Categories: Tutorial

Perbaiki ERR_TOO_MANY_REDIRECTS dengan Cara Ini

Ketika mengelola sebuah website WordPress hal yang biasanya terjadi adanya error yang tiba-tiba muncul, baik itu syntax error atau error ERR_TOO_MANY_REDIRECTS. Jika Anda menggunakan Google Chrome biasanya akan menampilkan pesan error This webpage has a redirect loop. Sedangkan untuk browser Firefox akan tampil pesan error The page isn’t redirecting properly.

Error ini biasanya dapat disebabkan adanya kesalahan konfigurasi pada pengaturan website WordPress Anda. Kesalahan tersebut salah satunya karena plugin yang Anda gunakan. Untuk mengatasi hal tersebut caranya cukup mudah, seperti yang akan dibahas pada artikel kami berikut ini.

Apa yang Anda butuhkan?

Sebelum melanjutkan langkah yang ada pada tutorial ini, dibutuhkan:

Berikut cara mengatasi error ERR_TOO_MANY_REDIRECTS

Langkah 1: Cek setingan URL

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pengecekan pada setingan URL WordPress.

Pilihan 1:  Cek setingan URL melalui dashboard admin WordPress

1. Jika Anda dapat mengakses dashboard admin WordPress, silakan Anda login kemudian pilih menu Settings. Pada bagian General Settings, silakan dicek untuk WordPress Address (URL) dan Site Address (URL) sudah sesuai dengan alamat website Anda.

Jika instalasi WordPress berada di subfolder, misalnya berada di /public_html/wp/ berarti untuk URL akan terlihat seperti ini www.domainanda.com/wp.

Pilihan 2: Cek atau ubah setingan URL secara manual

Biasanya jika website WordPress mengalami error ERR_TOO_MANY_REDIRECTS maka untuk dashboard admin tidak dapat diakses. Sehingga untuk mengecek atau mengubah setingan URL harus dilakukan melalui file wp-config.php.

Anda dapat mengakses file tersebut melalui file manager kontrol panel hosting atau mengakses melaui FTP klien. Pada contoh ini kami akan mengaksesnya melalui cPanel:

1. Silakan login ke cPanel, kemudian akses File Manager.

2. Silakan temukan file wp-config.php yang ada pada direktori utama instalasi WordPress, jika Anda melakukan instalasi pada domain utama berarti file tersebut berada pada folder public_html.

3. Jika Anda sudah menemukan file tersebut silakan klik kanan dan pilih Edit.

4. Silakan tambahkan baris code berikut ini pada bagian bawah code yang sudah ada di dalam file wp-config.php.

define('WP_HOME','http://domainanda.com');
define('WP_SITEURL','http://domainanda.com');

[ecko_alert color=”gray”]Catatan: Jika Anda melakukan instalasi WordPress pada /public_html/ berarti untuk URL nya http://domainanda.com. Jika Anda melakukan instalasi pada folder /public_html/wp, berarti untuk URL nya http://domainanda.com/wp.[/ecko_alert]

5. Setelah itu silakan klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan.

6. Silakan akses website Anda untuk mengecek apakah error ERR_TOO_MANY_REDIRECTS sudah berhasil diatasi atau belum.

Selain melalui wp-config.php, Anda juga dapat mengubah URL WordPress melalui phpMyAdmin.

Langkah 2: Nonaktifkan plugin

Yang menjadi penyebab error ERR_TOO_MANY_REDIRECTS pada WordPress, biasanya disebabkan oleh plugin yang bermasalah. Untuk mengatasi hal ini caranya cukup mudah, Anda haya perlu menonaktifkan plugin yang menjadi penyebab error tersebut. Silakan ikuti langkah di bawah ini:

1. Akses File Manager melalui kontrol panel hosting Anda.

2. Silakan buka folder wp-content.

3. Untuk folder plugins, silakan ubah namanya menjadi plugins-nonaktif, atau nama lain selain plugins.

4. Setelah Anda merename folder plugins, silakan coba kembali untuk mengakses website. Jika sudah tidak ada tampil error, berarti yang menjadi penyebabnya adalah plugin. Silakan Anda ubah kembali folder plugins-nonaktif menjadi plugins. Kemudian aktifkan satu persatu plugin melalui dashboard admin WordPress pada menu Plugins dan lakukan pengecekan website setiap plugin diaktifkan.

Jika error kembali muncul setelah mengaktifkan salah satu plugin, berarti penyebabnya adalah plugin tersebut. Untuk mengatasinya, silakan hapus folder plugin yang bermasalah melalui folder wp-content.

Langkah 3: Nonaktifkan file .htaccess

Masalah lain yang menjadi penyebab error ERR_TOO_MANY_REDIRECTS adalah file .htaccess. Untuk mengatasi hal tersebut, silakan nonaktifkan file tersebut.

1. Akses File Manager melalui kontrol panel hosting Anda seperti pada langkah 2.

2. Pilih file .htaccess, kemudian klik kanan dan pilih Rename. Jika file .htaccess tidak terlihat, silakan ikuti petunjuk mengenai cara memunculkan file hidden.

3. Silakan ubah nama file .htaccess misalnya menjadi .htaccessnonaktif.

4. Setelah Anda mengubah nama file .htaccess, silakan akses website Anda untuk memastikan apakah masih error atau sudah teratasi.

Jika website Anda dapat diakses, berarti permasalahannya ada pada file .htaccess, hal ini dapat disebabkan terdapat konfigurasi yang bermasalah pada file tersebut. Silakan membuat file .htaccess default untuk memperbaiki hal ini.

Kesimpulan

Pada tutorial ini, Anda telah belajar tiga cara berbeda untuk mengatasi ERR_TOO_MANY_REDIRECTS, yaitu dengan mengubah URL, menonaktifkan plugin dan file .htaccess. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukkan yang berhubungan dengan tutorial ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar pada kolom yang tersedia. Silakan Subscribe juga untuk mendapatkan artikel yang akan berguna untuk kelancaran website WordPress atau pun bisnis online Anda langsung di inbox email Anda. 🙂

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto
Tags: Wordpress

Recent Posts

Redirect PHP: Cara Membuat Redirect dengan Aman dan Mudah

Ketika mengelola website, redirect PHP kadang diperlukan. Tujuannya agar pengunjung dapat dialihkan dari suatu halaman ke halaman lainnya sesuai kebutuhan. …

14 mins ago

14+ Ide Konten TikTok untuk Promosi Bisnis

Ide konten TikTok check~ Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana orang-orang bisa membuat konten TikTok yang menarik? Dance viral, voiceover, duet with…

1 day ago

Customer Success Agent: Layani Pelanggan Sepenuh Hati Walau Diterpa Pandemi

Sejak munculnya COVID-19, hampir semua lini pekerjaan menghadapi tantangan. Terutama setelah adanya anjuran untuk bekerja dari rumah. Ada yang mampu…

2 days ago

13+ CMS Laravel Terbaik Untuk Developer!

Laravel merupakan salah satu framework PHP yang populer. Dengan framework ini pekerjaan developer dalam mengembangkan website jadi lebih mudah. Bahkan,…

2 days ago

11+ Website Inspirasi Footer Design Terbaik (2021)

Tahukah Anda bahwa footer design termasuk bagian website yang mendapat perhatian paling banyak oleh pengunjung? Ketika membuka website, memang header…

3 days ago

Cara Menambahkan Custom Pagination WordPress Tanpa Ribet!

Anda sedang mencari cara menambahkan fitur pagination WordPress? Wah, Anda sudah menemukan artikel yang tepat nih! Kali ini kami akan…

4 days ago