Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words is unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :grin:

Cara Membuat Blog dengan Domain Sendiri

8 min read

Cara Membuat Blog dengan Domain Sendiri (resize)

Pada artikel ini kami akan membahas mengenai cara membuat blog menggunakan domain sendiri. Cara membuat blog tentunya tidak hanya satu cara saja melainkan ada beberapa cara. Bahkan Anda bisa mendapatkan cara membuat blog gratis tanpa harus membayar.

Salah satu contohnya adalah kami akan membahas mengenai cara membuat blog di Blogger atau yang bisa disebut dengan Blogspot, yang mana mereka menawarkan membuat blog gratis.

Selain Blogger, kami juga akan membahas mengenai cara membuat blog di WordPress. Layanan WordPress juga menyediakan cara membuat blog pribadi gratis yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat blog Anda sendiri.

Apa itu Blog?

Blog adalah salah satu jenis situs web yang biasanya dikelola dan dikembangkan oleh seseorang atau individu untuk tujuan pribadi. Blog dibuat dengan menggunakan perangkat lunak (software) atau menggunakan platform tertentu yang cukup mudah digunakan.

Kata blog sendiri merupakan singkatan dari ‘weblog.  Sesuai dengan namanya, blog digunakan sebagai ruang dan media untuk menulis dan mempublikasikan tulisannya agar dapat dilihat oleh banyak pengguna di internet. Setelah dipublikasikan dan dapat diakses menggunakan internet, pengunjung atau orang yang membaca blog akan dapat menanggapinya melalui kolom komentar.

Fungsi Blog

Blog tentu saja berbeda dengan website pada umumnya. Secara singkat, berikut ini adalah beberapa fungsi blog yang saat ini banyak diterapkan:

  • Media Untuk Berbagi Pengalaman Pribadi

Blog biasanya digunakan untuk membagikan kisah pribadi. Bisa terkait dengan keluarga, pertemanan, dan kehidupan sehari-hari. Jadi, pemilik blog tidak mengkhususkan membahas satu hal saja. Namun, pemilik tetap membahas hal-hal yang berkaitan dengan dirinya.

  • Catatan Perjalanan

Jenis ini yang saat ini baru menjadi trend di internet. Di Indonesia melakukan perjalanan jauh ke tempat-tempat wisata merupakan sesuatu yang baru banyak diminati banyak orang. Tentunya supaya tidak terlupakan, beberapa orang membuat blog untuk menuliskan kisah perjalanannya dan dibagikan dengan teman lainnya. Cara membuat blog untuk tujuan ini biasanya menggunakan Blogspot atau WordPress.

  • Menulis Opini Pribadi

Tidak jarang juga pemilih blog hanya membuat blog untuk menuliskan opini pribadinya saja. Pendapat ini bisa terkait dengan politik, budaya, dan kehidupan masyarakat pada umumnya.

Selain ketiga fungsi tersebut masih banyak fungsi-fungsi lainnya yang dapat dilakukan menggunakan blog. Intinya blog adalah sebuah halaman web yang digunakan untuk menuliskan pengalaman pribadi atau catatan pribadi khusus yang berkaitan dengan pemiliknya.

Perbedaan Blog Dengan Website

Loh, memangnya apa perbedaan website dengan blog?

Bukankah keduanya sama?

Ya, keduanya memang sama. Sama-sama situs web yang dapat diakses oleh semua orang melalui jaringan internet. Namun, jenis dari kedua situs web ini berbeda. Blog hanya digunakan untuk tujuan atau catatan pribadi, sedangkan website dibuat dengan tujuan khusus tertentu, misalnya untuk menawarkan sebuah produk atau mengenalkan sebuah perusahaan tertentu.

Terkait dengan perbedaan blog dengan website kami sudah pernah membahasnya melalui artikel 7 Perbedaan Blog dan Website Beserta Contohnya. Anda dapat membaca artikel tersebut terlebih dahulu sebelum mengikuti panduan kami cara membuat blog menggunakan Blogspot atau WordPress.

Perbandingan Blogspot, WordPress, dan Shared Hosting

Agar Anda dapat mengetahui perbedaan antara Blogspot WordPress dan Shared Hosting, maka berikut ini kami akan membahas mengenai perbedaan ketiganya secara ringkas. Mulai dari kepemilikan, tampilan, kontrol, dan keamanan.

Bagian pertama, kami akan membahas mengenai Blogspot.

1. Blogspot atau Blogger

Blogspot atau Blogger merupakan situs yang menyediakan halaman membuat blog gratis. Anda dapat menggunakannya untuk keperluan pribadi sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah ulasan mengenai Blogspot secara ringkas.

  • Kepemilikan

Blogger merupakan layanan yang dibuat terintegrasi dengan Google. Anda tidak perlu membayar biaya hosting atau tempat penyimpanan file karena sudah sudah tersedia. Asalkan tidak melebihi 15 GB sesuai dengan kapasitas yang diberikan oleh Google.

Anda cukup membuat akun Google dan melakukan registrasi melalui halaman Blogger langsung. Selain itu, Anda juga dapat melakukan custom domain dengan domain Anda sendiri.

  • Tampilan

Tampilan yang disediakan oleh Blogger sangat terbatas. Terkadang antara halaman blog satu dengan yang lainnya mirip. Meskipun Anda dapat menyesuaikan warna dan tampilannya melalui pengaturan yang disediakan.

  • Kontrol

Anda tidak memiliki kontrol penuh pada website dengan tool cukup terbatas yang dapat Anda gunakan untuk mengelola website. Sebagai contoh, untuk permalink akan mengikuti permalink default, sehingga Anda tidak bisa membuat struktur permalink sesuai dengan yang diinginkan.

  • Keamanan

Blogger dikelola oleh Google sehingga keamanannya cukup terjamin. Meskipun keamanannya baik, Anda juga perlu berhati-hati saat menggunakan template yang bukan bawaan dari situ tersebut.

2. WordPress

WordPress merupakan sebuah layanan yang cukup terkenal. Sebagian besar situs web yang tersebar di internet menggunakan layanan ini. Tak kurang dari 30% situs web menggunakan WordPress sebagai platform yang mereka gunakan.

WordPress terbagi menjadi dua jenis yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Berikut ini perbedaan antara keduanya dan perbedaan dengan layanan Blogger.

1. WordPress.org

WordPress.org merupakan platform sumber terbuka yang menyediakan layanan CMS WordPress. Anda dapat mengunduh WordPress dan menggunakannya pada server pribadi Anda sendiri. Bisa menggunakan shared hosting dapat juga menggunakan Virtual Private Server (VPS).

Anda perlu melakukan proses instalasi untuk menggunakan layanan WordPress.org. Tentu saja harus mempunyai media penyimpanan layaknya hosting.

2. WordPress.Com

WordPress.com bisa disebut dengan layanan gratis yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat blog gratis. Cara membuat blog gratis di WordPress juga cukup mudah. Anda cukup membuat akun di halaman WordPress.com dan masuk menggunakan akun yang telah dibuat.

Berikut ini adalah ulasan terkait dengan layanan WordPress.com.

  • Kepemilikan

WordPress.com hampir sama dengan Blogger. Keduanya sama-sama harus menggunakan subdomain sebagai URL yang dipakai. Selain itu Anda juga tidak mempunyai kontrol penuh untuk menggunakan semua pengaturan yang tersedia.

NOTE : Agar dapat membuat blog dengan domain sendiri menggunakan WordPress, maka Anda harus menggunakan WordPress yang berbayar. Layanan berbayar WordPress.com memungkinkan Anda untuk melakukan custom domain dengan menggunakan domain sendiri.

  • Tampilan

WordPress memberikan tampilan yang terbatas, tetapi mempunyai ribuan template gratis yang bisa Anda gunakan. Pengaturan yang bisa dilakukan pun lebih fleksibel sehingga Anda dapat menyesuaikan tampilan situs web hampir sesuai dengan kebutuhan.

  • Kontrol

Anda memiliki kebebasan untuk menginstall beberapa plugin yang disediakan oleh WordPress. Tidak hanya satu dua plugin, Anda dapat menginstal beberapa plugin sekaligus untuk mendukung kebutuhan blog.

  • Keamanan

WordPress dikenal sebagai platform yang terbilang memiliki tingkat keamanan yang baik karena script selalu diperbaharui secara berkala. Anda juga dapat menambahkan beberapa plugin untuk mendukung keamanan pada situs.

Anda bisa mengunjungi artikel kami “7 Perbedaan Blog dan Website Beserta Contohnya” untuk mendapatkan informasi selengkapnya. 

3. Shared Hosting

Shared Hosting merupakan salah satu pilihan cara membuat blog dengan dengan domain sendiri. Meskipun ada beberapa layanan yang menyediakan shared hosting gratis, tetapi kami menyarankan untuk menggunakan penyedia layanan shared hosting yang berbayar, seperti dari Niagahoster.

  • Kepemilikan

Anda mempunyai kepemilikan penuh untuk mengelola seluruh situs web Anda. Kapasitas penyimpanan menyesuaikan dengan paket yang Anda gunakan pada penyedia layanan web hosting terbaik.

  • Tampilan

Tampilan yang disediakan sangat beragam. Bahkan Anda dapat mendesain dan menyesuaikan tampilan blog sama persis dengan keinginan dan kebutuhan. Tidak ada batasan untuk membuat tampilan yang diinginkan.

  • Kontrol

Menggunakan shared hosting berarti menggunakan blog dengan rumah sendiri. Anda memiliki keleluasaan sendiri untuk mengelola seluruh file dan berbagai hal yang berhubungan dengan blog. Tentu saja hal ini dapat memberikan keuntungan bagi Anda jika terjadi masalah dan sebagainya.

  • Keamanan

Baik dan buruknya keamanan pada shared hosting tergantung dari pengaturan yang Anda terapkan pada situs Anda juga. Anda dapat memanfaatkan plugin atau berbagai macam konfigurasi dan pengaturan yang bisa diterapkan pada blog untuk meningkatkan keamanannya.

Selain shared hosting, ada juga Virtual Private Server (VPS) yang dapat digunakan dengan fungsi yang sama. Hanya saja saat menggunakan VPS paling tidak mempunyai pengalaman sebelumnya untuk mengelola layanan berbasis teknologi informasi.

Cara Membuat Blog Dengan Domain Sendiri

Pada bagian ini kami akan menjelaskan mengenai persyaratan dan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk membuat blog dengan domain sendiri. Tidak hanya melalui Blogspot saja, melainkan melalui WordPress dan Shared Hosting.

  • Blogspot/Blogger

Membuat blog menggunakan domain sendiri di Blogspot mungkin akan sedikit membingungkan bagi yang belum pernah mempelajari mengenai komputer. Semoga panduan di bawah ini dapat mempermudah Anda untuk memahami cara membuat blog dan menghubungkannya ke domain pribadi.

Persyaratan

Ada persyaratan yang harus dipenuhi sebelum melanjutkan pada tahap membuat blog menggunakan Blogger.

  • Mempunyai Domain Aktif
  • Akses ke Member Area Domain
  • Akun Gmail

Domain yang aktif digunakan untuk menghubungkan domain dengan blog Blogspot. Anda dapat mencari domain aktif ini di berbagai penyedia layanan domain yang sudah banyak di Indonesia.

Biasanya untuk domain dengan ekstensi .com memerlukan biaya kurang lebih 100 ribu. Jika ingin lebih mudah dan ingin sekedar mencoba dapat menggunakan ekstensi domain .xyz atau .web.id yang harganya di bawahnya.

Pastikan juga mempunyai akses ke member area layanan domain yang Anda gunakan untuk melakukan pengaturan nameserver dan DNS manajemen nantinya.

Langkah-langkah Cara Membuat Blogspot dengan Domain Sendiri

Ada beberapa langkah yang perlu Anda ikuti untuk mempunyai Blogspot dengan domain yang sudah dimiliki. Langkah yang perlu diikuti seperti membuat akun Blogspot, kemudian mendapatkan CNAME dan memasukkannya di manajemen DNS di layanan penyedia domain.

Langkah 1 – Membuat akun Blogspot

Akses halaman Blogger kemudian klik “Create Your Blog”.

Membuat Blog - Membuat akun blogspot 1

Setelah diarahkan untuk login akun Gmail, masukkan username dan password untuk melanjutkannya pada proses selanjutnya. Anda akan diarahkan untuk membuat profil.

Klik “Create a Google+ Profile” untuk membuat profile untuk Google+ atau “Create a limited Blogger Profile” untuk membuat profil yang berbeda. Kemudian isikan beberapa data yang dibutuhkan dan klik “Save” -> “Continue to Blogger”.

Maka setelah selesai Anda akan mendapati halaman berikut.

Membuat Blog - Membuat akun blogspot 2

Tidak hanya sampai di sini, perlu membuat satu situs web terlebih dahulu untuk melanjutkan pada tahap selanjutnya. Klik “Create New” untuk membuat situs web.

Membuat Blog - Membuat akun blogspot 3

Keterangan:

  • Tittle : Masukkan judul blog yang akan Anda kembangkan. Judul ini akan muncul di halaman depan blog.
  • Address : Masukkan URL yang ingin digunakan sebagai alamat blog. Alamat ini hanya sementara saja yang diikuti dengan ekstensi .blogspot.com nanti saat terhubung dengan domain sendiri. Alamat ini akan diarahkan ke domain tersebut.
  • Theme : Pilih tema yang ingin digunakan pada blog. Sesuaikan dengan kebutuhan.

Setelah semua diisi klik “Create blog!” dan selesai. Anda saat ini sudah mempunyai halaman Blogspot sendiri.

Membuat Blog - Membuat akun blogspot 4

Agar address atau URL dapat menggunakan domain sendiri. Ikuti langkah-langkah membuat blogspot dengan domain sendiri di bawah ini.

Langkah 2 – Mendapatkan CNAME di Blogspot

Pertama kali, masuk ke halaman dashboard akun Blogspot. Kemudian arahkan navigasi ke pengaturan. Pada halaman pengaturan klik pada teks “+ Set up a third-party URL for your blog”.

Membuat Blog - Membuat akun blogspot 5

Pada halaman selanjutnya Anda akan diminta alamat domain baru yang ingin digunakan. Masukkan nama domain yang sudah Anda beli dan dapatkan sebelumnya. Kemudian klik “Save”.

Meskipun Anda akan mendapatkan pesan Error, seperti tampilan di bawah. Cukup abaikan saja dan catat baik-baik CNAME yang diberikan.

Membuat Blog - Membuat akun blogspot 6

Keterangan:

  • CNAME 1: www ghs.google.com
  • CNAME 2: 5jxzkzdmlt2y gv-oin2wzg2exkyqp.dv.googlehosted.com

Simpan CNAME ini untuk dimasukkan ke dalam manajemen DNS pada domain.

Langkah 3 – Memasukkan CNAME Blogspot ke Manajemen DNS Domain

Untuk memasukkan CNAME Blogspot ke dalam manajemen DNS domain biasanya Anda harus masuk ke dalam member area penyedia layanan domain. Saya menggunakan layanan dari Niagahoster. Jadi member area yang saya gunakan dari Niagahoster.

Pada member area, masuk ke dalam pengaturan domain. Kemudian arahkan navigasi ke “Nameserver”. Pada bagian Nameserver menggunakan nameserver default supaya dapat melakukan custom DNS management.

Membuat Blog - Membuat akun blogspot 7

Anda dapat melihat daftar nameserver default pada halaman DNS Management. Jangan lupa klik “Update”.

Setelah itu masuk ke dalam halaman “DNS Management”-> ”Custom Blogspot” untuk menambahkan CNAME yang sebelumnya sudah didapatkan dari halaman Blogspot.

Membuat Blog - Membuat akun blogspot 8

Keterangan:

  • Sub Domain: 5jxzkzdmlt2y (CNAME 2)
  • Hostname: gv-oin2wzg2exkyqp.dv.googlehosted.com (CNAME 2)

Catatan: Anda cukup memasukkan CNAME 2 saja. CNAME 2 biasanya berbeda-beda setiap blog. Pastikan memasukkan CNAME yang sama dengan yang diberikan.

Setelah dimasukkan klik “Save changes” maka secara otomatis sistem akan melakukan generate pengaturan dan menerapkannya pada domain. Hasilnya kurang lebih seperti ini.

Membuat Blog - Membuat akun blogspot 9

Catatan: Anda perlu menunggu proses propagasi domain terlebih dahulu, kurang lebih sekitar 24 jam. Jika tidak ada masalah maka Anda dapat melanjutkan pada langkah terakhir.

Langkah 4 – Menyimpan Konfigurasi

Domain yang sudah terhubung dengan Blogger biasanya akan menampilkan halaman di bawah ini.

Membuat Blog - Membuat akun blogspot 11

Agar dapat menampilkan halaman blog yang sudah dibuat. Masuk kembali ke halaman pengaturan di Blogger, kemudian centang bagian berikut.

Membuat Blog - Membuat akun blogspot 10

Anda juga dapat melihat video turtorial untuk melakukan custom domain di Blogspot yang sudah pernah kami buat.

 

  • WordPress

WordPress.com juga dapat dimanfaatkan untuk membuat blog dengan domain sendiri. Sayangnya jika Anda ingin menggunakan domain sendiri harus menggunakan layanan yang berbayar.

WordPress paling murah menawarkan layanan custom-domain paling murah dengan harga $4 dolar atau sekitar Rp. 59.760 setiap bulannya (2018). Atau Anda dapat mencoba menggunakan layanan yang lebih murah yaitu shared hosting yang akan kami bahas pada bagian selanjutnya.

  • Shared Hosting

Shared hosting merupakan salah satu layanan berbayar yang biasanya disediakan oleh penyedia layanan penyimpanan file situs web. Agar dapat digunakan menggunakan domain sendiri tentu saja ada beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi.

Persyaratan

  • Layanan shared hosting aktif
  • Domain aktif
  • Akses ke member area domain

Langkah-langkah Cara Membuat Blog Menggunakan Shared Hosting

Langkah 1 – Menghubungkan domain dengan hosting

Anda dapat mengikuti panduan yang sebelumnya sudah pernah kami buat mengenai cara menambahkan domain di cPanel. Pada panduan tersebut sudah ada langkah untuk menambahkan domain ke cPanel yang biasanya digunakan oleh penyedia hosting sebagai panel untuk mengelola hosting.

Baca:  Cara Menambahkan domain di cPanel

Langkah 2 – Melakukan instalasi situs web menggunakan Content Management System (CMS) WordPress

Kami juga sudah membuat panduan untuk melakukan instalasi CMS, salah satunya CMS WordPress. Anda tinggal mengikuti panduannya saja untuk dapat membuat halaman blog yang sesuai dengan kebutuhan.

Baca: Cara Install WordPress di cPanel

Langkah 3 – Pengaturan blog

Selain itu, kami juga sudah membuatkan panduan untuk mengelola halaman WordPress sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Baca: Cara Menggunakan WordPress

Kesimpulan

Ada berbagai macam cara membuat blog yang dapat Anda pilih. Tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan dan kenyamanan. Setiap cara pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga Anda harus mengenai terlebih dahulu karakter cara membuat blog yang sesuai.

Ada cara membuat blog gratis, tetapi terkadang tidak memberikan solusi yang terbaik. Salah satu cara yang praktis dilihat dari artikel yang kita bahas kali ini adalah cara membuat blog di Blogger yang cukup sederhana dibandingkan dengan cara membuat blog pribadi di WordPres.

Setelah mengikuti artikel ini Anda sudah mendapatkan informasi terkait cara membuat blog pribadi. Supaya lebih banyak referensi mengenai cara membuat blog ini, kami sertakan beberapa link yang mungkin dapat membantu.

2
Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words is unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :grin:

One Reply to “Cara Membuat Blog dengan Domain Sendiri”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 5 =