Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Memasang Peringatan Konten di WordPress

1 min read

Cara Membuat Konten Peringatan

Jika website Anda memiliki konten khusus untuk usia tertentu, ada baiknya Anda membuat peringatan konten untuk visitor yang mengakses konten Anda. Filter ini sifatnya peringatan, misalnya konten hanya dapat dilihat oleh pengunjung berusia 18 ke atas.

peringatan konten wordpress

Nah, jika Anda menggunakan WordPress, Anda bisa memanfaatkan plugin untuk membuat peringatan konten.

Lalu, bagaimana caranya? Di artikel ini kami akan menjelaskan tutorial cara membuat peringatan menggunakan plugin. Yuk simak pembahasannya.

Langkah Membuat Peringatan Konten di WordPress dengan Mudah

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda coba untuk membuat peringatan menggunakan plugin Content Warning.

1. Login ke Dashboard WordPress

Langkah pertama, login terlebih dulu ke dashboar admin WordPress menggunakan username dan passwor Anda.

Login ke Dashboard WordPress

2. Instal Plugin Content Warning

Setelah login, klik Menu Plugin > Add New. Lalu, cari plugin Content Warning di kolom pencarian. Klik Install Now> Activate.

peringatan konten

3. Aktifkan Peringatan Konten

Setelah berhasil menginstal plugin, aktifkan beberapa pengaturan peringatan berikut ini. Klik Menu Settings > CWV2 Options.

plugin peringatan konten

General Settings

peringatan website

Pada bagian General Settings Anda dapat melakukan pengaturan untuk menampilkan pop up peringatan konten pada kategori, halaman, dan masa aktif cookie dari pop up yang ditampilkan dalam hitungan hari.

Baca juga: Apa Itu Content Marketing?

4. Lakukan Pengaturan Tampilan

Langkah selanjutnya adalah melakukan pengaturan guna menampilkan peringatan ketika website Anda diakses.

Dialog Settings

peringatan usia

Pada bagian ini Anda dapat melakukan pengaturan untuk dialog pada pop up ketika website Anda diakses.

  • Dialog Title berisi judul dan 
  • Dialog Message berisi penjelasan singkat mengenai peringatan konten pada website Anda.
  • Add Media untuk menambahkan gambar
tombol popup

Terdapat dua pengaturan tombol: tombol keluar dan tombol persetujuan untuk mengakses konten. Tombol keluar dapat diisi dengan URL tujuan yang Anda inginkan. Jika Anda kosongkan, secara otomatis Anda akan diarahkan ke Google.

verifikasi usia wordpress

Selanjutnya, pada bagian Background Image, Anda dapat menambahkan gambar untuk menutupi konten. Sesuaikan ukurannya dengan ukuran di website Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengatur opacity background mulai dari 0-1.

Jika sudah selesai, silakan simpan perubahan dengan menekan tombol Save Changes.

Untuk melakukan pengecekan, silakan akses website Anda melalui private browser. Anda juga dapat menggunakan mode incognito melalui Google Chrome.

Segera Buat Peringatan Konten di Website Anda!

Menambahkan peringatan konten pada website dengan CMS WordPress tidaklah sulit dilakukan. Anda hanya memerlukan waktu cukup singkat menggunakan plugin Content Warning.

Oya, jika Anda ingin mengelola website WordPress dengan benar, kami sudah merangkum informasi lengkapnya dalam bentuk ebook gratis.

Apabila Anda memiliki cara lain untuk menampilkan peringatan konten pada website, jangan ragu untuk membagikannya melalui kolom komentar. Klik Subscribe sekarang untuk mendapatkan artikel menarik lain langsung di inbox email Anda. 🙂

Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *