Categories: EmailTutorial

Panduan Membuat Email Auto Reply di cPanel

Email auto reply atau autoresponder adalah fitur pada cPanel yang dapat menjawab email secara otomatis. Hal ini berguna untuk banyak hal. Misalnya, membalas email otomatis kepada pengirim ketika bisnis Anda sedang off, mengirim informasi promo secara berkala dan lainnya.

Adanya pesan otomatis juga dapat membuat pelanggan merasa Anda membalas email mereka dengan cepat.

Nah, melalui tutorial berikut ini kami akan menunjukkan kepada Anda cara membuat auto reply email di cPanel dengan menambahkan email Autoresponder. Yuk simak pembahasannya.

Cara Membuat Email Auto Reply di cPanel

Berikut ini beberapa langkah untuk membuat email auto reply di cPanel.

1 Login ke cPanel

Pertama-tama, silakan login ke cPanel. Jika Anda pelanggan Niagahoster. Anda bisa login ke cPanel lewat member area. Setelah masuk member area, klik menu Layanan Anda > Hosting > Kelola Hosting. Lalu, klik All Feature.

2. Cari Fitur Autoresponders

Setelah masuk ke halaman cPanel, cari fitur Autoresponders untuk email auto reply pada tab Email.

4. Buat Email Auto Reply/Autoresponder

Untuk membuat Autoresponder, silakan klik tombol Add Autoresponder.

5. Konfigurasi Email Auto Reply

Setelahnya Anda akan menemukan tampilan seperti di bawah ini. Isikan informasi yang diminta pada kolom yang tersedia.

  • Character Set – Isi dengan utf-8 sebagai daftar karakter default yang digunakan.
  • Interval – Untuk menghindari gangguan pada layanan email, kami menyarankan isi 1 jam atau lebih.
  • Email – Isi dengan nama email Anda. Jika email Anda adalah test@example.com, berarti Anda hanya perlu mengisi ‘test’.
  • Domain – Isi dengan nama domain email Anda. Apabila email Anda adalah test@example.com, isi kolom ini dengan example.com.
  • From – Isi nama Anda sebagai nama pengirim Autoresponder.
  • Subject – Ini adalah subject dari Autoresponder. cPanel juga memungkinkan menggunakan tag %subject%, yang akan sesuai dengan subyek si pengirim. Sebagai contoh, jika subyek dari pengirim adalah “Bertanya” dan subject balasan dari email auto reply adalah re:%subject%, subyek yang tampil akan menjadi “re:Bertanya“.
  • This messange contains HTML – Dengan mengisi bagian ini, pesan email akan dikirim dalam bentuk HTML. Jika tidak, pesan akan dikirim dalam bentuk Plain Text.
  • Body – Isi dengan pesan dari email auto respons yang Anda kirimkan.
  • Start – Isi dengan tanggal ketika Autoresponder aktif. Sebagai alternatif, Immediately dapat dipilih untuk aktivasi secara instan.
  • Stop – Masukkan tanggal berakhir dari Autoresponder. Jika memilih Never, Autoresponder akan selalu aktif.

6. Simpan Konfigurasi Email Auto Reply

Setelah semuanya sudah selesai dikonfigurasi, klik tombol Create/Modify. Selanjutnya akan tampil pesan sukses seperti pada gambar di bawah ini:

7. Tes Autoresponder

Tes Autoresponder cukup mudah dilakukan dengan cara mengirim email menggunakan akun email Anda yang lain. Kendalanya biasanya hanya satu, email terkadang membutuhkan waktu beberapa menit sebelum terkirim.

Hal ini bergantung dari lalu lintas server email Anda. Jika Autoresponder tidak berfungsi, Anda dapat menghubungi pihak hosting untuk meminta bantuan mengenai hal ini.

Berikut adalah contoh mengirim email ke admin@niagahoster.org yang digunakan untuk Autoresponder.

Nah, selanjutnya, ini adalah balasan otomatis dari email admin@niagahoster.org.

8. Edit dan Remove Autoresponder

Jika anda ingin mengubah beberapa konfigurasi, tinggal klik Edit di menu Autoresponders pada cPanel hosting Anda.

Jika Autoresponder sudah tidak diperlukan, Anda dapat menghapusnya menggunakan tombol Delete. Lihat gambar di bawah ini agar lebih jelas.

Baca juga: Cara Membuat Email di cPanel

Pakai Email Auto Reply untuk Sukseskan Strategi Email Marketing Anda

Email Auto Reply atau Autoresponder adalah tool yang sangat efektif untuk membalas email secara otomatis. Anda dapat menggunakannya untuk berbagai keperluan, mulai dari balasan otomatis setelah signup hingga reminder promo secara berkala.

Dengan begitu, bisnis Anda bisa semakin kredibel dan meningkatkan kenyamanan pelanggan.

Oh iya, jika Anda ingin menerapkan strategi email marketing, kami punya artikel lengkap tentang email marketing. langsung saja simak artikelnya berikut –> Panduan Lengkap Strategi Email Marketing (Terupdate).

Kami juga memiliki layanan khusus email hosting untuk mendukung kelangsungan bisnis Anda. Kami sediakan server khusus untuk menunjang aktivitas email perusahaan. Mengapa tidak Anda mencobanya sekarang? Jika Anda memiliki pengalaman maupun pertanyaan mengenai hal ini, kami siap membantu Anda. Silakan sampaikan pada kolom komentar berikut ini?

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto

Recent Posts

Cloud Computing: Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsinya

Cloud computing adalah teknologi komputasi yang harus mulai Anda manfaatkan, baik sebagai individu ataupun bisnis. Kenapa begitu? Bayangkan, Anda bisa…

5 hours ago

Apa itu Ping? Berikut Ini Penjelasan dan Fungsinya!

Bayangkan kalau Anda ingin mengakses sebuah website, tapi halamannya tak kunjung muncul. Tentu kesal, bukan? Namun, jangan panik, coba lakukan…

20 hours ago

PHP 8.1 Telah Dirilis! Simak Fitur Baru, Perubahan, dan Lainnya

PHP telah merilis versi terbarunya, PHP 8.1, pada 25 November 2021 kemarin.  Dilansir laman resmi PHP, versi ini disebut membawa…

3 days ago

Apa Itu Error 404 Not Found dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Error 404: Not Found adalah salah satu error yang paling sering dikeluhkan oleh para pemilik website. Munculnya error ini tentu…

3 days ago

Valuasi: Pengertian, Cara Menghitung, dan Berbagai Levelnya

Ketika bicara valuasi, yang terlintas pertama di pikiran Anda mungkin sebuah startup. Padahal, valuasi adalah faktor yang menjadi penanda kesuksesan…

4 days ago

Apa itu Cloudflare? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Keamanan dan kecepatan merupakan faktor utama dalam mengelola website. Untungnya, ada beberapa langkah mudah untuk memastikan website cepat dan aman.…

5 days ago