Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

File htaccess WordPress Bermasalah? Perbaiki dengan Cara Ini

1 min read

Cara Membuat File .htccess

Mungkin Anda pernah mengalami masalah ketika melakukan konfigurasi pada WordPress, sehingga mengubah script yang ada pada file .htaccess. Nah, untuk memperbaikinya Anda dapat mengembalikan script .htaccess WordPress ke setingan default.

Bagaimana caranya? Tenang, Anda akan temukan cara membuat file default htaccess WordPress di artikel ini. Penasaran seperti apa? langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Apa Itu File .htaccess?

Apabila Anda belum mengetahui apa itu file .htaccess, penjelasan kami berikut ini mungkin dapat memberikan gambaran lebih lanjut.

Secara default, .htaccess file akan dibuat secara otomatis setelah melakukan instalasi WordPress. File tersebut memang tersembunyi, jadi Anda perlu untuk mengaktifkan pilihan Show Hidden Files. Silakan ikuti tutorial cara memunculkan file hidden.

File ini tak hanya ada pada WordPress saja. Namun, juga digunakan oleh aplikasi berbasis website lain yang menggunakan web server Apache, contohnya file default htaccess CodeIgniter.

File .htaccess merupakan file yang digunakan untuk konfigurasi ke server. Jadi, web server akan mencari file .htaccess ketika website dijalankan dan mengeksekusinya jika file tersebut terdapat di direktori utama website.

Selain itu, fungsi dari file .htaccess adalah untuk melakukan konfigurasi ulang pada pengaturan spesifik web server Apache. Hal ini akan berguna ketika Anda mengaktifkan fitur tertentu pada server.

Sebagai contoh, Anda bisa membuat htaccess redirect dari non www ke www atau sebaliknya.

Cara Membuat File Default htaccess WordPress

Terkadang instalasi WordPress tidak memiliki file .htaccess di dalamnya. Jika Anda mengalami hal ini, Anda dapat membuatnya secara manual.

Untuk membuatnya dapat menggunakan file manager atau FTP Client. Dalam tutorial ini kami akan membuat htaccess WordPress menggunakan File Manager.

1. Login ke cPanel 

Langkah pertama, login terlebih dulu ke cPanel Anda. Jika Anda pengguna Niagahoster, Anda bisa login lewat New Member Area. Caranya tinggal masukkan email dan password Niagahoster Anda.

Login Member Area Niagahoster untuk buat htaccess WordPress

2. Pilih Menu File Manager 

Setelah masuk Member Area, klik tombol Kelola Layanan pada hosting. Di halaman berikutnya, scroll ke bawah lalu pilih File Manager.

member area quick shortcut to cpanel file manager

3. Buat File htaccess WordPress

Jika WordPress diinstall di direktori utama, klik folder public_html. Lalu klik +File dan ketik nama file .htaccess. Kemudian klik Create New File.

file default htaccess wordpress

4. Edit File htaccess

Selanjutnya klik kanan pada file .htaccess lalu pilih Edit.

membuat file default htaccess wordpress

Kemudian, masukkan baris kode berikut:

# BEGIN WordPress
RewriteRule ^index\.php$ – [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
# END WordPress

5. Simpan Perubahan .htaccess File

Setelah selesai memasukkan kode tadi, jangan lupa klik tombol Save Change.

menyimpan perubahan htaccess

Selamat, Anda telah berhasil membuat file .htaccess. Kini website Anda dapat diakses kembali dengan normal!

Kesimpulan

Sekarang Anda telah mengetahui cara membuat file default htaccess WordPress, bukan? Ternyata tidak sulit, ya.

File .htaccess merupakan file yang wajib ada agar website WordPress Anda berjalan dengan baik. File ini dapat menyediakan fitur tambahan dari web server, terutama untuk pengaturan keamanan seperti pencegahan spam dan memblokir visitor yang berupa robot.

Oya, kami juga punya artikel menarik lainnya seputar htaccess berikut:

Atau, jika Anda tertarik untuk belajar lebih dalam tentang cara mengelola website WordPress, Anda bisa klik banner di bawah untuk download ebook gratis Niagahoster yang berisi Panduan Mengelola Website WordPress:

banner ebook kelola website wordpress

Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

One Reply to “File htaccess WordPress Bermasalah? Perbaiki dengan Cara Ini”

  1. saya ada kode bawaan dari tema dan gak tahu fungsinya. apa ada website yg menyediakan tool utk mengecek fungsi kode htaccess tersebut?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *