Web Development & Design

Panduan Memilih Jasa Pembuatan Website yang Tepat!

Apakah Anda ingin punya website, tapi tak tahu cara membuatnya? Tak perlu bingung, saat ini sudah banyak kok jasa pembuatan website yang siap membantu Anda! Hal ini bisa menjadi solusi untuk mewujudkan website impian Anda. 

Namun, ada masalah baru yang muncul: bagaimana cara memilih jasa pembuatan website yang tepat, ya? 

Dengan banyaknya jasa pembuatan website, tentu Anda tak boleh sembarangan memilihnya, kan? Salah menjatuhkan pilihan jasa pembuatan website bisa saja malah berakibat buruk. Mulai dari website yang tidak sesuai keinginan, tidak selesai sesuai jadwal, hingga menjadi korban penipuan. 

Anda tak mau kan terjadi hal-hal tersebut?

Oleh karena itu, di artikel ini kami akan memberikan tips memilih jasa pembuatan website profesional dengan hasil terbaik. Jadi, Anda tak perlu was-was lagi. Yuk, simak penjelasannya sampai selesai!

Kenapa Tidak Membuat Website Sendiri Saja?

Sebelum mulai menggunakan jasa pembuatan website, tahukan Anda bahwa membuat website sendiri itu sebenarnya mudah? Bahkan, di blog Niagahoster ini, Anda akan mendapatkan berbagai panduan untuk melakukannya.

Lalu, apa sih sebenarnya kendala Anda untuk melakukannya?

  • Tidak bisa coding?
  • Sibuk?
  • Tak mau ribet?
  • Pengennya cepat?
  • Ingin punya website dengan desain unik?

Hal di atas cukup bisa dimaklumi, terutama bagi pemula yang ingin mendapatkan hasil terbaik. Tapi, apakah benar demikian?

1. “Saya tidak bisa coding.”

Tak bisa coding memang menjadi alasan populer banyak orang enggan membuat website sendiri. Namun, kami punya kabar bagus untuk Anda: membuat website itu tak perlu koding-kodingan sama sekali! 

Yup, Anda tak salah membacanya. Siapapun bisa membangun website berkat adanya platform seperti WordPress. Platform content management system (CMS) ini memiliki berbagai kelebihan. 

Pertama, WordPress itu intuitif dan mudah digunakan. Kedua, banyak orang menggunakannya sehingga panduan penggunaannya cukup mudah ditemukan di internet.  Ketiga, banyak layanan yang sudah menyediakan WordPress dengan berbagai kemudahannya. Contohnya, Niagahoster

2. “Saya sibuk.”

Rutinitas sehari-hari memang menyita waktu Anda. Jadi, Anda tak punya waktu lagi untuk membuat website sendiri.

Eits… tunggu dulu! Apakah Anda mengira membuat website itu membutuhkan waktu berjam-jam? Benarkah Anda harus terus di depan komputer untuk melakukan setting sana-sini? 

Sebenarnya, itu realita pembuatan website 20 tahun yang lalu. Sekarang, membuat website dari nol itu tak sampai 15 menit. Bahkan, bisa lebih cepat kalau Anda menggunakan fitur Auto Install WordPress.

3. “Saya gak mau ribet membuat desainnya.”

Mendesain website bukanlah hal mudah. Apalagi bagi Anda yang tidak familiar dengan dunia desain. 

Untungnya, dengan menggunakan WordPress, membuat desain website itu tak ribet sama sekali. Cukup beberapa klik dan tampilan website Anda akan berubah. Bahkan, lengkap dengan berbagai fungsi tambahan yang bermanfaat. Kemudahan ini bisa terwujud berkat adanya tema dan plugin WordPress.

Tahukah Anda bahwa ada ribuan tema WordPress gratis yang bisa digunakan sesuai kebutuhan? Mulai dari tema untuk membuat company profile, portofolio, hingga toko online.  

Selain itu, ada plugin yang bisa melengkapi fungsi utama website Anda. Misalnya, jika ingin memiliki forum diskusi di dalam website, install saja plugin forum WordPress. Atau, jika ingin website lebih kebal dari serangan hacker, ada beragam pilihan plugin security WordPress yang bisa diandalkan.

4. “Saya pengen websitenya cepat jadi.”

Kendala ini mungkin saja Anda rasakan karena menemukan panduan membuat website yang caranya sulit dan panjang. Padahal, sebenarnya cukup dengan lima langkah saja, website Anda sudah siap dipakai.

Tak percaya? Anda bisa menemukan panduan lengkapnya di → Cara Membuat Website untuk Pemula Tanpa Coding!!

