masukkan keyword yang sesuai. Pastikan Anda tidak memasukkannya lebih dari 10 keyword. Setelah selesai memasukkan keyword, simpan perubahan dengan klik tombol update.

Masukkan judul sesuai artikel Anda pada kolom tersebut. Judul Anda akan dinilai baik jika tanda warna di bawah kolom judul berwarna hijau. 

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa Google dengan jelas mengatakan bahwa meta keyword bukanlah faktor penentu dalam peringkat hasil pencarian. Meskipun begitu, sebaiknya Anda mengisi meta keyword, terlebih bagi website baru. Meta keyword ini akan membantu Google mengidentifikasi website Anda.

Kesimpulan

Salah satu cara mengoptimalkan peringkat hasil pencarian Anda adalah mengoptimasi meta tag. Hal itu sangat penting untuk menginformasikan isi konten lewat judul dan deskripsi konten Anda. Dengan menambahkan meta deskripsi yang menarik, pengguna akan tertarik untuk mengunjungi website Anda. 

Namun, perlu Anda ketahui bahwa mengoptimasi meta tag bukanlah satu-satunya cara untuk mengoptimasi website Anda. 

Jika Anda menggunakan WordPress, Anda bisa menggunakan plugin Yoast SEO untuk memudahkan Anda menambahkan meta tag. Meskipun begitu penggunaan meta keyword bukanlah satu-satunya kunci sukses membuat website Anda berada di peringkat paling atas. 

Menambahkan meta tag hanyalah salah satu cara optimasi SEO on page untuk blog dan website Anda. Ada banyak loh trik SEO yang bisa Anda terapkan di website Anda. Kami telah menyediakan artikel Panduan Belajar SEO yang bisa Anda pelajari. Supaya lebih praktis Anda bisa mengunduh ebook Panduan SEO yang telah kami sediakan dengan meng-klik banner di bawah ini. 

ebook optimasi seo
Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

2 Replies to “Apa itu Meta Tag? Fungsi dan Cara Memasang Meta…”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *