Tutorial

Cara Mengatasi Error “Cannot modify header information – headers already sent by”

Apakah Anda saat ini sedang menemui error pada website dengan pesan Cannot modify header information – headers already sent by?

Error tersebut merupakan sebuah kesalahan pada proses eksekusi file sehingga menyebabkan konten pada website tidak dapat ditampilkan. Nah, penyebab error dapat bermacam-macam, salah satunya terdapat kesalahan coding.

Nah, di artikel ini, kami akan mengulas cara memperbaiki error tersebut yang bisa Anda coba. Langsung saja, simak pembahasannya berikut ini.

Penyebab Error “Cannot modify header information – headers already sent by…”

Cannot modify header information – headers already sent by merupakan error yang terjadi saat file website tidak dapat dieksekusi sehingga website tidak dapat menampilkan konten.

Ada beberapa penyebab error Cannot modify header information – headers already sent by. Mari perhatikan contoh error berikut ini agar Anda dapat memahaminya lebih jelas.

Warning: Cannot modify header information – headers already sent by (output started at /public_html/wp-content/plugins/my-plugin/my-function.php:132) in /public_html/wp-includes/pluggable.php on line 12

Seperti yang Anda lihat, ada dua file yang disebutkan dalam pesan kesalahan di atas. File pertama merupakan penyebab utama error (dalam contoh ini my-function.php berada di /public_html/wp-content/plugins/my-plugin/) serta asal muasal error tersebut.

Di sini dapat kami simpulkan bahwa penyebab error tersebut adalah baris spasi pada file yang tertera, biasanya pada bagian atas atau bawah kode. Dalam pesan tersebut juga diberitahukan lokasi kesalahan yang menyebabkan error tersebut, yaitu baris ke 12.

Selain adanya kesalahan code pada file PHP, ada kemungkinan website error akibat plugin yang bermasalah. Nah, untuk mengatasinya mari simak pembahasannya selanjutnya.

Cara Efektif Memperbaiki Error “Cannot Modify Header Information”

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi error “Cannot modify header information – headers already sent by.” yang bisa Anda coba. Mari kita lihat satu per satu!

1. Edit File yang Corrupt

Cara pertama mengatasi error header website adalah dengan mengedit secara manual file yang mengalami error.

Dari pesan kesalahan yang muncul, sebenarnya Anda telah mendapatkan informasi pasti mengenai kesalahan yang terjadi. Setelah itu, edit file tersebut melalui File Manager.

Caranya, login terlebih dulu ke cPanel dengan akun hosting Anda. Setelah login, pilih menu File Manager.

Masuk ke folder public_html, lalu cari file yang corrupt. Dalam hal ini file yang corrupt adalah file wp-config. Lalu, klik edit.

Yang perlu Anda lakukan adalah:

  • Menghapus baris spasi yang tidak digunakan pada file.
  • Memastikan Anda juga bahwa tag PHP pembuka dan penutup tidak menyisakan spasi setelah tag <?php dan ?>.
  • Memastikan tidak terdapat bagian kosong setelah baris terakhir dari kode.

Jika sudah, klik Save Changes untuk menyimpan hasil editan Anda.

2. Hapus Plugin WordPress

Jika cara di atas belum bisa menyelesaikan error Cannot modify header information – headers already sent by, kemungkinan ada masalah pada plugin yang Anda install.

Jika Anda baru menginstall sebuah plugin dan mendapati website error, cobalah deactivate dan hapus plugin tersebut. Namun, jika Anda menginstall banyak plugin, Anda tentu tidak mengetahui plugin mana yang menyebabkan error.

Nah, Anda bisa coba deactivate semua plugin terlebih dulu. Tinggal klik menu Plugin > Installed Plugin. Lalu, centang plugin untuk select all, ganti Bulk Action menjadi Deactivated dan klik Apply.

Apabila error sudah teratasi, berarti salah plugin tersebut masalahnya. Sekarang coba aktifkan satu per-satu untuk mengetahui plugin mana yang menyebabkan error.

Setelah menemukan plugin yang menyebabkan error, Anda bisa melaporkan masalah ini pada pengembang plugin.

3. Install Ulang WordPress

Mengedit file yang rusak mungkin cukup sulit dilakukan. Bisa saja file tersebut merupakan bagian dari plugin atau template website, bahkan file utama dari WordPress.

Jika error Cannot modify header information – headers already sent by disebabkan oleh file utama WordPress, yang perlu Anda lakukan adalah menginstall ulang WordPress. Dengan begitu Anda bisa memperbarui file yang rusak.

Ada beberapa cara menginstall WordPress dengan mudah. Untuk panduan lengkapnya bisa Anda baca di artikel berikut –> Panduan Install Ulang Core WordPress yang Aman.

Namun, sebelum melakukan install ulang, pastikan Anda telah melakukan backup file WordPress, ya.

Baca juga: 7+ Kesalahan WordPress yang Harus Anda Hindari

Segera Atasi Error “Cannot modify header information – headers already sent by”, Sekarang!

Warning: cannot modify header information – headers already sent by merupakan notifikasi error akibat adanya kesalahan pada file website Anda.

Kesalahan tersebut bisa saja terjadi saat Anda mengedit kode secara manual pada file website, menginstall plugin, atau tema.

Untuk mengatasi error tersebut Anda perlu memperbaiki kode file yang rusak, menghapus plugin yang bermasalah, hingga menginstall ulang WordPress Anda.

Nah, jika Anda mengalami error WordPress lainnya, Anda bisa cek ebook gratis kami yang membahas tentang 20+ error WordPress dan cara mengatasinya. Klik banner di bawah untuk download ebooknya:

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto

Recent Posts

Apa itu Supplier: Tugas, Jenis, & Pentingnya dalam Dunia Bisnis

Bagi bisnis apapun, arti supplier itu cukup penting. Supplier adalah penggerak roda bisnis. Tanpa supplier yang tepat, produktivitas dan pendapatan…

3 hours ago

Perbedaan Shared Hosting dan Dedicated Hosting yang Harus Anda Tahu

Ketika membangun sebuah website, Anda akan dihadapkan pada pilihan untuk menggunakan shared hosting atau dedicated hosting. Nah, karena berpengaruh pada…

10 hours ago

Perbedaan LiteSpeed dan Apache, Siapa yang Lebih Unggul?

Berbicara server hosting, nama LiteSpeed dan Apache tentu akan disebut. Keduanya memang memiliki reputasi baik berkat performa yang dimiliki. Namun,…

1 day ago

Apa itu XAMPP? Sejarah, Fungsi, dan Fitur-fitur XAMPP

XAMPP adalah software wajib jika Anda ingin belajar website development. Yuk ketahui apa itu XAMPP, fungsi, dan fiturnya di sini!

1 day ago

Kelebihan dan Kekurangan Shared Hosting yang Perlu Anda Ketahui

Bagi Anda yang sedang memilih layanan hosting, shared hosting mungkin menjadi pilihan. Akan tetapi, sudah tahukah Anda apa saja kelebihan…

4 days ago

SpamAssassin: Solusi Jitu untuk Mencegah Email Spam

Sebelumnya, Anda sudah belajar mengelola email spam dengan SpamExperts. Nah, ternyata ada tool lain yang tak kalah mumpuni untuk menghalau…

4 days ago