Menggunakan Desain Website Template? Coba Pikir Ulang - Niagahoster Blog

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan sebagai pelaku bisnis untuk menampilkan citra profesional di internet. Memiliki website adalah salah satunya. Desain website dengan tampilan menarik, profesional, dan mudah digunakan adalah impian semua pelaku bisnis. Sayangnya, website ideal seperti ini seringkali membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Akibatnya, banyak pelaku bisnis mencari alternatif lain yang jauh lebih murah. Sehubungan dengan harga serta tingkat kepraktisan, pilihan jatuh pada website template.

Website template adalah sebuah website dimana Anda tidak perlu mendesain segala sesuatunya dari awal. Anda hanya perlu memilih elemen maupun tema yang sudah ada untuk dapat segera memiliki website.

Karena kemudahan ini, banyak pelaku bisnis lantas menggunakan website template sebagai solusi membuat website yang mudah, cepat, dan terjangkau. Hal ini tentu saja bukan masalah, hanya saja banyak pelaku bisnis kurang paham kelemahan serta kelebihannya.
Berikut adalah beberapa kelebihan dan kelemahan menggunakan desain website template.

Kelebihan Menggunakan Desain Website Template

Biaya Relatif Murah

Benar sekali bagi Anda yang baru memiliki bisnis online hal ini memang sangat menggoda. Bayangkan Anda bisa mendapatkan desain website yang menarik dan terlihat profesional dengan harga berkisar antara $30 – $65. Berbeda ketika membangun website secara custom melalui Agency atau web developer mungkin biaya yang dikeluarkan bisa sampai puluhan juta.

WordPress Themes from ThemeForestSumber https://themeforest.net/category/wordpress

Proses Pembuatan Cepat

Bagaimana tidak, semua yang Anda butuhkan sudah disajikan dalam satu kerangka template desain, dimana Anda hanya perlu mengganti beberapa elemen desain website seperti warna, gambar, logo dan lain sebagainya sesuai dengan keinginan Anda. Memiliki sebuah website yang dibangun dari awal dapat memakan waktu berbulan-bulan. Dengan template, Anda bisa mendapatkanya dengan cepat dan siap dijalankan dalam beberapa hari.

“TIME IS MONEY”

Banyak Pilihan

Ada ribuan template tersedia di situs-situs penjual desain website template di internet, mulai dari yang berbayar hingga template web gratis. Yang perlu Anda lakukan hanya mencari yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan/bisnis Anda. Tidak perlu khawatir tentang unsur-unsur desain seperti warna, tipografi, dan fitur-fitur website,  semuanya bisa dimodifikasi karena kebanyakan dari provider template website profesional akan menyediakan pengaturan itu semua namun tetap terbatas, tidak seperti custom website.

Website Templates Themes from ThemeForest thousandSumber https://themeforest.net/

Meskipun semua kelebihan dalam menggunakan website template itu sangat menjanjikan, tetapi Anda juga harus mempertimbangkan beberapa kelemahan. Misalnya, bagaimana menyesuaikan template untuk kebutuhan website bisnis Anda? Apakah Anda memiliki keterampilana untuk memodifikasi template desain sendiri?

Kelemahan Menggunakan Desain Website Template

Kurang Unik dan Eksklusif

Website template diunduh dan digunakan oleh ratusan pengguna. Sehingga mereka tidak eksklusif dan unik untuk perusahaan Anda. Perlu diingat, bahkan jika Anda membayar harga yang mahal dan menginginkan desain eksklusif, ada orang lain yang telah membeli template sebelum Anda dan mereka masih memiliki hak untuk menggunakannya.
Selain itu, template yang sama mungkin telah digunakan oleh orang lain sebelum Anda. Anda mungkin perlu meng-custom desain website sendiri jika ingin desain  yang lebih eksklusif untuk perusahaan.

Kustomisasi Terbatas

Tanpa keterampilan coding halaman website, Anda masih harus menghabiskan waktu dan biaya yang lebih untuk belajar bagaimana coding  halaman website bahkan anda harus menyewa seorang developer untuk membantu Anda.

TIPS:

  • Pilihlah template yang mendukung visual composer untuk mempermudah Anda mendesain website hanya dengan drag & drop.
  • Gunakan Free Plugin Elementor  sama halnya visual composer mendesain website wordpress dengan drag & drop no coding.

Tidak Semua Website Template SEO-Friendly

Kebanyakan dari website template tidak dioptimasi untuk mesin pencari. Perlu diingat bahwa mesin pencari lebih tertarik pada kata-kata daripada gambar.

Ketahui bahwa konten adalah jantung dari website Anda.

Sebuah website template dengan banyak efek grafis dan animasi mungkin terlihat menarik, tetapi akan memakan waktu lebih lama untuk memuat konten. Hal ini juga akan berpengaruh pada kinerja website Anda.

TIPS:
Gunakan template yang mendukung untuk SEO-Optimized

Anda mungkin tidak memiliki keahlian desain maupun pemrograman untuk kustomisasi desain website template yang Anda beli. Jangan biarkan hal sepele ini menunda hadirnya bisnis online Anda. Delegasikan sekarang dan nikmati hasilnya. Jasa developer, desainer, maupun content writer bisa Anda temukan di sini.

Freelancer

Freelancer adalah situs crowdsourcing berbasis tawar menawar yang menghubungkan pemilik bisnis dengan freelancer yang memenuhi syarat untuk pekerjaan jangka pendek atau jangka panjang. Ia menawarkan platform untuk posting proyek, mengevaluasi tawaran dan berkomunikasi dengan freelancer.

Pekerjakan Freelancer Temukan Pekerjaan Freelance Online Freelancer

Upwork

Upwork adalah salah satu yang paling komprehensif dari platform crowdsourcing, antara individu dan perusahaan yang menawarkan jasa mereka dalam pekerjaan IT, pemrograman, menulis, desain, nasihat hukum dan pemasaran. Anda menetapkan harga atau mengambil tawaran. Website ini adalah tempat yang baik untuk menjelajahi jika Anda memiliki sebuah proyek yang tidak sesuai dengan desain atau copywriting  yang biasa dilayani oleh situs crowdsourcing lainnya.

Upwork Hire Freelancers Get Freelance Jobs Online

99design

99designs menghubungkan seniman grafis dan pencipta website dengan bisnis atau pengusaha yang membutuhkan pekerjaan desain. Perusahaan crowdsourcing ini berfokus pada desain logo, website, pakaian, ilustrasi, dan kemasan. Tidak sedikit desainer dari Indonesia yang ikut berpartisipasi di situs ini.

Tidak seperti situs crowdsourcing lain yang  memiliki satu set harga per proyek atau membiarkan Anda menetapkan harga sendiri, 99designs memiliki empat paket untuk memilih rencana lebih mahal memberikan hadiah yang lebih besar untuk pemenang, yang berarti lebih banyak orang mengusulkan desain mereka, memberikan Anda pilihan yang lebih besar.

Logos Web Graphic Design More. 99designs

Sribulancer

Sribulancer merupakan website crowdsourcing dari Indonesia guna membantu pemilik bisnis mencari freelancer yang tepat dari seluruh dunia. Layanan freelancer mulai dari penulisan blog & artikel, penerjemah, pemrograman, desain web, desain grafis, voice over, pembuatan video, penulisan email, penulisan konten website, dan banyak lagi. Sistem Sribulancer memanfaatkan data kinerja yang membuat proses seleksi freelancer mudah dan dapat diandalkan. Hingga kini, Sribulancer telah membantu lebih dari 1.000 perusahaan dan memiliki komunitas lebih dari 15.000 freelancer

Cari Freelancer Indonesia Selesaikan Pekerjaan dengan Cepat

KESIMPULAN

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan menggunakan desain website template, apabila Anda akan mulai membangun sebuah website untuk usaha Anda dengan membeli sebuah desain website template perhatikanlah beberapa hal berikut ini.

  • Perhatikan kecocokan dengan CMS yang Anda gunakan
    (apakah itu menggunakan WordPress, Joomla, Drupal dan lain sebagainya)
  • Adakah support dari penyedia template?
  • Bagaimana sistem garansi dari si penjual template?
  • Apakah Anda dapat menemukan tutorial instalasi template?
  • Perhatikan juga kecepatan load page website Anda. Anda bisa menggunakan tool online seperti

Google PageSpeed

None     PageSpeed Tools     Google Developers

GTmetrix

GTmetrix Website Speed and Performance Optimization

Adapun beberapa situs yang menjual berbagai macam template yang mungkin bisa Anda kunjungi:

Themeforest

Website Templates WordPress Themes from ThemeForest

Template Monster

2 Website Templates Web Templates Template Monster

Themes Kingdom

Premium WordPress Themes – Themes Kingdom

Rockett Themes

RocketTheme Joomla Templates WordPress Themes Magento Templates and phpBB Styles

Studiopress

Premium WordPress Themes StudioPress

Harapan kami, dengan memahami berbagai macam kelebihan serta kekurangan desain website template, Anda dapat dengan lebih bijak memanfaatkannya, terutama untuk bisnis Anda sendiri. Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya. Selamat berkreasi.

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

  • Dedi Mukhlas

    Saya kira untuk memakai template lebih nyaman asal sesuai dengan tampilan yang kita mau. Artikel di atas sangat menarik karena membahas dari berbagai macam sudut pandang. Terima kasih infonya.

    • Fadhel Odell

      Halo Dedi! Tidak hanya sesuai dengan tampilan, namun juga disesuaikan dengan kebutuhan, budget, performa dan efek secara keseluruhan pada website.
      Banyak template yang bagus, namun berat saat loading. Template murah, namun integrasi plugin default-nya kurang stabil, dll.
      Bila Anda membeli theme, pastikan Anda benar-benar sudah baca review dari pengguna template. Selamat mencoba ya! 🙂

Scroll Up