Tutorial

5+ Langkah Mudah Mengatasi Lupa Password WordPress

Lupa password WordPress memang bukan perkara sepele. Anda jadi tidak bisa masuk wp-admin WordPress dan mengoperasikan website. Ibaratnya Anda mau masuk ke rumah, eh kuncinya hilang.

Syukurnya, ada beberapa cara mengatasi lupa password WordPress yang bisa Anda coba. Enggak perlu ke tukang kunci kok. Anda bisa langsung ganti kunci lewat sistem sudah disediakan oleh WordPress.  Jadi, Anda bisa tetap login ke website WordPress Anda. 

Nah, di artikel ini, Anda akan pelajari cara mendapatkan password baru untuk mengakses website Anda. Penasaran apa saja itu? Langsung saja simak pembahasannya berikut ini!

Bagaimana Cara Mengatasi Lupa Password WordPress?

Berikut ini beberapa cara atasi lupa password admin WordPress yang bisa Anda coba! 

Cara pertama mengatasi lupa password WordPress adalah dengan menggunakan link reset password di laman URL login. 

Setelah klik “Lost your password”, Anda akan diarahkan ke laman untuk memasukkan alamat email atau username WordPress.

Setelah memasukkan alamat email, klik Get new Password. Anda akan mendapatkan link reset password melalui email yang terhubung dengan WordPress. 

Eh, tapi Anda mungkin juga lupa dengan akses ke akun email WordPress? Apa malah link reset tidak terkirim ke email Anda? 

Tak perlu panik, masih ada banyak jalan menuju Roma. Mari coba cara berikutnya. 

2. Minta Admin Lain Mengubah Password

Semisal website Anda dikelola oleh beberapa admin, Anda bisa meminta bantuan admin lain untuk mereset password Anda lewat akun miliknya. 

Admin lain hanya perlu klik menu Users > All User pada dashboard. Lalu klik Edit pada profile admin yang ingin diubah passwordnya. 

Lihat menu Account Management dan klik Set New Password. Lalu mintalah rekan Admin Anda mengirimkan password baru tersebut pada Anda. 

Nah, kalau Anda sudah bisa login dengan password baru tadi, segera ganti password Anda supaya keamanan website lebih terjaga, ya. 

Baca juga: 12+ Tips Meningkatkan Keamanan Website 

3. Mereset Password Melalui phpMyAdmin

Ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan password WordPress Anda. Salah satunya melalui PhpMyAdmin. 

Caranya, login ke cPanel Anda lalu pilih menu phpMyAdmin. Kemudian pilih database website Anda. 

Apabila Anda tidak mengetahui dengan pasti database mana yang digunakan oleh website WordPress Anda, silakan cek melalui file wp-config.php. File tersebut berada di direktori utama dari website Anda, biasanya dalam public_html.

Ketika database sudah dipilih, semua tabel akan tampil seperti gambar di bawah. Jika tidak tampil silakan klik tab Structure, Anda akan melihat tabel wp_users pada baris kolom tersebut. 

Biasanya tabel prefix pada setiap hosting tidak selalu berupa wp_, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini yaitu wpoj_. Prefix ini bisa Anda ubah ketika melakukan instalasi WordPress untuk memperketat keamanan website. 

Sedangkan, untuk nama terakhir tabel adalah _users. Silakan klik tabel tersebut atau pilih Browse.

Lalu klik Edit pada username yang ingin direset passwordnya. Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Terdapat angka dan huruf pada baris user_pass dalam kolom Value. Kemudian, pada kolom Function terdapat menu dropdown seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Hapus karakter dan angka yang ada pada kolom Value dan masukkan password baru Anda. Setelah itu pada kolom Function silakan pilih MD5, kemudian klik tombol Go untuk menyimpan perubahan.

Sekarang coba login ke dashboard WordPress Anda. 

Baca juga: Cara Mengetahui Password Root MySQL/MariaDB di CyberPanel 

4. Mereset Password Melalui Edit File Functions.php

Opsi lain mengatasi lupa password WordPress ialah melalui file Functions.php pada tema yang Anda gunakan. 

Untuk bisa mengakses file Function.php tema, Anda bisa pakai FTP seperti FileZilla atau melalui File Manager. Di tutorial ini, kami akan menggunakan File Manager. 

Caranya, login ke cPanel Anda, lalu pilih menu File Manager. 

Kemudian pilih folder public_html. Pilih folder wp-content > themes > folder tema yang Anda gunakan. Kemudian cari file Functions.php. Klik kanan pada file, lalu edit. 

Lalu, di bawah baris kode <?php masukkan code berikut: 

wp_set_password( ‘passwordbarubanget’, 1 );

Anda bisa ganti ‘passwordbarubanget’ dengan password Anda. Pastikan password tersebut sudah kompleks dan sulit ditebak, ya. 

Jika sudah ditambahkan, klik tombol Save Changes. Lalu coba login ke dashboard WordPress dengan password yang baru Anda buat.

Baca juga: Cara Memberi Password Pada Folder cPanel 

5. Mereset Password Melalui Emergency Password Reset Script

Jika cara mengatasi lupa password admin WordPress belum teratasi, cobalah cara reset password melalui emergency password reset script. 

Untuk menggunakan cara ini, pastikan Anda memiliki username dan email WordPress Anda. 

