Cara Menghilangkan Index.php di CodeIgniter

Pada codeigniter, secara default Anda harus menambahkan index.php untuk mengakses url. Contohnya untuk mengakses halaman artikel harus ditulis seperti ini: https://websiteanda.com/index.php/artikel

Tapi, bukankah url seharusnya dibuat sesimple mungkin agar mudah diakses dan ditemukan mesin pencari?

Yap! Tapi, tenang saja. Anda dapat menghilangkan index.php codeigniter agar url lebih rapi dan mudah diakses kok. Artikel kali ini akan membahas cara menghilangkan index.php di codeigniter. Yuk ikuti langkah-langkahnya!

Menghilangkan Index.php Codeigniter dengan 3 Langkah Mudah

Menghilangkan index.php codeigniter dapat dilakukan hanya dengan tiga langkah saja loh, yaitu :

  1. Mengedit File config.php
  2. Membuat File .htaccess
  3. Melakukan Testing

Namun, sebelum memulai proses menghilangkan index.php codeigniter, pastikan Anda memahami cara kerja codeigniter terlebih dahulu. Hal ini akan mempermudah Anda untuk mengikuti tutorial kali ini.

Baca Juga : Panduan Install Codeigniter di Hosting

Yuk, simak penjelasan detail cara menghilangkan index.php di codeigniter di bawah ini!

1. Mengedit File config.php

Pertama-tama, bukalah project codeigniter dengan cara masuk ke cPanel hosting Anda terlebih dahulu. Pilih fitur File Manager, lalu masuklah ke direktori public_html

Kemudian, bukalah folder application, lalu masuk ke folder config. Carilah file config.php seperti pada gambar di bawah ini. 

Untuk melakukan pengeditan, klik kanan pada file, lalu pilih Edit. Scroll ke bawah dan carilah bagian index_page.

Edit bagian index_page dengan menghilangkan index.php yang berada diantara tanda petik tunggal sehingga menjadi seperti ini :

$config['index_page'] = '';

2. Membuat File .htaccess

Langkah selanjutnya adalah membuat file .htaccess pada direktori root codeigniter. Caranya, klik fitur tambah file pada bagian kiri atas File Manager.

Beri nama file dengan .htaccess. Ingat untuk mengawali namanya dengan tanda titik ‘.’ dan jangan menggunakan ekstensi apapun, karena .htaccess merupakan file yang tidak berekstensi. Jika sudah, silahkan klik Create New File.

Jangan panik jika Anda tidak melihat file yang baru saja dibuat pada direktori root Anda. File atau folder yang diawali dengan tanda titik akan tersembunyi. Jadi, Anda harus melakukan sedikit pengaturan pada File Manager untuk menampilkan file.

Jika file .htaccess sudah muncul, mulailah melakukan pengeditan dengan memasukkan kode di bawah ini.

RewriteEngine On
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule ^(.*)$ index.php/$1 [L]

Jangan lupa untuk menyimpan file dengan meng-klik tombol Save Changes.

Baca Juga : Panduan Menggunakan .htaccess untuk Pemula

3. Melakukan Testing

Untuk memastikan apakah url sudah dapat diakses tanpa index.php atau belum, Anda dapat melakukan pengecekan dengan membuat controller baru. 

Contoh kode di bawah, kami membuat controller dengan nama Hilang.php yang bertujuan untuk mengarahkan tampilan ke view yang sudah dibuat. Anda dapat mengubah nama file pada view sesuai dengan nama file Anda.

<?php
defined('BASEPATH') OR exit('No direct script access allowed');

class Hilang extends CI_Controller {
 
 public function index(){
  
  $this->load->view('hilangkan_indexphp_CI');
 }

}

Setelah membuat controller, jangan lupa untuk mendaftarkannya ke route.php agar rutenya dapat terbaca. Buka folder config, lalu edit file routes.php. Tambahkan route baru seperti ini :

$route[‘artikel’] = ‘hilang’;

‘artikel’ merupakan nama rute Anda yang akan diakses pada url, sedangkan ‘hilang’ adalah nama controller yang Anda buat sebelumnya.  

Nah, semua langkah sudah selesai. Kini, Anda dapat langsung mengakses alamat website tanpa index.php. Di contoh kali ini kami mengakses websitepercobaan.com/artikel dengan hasil sebagai berikut:

Kesimpulan

Codeigniter merupakan salah satu framework PHP  terbaik dan terpopuler dalam pengembangan website.  Fitur dan fungsinya tidak usah diragukan lagi. 

URL codeigniter didesain untuk mendukung SEO dan human friendly. Pun demikian, codeigniter menambahkan index.php pada urlnya secara default. Untuk membuatnya ringkas, cukup ikuti cara menghilangkan index.php codeigniter pada penjelasan di atas.

Nah, apakah Anda tertarik untuk mulai menggunakan codeigniter?

Tak perlu khawatir, Anda dapat mengembangkan website codeigniter dengan mudah menggunakan layanan hosting dari Niagahoster.

Dibekali fitur lengkap seperti server tercepat LiteSpeed, SSL gratis untuk meningkatkan keamanan hingga perlindungan keamanan oleh Imunify360, website Anda akan mudah diakses kapan saja.

Menariknya, semua itu bisa Anda dapatkan dengan hanya Rp.27 ribu/bulan!

Semoga informasi ini bermanfaat ya!  Selamat mencoba 🙂

Nida Regita F

SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Share
Published by
Nida Regita F

Recent Posts

Pengertian HTML, Fungsi dan Cara Kerjanya

Jika Anda ingin menjadi web developer andal, Anda wajib banget khatam dengan pengertian HTML. Soalnya, HTML adalah salah satu komponen…

21 hours ago

Product Development: Rahasia Menciptakan Produk Baru yang Jempolan!

Ingin mulai berbisnis, tapi bingung mau bikin produk apa? Atau, khawatir setelah buat produk malah tidak laku di pasaran? Jika…

1 day ago

Apa itu Program Afiliasi dan Apa Saja Keuntungannya

Mendapatkan uang tanpa perlu melakukan banyak hal adalah keinginan bagi sebagian besar orang. Untungnya Anda hidup di era digital, di…

3 days ago

Cara Mengatasi Err_Connection_Refused di FileZilla [Terlengkap]

Masalah err_connection_refused muncul ketika koneksi yang dilakukan dari FileZilla ditolak server. Error ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti masalah…

4 days ago

Apa itu Kubernetes? Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya

Anda tentu ingin project aplikasi atau website yang dikerjakan dapat berjalan dengan baik. Namun, kalau aplikasinya menjadi semakin besar, bagaimana…

5 days ago

Belajar Copywriting: Cara Lengkap “Menjual”dengan Tulisan

“Apa saja yang saya perlukan dalam memasarkan sebuah bisnis?” Barangkali pertanyaan tersebut muncul ketika Anda baru pertama kali merintis usaha.…

6 days ago