Cara Mudah Menambahkan Stock Foto Gratis pada WordPress - Niagahoster Blog

Stock foto gratis sangat membantu pemilik website dalam mendapatkan ilustrasi gambar pada postingan. Mungkin Anda pernah merasakannya. Untuk mendapatkan foto, Anda perlu mengunduh gambar terlebih dahulu, baru kemudian mengunggahnya pada website.

Hal dapat cukup banyak menghabiskan waktu, terutama jika Anda memiliki banyak postingan untuk diunggah. Apabila website Anda menggunakan WordPress, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat mengatasi permasalahan ini melalui bantuan plugin. Efeknya, Anda dapat mencari gambar langsung dari dashboard WordPress Anda sendiri!

Dalam tutorial ini kami akan membahas cara mudah mendapatkan stock foto gratis langsung dari dashboard WordPress Anda. Untuk melakukannya Anda perlu menginstal plugin Instant Images terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkan foto dari Unsplash, yaitu website yang menyediakan stok foto yang dapat Anda gunakan secara cuma-cuma.

Fitur Menarik Plugin Instant Images

Sebagai gambaran, berikut ini adalah hal menarik yang dimiliki plugin Instant Images:

  • Pencarian instan: Anda dapat menemukan gambar waktu beberapa detik saja pada dashboard WordPress hanya dengan mengetikkan kata kunci tertentu.
  • Hemat waktu: Anda tidak perlu keluar dari dashboard WordPress untuk mencari serta mengunggah gambar untuk postingan.
  • Mudah digunakan: Instant Images memiliki menu yang cukup simpel. Proses mengunggah gambar hanya memerlukan sekali klik saja dan gambar akan secara otomatis diunggah ke media library. Selanjutnya Anda dapat langsung menggunakannya untuk mengisi postingan.
  • Gambar legal: Semua gambar yang tersedia berada di bawah lisensi Creative Commons Zero. Ini artinya Anda tidak perlu meminta izin pemilik gambar terlebih dahulu.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, Anda membutuhkan:

  • Akses ke dashboard admin WordPress

Berikut adalah Cara Menambahkan Stock Foto Gratis pada WordPress

Langkah 1: Instal Plugin Instant Images

Silakan lakukan instalasi dan aktifkan plugin Instant Images. Silakan ikuti tutorial ini  cara menginstal plugin WordPress apabila Anda belum mengetahui cara instalasi plugin.

Langkah 2: Cari Gambar

Setelah Anda melakukan instalasi plugin dan mengaktifkannya, selanjutnya adalah mencari gambar yang ingin Anda gunakan pada postingan.

1. Untuk mencari gambar, silakan pilih menu Instant Images.

upload gambar di postingan

2. Cari gambar dengan mengetikkan kata kunci. Anda dapat memasukkan satu atau dua kata kunci dengan terpisah dengan menyelipkan tanda baca +. Sebagai contoh: beach + sunset.

stock foto gratis

3. Silakan klik gambar yang ingin digunakan, maka secara otomatis gambar akan dipuload ke media library WordPress Anda.

klik gambar

Langkah 3: Masukkan Gambar di Postingan

Setelah mendapatkan gambar yang Anda inginkan, selanjutnya Anda perlu memasukkan gambar pada postingan. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Silakan klik menu Add Media, kemudian pilih gambar yang ingin digunakan.

tambah gambar

Kesimpulan

Pada tutorial ini Anda telah belajar bagaimana cara mendapatkan stock foto gratis tanpa harus keluar dari dashboard WordPress. Cara ini akan menghemat banyak waktu Anda ketika menerbitkan postingan baru atau sekedar melakukan optimasi website WordPress.

Apabila Anda memiliki pertanyaan maupun masukan yang berhubungan dengan tutorial ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar pada kolom yang tersedia di bagian bawah halaman ini. Silakan klik Subscribe untuk mendapatkan ulasan terbaru langsung di inbox email Anda 🙂

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

There are currently no comments.