Langkah pertama, buatlah file dengan nama “emergency.php” di text editor Anda. Lalu, copy paste script yang ada pada WordPress Codex link ini

The user name field is empty.

‘ : ” );
$answer .= ( empty( $user_pass ) ? ‘

The password field is empty.

‘ : ” );
if ( $user_login != $wpdb->get_var( “SELECT user_login FROM $wpdb->users WHERE ID = ‘1’ LIMIT 1” ) ) {
$answer .=”

That is not the correct administrator username.

“;
}
if ( empty( $answer ) ) {
$wpdb->query( “UPDATE $wpdb->users SET user_pass = MD5(‘$user_pass’), user_activation_key = ” WHERE user_login = ‘$user_login'” );
$plaintext_pass = $user_pass;
$message = __( ‘Someone, hopefully you, has reset the Administrator password for your WordPress blog. Details follow:’ ). “\r\n”;
$message .= sprintf( __( ‘Username: %s’ ), $user_login ) . “\r\n”;
$message .= sprintf( __( ‘Password: %s’ ), $plaintext_pass ) . “\r\n”;
@wp_mail( get_option( ‘admin_email’ ), sprintf( __( ‘[%s] Your WordPress administrator password has been changed!’ ), get_option( ‘blogname’ ) ), $message );
$answer=”

Your password has been successfully changed

An e-mail with this information has been dispatched to the WordPress blog administrator

You should now delete this file off your server. DO NOT LEAVE IT UP FOR SOMEONE ELSE TO FIND!

“;
}
}

return empty( $answer ) ? false : $answer;
}

$answer = meh();
?>

WordPress Emergency PassWord Reset

Jika sudah membuat file tersebut, upload file ke website di folder public_html melalui FTP atau File Manager. 


Tinggal login ke cPanel, lalu pilih menu File Manager, klik menu public_html. Kemudian klik tombol Upload dan Select File emergency.php.

Nah, jika sudah, buka alamat website Anda lalu tambahkan /emergency.php di browser, misalnya https://websiteanda.com/emergency.php. Lalu masukkan username WordPress dan password baru Anda. Kemudian klik Update Options.

Setelah berhasil membuat password baru, Anda perlu menghapus file emergency.php tadi tadi supaya tidak disalahgunakan. 

Baca juga: Tren Ancaman Keamanan Website di Dunia Digital di 2021

6. Login Melalui Member Area Niagahoster

Khusus untuk Anda pengguna hosting Niagahoster, Anda bisa login ke dashboard admin WordPress melalui member area Niagahoster. 

Caranya, buka laman member area Niagahoster

Kemudian, masukkan alamat email dan password akun hosting Anda. Lalu klik Login. Jika sudah login, pilih menu WordPress Management > Site > Login WordPress. 

Voilaa, Anda sudah bisa login ke WordPress Anda. Selanjutnya, Anda bisa melakukan reset password pada menu Profile di dashboard WordPress. 

Baca juga: Hindari Masalah Keamanan Website WordPress!

Segera Atasi Lupa Password WordPress Anda!

Itu tadi beberapa cara mengatasi lupa password WordPress yang bisa Anda coba. Mulai dari reset forgot password di WordPress, melalui PHPMyAdmin, hingga login di member area Niagahoster. Saat ini Anda tentu sudah bisa mengakses kembali website WordPress Anda, bukan? 

Punya password WordPress yang gampang diingat memang meminimalkan lupa password WordPress. Namun, hal itu bukanlah langkah yang tepat mengingat website Anda bisa terkena serangan hacker

Baca Juga: 8+ Password Manager Terbaik yang Bisa Anda Coba

Nah, untuk mengantisipasi adanya berbagai macam ancaman hacker dan virus, Anda juga perlu meningkatkan keamanan website Anda. Tak perlu bingung, kami punya panduannya dalam bentuk ebook. Langsung saja download ebook gratisnya berikut ini.

Putri Aprilia

Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Share
Published by
Putri Aprilia

Recent Posts

Tutorial Nextcloud: Fitur, Keunggulan dan Cara Install Nextcloud di Cloud VPS

Anda sampai di artikel ini karena ingin tahu cara install Nextcloud di VPS? Selamat, Anda berada di halaman yang tepat!…

18 hours ago

Panduan Deploy Website Berbasis Python di cPanel

Banyak website yang dibangun menggunakan Python, contohnya Google. Selain menawarkan performa yang baik, pilihan cara deploy website berbasis Python juga…

2 days ago

Iptables: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Anda khawatir server Anda akan mendapat serangan kejahatan online? Jika iya, cobalah menggunakan iptables firewall untuk meningkatkan keamanan server tersebut.…

3 days ago

Gambar Tidak Muncul di Web? Ini Dia Penyebab dan Solusinya!

Sudah habis banyak waktu untuk upload gambar, eh malah gambar tidak muncul di web. Belum lagi, tampilan website pun jadi…

4 days ago

Apa itu Pitch Deck? Trik Membuat Pitch Deck untuk Menarik Investor

Apakah Anda tahu bahwa 29% startup gagal karena kekurangan modal? Jangan sampai startup Anda tumbang karena sebab yang sama. Solusi…

5 days ago

Cara Menerapkan Referral Marketing untuk Bisnis Online

Referral marketing adalah salah satu strategi word of mouth terampuh untuk menghasilkan konsumen baru. Bagaimana caranya? Simak disini!

5 days ago