Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Cara Menghapus URL dari Google Search [Tutorial Mudah]

2 min read

apa itu url

Meski kebanyakan praktik SEO lebih difokuskan untuk mencapai peringkat tertinggi di SERP, terkadang Anda sebagai pemilik website justru membutuhkan sebaliknya, seperti menghapus website dari hasil pencarian Google.

Misalnya, Anda mungkin memiliki konten yang sudah lama tidak di-update, konten duplikat, atau halaman yang terindeks ternyata berisi data pribadi yang sensitif. Di saat seperti inilah Anda mungkin perlu tahu bagaimana cara menghapus situs dari Google.

Apa pun situasinya, Anda dapat menghapus URL dari Google dengan cepat setelah mempelajari caranya di artikel ini, kok. Tenang, langkah-langkahnya akan kami jelaskan semudah mungkin agar Anda bisa mengikutinya tanpa masalah. Yuk simak tutorialnya sampai tuntas!

Biasanya, pemilik situs memang ingin halaman web mereka muncul di SERP. Tapi ada kalanya deindexing atau menghapus URL dari Google search perlu dilakukan untuk tujuan tertentu seperti yang tadi dijelaskan.

Berikut ini beberapa cara hapus URL dari Google yang dapat Anda ikuti:

1. Gunakan Google Search Console

Di Google Search Console, terdapat fitur Removals yang akan membantu Anda menghapus URL dari Google dengan mudah. Tapi ingat, tool yang satu ini hanya bisa menyembunyikan halaman website Anda sementara atau dalam waktu singkat saja.

Cara hapus URL di hasil pencarian dengan fitur Removals yaitu:

  1. Login ke akun Google Search Console. Lalu, klik Search property untuk memilih properti dengan URL yang ingin Anda hapus dari index Google.
cara mengahpus url dari google search dengan remove urls di google search console

  1. Klik New Request untuk mengajukan penghapusan URL dari Google search.
request penghapusan url di google search console

  1. Pilih opsi Remove all URLs with this prefix, jika Anda ingin menyembunyikan seluruh URL yang cocok dengan prefix yang Anda tulis di kolom Enter URL.
opsi hapus url dari google search di fitur remove urls

  1. Klik tombol Next dan tunggu beberapa hari supaya Google menerima permintaan pemblokiran URL yang Anda ajukan.
request penghapusan url di google search console

  1. Setelah permintaan diterima, URL akan hilang dari hasil pencarian selama kurang lebih 6 bulan atau sampai Anda mengajukan permintaan index URL kembali.

2. Hapus Konten secara Langsung

cara mengahpus url dari google search secara langsung

Cara hapus URL dari pencarian Google yang pertama adalah menghapus halaman website secara langsung. 

Apabila Anda menghapus sebuah halaman, memang halaman tersebut akan menampilkan keterangan error 404 not found. Namun, URL Anda akan dihapus dari index secara permanen setelah Googlebot melakukan crawling ulang. 

3. Gunakan Google Remove Outdated Content

Bagaimana jika Anda tidak memiliki akses untuk mengajukan permintaan menghapus URL dari Google search? 

Google Search Console juga menyediakan Remove Outdated Content tool bagi pengguna yang mendapati konten yang tidak update. Dengan fitur ini, perlu memasukkan URL yang ingin dihilangkan dari hasil pencarian Google. 

  1. Langkah pertama dalam cara menghapus URL di Google search yang satu ini adalah, klik tombol New request seperti pada gambar berikut.
cara hapus url dari google search dengan google remove outdated content

  1. Selanjutnya, masukkan URL halaman website yang akan dihapus dan klik Submit untuk mengajukan permintaan.
masukkab url halaman website

4. Hapus URL di Google Search dengan Yoast SEO

Mau tahu cara hapus URL di Google search yang lebih praktis? 

Anda bisa melakukan deindexing dengan menggunakan plugin Yoast SEO. Yoast adalah plugin SEO terbaik yang bisa digunakan untuk menambahkan tag Noindex dengan mudah. 

Tag Noindex inilah yang akan memberikan instruksi pada Googlebot untuk tidak melakukan indexing pada sebuah halaman website. Sehingga, URL yang disetting dengan tag tersebut tidak akan muncul di hasil pencarian mesin telusur.

Untuk menghapus URL dari pencarian Google dengan cara ini, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah setting Yoast SEO di website Anda. 

  1. Setelah plugin Yoast SEO dipasang, buka halaman website yang ingin diblokir dari hasil pencarian.
  2. Scroll ke bawah sampai Anda menemukan kolom editor. Di sini, temukan opsi Advanced yang berisi beberapa opsi.
  3. Pada pengaturan ”Allow search engines to show this Post in search results?” dan “Should search engines follow links on this Post?” pilih opsi No.
cara menghapus url di google search dengan plugin yoast seo

  1. Setelah Anda melakukan konfigurasi seperti di atas, klik Update untuk menyimpan perubahannya.
menyimpan perubahan setting di yoast seo

Cara Hapus URL di Hasil Pencarian Google Itu Mudah, ‘kan?

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghapus halaman tertentu dari pencarian Google. Pilih saja cara yang menurut Anda paling mudah dan efektif untuk dilakukan. 

Akan tetapi, akan lebih mudah jika Anda langsung menggunakan Google Search Console, karena tool inilah yang berhubungan langsung dengan mesin pencari Google.

Semoga artikel tutorial menghapus URL dari Google search ini bisa membantu Anda menyembunyikan konten yang seharusnya tidak diindeks oleh Google. 

Mana cara hapus URL di Google search andalan Anda? Share pengalaman Anda saat melakukan deindexing di kolom komentar, ya! Jangan lupa klik Subscribe agar tidak ketinggalan update artikel terbaru Niagahoster. Sampai jumpa lagi!

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

3 Replies to “Cara Menghapus URL dari Google Search [Tutorial Mudah]”

  1. makasih bang…sudah sangat membantu.. ada alamat url yang sudah terlanjur diindeks berbulan-bulan masih nongol di google tetapi di buka hanya kode 404

  2. bagus informasinya, mohon di bahas juga cara menghilangkan postingan yang terlanjur terindex di feed. ini juga jadi masalah dan tidak bisa di hapus. masalahnya feed RSS skrng sudah dihentikan google

    1. Hai, kak. Terima kasih sarannya. Akan kami pertimbangkan untuk memasukkan informasi tersebut, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *