Andriana Sari Andriana is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has been applying knowledge gained in many ways as a writer. She is often described as highly curious, critical, and creative while having a positively contagious can-do attitude at the same time.

Cara Membuat Website Toko Online Termudah Untuk Pemula

9 min read

featured image cara membuat toko online

Mau memulai bisnis online tapi bingung harus mulai dari mana? Salah satu hal yang bisa Anda dilakukan adalah membuat website toko online yang menarik bagi calon pelanggan. Tapi, bagaimana sih cara membuat website toko online?

Menerapkan cara membuat online shop itu tak perlu punya kemampuan teknis untuk membuat website kok. Nah, di artikel ini, kami akan membocorkan cara membuat website toko online yang paling mudah dan sederhana. Dengan begitu, Anda bisa membangun toko online Anda sendiri dan memulai bisnis online yang sukses. 

Langsung saja, yuk kita mulai!

Cara Membuat Toko Online dalam 9 Langkah

Kalau Anda ingin memulai bisnis online, memiliki toko online yang menarik dan profesional adalah salah satu hal yang harus dilakukan. 

Namun, membuat website toko online bisa terdengar menakutkan, terutama jika Anda tidak memiliki pemahaman yang mendalam tentang website. Tapi jangan khawatir, karena dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah mudah dalam cara membuat website toko online yang keren.  

Ini dia 9 cara membuat toko online yang bisa Anda ikuti:

  1. Dapatkan Hosting dan Domain
  2. Instal Website WordPress
  3. Lakukan Pengaturan Website
  4. Memasang Tema Toko Online
  5. Instal Plugin WooCommerce
  6. Lakukan Pengaturan WooCommerce
  7. Isi Toko Online dengan Konten Produk
  8. Lakukan Pengaturan Halaman Produk
  9. Gunakan Payment Gateway

Mari kita bahas satu per satu.

1. Dapatkan Web Hosting dan Domain

Langkah pertama dalam cara membuat website online shop adalah membeli web hosting dan domain untuk toko online Anda. 

Hosting adalah tempat untuk menyimpan data website sehingga dapat diakses melalui internet. Sedangkan, domain adalah alamat yang diketikkan untuk membuka sebuah website.

Untuk Anda yang belum memiliki hosting dan domain, bisa memesannya di Niagahoster. Memang, ada banyak jenis layanan hosting yang bisa Anda pilih untuk membangun toko online. Meski begitu, kami merekomendasikan layanan Cloud Hosting.

Hosting ini cocok untuk website toko online karena bersifat fully managed. Dengan demikian, perhatian dan waktu Anda bisa lebih terfokus pada pengelolaan website toko online.

Tak cuma itu, keunggulan Cloud Hosting juga terletak pada resource-nya. Sumber daya server Cloud Hosting tidak digunakan bersama-sama seperti pada Shared Hosting. Dengan begitu, akses website Anda akan tetap lancar jaya walaupun ada website lain yang mengalami overload.

Cloud Hosting CTA Button

Berikut ini panduan memesan hosting dan domain di Niagahoster sebagai langkah awal dalam cara membuat website toko online:

  1. Kunjungi website Niagahoster dan pilih menu Cloud Hosting.
langkah awal dalam cara membuat website toko online adalah membeli hosting dan domain

  1. Pilih paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Di tutorial ini, kami akan memilih paket Cloud Startup yang sudah menyertakan domain gratis selama 1 tahun dan SSL unlimited
memilih paket cloud startup untuk bikin toko online

  1. Tentukan durasi hosting yang Anda inginkan, serta pahami semua fitur dan manfaat yang ditawarkan beserta harga perpanjangan setelahnya. Untuk harga terbaik, kami sarankan Anda memilih durasi 48 bulan.
memilih durasi hosting

  1. Setelah itu, Anda bisa langsung mendaftarkan akun apabila belum memiliki akun Niagahoster. Anda bisa menggunakan social login menggunakan akun Google atau Facebook.
buat akun atau login menggunakan google atau facebook

  1. Di halaman yang sama, Anda bisa langsung melakukan pembayaran dengan memilih metode pembayaran sesuai preferensi. Apabila punya kode promo, jangan lupa memasukkannya untuk mendapatkan diskon paket hosting. Isi data diri Anda pada kolom yang disediakan, lalu klik Buat Tagihan Pembayaran.
memilih metode pembayaran di niagahoster

  1. Setelah menyelesaikan pembayaran, Anda akan langsung diarahkan ke Member Area Niagahoster untuk mengklaim domain gratis dan menyelesaikan proses setup.

2. Instal Website WordPress

Layanan Niagahoster sudah menyediakan fitur penginstalan otomatis untuk memudahkan cara install WordPress sehingga Anda tidak perlu ribet menginstalnya sendiri dengan metode manual.

Jangan lupa untuk mengklaim domain gratis yang sudah disertakan dengan paket hosting Anda.

Untuk mulai menginstal WordPress dan membuat toko online, ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Anda bisa langsung masuk ke Member Area Niagahoster untuk mengakses layanan hosting yang baru dibeli. Klik Kelola di samping layanan hosting Anda.
mengelola layanan hosting di member area niagahoster

  1. Anda akan melihat beberapa pilihan yang memandu Anda untuk menginstal WordPress. Pilih sesuai kebutuhan Anda, yaitu Toko Online, kemudian pilih Buat Website Baru karena Anda akan memulai dari awal.
memilih buat website baru untuk menginstal wordpress dan membuat toko online

  1. Kemudian, Anda akan diminta memilih platform untuk membuat toko online. Karena di tutorial ini kami akan menggunakan WordPress, silakan klik Pilih WordPress.
memilih wordpress sebagai platform membuat toko online

Nah, dengan paket Cloud Hosting, Anda akan mendapatkan WordPress with AI dengan plugin kecerdasan buatan yang akan membantu Anda membuat konten website secara otomatis!

  1. Masukkan detail login untuk akun WordPress baru Anda, seperti alamat email dan kata sandi administrator.

  1. Pilih plugin WordPress yang ingin Anda instal otomatis, lalu klik Lanjutkan. Atau Anda juga bisa melewati langkah ini untuk menginstal plugin sendiri nanti.
  2. Berikutnya, pilih tema yang Anda inginkan, atau Anda juga bisa melewati langkah ini dulu kalau sudah memiliki tema sendiri.
  3. Setelah memilih tema, Anda akan menjumpai fitur AI (kecerdasan buatan) canggih kami yang akan membantu Anda membuat konten. Cukup masukkan nama brand dan deskripsinya, lalu klik Lanjutkan.
membuat teks otomatis dengan teknologi ai

  1. Pilih domain untuk menginstal WordPress baru Anda, lalu selesai! Setelah ini website WordPress Anda bisa langsung diakses dengan mengklik Admin Panel, atau melalui halaman login WordPress.

Kerennya lagi, dengan WordPress with AI, Anda sudah mendapatkan 6 artikel gratis untuk website Anda sehingga tidak perlu menulisnya dari nol! Anda tinggal menyesuaikan website sesuai preferensi, yang akan kami jelaskan di bagian berikutnya.

3. Lakukan Pengaturan Website

Walaupun pada saat proses instalasi Anda sudah menulis nama dan deskripsi website toko online, terkadang tampilannya masih belum sempurna. Oleh karena itu, Anda perlu mengubahnya di bagian pengaturan. Nah, ini dia cara mengubahnya:

1. Login dashboard WordPress dan klik menu Settings > General.

settings general wordpress

2. Di bagian Site Title, masukkan nama toko online. Sedangkan pada bagian Tagline, masukkan deskripsi singkat tentang toko online. site title and tagline wordpress

3. Terakhir, klik Save Changes.

save changes settings wp

Setelah mengubah nama dan deskripsi website, selanjutnya Anda juga perlu melakukan pengaturan permalink website. Berikut adalah tata caranya:

1. Pilih menu Settings > Permalinks.

settings permalink toko online

2. Ubah pengaturan standar permalink. Di tutorial ini kami mengubahnya ke tipe Post Name. Tipe ini memungkinkan Anda mengatur permalink sesuai judul postingan website.

post name permalink toko online

3. Setelah itu, klik Save Changes.

save changes settings permalink

4. Memasang Tema Toko Online

Agar tampilan website toko online terlihat semakin menarik, Anda bisa melakukan kustomisasi desain dengan menggunakan tema yang tersedia di WordPress. Tema website tersebut bisa Anda gunakan, baik secara gratis maupun berbayar. Di langkah cara bikin website jualan kali ini, kami akan memberikan tutorial cara mengganti template WordPress.

1. Cari tema yang Anda inginkan pada direktori tema WordPress. Caranya, klik menu Appearance lalu pilih opsi Themes.

langkah dalam cara bikin website jualan yang selanjutnya adalah memasang tema wordpress

2. Di halaman ini, klik Add New Theme untuk menambahkan tema baru.

klik add new theme

3. Ketik Storefront pada kolom pencarian yang tersedia dan klik Install. Selain tema Storefront, masih banyak tema lainnya yang dapat digunakan. Anda bisa mencari tema tersebut secara manual di halaman Themes.

cari tema yang diinginkan

4. Setelah proses instalasi tema WordPress selesai, aktifkan tema dengan klik tombol Activate

aktivasi tema

5. Instal Plugin WooCommerce

Cara bikin website jualan selanjutnya adalah membuat website toko online Anda mempunyai fitur yang lebih lengkap. Misal fitur pencarian produk, payment gateway, cart, dan lainnya. 

Itulah mengapa sangat disarankan untuk melakukan instalasi plugin WooCommerce. Plugin ini bisa menyulap website Anda menjadi website marketplace sepenuhnya. Yang paling menarik, plugin ini bisa Anda instal secara gratis!

Nah, berikut ini cara menginstall plugin WooCommerce yang bisa Anda ikuti:

1. Masuk ke Dashboard WordPress dan klik menu Plugins > Add New.

langkah dalam cara membuat website online shop berikutnya yaitu menginstall plugin woocommerce

2. Kemudian ketik WooCommerce di kolom pencarian. Lalu, klik Install Now.

cari plugin woocommerce

3. Kalau instalasi sudah selesai, aktifkan plugin WooCommerce dengan klik Activate.

aktivasi plugin woocommerce

Plugin WooCommerce sudah diinstall, apa yang harus dilakukan selanjutnya? Pada poin di bawah ini, kami akan mengajak Anda melakukan pengaturan pada WooCommerce. 

6. Lakukan Pengaturan WooCommerce

Apa saja konfigurasi yang bisa dilakukan saat menggunakan plugin Woocommerce? Simak caranya dalam poin-poin berikut ini. 

1. Klik menu WooCommerce > Settings di dashboard WordPress.

setting woocommerce

2. Pada tab General, Anda bisa mengatur Base Location dan Selling Location. 

lokasi toko woocommerce

Tak hanya itu, Anda juga bisa mengatur mata uang yang akan digunakan untuk bertransaksi di toko online lewat menu Currency Options. Kalau sudah selesai, klik Save Changes.

pengaturan mata uang woocommerce

3. Selanjutnya pada tab Products, Anda bisa mengubah pengaturan yang berkaitan dengan halaman toko, ukuran dan berat barang, review dan rating produk, stok barang, hingga mengatur produk yang bisa didownload.

pengaturan produk woocommerce

4. Kemudian pada tab Shipping, Anda bisa mengaktifkan perhitungan ongkos kirim yang harus dibayar pelanggan. Caranya, klik Enable the shipping calculator on the cart page. Lalu klik Save Changes.

penghitungan ongkir woocommerce

5. Untuk metode pembayaran yang akan disediakan di website, klik saja tombol Enabled. Di tutorial ini, kami memilih metode Direct bank transfer. Lagi, klik Save Changes untuk menyimpan perubahannya.

opsi pembayaran woocommerce

6. Selanjutnya pada tab Account & Privacy, Anda bisa mengatur akun customer. Tab ini digunakan untuk mengatur checkout pelanggan, pembuatan akun, permintaan pengahapusan akun, dan penghapusan data pribadi.

accounts and privacy woocommerce

7. Pada tab Emails, Anda bisa mengelola email yang masuk ke customer dan admin. 

8. Anda bisa melewatkan tab Integration karena bagian ini digunakan untuk melakukan pencarian negara menggunakan MaxMind Geolocation. Jadi, Anda bisa langsung klik tab Advanced. Di tab ini, mengonfigurasi Page Setup atau halaman-halaman spesifik yang ada di web toko online.  

advanced settings woocommerce

Pada kolom Checkout endpoints, Anda bisa menambahkan URL halaman untuk menangani tindakan tertentu selama proses checkout. 

checkout endpoints woocommerce

Sedangkan untuk kolom Account endpoints, bagian endpoint ditambahkan ke URL halaman untuk menangani tindakan tertentu pada halaman my account.

account endpoints woocommerce

Kalau mau tahu langkah-langkah lebih detailnya, Anda bisa mengikuti panduan di artikel tutorial WooCommerce supaya toko online Anda makin ciamik.

7. Isi Toko Online dengan Konten Produk

Lanjut ke cara membuat website toko online selanjutnya. Di sini, isilah katalog toko online dengan produk yang akan dijual. Simak caranya di bawah ini.

1. Di dashboard WordPress, klik Products > Add New.

add new product woocommerce

2. Masukkan judul dan deskripsi produk yang Anda jual. Kalau bingung, Anda bisa simak cara menulis deskripsi produk

deskripsi produk

3. Di bagian kanan, tersedia menu Product Categories dan silakan klik +Add New Category untuk menambahkan kategori produk. Cara ini akan memudahkan calon pembeli mencari produk Anda berdasarkan kategori.

kategori produk woocommerce

4. Tambahkan harga jual di bagian Product Data yang ada di bawah editor.

settings harga woocommerce

5. Lalu klik Inventory di kolom SKU dan tambahkan kode barang untuk membantu mempermudah Anda menemukan produk. Apabila Anda juga ingin menampilkan jumlah stok produk tersedia, centang bagian Enable stock management at product level dan isi jumlah stok di Stock quantity.

setting inventory woocommerce

6. Berikutnya, Anda bisa menambahkan berat dan ukuran produk yang akan dijual di bagian Shipping.

setting shipping woocommerce

7. Jangan lupa untuk masukkan deskripsi singkat tentang produk Anda di Product short description.

short dec woocommerce

8. Untuk menambahkan gambar produk, klik saja Set product image. Jika Anda ingin menambahkan beberapa gambar sekaligus, klik Add product gallery images.

tambah gambar produk woocommerce

9. Apabila Anda sudah selesai mengisi seluruh detail produk, klik Publish.

publish produk woocommerce

10. Nantinya, hasil akhir tampilan produk Anda di website toko online akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

tampilan halaman produk woocommerce

Baca Juga: Cara Membuat Kategori di WooCommerce yang Menarik Bagi Pelanggan

8. Lakukan Pengaturan Halaman Produk

Cara membuat halaman produk menjadi salah satu bagian penting dalam proses membangun website toko online. Anda perlu mengatur halaman produk agar tampilan website toko online Anda terlihat semakin menarik.

Di bawah ini adalah langkah untuk melakukan pengaturan halaman utama yang bisa Anda ikuti:

1. Silakan klik Pages > Add New yang ada di dashboard WordPress.

add new page

2. Selanjutnya isi judul halaman dan pilih Home di bagian Page Attributes. Lalu klik Publish. Tujuannya, untuk membuat tampilan halaman depan website sesuai dengan brand bisnis Anda.

deskripsi halaman kategori

3. Klik Settings > Reading dan pilih A static page yang ada di bagian Front page displays. Setelah itu, pilih halaman yang sudah Anda buat. Contoh dalam tutorial ini adalah “Selamat Datang”. Supaya perubahan yang Anda lakukan tersimpan, klik Save Changes.

setting homepage

Pengaturan halaman utama dapat membantu Anda untuk menampilkan informasi penting yang ada di website toko online. Misalnya saja, Anda dapat menampilkan informasi produk terbaru atau produk yang sedang diskon di halaman utama. Ini akan membantu Anda menarik perhatian pelanggan saat pertama kali mengunjungi toko online Anda.

Baca juga: Sudah Punya Usaha di Marketplace? Lanjutkan dengan Website!

9. Gunakan Payment Gateway

Sebenarnya jika Anda sudah melakukan seluruh cara buat website jualan di atas, maka toko online Anda sudah siap untuk digunakan. Namun, agar memudahkan proses pembayaran konsumen, Anda bisa coba gunakan plugin WooCommerce payment gateway terbaik.

Payment gateway adalah financial technology yang digunakan untuk mengotorisasi transaksi online. Kali ini kami akan menggunakan plugin TriPay Payment Gateway untuk menjelaskan tutorial memasang payment gateway. Namun, Anda juga bisa menggunakan plugin lainnya sesuai kebutuhan.

1. Klik menu Plugin > Add New di dashboard WordPress.

add ne payment plugin

2. Cari “TriPay Payment Gateway” di kolom pencarian dan klik Install Now.

3. Setelah itu, klik Activate untuk mengaktifkan plugin.

activate payment plugin

Setelah proses instalasi plugin selesai, Anda harus melakukan konfigurasi plugin WooCommerce agar terhubung dengan akun TriPay Payment. 

1. Klik menu WooCommerce > Settings. Lalu klik tab TriPay Global Configuration.

global configuration payment plugin

2. Nantinya, akan muncul form yang sudah dilengkapi dengan petunjuk pengisian. Nah, Anda perlu mengisi setiap kolom yang ada pada form tersebut. 

full configuration payment

3. Setelah itu, klik tab Payments.

payment tab

4. Pada list metode pembayaran, akan muncul channel pembayaran TriPay Payment yang siap digunakan. Anda bisa klik Enabled pada salah metode pembayaran. Lalu klik Set up.

setup payment method

5. Selanjutnya Anda perlu mengisi form lagi untuk mengatur metode pembayaran. Tak lupa, klik Save Changes.

configure payment method

6. Anda bisa mengulang poin 4 dan 5 untuk mengatur channel pembayaran lainnya.

Tips Membuat Toko Online dengan WordPress

Salah satu kunci membuat toko online yang memikat calon pelanggan adalah memastikan bahwa website Anda mudah diakses dan memiliki tampilan yang user-friendly.

Mau tahu penjelasan selengkapnya? Simak tips berikut ini. 

1. Gunakan Foto Produk yang Berkualitas Tinggi

Foto produk yang berkualitas akan membantu calon konsumen memutuskan untuk melanjutkan proses pembelian. Alasannya, ketika konsumen berbelanja secara online, mereka tidak bisa menyentuh atau melihat produk secara fisik. Makanya, foto produk menjadi salah satu cara konsumen untuk bisa mengetahui fitur, detail, sampai kualitas produk.

Foto produk yang jelas dan informatif menunjukkan bahwa pemilik toko online menghabiskan banyak waktu untuk memberikan foto terbaik bagi calon konsumen. Tentunya hal ini akan meningkatkan kredibilitas website yang akan membuat konsumen semakin percaya dengan toko online Anda.

2. Optimasi SEO Website Toko Online

Dengan mengoptimasi SEO website toko online, Anda bisa meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian Google. Tentunya, hal ini memungkinkan website Anda menarik lebih banyak pengunjung. 

Gampangnya, SEO adalah jaring yang digunakan nelayan untuk menangkap ikan. Semakin kuat jaring dan penempatannya yang strategis, maka semakin banyak ikan yang berhasil ditangkap. Sama seperti cara nelayan menangkap ikan, semakin efektif Anda mengoptimasi SEO website, semakin banyak pula pengunjung yang tertarik dengan website Anda. 

3. Buatlah Website Toko Online yang Mobile-friendly

Dengan semakin meningkatnya pengguna perangkat mobile, membuat website versi mobile friendly menjadi hal yang wajib. Website mobile friendly adalah website yang didesain supaya mudah diakses oleh pengguna perangkat mobile.

Selain itu, website yang mobile friendly juga bisa meningkatkan peringkat website di mesin pencarian. Sebab, Google dan mesin pencari lainnya lebih mengutamakan website yang mobile friendly saat menentukan peringkat di SERP.  

4. Promosi di Sosial Media

Kini sosial media bisa menjadi platform utama untuk melakukan promosi toko online Anda. Bahkan tidak hanya untuk marketing, sosial media juga bisa Anda manfaatkan untuk mendapat traffic website.

Instagram, Twitter, dan Facebook bisa adalah sosial media dengan jumlah pengikut yang sangat banyak. Ketiga platform itu bisa Anda manfaatkan sebagai strategi social media marketing. Sebagai langkah awal, Anda bisa memperkenalkan bisnis digital di masing-masing platform tersebut.

5. Pasang Iklan untuk Toko Online Anda

Tips selanjutnya adalah pasang berbagai jenis iklan online. Anda bisa memasang iklan di Google Ads atau Facebook Ads. Akan tetapi, pastikan Anda telah melakukan riset pasar sebelum menggunakan jasa iklan mereka. Jadi, nantinya Anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. 

Anda bisa coba dengan menggunakan layanan iklan murah untuk mengecek sejauh mana iklan tersebut berpengaruh pada toko online Anda.

6. Buat Strategi Jangka Panjang

Penerapan strategi online marketing yang tepat bisa membuat website toko online Anda berkembang pesat. Anda tidak hanya harus membuat strategi jangka pendek, tetapi juga strategi jangka panjang. Contohnya, Anda bisa coba membuat konten yang berkaitan dengan niche atau membuat konten promosi.

Strategi pemasaran jangka panjang ini bisa meningkatkan awareness terhadap brand bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan traffic website dari penerapan strategi jangka panjang yang sudah dibuat.

Nah, salah satu strategi pemasaran yang ampuh adalah mengoptimasi SEO untuk toko online. Bagaimana sih caranya? Simak panduan SEO toko online dari kami.

Siap untuk Membuat Website Toko Online Sendiri?

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis online, memiliki toko online yang profesional dan menarik itu sangat penting. Namun, membuat sebuah website toko online yang efektif dan efisien dapat menjadi sebuah tantangan tersendiri. Apalagi, jika Anda belum memiliki skill yang mendalam soal website.

Untungnya, setelah membaca artikel ini, Anda jadi tahu kalau mengimplementasikan cara bikin website jualan itu tidak sulit. Cukup dengan berlangganan hosting dan membeli domain, lalu lakukan instalasi dan ikuti cara mengatur platform website di artikel ini agar siap diakses online. 

Eits, jangan lupa juga untuk memilih hosting dengan performa mumpuni. Cloud Hosting Niagahoster, misalnya. Sebab, kapasitas layanan ini siap menampung jutaan pelanggan toko online Anda per bulannya. Yang paling menarik, Anda bisa mendapatkan Cloud Hosting mulai dari Rp 125.000/bulan saja!

Jadi, sudah siap membuat toko online dengan Cloud Hosting? Buktikan keampuhannya sekarang!

Andriana Sari Andriana is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has been applying knowledge gained in many ways as a writer. She is often described as highly curious, critical, and creative while having a positively contagious can-do attitude at the same time.

5 Replies to “Cara Membuat Website Toko Online Termudah Untuk Pemula”

  1. sangat bermanfaat banget artikel nya.bagi saya seorang pemula yang ingin membuat sebuah website toko online
    Setelah saya pelajari.alhamdulillah akhir nya saya bisa membuat juga..terima kasih min 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *