Ridandi Bintang Pamungkas Bintang is an avid learner with years of experience in Marketing and Business Management subjects. Aside from writing, Bintang loves reading books and collecting movies.

Ingin Membangun Toko Online dengan Mudah? Simple WordPress Solusinya!

10 min read

ingin membangun toko online dengan mudah managed wordpress solusinya

Saat berencana untuk memasarkan produk Anda secara online, barangkali Anda berpikir untuk menggunakan media sosial atau online marketplace.

Tapi tahukah Anda? Sebetulnya tempat terbaik untuk berbisnis di internet adalah toko online.

Karena, selain berfungsi sebagai tempat jualan, toko online juga merupakan platform yang bagus untuk branding dan menjalankan bisnis dalam jangka panjang.

ilustrasi belanja online

Di toko online, Anda juga tidak akan menemukan masalah-masalah yang umumnya ditemukan di marketplace. Mulai dari desain toko yang tidak bisa dikustomisasi, persaingan antar toko yang sengit, hingga adanya biaya transaksi. 

Tapi apakah membuat website toko online itu gampang? Tentu saja! Karena Anda bisa membangun toko online menarik dan profesional dengan mudah di WordPress. Bahkan tanpa keahlian coding sama sekali.

Bagaimana caranya? Yuk simak artikel ini sampai selesai!

Apa itu WordPress?

WordPress adalah Content Management System (CMS) yang berfungsi untuk mengelola isi website. Singkatnya, dengan bantuan WordPress, Anda dapat mengubah isi website Anda menjadi toko online.  

Oh ya, WordPress sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu wordpress.com dan wordpress.org. Perbedaannya apa sih?

Kelebihan WordPress.orgKelebihan WordPress.com
Anda bisa mendownload dan menginstal WordPress secara gratis.Anda dapat menginstal tema dan plugin apapun yang Anda butuhkan. Tersedia paket gratis.Anda tak perlu berpikir tentang hal-hal teknis seperti maintenance. Karena semuanya sudah dihandle WordPress.
Kekurangan WordPress.orgKekurangan WordPress.com
Anda perlu berlangganan hosting dan domain sendiri.Maintenance website harus dilakukan sendiri. Sehingga, hal ini mungkin cukup membingungkan bagi pemula.Anda tidak bisa menginstal tema dan plugin dengan leluasa. Kecuali jika Anda berlangganan paket premium. Biaya berlangganan cukup mahal. Untuk mengakses plugin, Anda perlu mengeluarkan biaya minimal Rp298 ribu.

Baca juga: 10 Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Melihat tabel di atas, mungkin Anda jadi sedikit dilema. 

Di satu sisi, WordPress.org menawarkan kebebasan untuk instal berbagai tema dan plugin, yang mana penting untuk mempercantik tampilan dan menambah fitur toko online Anda.

Di sisi lain, Anda juga tak ingin ribet dengan urusan teknis website. Jadi, manakah yang  harus Anda pilih?

Tenang, karena masih ada opsi lain yang bisa Anda pilih, yaitu Simple WordPress hosting di Niagahoster. Layanan ini memungkinkan Anda untuk menikmati manfaat WordPress.org dan WordPress.com sekaligus!

Jadi, Anda bisa bebas menginstal tema dan plugin yang Anda butuhkan. Dan Anda pun tak perlu pusing soal hal-hal teknis terkait kecepatan, keamanan, dan sumber daya server. Karena semuanya akan ditangani oleh tim Niagahoster. 

Pertanyaan besarnya, apakah layanan ini cocok untuk toko online?

Tentu saja! Karena ada banyak manfaat yang dapat dinikmati pengguna toko online saat menggunakan layanan Simple WordPress Niagahoster.

Ingin tahu penjelasan detailnya? Yuk lihat di bagian selanjutnya!

Baca juga: WordPress.com vs Simple WordPress Hosting: Mana yang Tepat Untuk Anda?

Mengapa Simple WordPress Hosting di Niagahoster Cocok untuk Toko Online?

Oke, Anda sudah tahu bahwa Simple WordPress adalah solusi untuk menikmati manfaat WordPress.org dan WordPress.com secara bersamaan. Tapi sebetulnya apa saja sih yang ditawarkan layanan ini? Berikut daftarnya:

infografik manfaat managed wordpress untuk toko online

1. Proses Instalasi yang Mudah

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Anda bisa membangun toko online dengan sangat mudah di WordPress. Bahkan Anda tak perlu memiliki keahlian coding sama sekali.

Namun, bagaimana caranya? Pertama-tama, tentunya Anda harus punya hosting dan domain terlebih dulu. 

Kabar baiknya, jika Anda berlangganan Simple WordPress hosting di Niagahoster, Anda tidak hanya mendapat hosting, tapi juga domain gratis Niagahoster.

Di sini, Anda juga dapat menikmati fitur Auto Install WordPress. Jadi, website WordPress Anda akan otomatis terinstal saat pengaktifan paket dan langsung siap untuk digunakan.

Lalu, untuk mengubah websitenya menjadi toko online, Anda bisa menginstal plugin WooCommerce.

banner woocommerce untuk membangun toko online di wordpress

Proses instalasi WooCommerce pun mudah. Anda hanya perlu memasukkan detail lengkap tentang toko online Anda dan menambahkan produk ke dalamnya. Setelah itu, Anda bebas mengatur tampilan dan isi tokonya.

Lalu bagaimana dengan fitur toko online-nya? Tenang, Karena toko online yang dibuat di WooCommerce sudah dilengkapi fitur-fitur dasar seperti katalog produk dan keranjang belanja.

Walau begitu, Anda masih bisa menambahkan sendiri fitur-fitur lain sesuai kebutuhan bisnis Anda. Jika Anda ingin tahu lebih jauh tentang cara membangun toko online di WooCommerce, Anda bisa mengunduh ebook gratis di bawah ini: 

banner ebook woocommerce

2. Bebas Menambah Fitur Toko

Apakah plugin yang penting untuk toko online hanya WooCommerce saja? Tentu tidak! Masih banyak plugin lain yang dapat membuat toko Anda semakin menarik dan kaya akan fitur.

Untungnya, Anda bisa menginstal plugin apapun di layanan Simple WordPress Niagahoster.

Berikut adalah beberapa contoh plugin yang sering dipasang pemilik toko online:

  • Plugin Kecepatan – Ingin mempersingkat durasi loading toko online Anda? Tenang, karena ada banyak plugin kecepatan yang bisa Anda gunakan, seperti LiteSpeed Cache, WP Rocket, atau WP Fastest Cache.
  • Plugin Keamanan – Dengan plugin keamanan, toko online Anda akan punya tembok pertahanan yang kokoh untuk menghalau para hacker. Beberapa contoh plugin keamanan yang populer adalah Wordfence dan Sucuri.
  • Plugin Wishlist – Anda bisa mendorong jumlah penjualan yang lebih tinggi dengan menambahkan fitur wishlist. Untuk menambahkan fitur ini, Anda bisa menginstal plugin seperti YITH WooCommerce Wishlist atau TI WooCommerce Wishlist.
  • Plugin Ongkos Kirim – Agar pembeli bisa memilih metode pengiriman dengan leluasa, Anda bisa menggunakan plugin seperti OngkosKirim.
  • Plugin Chatbot – Tentu toko online Anda tak akan lengkap tanpa adanya fitur customer service. Solusinya, Anda bisa memasang chatbot. Beberapa contoh plugin terbaik untuk memasang chatbot adalah ChatBot for WordPress atau Chatbot.

Bagaimana? Banyak juga kan fitur yang bisa ditambahkan ke toko online Anda? 

Tapi, bagi Anda yang masih baru pertama kali membuat toko online, mungkin Anda masih bingung harus menginstal plugin yang mana terlebih dulu.

Untungnya, jika Anda berlangganan paket Toko Online di layanan Simple WordPress Niagahoster, website Anda akan secara otomatis dipasangkan berbagai plugin yang dapat menambahkan berbagai fitur menarik, seperti:

  • Live chat – Calon konsumen bisa lebih mudah menghubungi Anda jika mereka tertarik untuk membeli.
  • Perhitungan ongkos kirim otomatis – Tak perlu repot-repot menghitung ongkir sendiri, karena fitur ini dapat membantu Anda menghitung ongkir dari berbagai ekspedisi, seperti JNE, Sicepat, Wahana, dan lain-lain.
  • Pengaturan diskon – Ingin menarik lebih banyak pelanggan? Anda bisa memasang diskon khusus pada produk atau layanan tertentu menggunakan fitur ini.

Selain fitur dan plugin yang dituliskan di atas, masih banyak lagi plugin yang bisa Anda gunakan di luar sana. Mulai dari plugin untuk mempercantik tampilan toko hingga plugin yang dapat memberikan fitur alih bahasa.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang fitur-fitur yang wajib dimiliki oleh toko online, Anda bisa mengunduh ebook gratis di bawah ini:

banner ebook fitur toko online

3. Banyak Pilihan Tema untuk Mempercantik Desain Toko

Selain plugin, hal lain yang membuat orang-orang tertarik untuk membangun toko online di WordPress adalah pilihan tema yang tak terbatas.

Buktinya, jika Anda masuk ke direktori tema WordPress, Anda bisa menemukan ratusan tema gratis untuk website ecommerce. 

memnangun toko online dengan pilihan tema di direktori tema wordpress

Dengan banyaknya pilihan, manakah tema terbaik untuk toko online Anda? Apapun pilihannya, pastikan tema yang Anda pilih sesuai dengan style dan kebutuhan bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga mesti memperhatikan faktor-faktor berikut saat memilih tema:

  • Fitur – Pastikan tema yang Anda pilih punya fitur yang Anda butuhkan. Contohnya, jika Anda ingin melakukan pengaturan tampilan secara lebih mudah, Anda bisa menginstal tema yang menyediakan fitur drag-and-drop.
  • Responsif – Saat ini, jumlah pengguna perangkat mobile semakin banyak. Nah, Agar toko Anda tetap terlihat bagus saat diakses perangkat mobile, pastikan tema yang Anda pilih adalah tema yang responsif.
  • Ramah SEO (Search Engine Optimization) – Tema yang ramah SEO (SEO-friendly) akan membantu toko Anda meraih peringkat tinggi di halaman pencarian Google. Sehingga, jumlah pengunjung toko Anda pasti akan semakin meningkat. 
  • Biaya – Terakhir, perhatikan harga tema-nya. Meskipun di luar sana ada banyak tema gratis, tapi seringkali fiturnya terbatas. Jadi, jika Anda ingin menikmati fitur premium, pastikan tema yang Anda gunakan sesuai dengan budget bisnis Anda.

Baca juga: Berapa Biaya untuk Membangun Toko Online? Murah Kok! Ini Buktinya..

Lalu, tema apa saja sih yang populer di kalangan pemilik toko online? Anda bisa mengecek artikel kami yang membahas tentang 5+ tema WooCommerce terbaik.

Nah, walaupun Anda sudah menemukan tema yang tepat, mungkin Anda masih bingung tampilan dan konten toko online yang bagus seperti apa. Itulah mengapa kami menyiapkan ebook gratis yang berisi template konten website untuk toko online.

Yuk klik banner di bawah untuk mengunduhnya!

banner ebook template konten website

4. Mudah untuk Dikelola

Nah, untuk membantu Anda dalam mengelola website, kami menyediakan fitur Dashboard khusus bagi para pengguna Simple WordPress. Jadi, Anda bisa mengelola website dari satu tempat saja!

Dalam dashboard Simple WordPress, ada lima menu yang bisa Anda pilih, yaitu: Overview, Features, Analytics, Backups, dan Knowledge Base:

pilihan menu di dashboard simple wordpress niagahoster

Mari kita bahas satu per satu!

menu overview di dashboard simple wordpress

Di menu ini, Anda bisa mengecek informasi dasar website Anda. Mulai dari versi WordPress, kapasitas SSD, hingga sisa ruang di SSD-nya.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa berbagai informasi lain seperti nama website, domain, paket hosting yang Anda gunakan, hingga kapan hostingnya jatuh tempo.

Dan tak lupa, di kotak Overview, Anda bisa mengklik tombol WordPress Admin untuk bisa langsung login ke panel admin website Anda.

menu features di dashboard simple wordpress

Di menu Features, Anda bisa mengecek list website yang Anda install. Anda juga dapat melihat apakah websitenya sedang aktif atau tidak.

Hal lain yang bisa Anda lakukan di menu Features adalah instal ulang WordPress dan staging WordPress. Fitur ini penting, khususnya jika Anda sedang melakukan pengetesan saat proses kustomisasi website.

contoh menu analytics di dashboard simple wordpress

Ingin tahu berapa jumlah pengunjung toko online Anda hari ini? Gampang, Anda hanya perlu mengakses menu Analytics.

Di sini, Anda bisa melihat berbagai metrik seperti jumlah kunjungan (Total Visits), jumlah pengunjung (Unique Visitors), dan juga jumlah halaman yang dibuka (Pages Opened).

Selain itu, Anda juga bisa melihat berbagai halaman di website Anda yang paling banyak mendapat kunjungan. Canggih banget, kan?

menu backups di dashboard simple wordpress

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda perlu rutin melakukan backup data website. Jadi, jika sewaktu-waktu website Anda mengalami error, Anda bisa langsung restore tanpa perlu khawatir kehilangan datanya.

Untungnya, sekarang Anda tak perlu repot-repot masuk ke cPanel untuk melakukan backup website. Karena Anda bisa langsung melakukannya di menu Backups. Cukup ketikkan nama file backup-nya, lalu klik tombol Buat Backup.

Selain itu, di bagian bawah, Anda akan melihat daftar backup yang sudah Anda buat. Jadi, Anda tinggal memilih data mana yang ingin Anda restore.

Apabila Anda masih awam dalam mengelola website WordPress, tentunya masih banyak hal yang perlu Anda pelajari.

Oleh karena itu, dashboard Simple WordPress juga menyediakan menu Knowledge Base. Di dalamnya, Anda bisa mengakses berbagai artikel yang dapat menjelaskan berbagai langkah dalam pengelolaan website.

Baca Juga: Web Hosting vs Simple WordPress Hosting: Manakah yang Tepat untuk Anda?

5. Performa Toko Online yang Andal

Tentunya kemudahan untuk membuat dan mengelola toko online saja tidak cukup. Anda juga perlu memastikan bahwa toko Anda punya performa yang kencang dan stabil.

Karena, apalah artinya toko online yang menarik jika pengunjungnya kesulitan saat mengaksesnya? Lebih bahaya lagi jika mereka merasa tidak aman untuk bertransaksi di dalamnya.

Untungnya, Anda tak perlu khawatir, sebab toko online yang dibangun dengan layanan Simple WordPress Niagahoster dapat merasakan manfaat-manfaat berikut:

  • Durasi loading yang singkat – Toko online Anda akan didukung LiteSpeed web server, yaitu web server tercepat di dunia. Jadi, durasi loadingnya akan menjadi lebih cepat!
  • Punya keamanan berlapis – Kami akan melindungi toko online Anda dengan fitur-fitur keamanan terbaru seperti Imunify360 dan proteksi DDoS. Selain itu, Anda juga dapat menikmati fitur backup harian untuk menghindari risiko kehilangan data.
  • Online 24 jam – Niagahoster punya uptime rate di atas 99.9%. Artinya, toko online Anda bisa online selama 24 jam, non-stop.

Baca juga: Apa Itu Simple WordPress Hosting? 9+ Keunggulan yang Anda Butuhkan!

5 Contoh Toko Online Berkelas yang Menggunakan WordPress

Setelah melihat seluruh manfaat yang ditawarkan WordPress untuk toko online, mungkin Anda masih bertanya-tanya: Apakah Anda benar-benar bisa membangun toko online yang menarik di WordPress?

Jawabannya akan Anda temukan di bawah ini, karena kita akan melihat beberapa toko online sukses yang menggunakan WordPress. Mari kita lihat satu per satu!

1. Uwitan

Uwitan adalah bisnis furniture yang berdiri sejak tahun 2015. Hingga saat ini, bisnis ini bisa terus bertahan dan berkembang karena mereka mampu memanfaatkan potensi pasar digital. 

Ada banyak saluran pemasaran online yang digunakan oleh Uwitan. Mulai dari Facebook, Twitter, Google Bisnisku, hingga website.

Nah, di antara channel tersebut, salah satu yang paling mereka andalkan adalah website

halaman utama uwitan

Karena, selain memasarkan dan menjual produknya di sana, Uwitan juga menjadikan websitenya sebagai platform untuk branding. Di halaman utamanya, Anda bisa langsung melihat katalog produk serta berbagai promo yang mereka tawarkan.

Satu hal lagi yang patut menjadi perhatian di website Uwitan adalah Blog. Di dalamnya, mereka menampilkan artikel-artikel menarik. Mulai dari tips memilih furniture yang tepat, hingga rekomendasi furniture yang cocok untuk calon pembeli.

Ini adalah cara yang bagus untuk menarik pengunjung ke toko online. Sebab, dengan mengisi toko Anda dengan konten-konten berkualitas, tentu toko Anda akan jadi semakin menarik untuk dikunjungi, kan? 

Lalu, apa saja plugin dan tema yang digunakan website Uwitan?

Untuk temanya, mereka menggunakan AdoraID WP. Sedangkan beberapa plugin yang mereka gunakan di antaranya adalah Contact Form 7 dan MailChimp for WooCommerce untuk menjaring calon pembeli dan Easy Table of Contents untuk melengkapi konten blog.

Baca juga: Uwitan: Bisnis Furniture yang Sukses Besar dengan Go Digital

2. Lugz

Lugz adalah brand sepatu yang sudah berdiri sejak tahun 1993. Walaupun sudah cukup berumur, tapi Lugz berhasil menghadapi perkembangan zaman.

Rahasianya? Mereka menawarkan sepatu yang tidak hanya trendy, tapi juga otentik. Selain itu, lini produk yang ditawarkan Lugz pun cukup luas. Mulai dari sepatu orang dewasa dan anak-anak, hingga jaket dan celana.

Tapi, kesuksesan produk juga tentu dipengaruhi oleh platform pemasarannya. Itulah mengapa Lugz memanfaatkan website sebagai channel pemasaran utama.

halaman utama lugz

Jika Anda berkunjung ke website Lugz, Anda akan menemukan berbagai fitur menarik di dalamnya. Tentunya hal ini bisa mereka lakukan karena website toko online Lugz berbasis WordPress.

Contohnya, mereka menggunakan plugin Zonos Checkout yang dapat mempermudah pelanggan internasional untuk melakukan pembelian. Karena pembeli akan mendapat estimasi ongkos kirimnya secara langsung.

Selain itu, mereka juga menggunakan plugin Cool Timeline Pro untuk menampilkan timeline bisnis mereka di halaman About Us. Jadi, calon konsumen bisa melihat perjalanan bisnis Lugz dari awal berdiri hingga saat ini.

contoh membangun toko online dengan timeline bisnis

Salah satu hal penting yang bisa dipelajari dari website Lugz adalah: Pastikan plugin yang Anda gunakan sesuai dengan tujuan bisnis Anda

3. Toko Indonesia

Walaupun namanya terdengar Indonesia banget. Tapi sebetulnya bisnis ini berbasis di Hertfordshire, Inggris. Mayoritas produk yang mereka jual adalah produk-produk yang berasal dari Indonesia. Mulai dari kopi, bumbu dapur, hingga mie instan.

Karena Toko Indonesia hanya melayani pembelian via online, mereka menjadikan website sebagai platform utama untuk menjajakan produknya. 

produk toko indonesia

Ada beberapa fitur menarik yang digunakan website Toko Indonesia. Contohnya seperti WooCommerce Product Search

Jadi, fitur tersebut merupakan salah satu fitur premium WooCommerce. Fungsinya agar kolom pencarian menampilkan hasil yang lebih akurat dan relevan. Selain itu, ada fungsi autocomplete yang akan muncul saat pengunjung melakukan pencarian:

woocommerce product search toko indonesia

Toko Indonesia juga menggunakan plugin Yoast SEO agar peringkat websitenya di halaman pencarian Google menjadi lebih tinggi. Hasilnya? Fantastis. Karena website mereka berhasil meraih peringkat ketiga untuk keyword “toko indonesia”.

hasil pencarian google toko indonesia

Baca juga: Cara Setting Yoast SEO Terbaru

4. Kawaii Box

Kawaii Box adalah bisnis dengan misi yang sangat unik, yaitu: Ingin menyebarkan budaya kawaii ke seluruh dunia. Kawaii sendiri artinya “imut” dalam bahasa Jepang.

Jadi, tak heran jika segala hal tentang Kawaii Box terlihat imut. Mulai dari produknya, style bisnisnya, hingga tampilan websitenya.

halaman utama kawaii box

Apakah keunikan Kawaii Box hanya sebatas itu saja? Ternyata tidak, karena model bisnisnya pun unik. Jadi mereka tidak menjual produknya secara satuan, tapi mereka menjual paket berlangganan. Nantinya, pelanggan akan menerima paket produk yang dikirim secara bulanan.

Salah satu cara yang digunakan Kawaii Box untuk menjaring pelanggan adalah dengan menggunakan program afiliasi. Itulah mengapa mereka memasang plugin AffiliateWP, yaitu plugin yang dapat menambahkan fitur-fitur afiliasi, seperti affiliate tracking untuk melacak link afiliasi dan referral link generator untuk membuat link afiliasi.

Selain itu, untuk mempermudah proses transaksi, Kawaii Box juga memanfaatkan salah satu fitur gratis yang ditawarkan WooCommerce, yaitu BrainTree for WooCommerce. Dengan fitur ini, Kawaii Box bisa menerima pembayaran via kartu kredit dan PayPal.

Baca juga: 9+ Rekomendasi WooCommerce Payment Gateway Terbaik

5. Bukune.com

Bukune adalah penerbit buku yang berdiri sejak tahun 2007. Sudah cukup banyak penulis ternama yang buku-bukunya diterbitkan di sini. Sebut saja Raditya Dika, Risa Saraswati, dan Faza Meonk.

Untuk mengikuti perkembangan zaman, Bukune pun turut menjual buku-bukunya via internet. Ada berbagai saluran pemasaran online mereka yang gunakan, dan salah satunya adalah website.

Tapi membuat website saja tentu tidak cukup, kan? Mereka juga harus memastikan bahwa websitenya mampu menarik banyak pembeli.

Itulah mengapa Bukune mengoptimasi websitenya untuk para pengguna mobile. Sebab, saat ini semakin banyak pembeli yang menggunakan perangkat mobile.

Salah satu cara yang mereka lakukan adalah memasang plugin ShiftNav, Dengan plugin ini, Bukune bisa memasang menu website yang lebih nyaman saat diakses dari perangkat mobile.

contoh membangun toko online dengan menu yang cocok untuk perangkat mobile

Selain itu, untuk menjaring lebih banyak pembeli, mereka juga memasang pop-up yang mengarahkan pengunjungnya ke toko online Bukune di Shopee

contoh membangun toko online dengan pop up website

Bagaimana cara mereka memasang pop-up? Jadi, mereka menggunakan plugin Hustle, yaitu plugin pop-up yang bisa digunakan untuk banyak hal. Mulai dari menambah pelanggan email hingga menarik calon pembeli.

Baca juga: Cara Membuat Popup di WordPress, Cukup 5 Menit Saja!

Bangun Toko Online Terbaik dengan Layanan Simple WordPress Niagahoster!

Banyak sekali kan manfaat yang bisa Anda dapat dengan membangun toko online di Simple WordPress Hosting Niagahoster?

Tapi, bagaimana dengan harganya? Apakah cukup terjangkau untuk orang-orang yang baru memulai toko online?

Pastinya! Karena Anda bisa memilih paket mulai dari Rp32.100 per bulan hingga Rp109.900 per bulan. 

Setiap paketnya pun disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Contohnya jika jumlah pengunjung Anda di bawah 135 ribu per bulan, Anda bisa memilih paket Company Profile. Sedangkan jika pengunjung Anda sudah mencapai 400 ribu pengunjung per bulan, Anda bisa memilih paket Toko Online.

list harga paket simple wordpress

Jika dibandingkan dengan layanan premium WordPress.com seharga Rp298 ribu per bulan, penawaran ini jelas lebih terjangkau.

Lalu bagaimana jika ada masalah dan Anda butuh bantuan terkait websitenya? Tenang, karena tim CS Niagahoster siap melayani Anda 24/7 via live chat, telpon, dan email. 

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk klik tombol di bawah untuk membangun toko online terbaik di Niagahoster!

Ridandi Bintang Pamungkas Bintang is an avid learner with years of experience in Marketing and Business Management subjects. Aside from writing, Bintang loves reading books and collecting movies.