Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Mengatasi 404 Not Found pada WordPress

1 min read

mengatasi 404 not found

Error 404 not found dapat terjadi pada website WordPress Anda sendiri. Permasalahan ini kerap muncul ketika website Anda berada dalam proses transfer ke lokasi berbeda. Pada umumnya WordPress 404 not found terjadi karena adanya kesalahan konfigurasi permalinks pada website WordPress. Anda pun dapat mengalaminya pada waktu yang tidak terduga. Kali ini kami akan membahas cara mengatasi 404 not found dengan langkah mudah. 

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah untuk mengatasi 404 not found, pastikan bahwa Anda:

  • Memiliki akses ke dashboard admin WordPress website Anda

Apabila Anda sudah memiliki akses ke admin WordPress langsung saja ikuti panduan untuk mengatasi 404 not found berikut ini agar website Anda kembali normal.

Cara Mengatasi 404 Not Found pada Website WordPress

  •  Login ke Dashboard WordPress

Silakan login ke dashboard admin WordPress. Halaman login default bisa diakses melalui htp://domainanda.com/wp-admin. Masukkan username dan password, kemudian klik tombol Log In.

mengatasi 404 not found wordpress

  • Akses Settings > Permalinks

Pada bagian kiri dashboard, silakan pilih Settings > Permalinks.

  • Pilih Pengaturan Umum Radio Button yang Berbeda

Di sini Anda perlu memilih tipe URL pada Common Settings. Silakan pilih tipe yang berbeda dari yang Anda gunakan saat ini. Setelahnya, silakan klik tombol Save Changes untuk melanjutkan.

Pada contoh URL ini tipe Day and name sudah digunakan, sehingga Anda perlu memilih Post name (yang belum digunakan).

  • Pilih Kembali Common Settings Sebelumnya

Pada langkah ini, Anda perlu mengembalikan perubahan yang telah dibuat. Caranya silakan pilih radio button untuk tipe URL pada Common Settings yang sebelumnya digunakan pada website. Kemudian klik tombol Save Changes.

(Pada contoh ini, tipe URL yang dipilih adalah Post name kemudian dikembalikan lagi ke tipe Day and name)

Kesimpulan

Jika semuanya sudah selesai, sesuai dengan langkah mengatasi 404 not found pada tutorial ini, link pada website WordPres Anda seharusnya sudah normal kembali. Anda dapat mengakses website dan memilih link atau menu lain yang sudah dibuat. Error 404 page not found semeestinya sudah tidak muncul lagi. Ini adalah cara yang cukup sederhana untuk Mengatasi Error pada WordPress dengan mengembalikan link yang corrupt.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukan yang berhubungan dengan artikel ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar pada kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Jangan lupa klik Subscribe melalui form yang tersedia! Kami akan mengirimkan artikel-artikel menarik langsung ke email Anda. 🙂

0
Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

6 Replies to “Mengatasi 404 Not Found pada WordPress”

  1. makasih artikelnya, mantab….beberapa hari saya coba otak atik tetep eror 404, saya coba pakai trik agan, hasilnya jossss…mantab..gak sampai 5 menit beres….

  2. nah ini kemungkinan karena ada URL yang sebelumnya salah posting pada saat buat link,
    yang terjadi diwebsite saya, permalinknya sudah di rubah jadi commont, hanya saja, ketika mencari artikel yang tidak ditemukan di dalam web tersebut selalu juga muncul 404 ini, bagaimana ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 2 =