Ridandi Bintang Pamungkas Bintang is an avid learner with years of experience in Marketing and Business Management subjects. Aside from writing, Bintang loves reading books and collecting movies.

Program Afiliasi Niagahoster: Modal Promosi Bisa Dapat Komisi 70%!

8 min read

featured image program afiliasi niagahoster

Apakah Anda sedang mencari cara mencari uang di internet yang paling mudah dan menguntungkan? Jika iya, gabung di program afiliasi aja!

Afiliasi adalah metode pemasaran yang mengharuskan Anda mempromosikan suatu produk atau layanan. Dan apabila produk atau layanannya terjual berkat promosi yang Anda lakukan, Anda akan mendapat komisi.

Walau terdengar menggiurkan, Anda harus tetap selektif saat memilih program afiliasi. Pilihlah program afiliasi yang mudah untuk dijalankan dan komisinya besar, seperti program afiliasi Niagahoster.

Sebentar, mudah untuk dijalankan dan komisinya besar.. Memang bisa? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk kenalan lebih jauh dengan program afiliasi Niagahoster!

Sekilas tentang Program Afiliasi Niagahoster

Program afiliasi Niagahoster adalah program kerja sama yang menawarkan komisi sebesar 70% apabila Anda berhasil mengajak orang membeli produk Niagahoster.

Sebelumnya, program afiliasi bisa diakses melalui member area Niagahoster. Tapi setelah diberlakukan update, sekarang Anda bisa mengakses program afiliasi di platform baru melalui link berikut: https://afiliasi.niagahoster.co.id/.

Sedangkan program yang sebelumnya bisa diakses melalui member area Niagahoster kini sudah berubah menjadi Program Referral Niagahoster. Untuk mengetahui perbedaan antara kedua program ini, Anda bisa kunjungi artikel perbedaan program afiliasi dan referral Niagahoster.

Walau begitu, cara kerja program afiliasi Niagahoster tetap tidak berubah. Anda tinggal memasang banner afiliasi, atau menawarkan kode kupon hosting dan link referral untuk menarik calon pelanggan, kemudian mendapatkan komisi apabila calon pelanggan melakukan pembelian. Sederhana sekali, kan?

Untuk mempermudah penjelasannya, yuk perhatikan infografis berikut:

cara kerja program afiliasi niagahoster

Saat ini mungkin Anda masih bertanya-tanya, apakah afiliasi Niagahoster memang benar-benar menguntungkan?

Untuk itu, di bagian selanjutnya kita akan mendengarkan cerita langsung dari mitra afiliasi Niagahoster!

Adakah yang Sudah Berhasil Setelah Ikut Program Afiliasi Niagahoster?

Pertanyaan itu mungkin sekarang sedang ada dalam pikiran Anda.

Jawabannya: Banyak! Bahkan jumlahnya terus bertambah.

Salah satunya adalah Aden Rahmandi, pemilik website rahmandi.com dan channel Youtube Aden Rahmandi.

foto aden rahmandi

Pria yang berprofesi sebagai front-end developer ini punya hobi membuat konten sejak lama. Ia bahkan sudah mulai membuat video di YouTube sejak tahun 2013. Walau begitu, saat itu dia masih belum terlalu fokus menggarap konten YouTube-nya. 

Sekian tahun berlalu, hingga pada akhirnya pada tahun 2018 Aden punya ide untuk menghasilkan uang dari YouTube. 

Berhubung ia punya keahlian di bidang pembuatan website dan WordPress, ia memutuskan untuk fokus membuat video-video tutorial terkait pembuatan website.

“Targetnya orang awam sih, terutama dalam hal pembuatan web. Contohnya seperti pemilik bisnis yang ga punya banyak waktu tapi dia ingin tahu cara buat website”, jelas Aden.

Setelah tahu arah channel YouTube-nya, ia pun mencari cara untuk menghasilkan uang dari sana. Dan perhatiannya langsung tertuju pada program afiliasi Niagahoster.

Kok bisa? Usut punya usut, ternyata Aden sudah sering menggunakan layanan Niagahoster untuk jasa pembuatan website-nya. Jadi, ketika ia tahu bahwa Niagahoster punya program afiliasi, ia pun langsung tertarik untuk mencobanya.

“Saya tidak akan mempromosikan suatu produk kalo saya sendiri ga suka dengan produknya. Karena saya sudah kenal Niagahoster cukup lama, saya tahu sendiri kualitasnya bagus”, ujar Aden.

Selain itu, hal lain yang memotivasi dirinya untuk memilih program afiliasi Niagahoster adalah persentase komisi sebesar 70%. Menurutnya, persentase komisi sebesar itu sudah pasti menggiurkan.

Akhirnya, di tahun 2019 Aden mulai rutin mengunggah video di channel YouTube-nya. Dari berbagai video yang ia buat, salah satu yang paling berkesan adalah video tentang cara membuat website berdurasi 5 jam.

afiliasi niagahoster di youtube

Menurut Aden, video inilah yang paling membakar semangatnya untuk serius menjalani pemasaran afiliasi.

“Setelah satu bulan memang belum ada reaksi apa-apa. Masih sedikit. Tapi sebulan ada lah 2 atau 3 orang yang beli dari kupon afiliasi di video itu”, ceritanya.

Perubahan mulai ia rasakan 6 bulan setelah mempublish video tersebut. Dalam satu bulan, jumlah orang yang membeli hosting via kode kuponnya bisa mencapai 10 orang. 

Aden sadar bahwa keuntungan dari pemasaran afiliasi tidak bisa dianggap enteng. Ia jadi semakin serius menghasilkan konten-konten bermanfaat di channel YouTubenya.

Selain itu, di awal tahun 2020 ia juga membangun blog rahmandi.com. Tujuannya untuk mempermudah penikmat kontennya dalam mengakses materi. Dan tidak lupa, ia juga turut melakukan pemasaran afiliasi di blog tersebut.

pemasaran afiliasi di blog rahmandi

Berkat kerja kerasnya, ia pernah meraih keuntungan hingga hampir 30 Juta Rupiah dalam sebulan! Bahkan, saat ini ia mengaku bahwa setiap harinya minimal ada satu orang yang membeli hosting dari kode kuponnya.

“Dengan hasil segitu, saya jadi terus termotivasi. Makanya saya serius di afiliasi sampai sekarang. Tidak menutup kemungkinan kalau afiliasi akan jadi full time job saya kedepannya. Karena penghasilannya bisa berkali-kali lipat”, ujar Aden dengan semangat.

Ia percaya bahwa afiliasi bisa menjadi sumber penghasilan yang menguntungkan dalam jangka panjang. Karena semakin banyak orang yang melek teknologi dan butuh konten bermanfaat.

“Jadi ga ada tuh istilahnya susah cari penghasilan. Sebenarnya gampang kok kalo kita bener-bener niat cari cara menghasilkan uang di internet. Salah satunya ya dengan afiliasi ini”

– Aden Rahmandi

Nah, dari cerita Aden, dapat dipetik pelajaran bahwa selama Anda punya niat dan usaha yang keras, bukan tidak mungkin Anda juga bisa sukses dalam menjalankan pemasaran afiliasi.

Tapi, apakah cerita sukses seperti ini hanya dirasakan oleh Aden saja? Tentu saja tidak. Sudah banyak mitra afiliasi Niagahoster yang merasakan manfaat program ini. Contohnya seperti beberapa mitra afiliasi berikut:

testimoni covid
testimoni pertama
testimoni youtube

Dan masih banyak lagi..

Tertarik untuk bergabung dengan program afiliasi Niagahoster? Yuk lihat caranya di bagian selanjutnya!

Saya Ingin Bergabung dengan Program Afiliasi Niagahoster! Tapi Bagaimana Caranya?

Untuk bergabung ke program afiliasi Niagahoster, Anda hanya perlu daftar di platform afiliasi Niagahoster, dan memenuhi beberapa persyaratan berikut:

  • Memiliki blog, halaman media sosial, atau saluran YouTube tentang IT atau bisnis online.
  • Menyediakan layanan pengembangan web, pemasaran, atau layanan IT.
  • Mampu melihat peluang B2B (Business to Business) dengan Niagahoster.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan kode kupon, mengetahui jumlah klien yang mendaftar, dan mencairkan komisinya? Tenang, kami akan jelaskan semuanya satu per satu.

Saat mempromosikan layanan Niagahoster, Anda perlu mengarahkan calon pembeli ke link afiliasi Anda. Nah, untuk mendapatkan link afiliasi, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Di menu sebelah kiri, klik All Offers. Lalu, pilih salah satu offer yang tersedia. Misal, Anda bisa klik Niagahoster Offer.
all offers di platform afiliasi niagahoster
  1. Setelah masuk ke halaman offer, Anda akan melihat link afiliasi serta berbagai pengaturannya. 
tracking link di platform afiliasi niagahoster
  1. Untuk mengatur tujuan link afiliasinya, Anda bisa mengubah opsinya di kolom Landing Page. Misalnya, jika Anda ingin mengarahkan calon pelanggan ke halaman Cloud Hosting Niagahoster, maka Anda bisa pilih Niagahoster Cloud Hosting.
memilih landing page
  1. Jika Anda ingin mengarahkan calon pelanggan ke link di luar opsi yang tersedia, Anda bisa pilih opsi Add Deep Link, lalu masukkan URL-nya pada kolom yang ditampilkan.
tombol add deep link
  1. Untuk membuat link afiliasi yang lebih singkat, Anda bisa mencentang tombol Generate TinyURL di sebelah kanan kolom tracking link.
generate tinyurl
  1. Kami menyediakan berbagai materi pemasaran yang bisa Anda gunakan saat menjalankan kampanye afiliasi. Anda bisa menemukannya di bagian bawah halaman, tepatnya di bagian Creatives
bagian creatives di platform afiliasi niagahoster
  1. Terakhir, agar bisa melacak performa link afiliasi Anda, tuliskan source linknya di kolom Add Affiliate Source (Contohnya, Anda bisa menulis “cloud hosting terbaik”, “promo mail hosting”, dll.). Jangan lupa untuk mengklik tombol Add setelahnya.
customize tracking link di platform afiliasi niagahoster
  1. Kemudian, Anda bisa melacak performa link tersebut dengan mengakses menu Performance Report > Report Options. Lalu, centang kotak Sources dan klik tombol Apply.
melacak performa link di platform afiliasi niagahoster

Cara Memantau Jumlah Klien dan Komisi

Oke. Katakanlah Anda sudah mulai mempromosikan kode kupon, link, dan bannernya. Lalu Anda ingin mengetahui jumlah klien yang sudah berhasil Anda raih. 

Caranya mudah kok. Anda hanya perlu cek bagian Performance Report di dashboard afiliasi. Untuk mengakses performance report, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Di menu sebelah kiri, klik Report > Performance Report.
dashboard performance report
  1. Anda akan diarahkan ke halaman utama Performance Report. Untuk mengubah rentang waktu datanya, silakan klik menu tanggal dan ubah sesuai keinginan Anda.
rentang waktu performance report
  1. Anda bisa melihat rangkuman informasi tiap indikator di bagian Report Summary yang ada di bagian terbawah halaman utama Performance Report.
report summary di performance report

Berikut adalah penjelasan detail mengenai metrik-metrik yang ada di performance report:

  • Impressions – Jumlah orang yang sudah melihat banner iklan di website Anda.
  • Clicks – Jumlah klik yang dilakukan pengunjung website ke banner iklan Anda
  • Conversions – Jumlah orang yang sukses berlangganan produk Niagahoster melalui link afiliasi Anda.
  • Payout – Jumlah keuntungan yang Anda peroleh selama 7 hari terakhir.

Cara Mencairkan Komisi

Ternyata dalam sebulan Anda berhasil menarik beberapa klien untuk membeli hostingnya. Untuk mencairkan komisi Anda, ada beberapa persyaratan yang wajib Anda penuhi:

  1. Anda telah mendapatkan minimal 2 konversi.
  2. Masa aktif transaksi lebih dari 30 hari.
  3. Minimal payout Rp750.000.

Komisi afiliasi akan ditransfer kepada Anda setiap tanggal 6 setiap bulan. Anda tidak perlu request melalui email ataupun menghubungi Account Manager Anda untuk meminta komisi secara spesifik pada tanggal tertentu, karena komisi Anda secara otomatis akan ditransfer setiap tanggal 6 selama syarat untuk mendapatkan komisi tersebut terpenuhi.

Selain itu, tentu Anda harus memberi tahu ke mana komisinya akan dikirimkan. Nah, untuk menentukan rekening tujuan, Anda harus mengisi detail metode pembayaran (payment method). Begini caranya:

  1. Di menu dashboard sebelah kiri, klik My Account > Payments
tombol payments di dashboard afiliasi niagahoster
  1. Setelah berada di halaman Payments, Anda bisa langsung scroll ke bawah untuk menemukan tabel Payment Methods. Kemudian, klik tombol New Payment Method untuk menambahkan rekening tujuan.
tombol new payment method
  1. Selanjutnya, Anda tinggal mengisi kolom yang tersedia, mulai dari Payment Type, Currency, dan Details. Untuk kolom Details, Anda bisa mengisinya dengan informasi bank, nomor rekening, serta nama penerima. Tanpa semua informasi tersebut, komisi Anda tidak dapat dicairkan.
create new partner payment method page
  1. Jika ingin menjadikan nomor rekening tersebut sebagai tujuan utama, Anda bisa mengaktifkan opsi Set as Default Payment Method. Setelah semuanya terisi, klik tombol Create.
  2. Setelah Payment Method selesai dibuat, Anda bisa langsung melihatnya di tabel Payment Methods.
tabel payment method di dashboard afiliasi niagahoster

Untuk mengecek daftar invoice komisi yang sudah disetujui oleh Niagahoster, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Di halaman Payments, klik opsi Payments yang ada di menu sebelah kiri
opsi payments di sidebar
  1. Selanjutnya Anda akan melihat tabel yang berisi daftar invoice yang sudah disetujui Niagahoster. Anda juga bisa mengurutkan daftar berdasarkan statusnya, yaitu Unpaid, Paid, Processing, atau Canceled.
tabel daftar invoice

Lalu, bagaimana cara mengecek daftar komisi yang Anda dapatkan? Caranya sangat mudah. Di halaman Your Profile, klik tombol View details untuk melihat daftar komisi yang telah Anda peroleh:

status pembayaran komisi

Untuk memperjelas penghitungan komisi, kami akan berikan contoh sederhana. Misalkan Anda berhasil menjual paket Personal pada layanan Unlimited Hosting seharga Rp637.500/tahun. Maka, Anda akan mendapatkan komisi sebesar 70%, yaitu:

637.500 70%= 446.250

Jadi, jika Anda sukses menjual 50 paket layanan yang sama, maka keuntungan yang akan Anda dapat adalah Rp22.312.500 (50 x Rp446.250).

Nah, sekarang pasti Anda ingin tahu kan cara terbaik untuk memasarkan produknya seperti apa? Untuk itu, kami akan tunjukkan beberapa praktik pemasaran afiliasi di luar sana!

Metode Pemasaran Afiliasi di Lapangan

Berikut ini adalah beberapa contoh praktik affiliate marketing yang umum digunakan. Salah satunya mungkin bisa menginspirasi Anda. Yuk kita lihat satu per satu!

infografik metode pemasaran afiliasi

1. Menggunakan Blog

Blog merupakan salah satu media paling populer untuk melakukan pemasaran afiliasi. Alasannya simpel, tampilan blog sangat mudah untuk diatur. Sehingga, Anda bebas mempromosikan kode kupon, banner, atau link afiliasi Anda dimanapun Anda mau.

Pertanyaannya, bagaimana cara menggiring pengunjung blog untuk menggunakan kode kupon atau mengklik banner afiliasinya? Jadi begini caranya..

Pernahkah Anda masuk ke suatu website atau blog hanya untuk mengklik banner atau berburu kode kupon? Tentu tidak, kan? 

Hal ini wajar, mengingat alasan orang-orang memasuki suatu website atau blog pada umumnya adalah untuk mencari informasi, hiburan, atau inspirasi. Jadi, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat konten yang berisi informasi, hiburan, atau inspirasi.

Sebagai permulaan, Anda bisa coba membuat konten-konten seperti ini:

  1. Artikel tutorial – Buatlah artikel tutorial yang mengajarkan pembaca cara melakukan atau membuat sesuatu. Nah, di salah satu langkahnya, Anda bisa selipkan penawaran produk beserta linknya. Contohnya seperti “Untuk tahap ini, produk yang saya rekomendasikan adalah produk X”.
  2. Artikel review – Anda bisa me-review produk yang ingin Anda promosikan. Walaupun tujuan Anda adalah untuk promosi, pastikan Anda tetap memberikan review jujur. Karena kejujuran akan membuat review Anda otentik dan kredibel.
  3. Halaman “resources” – Halaman resources biasanya berisi produk atau layanan yang direkomendasikan oleh pemilik website. Sama seperti artikel review, pastikan produk atau layanan yang Anda rekomendasikan memang berkualitas.  
  4. Artikel perbandingan – Artikel ini agak mirip dengan artikel review. Bedanya Anda sekarang me-review lebih dari satu produk atau layanan. Sehingga, pengunjung bisa melakukan perbandingan. Tujuan dari artikel ini juga untuk merekomendasikan produk secara tidak langsung kepada pengunjung.

Mari kita ambil contoh. Berikut adalah contoh artikel review yang menyelipkan kode kupon sebagai penawaran diskon:

contoh link afiliasi niagahoster di blog

Pastikan saat Anda melakukan pemasaran afiliasi di blog, Anda tetap memprioritaskan kualitas konten. Karena konten lah yang pada akhirnya akan membuat pengunjung mengklik link atau banner afiliasinya.  

Baca juga: 10 Ide Konten Paling Ampuh Untuk Menyukseskan Afiliasi Anda

2. Memanfaatkan Media Sosial

Selain blog, di manakah orang-orang biasanya berkumpul di internet?

Tentu saja media sosial!

Entah itu di Facebook, Twitter, atau Instagram, Anda dapat menemukan orang-orang yang sedang mencari rekomendasi produk. Nah, orang-orang ini bisa Anda jadikan target untuk pemasaran afiliasi.

Oke, lalu bagaimana cara agar mereka mau menerima rekomendasi dari Anda?

Ambillah sudut pandang pengguna media sosial. Ketika Anda sedang mencari rekomendasi produk atau layanan via media sosial, akun apakah yang akan Anda cari

Tentu akun-akun yang fokus membahas tentang produk atau layanan tersebut, kan?

Jadi, Anda harus posisikan diri Anda sebagai ahli dari topik-topik yang berkenaan dengan produk atau layanan yang Anda promosikan.

Buatlah konten-konten yang menunjukkan bahwa Anda ahli di bidang Anda. Contohnya, jika Anda ingin terlihat ahli di bidang digital marketing, Anda bisa membuat konten-konten yang berhubungan dengan pemasaran di internet, seperti tips beriklan di media sosial atau cara membangun brand di website. 

Jika akun Anda sudah terkenal dan jumlah like, comment, dan follower nya sudah stabil, Anda bisa mulai mempromosikan link atau kode kupon afiliasi Anda.

Lalu diletakkannya di mana? Nah, Anda bisa menyimpan link atau kodenya di profil akun Anda:

afiliasi di profil media sosial

Atau melalui isi konten beserta captionnya.

afiliasi di konten media sosial

3. Melakukan Promosi di YouTube

Pernahkah Anda menonton video di YouTube, lalu si pemilik channel tiba-tiba mempromosikan suatu produk atau layanan di videonya? Nah, ada 3 kemungkinan:

  1. Pemilik channel mempromosikan produknya secara cuma-cuma. Karena mereka memang ingin merekomendasikan produknya.
  2. Pemilik channel dibayar untuk meng-endorse produknya.
  3. Pemilik channel sedang mempromosikan link atau kupon afiliasi.

Pada dasarnya, pemasaran afiliasi di YouTube itu tidak jauh berbeda dengan di blog kok. Anda hanya perlu membuat video-video yang berisi informasi, hiburan, atau inspirasi untuk menarik penonton.

Pastikan juga videonya relevan dengan produk yang Anda promosikan. Jika tidak, promosinya akan salah sasaran. 

Cara promosinya pun bermacam-macam, Anda bisa menyebutkan kode kuponnya secara langsung di dalam video, atau menuliskan linknya di deskripsi video.

contoh link afiliasi di video youtube

Ayo Raih Keuntungan dengan Afiliasi Niagahoster Sekarang Juga!

Jika Anda membaca sampai sejauh ini, berarti Anda memang benar-benar tertarik untuk mendapat sumber penghasilan dari internet. Salut!

Anda pun kini sudah mempelajari seluk beluk program afiliasi Niagahoster. Mulai dari cara memasarkannya hingga cara mencairkan komisinya. Sekarang Anda tinggal mempraktikkannya saja.

Jadi, tunggu apa lagi? Sudah siap meraih penghasilan pasif dari internet? Yuk klik tombol di bawah untuk mulai bergabung di program afiliasi Niagahoster!

Ridandi Bintang Pamungkas Bintang is an avid learner with years of experience in Marketing and Business Management subjects. Aside from writing, Bintang loves reading books and collecting movies.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *