5 Strategi Membangun Kepercayaan Konsumen dengan Website

Kunci dari kesuksesan bisnis adalah kepercayaan konsumen. Tanpa kepercayaan konsumen, sebuah bisnis akan sulit berkembang. Apalagi memasuki era digital, pelaku bisnis kini memiliki tantangan untuk membangun kepercayaan konsumen di dunia maya.

Salah satu platform terbaik untuk membangun kepercayaan konsumen online adalah website. Artikel ini akan memandu Anda bagaimana mengelola website yang baik agar bisa membangun kepercayaan konsumen. Berikut adalah lima strategi membangun kepercayaan konsumen menggunakan website:

Cara Membangun Kepercayaan Konsumen dengan Website

1. Gunakan Nama Domain Profesional

Nama domain adalah hal pertama yang konsumen temukan di hasil pencarian sebelum menuju website Anda. Oleh karena itu, Anda harus bisa memberikan kesan pertama yang baik melalui nama domain. Nama domain yang profesional akan meningkatkan kepercayaan konsumen untuk membuka website Anda.

Nama domain seperti apa yang bisa dianggap sebagai profesional? Pertama, nama domain harus singkat, tetapi tetap bisa menggambarkan bisnis Anda. Kedua, hindari tanda hubung dan angka. Tanda hubung dan angka akan membuat konsumen kesulitan mengeja nama domain Anda. Ketiga, hindari ejaan tidak wajar. Ejaan tidak hanya akan menyulitkan konsumen dalam mengingat nama domain Anda.

Memilih nama domain bisa menjadi tantangan tersendiri, terutama jika Anda ingin menggunakan ekstensi domain .COM atau .CO.ID. Bisa jadi nama domain yang Anda inginkan sudah diambil orang lain. Kabar baiknya, Anda punya berbagai macam pilihan ekstensi domain yang kualitasnya sama dengan .COM dan .CO.ID. Beberapa ekstensi domain yang bisa Anda pilih adalah .TECH, .STORE, .ONLINE, .SPACE, .SITE, .WEBSITE, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 5 Tips Memilih Nama Domain Unik dan Menarik untuk UKM

2. Buat Desain Website Responsif

Website sama fungsinya dengan toko fisik di dunia nyata yakni menjadi tempat konsumen melihat produk, memilih produk, konsultasi dengan penjual, hingga melakukan transaksi pembelian. Jika desain website Anda berantakan, konsumen akan meragukan website toko online Anda dan meninggalkannya.

Jadi Anda harus membuat desain website yang rapi, teratur, dan mudah digunakan sehingga konsumen tidak ragu untuk berbelanja di website toko online Anda. Usahakan untuk membuat desain seminimalis mungkin. Tampilkan informasi yang benar-benar penting dan perlu diketahui konsumen di tempat-tempat strategis. Selain itu, pastikan website Anda loading dengan cepat.

Download Ebook Gratis: 20+ Tips Membuat WordPress Super Cepat

3. Berikan Layanan Customer Service Terbaik

Di toko fisik konsumen bisa langsung berbicara dengan penjaga toko jika ingin melakukan pembelian atau sekadar bertanya. Anda pun bisa memungkinkan konsumen untuk berbicara dengan “penjaga toko” di toko online, yaitu dengan menyediakan layanan customer service.

Sediakan berbagai cara bagi konsumen untuk menghubungi customer service, dari email, telepon, live chat, hingga WhatsApp. Semakin mudah konsumen menghubungi customer service, semakin tinggi kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda.

Baca juga: Cara Membuat Live Chat di WordPress

4. Tampilkan Testimoni

Review konsumen memainkan peran penting dalam membangun kepercayaan konsumen di dunia maya. Review konsumen berupa testimoni dan rating membantu meningkatkan kepercayaan konsumen ketika membeli sebuah produk.

Sebagai pemilik bisnis, Anda bisa saja mengatakan semua hal yang baik-baik tentang produk atau layanan Anda. Namun, konsumen ingin melihat pendapat dari sesama konsumen untuk mendapatkan penilaian yang objektif.

Anda bisa memenuhi permintaan konsumen tersebut dengan menampilkan testimoni konsumen di halaman depan website. Masalahnya adalah terkadang konsumen enggan memberikan penilaian dan review produk. Untuk mendorong konsumen memberikan penilaian dan review, Anda bisa menyediakan insentif, bonus, atau diskon bagi mereka yang memberikan penilaian dan review.

5. Buat Konten Bermanfaat

Blog adalah salah satu cara untuk tetap terhubung dengan konsumen Anda. Melalui blog Anda bisa membagikan konten-konten bermanfaat untuk konsumen. Dengan menerbitkan konten-konten yang berkualitas dan bermanfaat secara konsisten, Anda secara tidak langsung sedang membangun kepercayaan konsumen. Konten tersebut berguna untuk menunjukkan bahwa Anda adalah ahli di satu bidang industri yang Anda geluti.

Baca juga: Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kesimpulan

Anda tidak bisa membuat website sembarangan dan berharap konsumen akan menaruh kepercayaan kepada website bisnis tersebut. Diperlukan berbagai strategi agar website Anda bisa meyakinkan konsumen bahwa mereka sudah datang ke tempat yang tepat dan aman untuk melakukan transaksi pembelian. Diharapkan lima strategi di atas dapat membantu Anda meningkatkan kepercayaan konsumen di website bisnis Anda. Selamat mencoba!

Ilham Mubarok

Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Share
Published by
Ilham Mubarok

Recent Posts

9+ Tips Brand Marketing dari Pakar Brand untuk Bisnis Anda

Anda butuh tips branding untuk bisnis? Membangun identitas brand merupakan strategi bisnis yang wajib dilakukan. Pasalnya, branding yang kuat akan…

2 hours ago

Ingin Punya Email Bisnis Profesional? Email Hosting Solusinya!

Bagi sebagian orang, email dianggap sebagai teknologi kuno. Di saat hampir semua orang berkomunikasi via chat, apakah penggunaan email masih…

14 hours ago

9+ Inpirasi Desain Header Website Terbaik 2020

Header merupakan salah satu bagian terpenting dalam website. Sebab, header adalah hal pertama yang pengunjung lihat saat membuka sebuah website.…

2 days ago

Modal Promosi Dapat Komisi 70%? Cuma di Program Afiliasi Niagahoster! Ini Buktinya..

Apakah Anda sedang mencari cara mencari uang di internet yang paling mudah dan menguntungkan? Jika iya, gabung di program afiliasi…

3 days ago

Jelang Black Friday 2020, Apa Saja yang Harus Dipersiapkan?

Black Friday 2020 akan segera tiba. Event belanja tahunan ini, selalu menawarkan diskon menarik. Anda tentu tak ingin ketinggalan, kan?…

4 days ago

Harbolnas: Momen Bisnismu Menutup 2020 dengan Mengesankan!

Tidak disangka ternyata Desember sebentar lagi. Dan waktunya Harbolnas tiba! Angin segar bagi bisnis online Anda, karena event belanja online…

5 days ago