Matias Sri Aditya Chief Content Officer at Niagahoster. Full time writer/editor/translator. Also a band guy.

Mengapa Anda Harus Menggunakan Domain .COM?

3 min read

domain .COM

Bisa jadi saat ini Anda sedang merencanakan bisnis online sebaik-baiknya. Semua telah Anda lakukan, mulai dari market research, memilih nama yang paling Anda sukai, hingga merancang sistem manajemen yang benar-benar sempurna.

Sayangnya, segala daya upaya Anda tidak akan bekerja dengan baik di internet tanpa nama domain yang tepat. Kami beritahukan kepada Anda: nama domain sangat berpengaruh dalam menentukan sukses atau tidaknya suatu bisnis online. Karenanya, sebelum mulai membuat website, Anda perlu benar-benar memikirkan nama domain untuk website Anda terlebih dahulu.

Memilih nama domain memang gampang-gampang susah. Tidak sulit, sebenarnya. Namun juga tidak mudah karena Anda tidak bisa sembarangan memilih. Nama domain sebaiknya dapat mewakili bisnis maupun entitas yang Anda representasikan di dunia online. Tentu, dalam jangka panjang hal ini berkaitan dengan citra yang ingin Anda tampilkan.

Anda Sebaiknya Memiliki Domain .COM Terlebih Dahulu …

8 dari 10 website teratas dunia berdasarkan ranking Alexa menggunakan domain .COM. Hal ini menunjukkan bahwa domain .COM memiliki popularitas yang sangat tinggi, terbukti dari banyaknya website terkenal yang menggunakan domain tersebut. Dengan .COM, website Anda pun bisa meraih kesuksesan seperti mereka.

Menurut statistik yang dilansir Verisign, hingga kuartal keempat tahun 2016, terdapat 329,3 juta Top Level Domain (TLD) telah terdaftar. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 21 juta domain, atau sekitar 6,8% dari tahun sebelumnya.

Dari jumlah total di atas, .COM masih merajai pasar domain dunia karena terdapat 126,9 juta domain yang didaftarkan hingga periode yang sama. Ini artinya, hampir 50% website yang ada di dunia menggunakan domain .COM.

domain com

Jika Anda membaca ulasan ini dan belum pernah memiliki domain sendiri, sekarang adalah momen yang tepat bagi Anda untuk memulai kesuksesan di dunia online. Anda dapat mulai dengan mendaftarkan domain .COM milik Anda sendiri di sini.

Mengapa Domain COM?

Pada awalnya suatu website diakses tanpa menggunakan nama domain, hanya melalui deretan angka sebagai IP address saja. Cara ini tentu sangat menyulitkan. Menyebutkan IP address http://93.188.165.229/ sebagai alamat website tentu bukanlah ide bagus, bukan?

Karenanya, pada tahun 1985 mulai digunakan tiga ekstensi domain yaitu .COM, .NET, dan .ORG dengan tujuan untuk mempermudah akses serta penyebutan suatu website. Seiring berjalannya waktu, tiga domain ini memang memiliki banyak peminat. Dan, tentu saja, hingga kini yang paling banyak digunakan adalah .COM.

Kami memiliki beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya menggunakan domain .com daripada beli domain lain yang tersedia.

1. Mudah Diingat

Apa yang terlintas di kepala Anda ketika berbicara tentang website? Yap, selain website media sosial, besar kemungkinan website dengan domain .COM-lah terlintas di kepala. Bagi banyak orang awam, website adalah .COM. Tidak hanya itu saja, di Niagahoster kami kerap menemui klien yang mengira memiliki domain .COM sama artinya dengan sudah memiliki website utuh. Ibaratnya, ini sudah seperti sebuah standar. Bahkan rasanya membuat website tanpa memiliki domain .COM adalah hal yang tabu. Seseorang harus memiliki domain ini terlebih dahulu sebelum berburu nama website dengan ekstensi berbeda.

2. Lebih Populer

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, domain COM sangat populer di dunia. Hampir 50% website yang ada saat ini menggunakan ekstensi .COM sebagai alamat. Di tengah banyaknya website yang ada, bagaimana Anda bisa terlihat unik? Anda tidak perlu khawatir. Nama yang sama persis tidak akan bisa digunakan dua kali. Pun jika nama yang Anda inginkan tidak tersedia, Anda tetap bisa menggunakan nama lain yang masih ada hubungannya dengan Anda.

Tidak kebagian domain yang Anda inginkan dalam ekstensi .COM? Jangan khawatir! Anda tetap dapat mendaftarkan nama yang sama namun dengan ekstensi berbeda. Daftar dengan .NET sekarang! 

3. Ramah SEO

Jika Anda ingin agar website tampil lebih baik di mesin pencari, penggunaan domain .com sangat disarankan. Banyak yang berpendapat bahwa tidak ada domain yang memiliki keistimewaan performa di mesin pencari.

Akan tetapi, domain .COM memiliki cakupan internasional. Domain berkode daerah (seperti .co.id atau .us) sifatnya lokal dan Google menggunakan domain ini untuk melakukan geotarget suatu website. Ini artinya, website dengan domain kode daerah hanya akan relevan untuk daerah tertentu saja. Sebaliknya, domain COM bersifat lebih universal sehingga website Anda dapat lebih mudah muncul di mesin pencari.

4. Pendaftaran Mudah

Nama domain .com bisa Anda daftarkan dengan sangat mudah. Tidak seperti domain berkode negara yang hanya tersedia di daerah tertentu dan membutuhkan persyaratan dokumen tertentu, Anda bisa mendapatkan domain ini dimana saja. Anda hanya perlu memilih domain yang Anda inginkan, selesaikan pembayaran, dan nama domain akan menjadi milik Anda dalam hitungan detik. Jadi tunggu apa lagi, dapatkan domain .COM sekarang!

5. Lebih Murah

Selain mudah, domain .com tersedia dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan domain lain. Tidak hanya pendaftaran pertama saja, biaya perpanjangan tahunan domain ini juga sangat terjangkau. Di Niagahoster, domain murah .COM bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 105rb saja. Menarik, bukan?

6. Domain COM Menggambarkan Bisnis

Seperti domain lain, ekstensi domain .com juga memiliki peruntukan khusus. Domain .com merupakan kependekan dari ‘commercial’, atau ditujukan untuk para pemilik bisnis. Tentu ini menjadi kabar baik bagi Anda yang sedang berusaha atau malah sudah memiliki bisnis. Website Anda akan terasa lebih “resmi” karena akan sesuai dengan peruntukannya. Meskipun demikian, kini banyak juga pemilik website memilih domain .com karena lebih mudah diingat.

Haruskah Saya Membeli Nama Domain dengan Ekstensi Lain?

Ya, tentu saja! Selagi domain tersebut belum didaftarkan orang lain, kami sangat menyarankan Anda untuk melakukan ‘sapu bersih’ domain yang berhubungan dengan bisnis Anda. Domain .NET bisa Anda jadikan pilihan di sini, misalnya domainanda.net.

Bahkan, jika memungkinkan Anda juga dapat sekalian membeli nama domain yang mirip milik Anda namun terdapat typo atau salah ketik seperti domaianda.com (tanpa huruf ‘n’ di tengah), ataupun domainand.com. Pada domain ini Anda bisa tetapkan fungsi redirect, agar pengunjung yang salah ketik tetap bisa sampai ke website Anda. Cara serupa bahkan juga digunakan oleh Facebook dengan membeli domain typo seperti Facebok.com (dengan satu huruf ‘o’) maupun Faceboo.com (tanpa huruf ‘k’). Anda pun dapat melakukannya!

Memilih nama domain adalah soal citra. Meskipun demikian, bukan berarti Anda perlu menghalalkan segala cara. Kami sangat tidak menyarankan Anda mengambil domain yang jelas-jelas menjadi milik orang lain. Atau, malah memilih nama domain yang masuk dalam daftar hitam Google karena pemilik sebelumnya menyalahi aturan. Jika ini yang terjadi, bisa jadi website sama sekali tidak dapat ditemukan di mesin pencari, sekuat apapun Anda berusaha memperbaiki performa SEO-nya.

Akhir kata, selamat berburu domain COM! Jika Anda masih memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk menyampaikannya pada kolom komentar di akhir halaman ini. Kemudian, klik Subscribe untuk terus mendapatkan ulasan terhangat mengenai dunia online langsung dari email Anda 🖐🏻

0
Matias Sri Aditya Chief Content Officer at Niagahoster. Full time writer/editor/translator. Also a band guy.

81 Replies to “Mengapa Anda Harus Menggunakan Domain .COM?”

  1. Ya. Saya setuju ekstensi .com itu dapat memperkuat bahkan menaikkan citra/image brand kita.

  2. wah, tidak salah saya memilih domain .COM setahun lalu di niagahoster ( domain saya; akmalbahtiar.com ). padahal waktu itu hanya ingin keren2an. hahah.. terima kasih pencerahannya.

  3. Masih terbaras biaya namun dalam jangka waktu dekat ini kemungkinan akan membeli lagi disini karna dulu kuycuy.com saya beli dari niaga hoster

  4. –quote–
    Domain .NET bisa Anda jadikan pilihan di sini, misalnya domainanda.net.
    –unquote–

    .com: commercial.
    .org: (non profit) organization.
    .net: network related.

    1. Idealnya memang begitu pak, website dengan keperluan komersil lebih diarahkan menggunakan .COM, organisasi non-profit menggunakan .ORG, serta .NET pada awalnya ditujukan untuk perusahaan di bidang teknologi jaringan. 🙂

    1. Kak boleh minta info , bikin website yg ada form nya seperti punya kakak itu dimana dan biaya nya berapa

  5. Ternyata banyak sekali keunggulan domain .com, untung saya tidak salah pilih domain. Mantap

  6. Makasih min infonya, meskipun domain saya blm di Niaga Hoster, tapi saya pakai Hosting disini. Terbaik memang, ga sering down dan lebih secure

  7. emang domain dotcom paling bagus mah.., soalnya udah umum dilihat oleh kebanyakan pengguna internet, jadi ada rasa lebih terpercaya gtu.., tapi sbenarnya nggak jadi masalah juga kok bagi domin yg lainnya..

  8. Menurut saya citra di bangun oleh nilai fungsi, sebuah perusahaan di Indonesia kesan nya tidak bercitra jika tidak menggunakan domain berakiran .co.id, pun sebuah organisasi akan memiliki citra ketika domain nya berakhiran.org
    saya pemilik 3 domain.
    1. https://wisatahalimun.co.id
    2. https;//highlandindonesia.com
    3.www.highlandindonesia.co.id
    4. www.pendakibogor.org
    saya memiliki akhiran yang berbeda karena nilai fungsi,

  9. wah, Makasih banget min informasinyanya, meskipun domain saya blm di Niaga Hoster, tapi saya pakai Hosting disini. Terbaik memang, ga sering down dan lebih secure

  10. Ane udah beli domain "id" , tapi tetep dapet trafic kok,
    cuman memang sih, dot com lebih familiar di masyarakat

    1. Iya pak, domain .COM memang ekstensi yang paling mudah diingat dibandingkan dengan yang lain 😉

    1. Langsung subscribe ke newsletter kami saja pak, kami pasti berkabar kalau sedang ada promo 😉

    1. Karena usianya sudah cukup lama dan peminatnya yang membludak, banyak domain dengan ekstensi .COM yang sudah dipakai pelanggan lain. Sebagai alternatif, Anda bisa coba gunakan ekstensi domain lain. Daftar lengkapnya bisa langsung cek di sini: https://www.niagahoster.co.id/domain-murah

    1. Untuk saat ini belum, promo lain Anda dapat mengeceknya melalui halaman berikut: https://www.niagahoster.co.id/promosi
      Silakan subscribe juga newsletter kami untuk mendapatkan info promo terbaru langsung di email Anda. 🙂

  11. Artikel yang bermanfaat , semoga mereka yang awalnya tidak mengerti skrg menjadi mngerti dg mmbca artikel ini.

    1. Terima kasih pak, jangan lupa subscribe newsletter kami ya untuk tahu lebih banyak seputar dunia IT dan website 😉

    1. Terima kasih pak, jangan lupa subscribe supaya bisa terus mendapatkan artikel berkualitas dari kami 😉

  12. Kak. Saya memakai domain .Com dan sekarang mau habis. Beli dulu di hostinger dan yang order dulu pake email teman saya. Nah sekarang saya sendiri yang mau memperpanjang nya, apa bisa kak? Bagaimana cara nya memperpanjang domain ya kak di hostinger. Dan berapa biaya perpanjang? Mhn di bantu kak. Mksih

    1. Untuk masalah tersebut silakan langsung chat dengan support kami. Untuk perpanjangan domain dikenakan harga normal, dapat dicek melalui tautan berikut: https://www.niagahoster.co.id/domain-murah

  13. Artinya kalau target pengunjung lokal, sebaiknya lebih memilih domain lokal seperti ID ya min??? Seperti para pengalaman blogger, performa blognya meningkat setelah mengganti domain menjadi id.

