Fitrana Amalia Niagahoster's Talent Acquisition Specialist who loves to help others with her writing. She enjoys doing in-depth research to make every topic accessible to all readers.

Ingin Menjadi Data Analyst di Niagahoster? Yuk Ikuti DQLab Tetris Program

3 min read

jadi-data-analyst-di-niagahoster

Memasuki tahun 2022 pastinya Hoster People sudah memiliki banyak rencana dan prospek karir bukan? Atau mungkin saat ini Hoster People sedang berusaha menjadi bagian dari Hoster Rangers sebagai seorang Data Analyst? Adanya gap yang cukup besar antara talenta data yang tersedia di lapangan dengan penggunaan big data di industri, menjadikan profesi Data Analyst semakin tinggi peminatnya, salah satunya di Niagahoster.

Jangan khawatir, karena setiap orang memiliki kesempatan untuk bisa berkarir menjadi Data Analyst di Niagahoster. Bagi Hoster People yang memiliki minat dan melatih kompetensi Data Science kalian hingga bisa berkarir bersama tim Business Intelligence di Niagahoster, Hoster People juga harus tahu apa saja yang perlu dipersiapkan. Mengikuti DQLab Tetris Program menjadi pilihan yang tepat untuk membantu bersiap menghadapi transformasi digital. Ingin tahu persiapannya apa saja? Yuk, simak tips yang telah dirangkum oleh DQLab Universitas Multimedia Nusantara berikut ini.

Persiapan Hard Skill dan Soft Skill

Dalam mempersiapkan karir sebagai Data Analyst, ada baiknya Hoster People juga memperhatikan skill-skill apa saja yang dibutuhkan. Tujuan memiliki skill tersebut untuk membantu tugas, karena pastinya seorang Data Analyst akan sangat berkaitan dengan data sehingga dibutuhkan hard skill dan juga soft skill.

Soft Skill

  • Analytical Thinking, ‘see the bigger picture’ dengan kata lain yaitu melihat situasi secara keseluruhan atau mempertimbangan suatu peristiwa secara menyeluruh, dimana hal ini merupakan kalimat idiom yang sering digunakan ketika menghadapi sebuah permasalahan. Dalam real case industry nantinya seorang Data Analyst akan menghadapi permasalahan yang sangat beragam baik masalah kecil hingga yang kompleks dan membutuhkan waktu mengidentifikasi dengan melakukan breakdown menjadi beberapa bagian. Analytical thinking dibutuhkan sebagai bentuk proses pemecahan masalah tersebut agar solusi yang didapatkan terhindar dari bias.
  • Domain knowledge merupakan kemampuan yang memahami data secara spesifik baik tentang ilmu disiplin maupun tentang pemahaman pada bisnis model itu sendiri. Pada dasarnya Data Analyst akan mengumpulkan data kemudian melakukan analisis data menggunakan tools yang menunjang analisis tersebut yang nantinya akan dipresentasikan kepada pemangku kepentingan dalam perusahaan. Sehingga, dengan pengetahuan umum dapat bisa membantu memberikan jawaban atau merancang solusi pada permasalahan.
  • Kolaborasi tim dan Skill Komunikasi, terkadang skill ini masih dianggap remeh dan tidak menjadi aspek penting. Realitanya, dalam bekerja di industri Hoster People akan melakukan kerja sama atau kolaborasi dengan tim lainnya. Melalui kolaborasi tim akan membantu mencapai tujuan perusahaan bersama dan terbukanya komunikasi yang terbuka. Dengan memiliki komunikasi yang baik, maka dapat mendorong tingkat produktivitas menjadi lebih tinggi dan lingkungan kerja berdampak positif.

Hard Skill

  • Pemahaman Statistik yang Kuat, ilmu Statistik menjadi sebuah fundamental dari hard skill yang dimiliki oleh seorang Data Analyst. Memiliki pemahaman statistik yang kuat akan membantu memandu analisis dan eksplorasi pada analisis data menjadi lebih baik untuk dipahami. Sehingga, data tersebut berguna dan analisis lebih valid tanpa menghindari kekeliruan atau kesalahan logika. Dengan eksplorasi juga memungkinkan pertanyaan baru yang muncul serta memungkinkan memberikan peluang yang positif bagi pertumbuhan perusahaan yang terkait.
  • Memiliki Kemampuan Bahasa Query, berbicara hard skill Data Analyst tidak akan terlepas dari tools apa saja yang digunakannya terutama dalam mengekstrak data dengan baik. Seorang Data Analyst harus berpengalaman menggunakan bahasa query database seperti SQL, PostgreSQL. Tidak hanya itu, menjadi seorang Data Analyst dapat dipastikan bisa menggunakan bahasa pemrograman seperti bahasa R, Python, Javascript, MATLAB, dan lainnya. Jangan khawatir, Hoster People bisa menguasai satu diantara beberapa pilihan bahasa pemrograman tersebut.
  • Visualisasi Data, merupakan skill Data Analyst yang tidak kalah pentingnya dengan skill teknis lainnya. Dari skill visualisasi data akan membantu mengidentifikasi dan membuatkan pola trend dari data sehingga menjadi lebih mudah dipahami bagi orang awam sekalipun. Pada dasarnya manusia lebih suka dengan visual, dengan adanya visual juga membantu mengkomunikasikan data tersebut menjadi sebuah visual data yang lebih jelas. Sebagai Data Analyst dalam suatu perusahaan akan membantu membuat keputusan yang penting, sehingga menggunakan visualisasi data menjadi lebih interaktif serta menghindari kesalahan menginterpretasi hingga misleading data.

Membangun Portfolio Data

Dengan membangun portfolio menjadikan suatu langkah awal penting bagi Hoster People yang ingin berkarir menjadi Data Analyst di Niagahoster. Portfolio data adalah sebuah hasil dan bentuk kerja Hoster People selama pelatihan atau pengalaman Hoster People dalam mengerjakan suatu project baik project mandiri maupun project kolaborasi. Benefit lainnya jika Hoster People memiliki portfolio data adalah sebagai bukti konkret terkait kompetensi yang Hoster People miliki dan portfolio data dapat menjadi self branding kalian. Portfolio data merupakan sebuah dokumen yang penting dan sebagai pendukung yang menarik bagi para rekruter ketika Hoster People akan merintis karir sebagai Data Analyst di Niagahoster.

Mengikuti Project di Industri

Tidak bisa dipungkiri, dalam belajar harus diseimbangi antara pembelajaran yang teoritis dengan teknis. Agar Hoster People semakin berkembang dan terjun di industri sebagai Data Analyst, salah satu cara yang paling tepat adalah mengaplikasikan pembelajaran berdasarkan real case melalui project di industri. Project yang ada kini bisa dicari dengan berbagai cara, seperti Hoster People mengikuti program beasiswa belajar Data Science, melalui internship, atau Hoster People bisa mendapatkan keduanya dengan cara mengikuti pelatihan data secara online. Dengan mengikuti pelatihan, nantinya Hoster People akan memperdalam kompetensi dan skill data kalian, serta memanfaatkan fasilitas project yang bekerja sama dengan perusahaan berskala nasional di Indonesia.

Ingin Menjadi Data Analyst? Ikuti DQLab Tetris Program Yuk!

Memulai karir sebagai Data Analyst dan Data Analyst Lead untuk mempersiapkan transformasi digital, Hoster People bisa lho ikuti program beasiswa dan kesempatan berkarir di bidang data melalui DQLab Tetris Program! Melalui program ini, kesempatan sangat terbuka lebar bagi Hoster People dalam mempersiapkan bekal sebelum mengikuti rekrutmen di Niagahoster seperti mengasah kompetensi Data Science, membangun networking, hingga mendapatkan kesempatan internship bersama Niagahoster.

Tunggu apalagi? Yuk, daftarkan diri kalian sekarang karena kuota peserta terbatas. Program ini sangat cocok bagi Hoster People yang memiliki komitmen belajar intensif untuk disalurkan menjadi Data Analyst dan Data Analyst Lead di Niagahoster! Registrasi sekarang di sini: https://bit.ly/dqlabtetrisprogram.

Fitrana Amalia Niagahoster's Talent Acquisition Specialist who loves to help others with her writing. She enjoys doing in-depth research to make every topic accessible to all readers.

Leave a Reply

Your email address will not be published.