Email

5+ Tips Ampuh Menghindari Serangan Email SPAM [Terbaru]

Apakah inbox Anda penuh dengan email dari orang-orang yang tidak Anda kenal? Jika iya, berarti Anda terkena serangan email spam.

Spam email adalah pesan masuk tak diundang dari akun yang tidak Anda kenal. Mulai dari promosi produk, penawaran hadiah, penipuan, hingga usaha untuk mencuri data pribadi Anda. 

Email spam ini membanjiri jagat maya setiap harinya. Tepatnya, 45% atau sekitar 14,5 milyar emal yang dikirim setiap harinya di dunia ini merupakan spam. 

Tak berhenti sampai di sana, email spam juga menyebabkan kerugian pada sektor bisnis hingga $20,5 milyar setiap tahunnya. Menyeramkan juga, ya?

Untungnya, Anda tak perlu panik. Ada beberapa tips untuk menghindari serangan email spam, yaitu:

  1. Jangan Membuka atau Membalas Email Spam
  2. Laporkan Email Spam yang Masuk
  3. Blokir Pengirim Email Spam
  4. Usahakan Tak Menyebar Alamat Email Anda
  5. Buat Akun Email Kedua
  6. Manfaatkan Email Hosting dengan Fitur Anti Spam

Kami akan menjelaskan masing-masing tipsnya di bawah. Jadi, pastikan Anda simak artikel ini sampai selesai, ya!

5+ Tips Ampuh Menghindari Serangan Email Spam

Berikut adalah beberapa tips ampuh untuk menghindari email spam yang bisa Anda coba saat ini juga:

1. Jangan Membuka atau Membalas Email Spam

Jika Anda menyadari ada email spam yang masuk, usahakan jangan membukanya. Ada beberapa alasannya:

  • Pengirim spam (spammer) akan tahu bahwa email Anda aktif. Sehingga, mereka akan berusaha mengirim email spam lagi di kemudian hari.
  • Spammer bisa mengetahui kapan Anda aktif membuka email yang masuk. Efeknya, mereka bisa tahu waktu terbaik untuk mengirim email spam ke Anda.
  • Data alamat email aktif Anda bisa dijual oleh spammer tersebut.

Namun, jika terlanjur membukanya, Anda tak perlu panik

Langsung tutup email tersebut dan jangan mengklik link atau gambar apapun pada email tersebut. Kemudian, Anda bisa menerapkan tips nomor dua atau tiga di bawah ini.

2. Laporkan Email Spam yang Masuk

Alih-alih menghapus email spam yang masuk, sebaiknya Anda melaporkan email tersebut.

Hasilnya, email dari pengirim yang sama nantinya akan langsung terdeteksi sebagai spam oleh sistem. Hal ini tentu saja lebih menghemat waktu daripada Anda menghapusnya satu per satu setiap ada spam yang masuk.

Jika menggunakan gmail, Anda bisa langsung melaporkan email spam tanpa perlu membukanya. Anda tinggal tandai centang email spam-nya, lalu klik ikon tanda seru Laporkan Spam seperti gambar di bawah ini: 

3. Blokir Pengirim Email Spam

Jika Anda sudah melaporkan, tapi tetap saja menerima email spam, Anda bisa mencoba memblokir pengirimnya. Dengan begini, email apapun dari pengirim tersebut tak akan bisa masuk ke inbox Anda untuk selamanya.

Pertama, Anda perlu membuka email spam tersebut. Hati-hati! Jangan sampai Anda mengklik link atau gambar apapun pada email spam tersebut. 

Kemudian, klik tiga titik yang muncul di bagian kanan atas, tepat di samping ikon Balas dan Tidak Berbintang. Lalu, Anda klik saja “Blokir…” 

Setelah itu, akan muncul jendela popup yang merupakan konfirmasi pemblokiran. Jika Anda yakin ingin memblokir pengirim tersebut, klik saja Blokir

4. Gunakan Akun Email Anda dengan Bijak

Pernahkah Anda memasukkan alamat email di suatu website untuk mendapatkan promo atau mengunduh konten gratisan? 

Nah, Anda perlu lebih berhati-hati ya. Sebab, itu adalah salah satu cara spammer mendapatkan alamat email Anda. 

Atau lebih tepatnya, pemilik website tersebut akan menjual informasi email Anda  kepada spammer.

Memang tidak semua website melakukan hal ini. Tapi praktik jual beli data memang benar-benar ada di jagat maya. Maka dari itu, banyak dari email spam berasal dari website atau akun yang tak Anda kenal sama sekali.

Jadi, Anda harus berhati-hati saat ada website yang meminta alamat email. Pastikan website tersebut memang terpercaya dan punya reputasi bagus.

5. Buat Akun Email Kedua

Jika Anda tidak percaya dengan website-nya, tapi ingin mendapatkan promo atau mengunduh konten gratisan, Anda bisa membuat akun email kedua.

Dengan kata lain, akun email kedua Anda ini memang khusus dibuat untuk hal ini. Jadi, akun utama Anda akan bersih dan aman dari serangan email spam. 

Namun, pastikan bahwa Anda tetap berhati-hati dan tidak asal mengklik link dari email spam tersebut, ya!

6. Sembunyikan Email Anda

Usahakan tidak memajang alamat email di setiap media sosial atau website yang Anda miliki. Hal tersebut sama saja memberikan kesempatan emas pada spammer untuk mengirim spam ke Anda. 

Solusinya, Anda bisa menggunakan form pada website. Dengan begini, pengunjung website tetap bisa mengirim pesan tanpa perlu mengetahui alamat email Anda. Contohnya bisa Anda temukan pada halaman kontak Niagahoster.

Sedangkan jika alamat email memang penting untuk keperluan bisnis di media sosial, Anda bisa menuliskan, “Ingin kerjasama? DM saja untuk alamat email.” Atau alternatifnya, Anda bisa memanfaatkan email hosting di bawah ini.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan whois email protection untuk melindungi data email Anda dari publik. Dengan begitu, orang lain tidak dapat melihat data email Anda.

7. Manfaatkan Email Hosting dengan Fitur Anti Spam

Email hosting adalah layanan yang memungkinan Anda untuk memiliki email dengan domain sendiri. Alih-alih alamat email @google.com atau @yahoo.com, Anda bisa punya email, alamat-email@namaanda.com misalnya.

Selain terlihat keren dan profesional, kelebihan lain dari email hosting adalah fitur anti spam-nya yang canggih. Jadi, inbox Anda akan jauh lebih aman dari serangan spam yang bandel dan mengganggu. Contohnya bisa Anda temukan pada email hosting Niagahoster

Baca juga: 7+ Manfaat Email Hosting untuk Kesuksesan Bisnis Anda!

Bahkan, Niagahoster mempunyai dua fitur anti spam, yakni SpamAssasin dan SpamExpert. Berikut fitur unggulan dari keduanya:

SpamAssasinSpamExpert
Tersedia untuk semua jenis hosting.Otomatis aktif di email hosting, cloud hosting, dan unlimited hosting paket bisnis.
Terlindung dari spam bandel yang mengganggu inbox Anda.Memastikan bahwa email yang Anda kirim tidak terdapat virus dan spam di dalamnya.
Sistem filter spam yang bervariasi. Mulai dari blokir DNS, filter database, hingga analisis teks.Email Anda akan terhindar dari blacklist dan masuk folder spam di penerima.

Baca juga: 12+ Tips Lengkap Cara Meningkatkan Keamanan Website Anda [Terbaru]

Selamat Tinggal Serangan Email Spam!

Mendapatkan spam email adalah hal yang menyebalkan. Selain membuat inbox tak rapi, Anda juga berisiko terkena virus, malware, hingga phishing.

Namun, dengan tips-tips di atas, setidaknya Anda bisa membatasi dan menghindari email spam yang bertubi-tubi.

Oh ya, selain keamanan canggih dengan SpamAssassin dan SpamExpert, email hosting Niagahoster juga mempunyai fitur menarik lainnya, lho! Apa saja?

  • Privasi Data Terjamin — data email Anda tidak akan digunakan pihak tak bertanggung jawab untuk memasang iklan di inbox.
  • Backup Mingguan — tak perlu khawatir data penting hilang karena data email Anda akan rutin di-backup seminggu sekali.
  • Fully Managed — Anda tak perlu bingung mengatur email hosting karena Niagahoster akan mengurusnya untuk Anda. Mulai dari setup, optimasi, hingga pengelolaan server.

Menarik sekali bukan? Maka dari itu, yuk basmi serangan email spam dengan menggunakan email hosting di Niagahoster!

Mirza M. Haekal

Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. He loves to learn something new everyday.

Share
Published by
Mirza M. Haekal

Recent Posts

Memahami Pentingnya Peran Data Center Pasca Peristiwa Kebakaran

Tanggal 2 Desember 2021 lalu, beberapa layanan internet serta beberapa situs dan aplikasi sempat lumpuh selama beberapa saat. Wah, kenapa…

4 hours ago

Apa Itu Traction? Hal Penting Saat Membangun Startup

Sedang membangun startup? Pahami dulu fase traction agar startup Anda dapat berkembang! Selengkapnya ada di artikel ini.

12 hours ago

Produk & Fitur Update November 2021

Selama bulan November 2021, kami telah melakukan beberapa update produk dan layanan Niagahoster. Hal ini tentunya untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan.…

1 day ago

Apa Itu Programmer? Berikut Jenis, Tugas, dan Skill yang Wajib Dikuasai!

Dengan berkembangnya penggunaan teknologi, programmer menjadi pekerjaan yang sangat menjanjikan! Mau jadi programmer? Simak dulu artikel ini!

1 day ago

Apa Itu CMS? Yuk Kenali Lebih Dekat!

Bagi Anda yang ingin membuat website tanpa coding, menggunakan CMS adalah solusi yang tepat. Dalam beberapa langkah mudah, website Anda…

2 days ago

8 Cara Install WordPress Terlengkap [Ga Pake Ribet!]

Sedang mencari tahu cara install WordPress? Anda sudah menemukan artikel yang tepat. Di sini Anda akan menemukan berbagai caranya, mulai…

3 days ago