    1. Jika target pengunjung lokal dan ingin meningkatkan kepercayaan pelanggan, domain .id juga bisa menjadi pilihan.

  14. terimakasih banyak atas pelayanannya niagahoster, selama ini sudah banyak membantu, terutama menyediakan domain.com untuk para UKM yang sedang belajar berjualan melalui internet seperti saya ini, alhamdulillah saya sudah bisa membeli domain .com meski masih tahapan belajar, gimana gunainnya, 😀

    1. Benar sekali pak, untuk bisnis sebaiknya punya domain dengan ekstensi .COM terlebih dahulu 🙂

  15. Para calon buyer juga lebih trusted dengan domain TLD terutama .com daripada sekedar ngandalin website gratisan. Makanya klo belum punya segera beli sebelum nama domain keren anda dibeli orang lain. Hehe

  16. Saya pakai untuk jualan utamanya dengan domain dot com karena memang pembeli lebih banyak percaya ke domain dot com. Untuk pendukung atau website personal bisa beli web.id atau my.id aja murah. hahahaha

  17. Kalau ganti domain .com dari sebelumnya .asia itu kita perlu redirect satu per satu atau bisa keseluruhan pak?

    Saya ada domain www.thegold.asia sepertinya sulit untuk diingat ya?

    1. Bisa secara keseluruhan, silakan ikuti tutorial berikut: http://www.wpbeginner.com/wp-tutorials/how-to-properly-move-wordpress-to-a-new-domain-without-losing-seo/

  18. Wah tidak salah saya pake buah 2 doamain .com . Karena memang cukup mencengangkan performanya… pendapat saya sih seperti itu.

  19. memang menurut saya domain dot com adalah salah satu domain tld yang populer dan terbaik untuk branding, dan indexing nya di mata google cukup baik, karena kepopulerannya ini kali ya

  20. Jika punya brand, maka pastikan domain .com nya sudah diamankan, walaupun belum dibuatkan websitenya. Daftarin 2 tahun dulu sudah cukup.

  21. Dengan beli domain minimal terpacu untuk konsisten di dunia blog. Karena sesuatu yang dilandasi dengan ketekunan pasti akan membawa hasil

  22. Kalo sudah terlanjur beli domain co.id untuk brand kita bagaimana ya? Bukannya lebih profesional?

    1. Jika memang sudah mempunyai syarat domain .co.id akan lebih profesional jika menggunakan domain tersebut.

  23. Menurut saya memang com lebih friendly di google dan mudah tuk meranking. Dan kebetulan beberapa hosting dan domain saya dah di niagahoster, pelayanan bagus dan jarang down juga, mantap dah!

  24. Domain com memang yang terbaik. Tapi seringkali domain yang kita inginkan sudah lebih dulu dibeli orang lain. Ini yang membuat kita ambil alternatif dari ekstensi lain.

  25. Satu-satunya alasan tidak menggunakan domain .COM adalah karena nama yang diinginkan sudah didaftarkan orang lain. Hehe. Alternatifnya, kalau untuk website bahasa Indonesia ada domain .ID yang nggak kalah kerennya.

  26. selama ini domain com adalah domain yang familiar dan paling keren menurut saya, sayangnya saking banyak yang suka dengan domain.com, kadang kita kesulitan mencarai domain sesuai dengan yang kita inginkan. sehingga, mau nggak mau kita harus pakai domain alternatif.

  27. lebih mantab pake domain.com, namun sayang kadang domain yang kita cari atau kita daftarkan dah didaftarin orang terlebih dahulu, sehingga kita harus pakei domain lain

  28. Setuju com banyak keunggulanya, Alasan saya memilih Com untuk Bisnis karena banyak keunggulanya, Tapi kalau semacam Dot Id saya lebih suka membuat untuk personal/portofolio, Sukses terus Niagahoster 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + five =