Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Resep Membuat Website Restoran Terbaik dalam 6 Langkah

4 min read

Cara Membuat Website Restoran

Punya hobi masak sepertinya kurang afdol nih kalau belum memulai bisnis kuliner sendiri. Bagaimana tidak? Saat ini, jalan untuk membuka bisnis sudah lebih mudah. Apalagi dengan dibukanya lapak-lapak online.

Barangkali, membuat restoran online adalah impian Anda sedari dulu. Tapi, bagaimana sih cara memulainya?

Yap, apa lagi caranya kalau bukan dengan membuat website restoran? Nah, bagi Anda yang mungkin saja sudah memiliki bisnis kuliner tapi juga belum membuat website restoran, sangat disarankan juga untuk membaca artikel ini.

6 Langkah Membuat Website Restoran Terbaik

Siapa bilang membuat website restoran itu sulit? Hanya dalam 6 langkah, Anda sudah bisa membuat website restoran terbaik!

Bahan-bahan apa saja sih yang perlu dipersiapkan? Tanpa berlama-lama lagi, mari simak resep membuat website restoran berikut ini!

1. Buat domain yang unik dan mudah diingat

Sebelum membuat website, Anda harus membuat domain terlebih dahulu. Domain adalah nama alamat yang digunakan supaya website dapat ditemukan. Ibaratnya, ini adalah lokasi restoran Anda. 

Pastikan Anda memilih nama domain yang unik dan mudah diingat. Lihat tipsnya di artikel 🠚 Cara Menentukan Nama Domain untuk Bisnis Kreatif Anda.

Domain .KITCHEN sepertinya cocok untuk website restoran Anda. Namun jika ingin melihat domain lain yang bisa Anda gunakan, silakan cek halaman beli domain murah dan masukkan nama domain incaran Anda.

Catatan penting, tak usah terburu-buru membeli domain. Yang utama, lakukan riset nama domain terlebih dahulu saja.

Selain sebagai bekal inspirasi membuat domain yang menarik, ada beberapa domain yang memiliki peraturan khusus. Misalnya, domain .GO.ID hanya boleh untuk situs resmi pemerintah atau CO.ID yang pendaftarannya perlu dokumen khusus

Di samping itu, dengan langganan paket hosting tertentu Anda bisa mendapatkan domain secara gratis.

2. Beli hosting yang cocok untuk skala bisnis

Biasanya seusai memilih domain kemudian mengakses layanan web hosting, Anda akan ditawarkan beberapa opsi hosting. Hosting ibaratnya adalah lemari penyimpanan di mana Anda meletakkan seluruh data website Anda.

Untuk membuat website restoran, kami menyarankan setidaknya hosting Anda menjamin hal-hal berikut ini:

  • Mampu menampung ratusan ribu pengunjung/bulan tanpa membuat website down;
  • Kapasitas disk space besar untuk menyimpan berbagai data konten (teks, gambar, database, dll);
  • Bandwidth besar supaya bisa diakses banyak orang dalam waktu bersamaan;
  • Memiliki SSL untuk mengamankan seluruh transaksi dan informasi;
  • Menyediakan fitur backup sehingga ada cadangan ketika website rusak;
  • Menjamin kecepatan website optimal sehingga pengunjung nyaman saat menjelajahi situs;

Kalau Anda mencari hosting dengan kualitas seperti di atas, paket WordPress kami adalah pilihan yang tepat. WordPress Hosting dirancang khusus untuk penggunaan CMS WordPress, hosting ini menawarkan kemudahan penggunaan dan juga performa yang maksimal. Cocok bagi website bisnis yang ingin fokus ke strategi pemasaran.

3. Pasang tema untuk website restoran

Setelah memiliki domain dan hosting serta melakukan beberapa pengaturan sampai website jadi, kini saatnya Anda menentukan tema website.

Kalau Anda memakai Simple WordPress, situs secara otomatis menginstal tema sesuai paket pilihan Anda. Misalnya, Anda memilih Paket Toko Online, website pun akan bertemakan e-commerce.

Meski begitu, Anda tetap bisa mengganti tema situs dengan pilihan lainnya, kok. Nah, beruntungnya Anda yang menggunakan WordPress sebagai CMS, ada ratusan tema gratis yang bisa diterapkan pada website restoran Anda.

Pada menu Appearance, cukup masukkan kata kunci ‘restaurant’. Nantinya, Anda akan mendapatkan rekomendasi tema bernuansa restoran.

rekomendasi tema website restoran

Selain itu, Anda juga bisa mencari tema relevan dengan memasukkan kata kunci yang berhubungan dengan restoran atau makanan.

Misalnya seperti food, cafe, cake, dan lain-lain. Hasil yang ditampilkan pun pasti juga akan berbeda.

4. Pilih berbagai plugin restoran

Plugin adalah ekstensi atau fungsi tambahan untuk memodifikasi program tertentu.

Di sini, yang kita bicarakan adalah website restoran. Jika diibaratkan, plugin adalah pelayan yang membantu Anda menjalankan fungsi restoran. Anda bebas memilih, memasukkan, dan mengeluarkan siapa pun pelayan restoran Anda.

Sama seperti tema, Anda cukup memasukkan kata kunci pada kotak pencarian di menu Plugins. Seperti yang Anda lihat di bawah ini, hanya dengan menuliskan kata ‘restaurant’, Anda sudah bisa mendapatkan rekomendasi plugin sekaligus rating dan detail lengkapnya.

Dengan menginstal plugin restoran, website Anda bisa melakukan fungsi layaknya restoran bintang lima berikut ini:

Tapi, beruntunglah bagi Anda yang memakai hosting Niagahoster. Sebab, Anda bisa langsung menginstal plugin apapun lewat Member Area Niagahoster. Jadi, Anda tak perlu repot-repot masuk ke halaman admin WordPress.

WordPress Management yang bisa diakses lewat Member Area Niagahoster, menampilkan fitur untuk tambah plugin baru

5. Membuat menu pada website restoran

Menu di sini bukan berarti daftar makanan, ya. Lebih tepatnya, navigasi untuk mengarahkan pengunjung restoran ke halaman tertentu.

Untuk itu, buatlah menu website yang kemungkinan pengunjung Anda butuhkan. Setidaknya, sajikanlah beberapa menu berikut ini.

  • Halaman Beranda

Katakanlah, di sini adalah tempat di mana pelayan membukakan pintu bagi pengunjung restoran. Letakkan informasi penting seperti promo, hot offers, dan lain-lain.

  • Halaman Menu

Pajang foto menggoda tentang makanan dan minuman yang restoran Anda sediakan. Berhubung tidak ada pelayan yang bisa menjawab pertanyaan pengunjung, sertakan detail menu yang lengkap sekaligus daftar harganya.

  • Halaman Order atau Reservasi

Adanya halaman ini akan memudahkan pengunjung yang ingin segera membuat pesanan.

  • Halaman Kontak

Berikan informasi kontak dan alamat yang lengkap supaya pengunjung tahu ke mana harus menjangkau Anda. Supaya lebih mudah ditemukan, praktikkan cara menambahkan Google Maps di WordPress.

  • Halaman Tentang Kami

Tak kenal maka tak sayang, jangan sampai restoran Anda ditinggal sebelum membuat pengunjung jatuh cinta. Bangunlah kedekatan personal dengan pengunjung melalui cerita-cerita tentang restoran Anda. 

6. Membuat konten kuliner yang menarik

Konten kuliner yang menarik adalah komponen utama sebuah website restoran. Tidak mesti berupa tulisan, konten kuliner bisa juga berupa video, poster, podcast, dan berbagai macam lainnya.

Nah, jangan hanya mengandalkan diri sendiri dalam membuat konten. Anda perlu mencoba sesuatu yang lagi ngetrend sekarang ini, misalnya konten yang dibuat oleh pengguna. Anda bisa “meminta” pelanggan membuat konten untuk dipasang di website.

Misalnya, testimoni, video review, atau konten media sosial lainnya. Apalagi, netizen jaman now sudah kreatif-kreatif dengan lahirnya berbagai platform sosial seperti TikTok, Musically, dan lain-lain.

Oh iya, jangan lupa juga untuk menerapkan SEO supaya website restoran Anda semakin mudah ditemukan daripada warung tetangga, ya!

3 Contoh Website Restoran yang Sudah Matang

Dari tadi kita sudah membicarakan bagaimana cara ‘memasak’ website restoran. Nah, untuk memudahkan bayangan Anda tentang web restoran, kami sudah mencari beberapa contohnya.

Berikut adalah beberapa website restoran yang sudah matang dan siap Anda nikmati.

1. Restoran Sederhana

Dari nama restoran dan gambar website-nya saja mungkin Anda langsung tahu bahwa contoh pertama kita adalah restoran padang. Di jalan, Anda memang bisa menemukan banyak restoran padang. Tapi, berapakah di antaranya yang juga membuka etalase di website?

Nah, silakan manfaatkan celah itu untuk memperlebar peluang bisnis Anda. Sebagai gambaran akan komponen website apa saja yang bisa Anda adaptasi, kami sudah menjabarkannya di bawah ini, diikuti kekurangan dan kelebihannya.

Kelebihan dan Kekurangan Website Restoran Sederhana

2. Rempah Wangi

Apabila Anda bertanya contoh nama restoran yang unik dan mudah diingat, Rempah Wangi adalah jawabannya. Selain unik, kita bisa langsung mendapat gambaran bahwa menu yang ditawarkan pasti berhubungan dengan rempah-rempah.

Yang menjadi catatan penting, Anda bisa melihat bahwa konsep Rempah Wangi cukup kuat. Baik dari menu maupun desain website-nya. Desain website yang menggunakan warna latar seperti kayu dan aksen tradisional cukup memperkuat aroma restoran ini, bukan?

Nah, berikut ini adalah hal-hal yang juga bisa Anda pelajari dari website Rempah Wangi.

Kelebihan dan Kekurangan Website Restoran Rempah Wangi

3. Rumah Makan Handayani

Siapa bilang restoran yang punya website harus menyajikan menu mewah ala hotel bintang lima? Bahkan dengan masakan rumahan saja, Anda tetap bisa membuat restoran online! Contohnya seperti Rumah Makan Handayani.

Seperti yang Anda lihat pada foto di atas, menu makanan yang disajikan RM Handayani pasti tidak asing. Yang membuatnya berbeda adalah, RM Handayani terlihat cukup berkelas karena berhasil mengatur website restorannya sedemikian rupa.

Yah, meski tidak sempurna, Anda bisa mempelajari beberapa hal berikut ini dari website RM Handayani.

Kelebihan dan Kekurangan Website RM Handayani

Yuk Buat Website Restoran yang Enak Dinikmati!

Setelah menjadi chef di dapur sendiri, kini saatnya meracik website restoran Anda. Apalagi, Anda sudah mengantongi resep membuat website restoran sendiri.

Lalu, bagaimana jika Anda belum memiliki website dan juga belum punya ide bisnis kuliner yang matang. Bagaimana sih caranya memulai bisnis kuliner?

Nah, sembari kami menyiapkan calon dapur online Anda, ada baiknya jika saat ini Anda mulai mematangkan ide dengan mempelajari tips memulai bisnis kuliner. 

Setelah itu, jangan lupa gunakan hosting terbaik untuk mewujudkan website restoran Anda, ya.

Jika ada pertanyaan Anda yang masih ketinggalan, silakan isi kolom komentar dan jangan lupa subscribe juga untuk mendapatkan resep-resep lainnya, ya!

Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *