Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Tutorial Membuat Akun Email CyberPanel

1 min read

FI Tutorial Membuat Akun Email CyberPanel

Salah satu keuntungan berlangganan hosting dan domain adalah bisa memiliki email dengan nama domain yang unik. Apalagi, kalau Anda menggunakan hosting VPS dengan CyberPanel, Anda bisa membuat akun email langsung di CyberPanel.

Tapi, bagaimana caranya ya? Tenang saja, kami akan membagikan tutorial membuat akun email Cyberpanel pada artikel kali ini. Yuk, simak artikel lengkapnya!

Baca Juga : Cara Install CyberPanel di Ubuntu 

Cara Membuat Akun Email di CyberPanel

Tutorial membuat akun email cyberpanel tidak memerlukan waktu yang lama. Anda dapat membuatnya hanya dengan empat langkah saja, yaitu :

  1. Login ke CyberPanel
  2. Mengakses Menu Emails
  3. Membuat Email CyberPanel
  4. Akses Webmail CyberPanel

Tapi, sebelum mengikuti tutorial ini, pastikan Anda sudah mengaktifkan MailServer SSL, ya. Kalau sudah, sekarang Anda bisa mulai ikuti panduan lengkap membuat akun email CyberPanel!

1. Login ke CyberPanel

Pertama-tama, Anda bisa login ke panel admin CyberPanel terlebih dahulu dengan mengakses alamat https://IP-server-Anda:8090 pada browser. 

Login ke CyberPanel

Selanjutnya, masukkan username dan password Anda pada kolom yang tersedia, kemudian klik tombol Sign In.

2. Mengakses Menu Emails

Setelah login, Anda akan masuk ke halaman dashboard CyberPanel. Pada halaman ini, Anda dapat mengakses menu email dengan dua cara. Pertama, mengakses menu EMAILS di bagian Available Function. Kedua,  mengakses menu Email melalui sidebar menu.

mengakses menu email cyberpanel

Selanjutnya, pilih submenu CREATE EMAIL seperti pada gambar di bawah ini. 

pilih create email untuk membuat email cyberpanel

3. Membuat Email CyberPanel

Pada halaman Create Email Account, Anda bisa mengisikan detail email yang akan dibuat. Pertama-tama, Anda dapat memilih nama domain yang akan digunakan untuk email Anda pada bagian Select Website

Setelah itu, masukkan username dan password untuk email yang akan Anda gunakan. Password dapat Anda buat sendiri atau di-generate oleh sistem. Jika Anda melakukan generate password, jangan lupa simpan passwordnya di catatan pribadi Anda ya.

Membuat email CyberPanel

Pastikan data yang Anda masukkan sudah benar, lalu klik tombol Create Email untuk langsung membuat akun email Anda.

Berhasil membuat email CyberPanel

Nah, jika sudah muncul pesan seperti gambar di atas, maka akun email sudah berhasil dibuat.

4. Akses Webmail CyberPanel

Anda dapat mengakses email yang telah Anda buat melalui url https://namadomain:8090/rainloop atau dengan mengakses submenu Access Webmail pada menu Emails sebagai berikut.

Mengakses webmail

Anda akan diarahkan ke halaman login email. Masukkan username email dan password yang telah dibuat sebelumnya, kemudian tekan Enter untuk mengakses email.

masukkan username dan password webmail

Jika tampilan sudah seperti gambar di bawah, artinya Anda sudah masuk ke email CyberPanel yang baru dibuat.

Berhasil mengakses email CyberPanel

Baca juga: Cara Login Webmail Melalui cPanel Hosting Anda

Kesimpulan

Anda bisa membuat akun email CyberPanel dengan menggunakan domain sendiri. Untuk melakukannya, Anda bisa mengikuti langkah yang kami berikan pada panduan di atas:

  • Mengakses menu Emails di CyberPanel
  • Memilih domain dan memasukkan username dan password 
  • Mengakses webmail CyberPanel

Berkat tampilan antarmuka CyberPanel yang user friendly, Anda dapat melakukan manajemen VPS, termasuk membuat akun email di CyberPanel dengan mudah. 

Kalau Anda ingin memiliki VPS yang dapat diandalkan, Niagahoster menawarkan layanan VPS murah dengan beragam pilihan control panel, termasuk CyberPanel. Anda juga dapat menikmati kemudahan instalasi OS dan panel dari VPS dengan fitur Auto Deploy Panel

Nah, itu dia panduan cara membuat akun email di CyberPanel. Semoga tutorial ini bermanfaat, ya! Selamat mencoba.. Ohiya Jika Anda ingin merasakan bagaimana dan memahami apa itu CyberPanel bisa loh klik tautan CyberPanel VPS ini.

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.