Yovi Amanda Full time SEO content writer. Passionate to help people in the digital world through writing. She currently juggling between making articles for Niagahoster and raising her only child, Bhadrika Nagendra.

10 Pedoman Mengelola Bisnis di Masa Pandemi Covid-19

5 min read

Tidak bisa dipungkiri, wabah Covid-19 secara signifikan berdampak pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kompas.com melaporkan ada sekitar 37.000 pelaku usaha UMKM yang merasakan dampak dari adanya pandemi Covid-19. 

Dengan kondisi perekonomian seperti ini, sebagai pemilik bisnis, Anda diharapkan bisa lebih bijaksana dalam mengambil sikap. Anda dapat memulainya dengan  mengubah strategi bisnis agar bisa tetap bertahan meski berada di masa sulit seperti sekarang. Atau bisa juga dengan mulai menerapkan pola kerja remote atau Work from Home. 

Artikel ini telah merangkum 10 pedoman bagi Anda pemilik UKM untuk mengelola bisnis di masa pandemi Covid-19.

10 Tips Mengelola Bisnis di Masa Wabah Corona

Mengelola bisnis di hari biasa saja tidak mudah, apalagi di kala wabah. Namun jangan khawatir, di bawah ini ada 10 tips yang bisa Anda pakai untuk mengelola bisnis Anda agar bisa terus bertahan di masa sulit. 

1. Jadilah Pemimpin yang Dibutuhkan Banyak Orang

Meskipun menjalankan bisnis di masa pandemi terasa lebih berat dari biasanya, usahakan untuk selalu jadi pemimpin yang bisa diandalkan. Di masa seperti ini, tim Anda butuh sekali sosok yang bisa mengayomi dan menjamin bahwa semua akan baik-baik saja meski sedang berada di masa krisis. 

Yakinkan tim Anda bahwa Anda dan tim akan melalui krisis ini bersama-sama.  Yang paling penting, terus pupuk semangat juang di tim Anda. Sebab jika sampai semangat itu hilang, maka bisnis Anda yang akan terkena dampaknya. 

Semua ini ada di tangan Anda, karena Anda lah pemimpinnya. Tetaplah berpikiran jernih, agar situasi di organisasi Anda pun tetap kondusif.

2. Buat Rencana Kerja Remote   

Salah satu langkah yang harus Anda terapkan adakah mempraktikkan rencana kerja remote atau Work from Home (WFH).  Namun, sebelum memulainya, Anda perlu memastikan bahwa semua anggota tahu apa yang harus mereka kerjakan selama WFH.

Untuk memastikan lancarnya WFH, Anda bisa membuat peraturan. Peraturan ini bisa berisi kapan anggota tim  harus online, berapa lama jam kerja , seperti apa deadline yang harus dipenuhi, dan bagaimana cara berkomunikasi. Jangan lupa juga untuk membekali semua anggota tim segala perlengkapan dan kebutuhan selama WFH. Seperti misalnya: laptop, PC, handphone, koneksi internet, uang makan, dan sebagainya. 

Ada beberapa tool yang bisa Anda gunakan selama WFH agar tetap bisa berkomunikasi dan memenuhi kewajiban kerja. Anda bisa menggunakan Google Hangout atau Zoom, untuk komunikasi tatap muka. Untuk komunikasi chat dg, Anda bisa menggunakan Viber, Snapchat, Slack. Untuk pembagian tugas atau task, Anda bisa memanfaatkan tool Quire atau Trello.

Baca Juga: 17+ Aplikasi Bisnis Online Terbaik yang Wajib Dicoba 2020

3. Usahakan Selalu Transparan dengan Karyawan dan Pelanggan

Masa-masa sekarang adalah masa yang sulit bagi semua orang. Banyak karyawan yang dirumahkan. Sebagai seorang pemilik bisnis sekaligus pemimpin, Anda harus bisa selalu bersikap jujur dan transparan dengan para karyawan Anda. 

Artinya, apa pun keputusan yang Anda ambil, atau kondisi apa pun yang dialami bisnis Anda, karyawan Anda harus diberi tahu. Tidak hanya karyawan, ingat bahwa Anda juga harus jujur dan transparan pada pelanggan. Terutama tentang perubahan apa yang terjadi pada layanan bisnis Anda.

4. Fokus pada Website Bisnis Anda

Memanfaatkan website untuk mengelola bisnis tentu adalah keputusan yang tepat. Terutama, di kala pandemi dan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) seperti saat ini. Ketika lebih banyak orang memilih melakukan transaksi online karena harus tetap di rumah saja. 

Itulah mengapa, jika Anda belum memiliki website, inilah saatnya membuat website untuk bisnis Anda. Namun, tidak sekadar memiliki website. Website yang Anda miliki harus memenuhi kriteria website yang baik dengan nama domain yang menarik dan mudah diingat. 

Ada beberapa ekstensi domain baru yang bisa Anda gunakan untuk website bisnis Anda. Di antaranya yaitu: .STORE, .TECH, .ONLINE, .SITE, .SPACE, dan lain-lain. Ekstensi domain tadi dapat membantu Anda membuat nama domain yang sesuai dengan bisnis Anda. 

Jika Anda memiliki ecommerce, Anda bisa menggunakan ekstensi domain .STORE. Menggunakan ekstensi domain yang tepat dapat memaksimalkan branding bisnis Anda secara digital lho! Coba tengok contoh nama domain di bawah ini:

  1. www.nanemtanaman.com
  2. www.nanemtanaman.store

Setelah melihat kedua contoh di atas, Anda tentu langsung tahu mana website yang merupakan toko online, kan? Itulah mengapa, penting bagi Anda memilih ekstensi domain yang sesuai dengan jenis website Anda. Dengan menggunakan ekstensi domain yang sesuai, brand Anda nantinya akan lebih kuat dan mudah diingat.  

5. Latihan Berempati

Di masa seperti sekarang ini, semua orang sedang berusaha keras untuk beradaptasi. Banyak orang kesulitan beradaptasi dengan situasi  baru seperti bekerja di rumah, sekolah di rumah, dan physical distancing. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk latihan berempati.

Cobalah untuk lebih fleksibel dan maklum. Karyawan Anda bisa jadi tidak seproduktif ketika di kantor. Mungkin karena ada anak di rumah yang sesekali mengganggu atau butuh perhatian. Atau ada beberapa persoalan teknis maupun psikologis selama WFH yang membuat mereka tidak bisa maksimal bekerja. 

Yang perlu Anda lakukan hanya memaklumi dan memberikan waktu untuk beradaptasi. Jangan lupa untuk selalu memberikan apresiasi dan support agar mereka bisa terus memberikan hasil yang terbaik selama WFH.     

6. Evaluasi Keuangan Bisnis Anda       

Di masa krisis seperti ini, penting untuk selalu menjaga kondisi keuangan bisnis Anda. Caranya yaitu dengan membatasi pengeluaran dan melakukan evaluasi keuangan secara rutin. Evaluasi keuangan secara rutin penting Anda lakukan untuk mencegah bisnis Anda mengalami kerugian.

Di sisi lain, Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan beberapa kebijakan terkait perekonomian di masa wabah Covid-19. Misalnya relaksasi pajak dan kredit UMKM. Kebijakan tersebut tentu dapat membantu meringankan beban Anda sebagai pemilik bisnis. 

7. Jangan Menurunkan Harga Produk

Selama krisis, coba usahakan untuk tidak menurunkan harga produk atau layanan Anda. Sebab jika Anda tetap melakukannya, nilai produk dan layanan Anda bisa-bisa akan ikut menurun. 

Alih-alih menurunkan harga, cobalah memotong biaya pengeluaran. Atau, cobalah untuk mencari peluang usaha baru. 

Contohnya, bisnis perawatan kecantikan seperti salon dan spa mungkin jadi salah satu usaha yang mengalami masa sulit sekarang ini. Namun sebenarnya mereka bisa menyiasatinya dengan menjual produk-produk kecantikan secara online, offline, atau menambahkan produk baru. Produk-produk baru seperti hand sanitizer, peralatan spa rumahan, aroma therapy, dan lain sebagainya.

Jadi, tetap sediakan produk dengan nilai yang sama atau lebih baik, bukan malah menurunkannya.

 8. Andalkan Unique Selling Proposition (USP) Bisnis Anda

Karena wabah ini, banyak sekali pemilik UKM khawatir akan masa depan usaha mereka. Maka dari itu, inilah saatnya untuk mengandalkan USP atau sisi unik bisnis Anda.

USP adalah hal unik yang membedakan produk atau layanan Anda dari pesaing lainnya. Dengan USP, bisnis Anda bisa lebih diingat dan bertahan lama, bahkan dalam situasi sulit. 

Ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam membuat USP:

  • Tegas dan bisa dipertahankan- Buatlah statement atau jaminan bahwa Anda menjual produk yang lebih berkesan dan lebih baik dari produk kompetitor. 
  • Fokus pada customer- Unik saja tidak cukup. Anda harus bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dan membuat mereka puas setelah memakai produk Anda.
  • Lebih dari hanya slogan- Slogan tidak hanya digunakan untuk menyampaikan USP produk Anda, tapi juga mewujudkan bagian lain bisnis Anda. Anda harus mempraktikkan apa yang menjadi slogan perusahaan Anda.  

Mungkin Anda akan harus melakukan penyesuaian atau bahkan perubahan besar-besaran. Namun, selama itu semua bisa membuat usaha Anda bertahan, mengapa tidak?   

9. Evaluasi Bisnis Anda 

Meski bukan momen yang baik, tapi momen ini bisa jadi saat yang tepat untuk mengevaluasi bisnis Anda. Anda bisa menilai kembali segala sesuatu yang berkaitan dengan uang kas, perkiraan penjualan, belanja modal, dan sebagainya. Anda bisa menyimak kemungkinan apa saja yang akan terjadi dan bagaimana menghadapinya, di bawah ini: 

  • Uang kas. Anda bisa melakukan pemangkasan pengeluaran untuk mengamankan keuangan bisnis Anda. Jangan lupa juga juga untuk menyiapkan dana darurat
  • Perkiraan Penjualan. Gunakan strategi penawaran bisnis yang sulit ditolak, agar pelanggan Anda tidak berpaling. Misalnya dengan memberikan bonus, promo, dan sebagainya.   
  • Marketing. Dengan adanya penurunan penjualan, kini Anda harus mulai menerapkan efisiensi biaya marketing. Caranya dengan memanfaatkan platform online gratis untuk marketing: sosial media marketing, email marketing, dan lain-lain. 
  • Jumlah Karyawan. Usahakan untuk tetap mempertahankan jumlah karyawan. Meski harus memangkas pendapatan mereka.
  • Anggaran Belanja. Selama Anda belum bisa mandiri secara finansial, maka Anda harus terus memeriksa rencana belanja Anda.

10. Manfaatkan Waktu untuk Mencari Solusi

Tips terakhir sekaligus yang paling baik untuk bisnis di masa pandemi adalah: manfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk mencari solusi.

Ketika mencari solusi, ajukan beberapa pertanyaan ini ke diri Anda sendiri. Apakah bisnis Anda bisa menyesuaikan diri dengan keadaan? Apakah Anda punya cara untuk mengoptimalkan kinerja perusahaan meski dengan waktu dan uang yang terbatas? Apakah Anda bisa melakukan kerja sama dengan bisnis lain?

Anda bisa meluangkan waktu menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas. Kemudian jika sudah,  rumuskan solusinya. Saran kami, selalu usahakan untuk tidak fokus ke hal-hal negatif. Sebaliknya, fokuslah ke hal-hal positif. Misalnya, peluang apa saja yang bisa Anda dan bisnis Anda eksplor untuk meningkatkan bisnis Anda di tengah pandemi. 

Tetap Optimis dan Jangan Menyerah!

Sebagai pemilik UKM atau bisnis kecil menengah, berusaha mempertahankan bisnis saja tidak cukup. Anda harus fleksibel dan berpikir visioner. Caranya  dengan mulai memperhatikan perilaku dan kebiasaan baru di masyarakat selama masa pandemi. Kemudian memanfaatkannya sebagai peluang bisnis baru. 

Kunci keberhasilan sebuah perusahaan bertahan di momen seperti ini adalah ada di cara para pemimpin bersikap. Beranilah dalam mengambil tindakan yang tegas, tunjukkan kepemimpinan Anda di masa yang penuh tekanan ini.

Mengutip perkataan Charles Darwin, “Mereka yang bertahan bukanlah mereka yang paling kuat atau paling pintar, melainkan yang paling bisa beradaptasi.”

Tetap semangat dan jangan menyerah!

1
Yovi Amanda Full time SEO content writer. Passionate to help people in the digital world through writing. She currently juggling between making articles for Niagahoster and raising her only child, Bhadrika Nagendra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six − four =

[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]