Categories: Tutorial

Memperbaiki Error “Sorry, This File Type Is Not Permitted For Security Reasons.”

Jika website WordPress Anda mengalami error ketika mengupload file dengan pesan “Sorry, this file type is not permitted for security reasons.”, tutorial kami kali ini dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Error tersebut merupakan salah satu kesalahan yang paling sering dijumpai oleh pengguna WordPress. Tampilannya adalah seperti di bawah ini.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, Anda membutuhkan:

Alasan Error Muncul …

Pesan Sorry, this file type is not permitte adalah ketika Anda mencoba mengunggah file dengan format lain yang tidak diizinkan, biasanya error tersebut akan muncul. Secara default, WordPress mengizinkan Anda untuk menampilkan format file sebagai berikut:

  • File gambar: .jpg, .jpeg, .png, .gif, .ico.
  • File dokumen: .pdf, .doc, .ppt, .pptx, .pps, .ppsx, .odt, .xls, .xlsx, .psd.
  • File audio: .mp3, .m4a, .ogg, .wav.
  • File video: .mp4, .m4v (MPEG-4) .mov (QuickTime) .wmv (Windows Media Video) .avi .mpg .ogv (Ogg) .3gp (3GPP) .3g2 (3GPP2)
  • File lain berupa .zip dan .key.

Apabila Anda mengunggah file selain format yang diizinkan, error tersebut akan muncul. Untuk mengatasinya silakan menuju ke langkah di bawah ini.

Cara Mengatasi Error “Sorry, this file type is not permitted for security reasons.”

Pilihan 1: Gunakan Plugin

Anda dapat memperbaiki error “Sorry, this file type is not permitted for security reasons” dengan menggunakan sebuah plugin. Ada berbagai macam plugin yang dapat digunakan, salah satunya Anda dapat menggunakan Pro Mime Types.

Berikut langkahnya:

1. Instal dan aktifkan plugin.

2. Kemudian pilih menu Settings > Mime Type Settings.

3. Tambahkan nilai mime type untuk ekstensi file yang ingin Anda unggah. Berikut adalah daftar dari mime types. Mime type harus ditambahkan dalam format tertentu, misalnya ketika akan mengunggah file .abiword, Anda perlu menambahkan baris berikut ini dalam file:

AbiWord =application/x-abiword

4. Setelah selesai, tekan tombol Save. Mime type baru akan muncul pada bagian bawah list.

Pilihan 2: Edit File wp-config.php

Jika dengan menggunakan plugin tidak berhasil, Anda dapat dapat mengedit file wp-config.php dan memungkinkan dapat mengunggah semua jenis file.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Akses file melalui FTP klien atau File Manager.

2. Akses instalasi WordPress kemudian edit file wp-config.php.

3. Kemudian paste kode di bawah ini pada baris di atas tulisan ‘That’s all, stop editing! Happy blogging‘.

define(‘ALLOW_UNFILTERED_UPLOADS’, true);

4. Setelah berhasil diedit, silakan coba unggah file kembali. Jika masih tidak bisa, silakan hubungi penyedia hosting yang Anda gunakan.

Pilihan 3: Hubungi Layanan Penyedia Hosting

Jika Anda sudah mencoba kedua cara di atas namun error masih belum hilang, silakan hubungi support dari layanan hosting Anda. Biasanya, beberapa penyedia layanan hosting membatasi format file tertentu untuk memastikan keamanan di layanan mereka.

Baca juga: Cara Mengatasi Error The Uploaded File Exceeds the upload_max_filesize Directive in php.ini di WorPress

Kesimpulan

Demikianlah cara mengatasi error “Sorry, this file type is not permitted for security reasons.” Anda dapat mencoba salah satu cara pada tutorial ini. Semoga berhasil!

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukkan mengenai artikel ini, jangan ragu untuk meninggakan komentar pada kolom yang tersedia. Silakan klik Subscribe untuk mendapatkan artikel terbaru kami langsung di inbox email Anda.

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto
Tags: Wordpress

Recent Posts

Harbolnas: Momen Bisnismu Menutup 2020 dengan Mengesankan!

Tidak disangka ternyata Desember sebentar lagi. Dan waktunya Harbolnas tiba! Angin segar bagi bisnis online Anda, karena event belanja online…

12 hours ago

API: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Apa yang terjadi jika sebuah aplikasi dapat dikembangkan tanpa membuat setiap komponennya dari nol? Tentunya, pekerjaan developer bisa lebih mudah…

1 day ago

Web Cache: Pengertian, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya

Adanya web cache memungkinkan loading website bisa lebih cepat. Jadi, Anda bisa menarik banyak pengunjung sekaligus membuat mereka betah di…

3 days ago

Tambah Penghasilan dengan Program Referral Karyawan Niagahoster

Mau tambah penghasilan dengan mudah? Coba ikut aja Program Referral Karyawan dari Niagahoster! Apa itu Program Referral Karyawan Niagahoster? Program…

3 days ago

Maskot Galeri: Dari Brosur Tempel, Kini Rambah Pasar Nasional dengan Website

Website akan mempermudah Anda dalam memasarkan bisnis dan meraih kepercayaan konsumen. Belum percaya? Coba tengok kisah Maskot Galeri. Produsen kostum…

3 days ago

Belajar HTML Lengkap untuk Pemula

Saat ini, hampir semua orang bisa membuat website tanpa memahami coding. Padahal, penting juga lho untuk memahami pondasi pembentuk website,…

4 days ago