Anda tidak punya waktu membaca panduan dan tak sabar ingin segera memiliki website? Tak usah khawatir! Layanan website langsung jadi bisa menjadi solusi Anda. Tak perlu ribet dan prosesnya jauh lebih cepat.

Namun, jika Anda tetap ingin mengeluarkan uang lebih untuk menggunakan jasa web developer, lanjutkan membaca artikel ini, ya. Kami akan memberikan tips memilih jasa pembuatan website di bawah ini!

Baca Juga: Peluang Usaha yang Menjanjikan

Tips Memilih Jasa Pembuatan Website yang Tepat

Berikut adalah tips memilih jasa pembuatan website profesional agar website Anda cepat selesai dan hasilnya sesuai yang diinginkan.

1. Ketahui Apa Kebutuhan Anda

Apakah Anda ingin membuat website dari nol atau Anda hanya membutuhkan jasa desain website saja?

Anda perlu menentukan kebutuhan Anda dulu. Sebab, dalam dunia jasa pembuatan website, Anda akan menjumpai istilah WordPress Developer dan WordPress Designer. Keduanya mempunyai skill yang berbeda dalam pembuatan website sesuai dengan kebutuhan konsumennya. 

  • WordPress Developer
    Bisa dikatakan, WordPress Developer bekerja layaknya arsitek dan tukang bangunan sekaligus. Jadi, saat Anda ingin membuat website dari nol, jasa pembuatan website dari WordPress developer-lah yang Anda butuhkan. Ia akan membuat kerangka, struktur dan memasang fitur di dalam website tersebut.
  • WordPress Designer
    Seperti namanya, WordPress Designer lebih mengurusi desain di website. Anda bisa menggunakan jasa seorang web designer jika ingin mendapat bantuan terkait tampilan website meliputi user experience dan user interface. Dengan bantuannya, website Anda menjadi enak dilihat dan memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

“Bagaimana kalau saya membutuhkan kedua-duanya?”

Anda bisa memilih layanan jasa pembuatan website profesional/agency yang memiliki skill mumpuni di kedua bidang tersebut. Salah satu contohnya, Niagaweb.

Singkatnya, Anda membutuhkan lebih dari freelancer perorangan. 

Kenapa demikian? Sebab, web agency umumnya mempunyai beberapa layanan sekaligus dengan orang-orang yang ahli di bidang WordPress development dan design. 

2. Siapkan Budget yang Sesuai

Semakin kompleks sebuah website, semakin besar uang yang harus dikeluarkan untuk jasa pembuatannya. Oleh karena itu, siapkan budget sesuai dengan kebutuhan website Anda. 

Cara lain yang bisa dilakukan adalah membangun website dengan fitur standar terlebih dahulu. Baru kemudian melakukan pengembangan sesuai budget yang Anda miliki. 

Oh ya, jangan termakan iming-iming pembuatan website terlalu murah, ya. Bisa saja itu adalah penipuan. Sudah terlanjur mengeluarkan uang tapi website dibuat asal-asalan dan jauh dari keinginan. 

3. Lihat Ulasan Konsumen Terlebih Dahulu

Apa cara terbaik untuk mengetahui reputasi suatu jasa pembuatan website? Yup, dengan melihat ulasan dari konsumen mereka. Bisa dari review di website resmi mereka, Google Bisnisku atau akun media sosial yang dimiliki.

Sebuah jasa pembuatan website bisa saja menawarkan layanan dengan harga termurah, garansi uang kembali 100%, atau customer support 24 jam. 

Namun, apakah itu benar adanya? Ulasan konsumen bisa menjawabnya. Jika sebuah jasa pembuatan website reviewnya buruk bisa jadi karena mereka tidak melayani konsumen mereka dengan hasil yang memuaskan.

Jadi, jangan mudah tergiur begitu saja, ya!

4. Jelaskan dengan Detail Apa yang Anda Inginkan

Tak sedikit orang yang merekrut jasa pembuatan website dan hanya berkata, “saya ingin website toko online seperti website A.” Lalu, saat sudah dibuatkan persis dengan website tersebut, masih perlu perubahan di sana sini. 

Nah, masalah ini bisa dihindari dengan menjelaskan sedetail mungkin apa yang Anda inginkan. Jadi, Anda harus menjelaskan setidaknya hal-hal di bawah ini:

  • Maksud dan tujuan Anda membuat website. Jelaskan apakah website tersebut untuk mempromosikan sesuatu, menjual produk tertentu, dan lain sebagainya.
  • Masalah teknis website. Tanyakan bagaimana website Anda nanti menerima pembayaran, menyimpan akun pengunjung, dan lainnya.
  • Contoh website dengan fitur yang Anda inginkan. Berikan gambaran detail agar developer/designer bisa mudah memahaminya.
  • Font yang digunakan. Infokan jika Anda ingin menggunakan font khusus sesuai branding.
  • Pemilihan warna. Sebutkan apabila Anda ingin menggunakan kombinasi warna tertentu.
  • Gambar dan logo. Tentukan gambar dan logo yang akan digunakan dan penempatannya di website.

Anda bisa menambahkan poin-poin lainnya yang sekiranya perlu. Intinya, semakin detail, semakin kecil pula kemungkinan miskomunikasi yang akan terjadi.

5. Diskusikan Detail Kontrak

Saat memilih sebuah jasa pembuatan website yang cocok, jangan lupa untuk mendiskusikan kontrak kerja terlebih dahulu. Seperti tanggal deadline, jumlah revisi, dan lain sebagainya.

Web agency umumnya sudah memiliki informasi lengkap di website mereka. Namun, jika bekerja sama dengan freelancer, sebaiknya bahaslah kontrak kerja di awal. Sebab, kebanyakan freelancer tidak memiliki ketentuan tertulis.

Baca Juga: Pilih mana ya? Buat Website di Freelance atau Jasa Website Perusahaan?

Pakai Jasa Pembuatan Website? Pertimbangkan Ini Dulu!

Memilih jasa pembuatan website memang tak bisa sembarangan. Salah-salah, bukannya untung, Anda malah buntung. Intinya sih, jangan tergiur jasa pembuatan website dengan harga murah saja. Selalu lihat profil dan reputasinya dari review konsumen.

Kalau Anda belum ketemu jasa pembuatan website yang pas, sebenarnya, membuat website sendiri tetap bisa jadi pilihan. Sebab, Anda jadi lebih tahu hasil akhir website seperti apa. Apalagi, sekarang banyak alternatif layanan bikin website tanpa ribet, salah satunya layanan Website Instan Niagahoster.

Website Instan Niagahoster menyediakan berbagai tema website terbaik, seperti toko online, company profile, dan portal berita. Anda tinggal pilih satu yang paling sesuai kebutuhan dan menyelesaikan pembayaran.

Lalu dalam sekejap, website impian sudah ada dalam genggaman. Mantap banget, kan?

Oh ya, setiap tema dilengkapi fitur-fitur penting penunjang kebutuhan. Contohnya tema Toko Online Ramadhan. Ada Perhitungan Ongkir & Kode Unik Pembayaran untuk memudahkan proses transaksi, integrasi Facebook Pixel untuk melacak performa iklan, hingga Countdown Timer untuk bikin promo terbatas.

Kabar paling bahagianya, sedang ada diskon gila-gilaan hingga 75% untuk tema Toko Online Ramadhan ini, untuk durasi berlangganan 3 tahun. Jadi jika dihitung-hitung, Anda cukup bayar Rp778 ribuan saja loh. Kelewatan kan murahnya?

Tunggu apa lagi, yuk nikmati mudah jaring rezeki daring bersama Website Instan Niagahoster sekarang!

Mirza M. Haekal

Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. He loves to learn something new everyday.

Share
Published by
Mirza M. Haekal

Recent Posts

Benarkah WordPress itu SEO Friendly? Ini Dia Alasannya!

WordPress adalah platform CMS terpopuler. Alasannya, karena WordPress SEO friendly. Benarkah begitu? Simak fakta dan alasannya di sini!

13 hours ago

10 Rekomendasi Website Belajar Coding Terbaik untuk Anda!

Siapa bilang coding adalah skill yang hanya bisa dipelajari lewat pendidikan formal?  Dengan adanya website belajar coding, Anda bisa belajar…

14 hours ago

Gutenberg 14.6 Rilis, Ini Dia Perubahan yang Jadi Sorotan

Ada yang baru nih bagi Anda pengguna Gutenberg di WordPress! Gutenberg 14.6 resmi diluncurkan pada 23 November 2022. Sederet fitur…

5 days ago

Kenapa Pilih Niagahoster? Ini Kata Pelanggan Tentang Kualitas Niagahoster

Penasaran dengan performa hosting Niagahoster yang sebenarnya? Yuk simak fakta dan ulasan dibalik kualitas Niagahoster!

5 days ago

Rilis Update Maintenance, WordPress 6.1.1 Bawa 50+ Perbaikan Bug

Ada berita penting bagi Anda pengguna setia WordPress! WordPress 6.1.1 resmi dirilis dengan membawa 29 perbaikan core dan 21 perbaikan…

6 days ago

Ini 5+ Bahasan Menarik WordCamp Gresik 2022!

WordCamp Gresik sukses digelar dengan antusiasme luar biasa. Ingin tahu rekap dan hal menarik WordCamp Gresik 2022? Baca artikel ini…

1 week ago