Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Apa Itu Marketing Mix: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Penerapannya

6 min read

strategi marketing yang ampuh tingkatkan penjualan

Saat ini, bauran pemasaran atau marketing mix adalah salah satu strategi marketing yang paling efektif untuk menarik perhatian calon konsumen. Dengan memahami konsep marketing mix, Anda bisa membangun brand top-of-mind yang selalu menjadi pilihan bagi pasar yang Anda targetkan.

Di artikel ini, kami mengajak Anda mengenal apa itu marketing mix, fungsi dan manfaatnya, bagaimana konsep marketing mix, sampai contoh marketing mix yang bisa Anda tiru.

Sebelum melangkah lebih jauh, yuk bahas pengertian marketing mix terlebih dahulu! 

Apa itu Marketing Mix? 

Marketing mix adalah kombinasi dari elemen-elemen pemasaran untuk bisa mengonversi calon konsumen secara lebih efektif dan tepat sasaran.

Konsep marketing mix terdiri dari empat elemen utama, yaitu product (produk), price (harga), promotion (promosi), dan place (distribusi). Seluruh elemen marketing mix yang disebut 4P ini saling berkaitan, dan jika digabungkan akan menciptakan strategi pemasaran yang efektif.

Nah, tujuan menggunakan strategi marketing mix adalah untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Dengan berfokus pada elemen 4P dalam pemasaran, pelaku bisnis juga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan lebih baik.  

Misalnya, perusahaan dapat mengembangkan produk berkualitas tinggi dengan harga yang bersaing, lalu mempromosikan produk tersebut dengan cara yang menarik dan efektif, serta mendistribusikannya melalui saluran yang tepat.

Dengan melakukan penyesuaian dan pengoptimalan pada masing-masing elemen, sebuah brand bisa meningkatkan kemampuan bersaing dan memenangkan kepercayaan konsumen.

Konsep Marketing Mix

Saat ini konsep bauran pemasaran tidak hanya terdiri dari elemen marketing mix 4P yang dibentuk oleh E. Jerome McCarthy pada tahun 1960. 

Kini, konsepnya telah berkembang dan dikenal dengan marketing mix 7P. Elemen pemasaran 7P adalah konsep marketing mix yang sudah dimodifikasi sesuai perubahan zaman. Elemen tambahan di konsep ini adalah people, physical evidence, dan process.

1. Product

elemen marketing mix produk

Produk merujuk pada barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Elemen ini dapat juga diartikan sebagai apa saja yang diproduksi untuk memenuhi kebutuhan orang, bisa dalam bentuk jasa, barang, atau produk virtual. 

Di era digital ini produk tidak terbatas pada produk fisik atau jasa. Anda juga bisa menciptakan produk virtual seperti website, aplikasi, dan semacamnya.  

Yang perlu diingat, ketika menciptakan produk adalah Anda harus memproduksi produk yang sesuai dengan target pasar. Karena itulah Anda perlu melakukan riset produk untuk menemukan apa yang dibutuhkan pasar dan solusi apa yang bisa Anda tawarkan.

2. Price

salah satu elemen marketing mix adalah menentukan harga jual produk

Elemen berikutnya dalam marketing mix adalah price atau harga, yaitu jumlah uang yang dibebankan kepada konsumen dalam pertukaran produk atau layanan. 

Harga yang terlalu rendah bisa membahayakan keberlangsungan bisnis. Di sisi lain, harga yang terlalu tinggi juga akan menyurutkan minat pembeli. Jadi, Anda perlu menentukan harga jual yang tepat di mana konsumen tidak merasa keberatan dan bisnis Anda tetap bisa berjalan. 

Dalam ilmu ekonomi terdapat istilah Break Even Price, yaitu harga terkecil yang bisa dipasang pada produk agar bisnis tidak merugi. Untuk mendapatkan nilai break even price ada rumus tersendiri, yaitu:

Break Even Price = (Total Fixed Cost/Production Volume) + Variable Cost Per Unit

Keterangan lebih lengkapnya:

  • Total Fixed Cost. Biaya keseluruhan pembuatan produk, termasuk di dalamnya ongkos material, ongkos tenaga, dan lain-lain
  • Production Volume. Jumlah keseluruhan produk yang dibuat
  • Variable Cost Per Unit. Biaya pembuatan satu buah produk

3. Place

salah satu elemen marketing mix 7P adalah place

Place atau tempat adalah lokasi fisik tempat berjalannya bisnis atau kanal distribusi untuk mencapai calon konsumen yang ditargetkan. Sebuah bisnis memerlukan lokasi penjualan yang ideal untuk bisa menjangkau target pasar dengan mudah.

Elemen distribusi melibatkan strategi dan taktik yang digunakan untuk memastikan produk atau jasa mencapai konsumen dengan cara yang tepat dan efisien. Unsur marketing mix yang satu ini mencakup kantor pusat, gudang, pabrik, toko fisik, kantor cabang, hingga toko cabang.  

Tak terbatas hanya pada lokasi fisik, kini Anda pun perlu mempertimbangkan internet sebagai tempat berjualan. Tempat untuk menjual produk semakin beragam, dari media sosial, marketplace, hingga website toko online.

Setiap platform berjualan di internet punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Misalnya, marketplace memungkinkan Anda untuk menjangkau konsumen lebih banyak. Namun, ada banyak peraturan yang harus Anda patuhi dan adanya konsep bagi profit antara penjual dan pihak marketplace.

Berbeda dengan website toko online, Anda tidak terikat regulasi apa pun karena Anda mengelola dan membuat toko online secara mandiri. Jadi, keuntungan pun semuanya masuk ke kantong Anda.

4. Promotion

promosi menjadi salah satu unsur dalam konsep marketing mix

Promotion atau promosi adalah segala upaya untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan produk. Promosi penjualan melibatkan aktivitas untuk memperkenalkan dan mengkomunikasikan produk atau layanan kepada konsumen. 

Anda dapat melakukan promosi menggunakan berbagai macam media, dari website, media sosial, surat kabar, radio, televisi, digital ads, media online, video online, hingga podcast.

Di era digital ini, mau tidak mau, Anda harus bisa menjangkau calon konsumen melalui ranah dunia maya. Baik itu melalui media sosial, trafik organik, digital ads, content marketing, ataupun video marketing.

5. Physical Evidence

bukti fisik sebagai salah satu elemen bauran pemasaran

Physical evidence atau bukti fisik bisa berwujud dalam bentuk logo, brosur, souvenir, akses untuk menghubungi customer service, seragam karyawan, event, sampai website resmi.

Seringkali konsumen memerlukan bukti fisik agar semakin yakin untuk memutuskan membeli produk Anda atau tidak. Sebagai contoh, Niagahoster adalah perusahaan yang menyediakan layanan hosting dan domain murah di Indonesia.

Tentunya, Niagahoster tidak bisa memberikan produk fisik kepada pelanggan. Meski begitu, Niagahoster tetap menyediakan physical evidence untuk konsumennya seperti merchandise, akses customer service, kerjasama event, dan masih banyak lagi.

6. People

People dalam konsep marketing mix adalah seluruh orang yang terlibat dalam bisnis

People yang dimaksud dalam konsep marketing mix adalah seluruh orang yang terlibat dalam mengembangkan bisnis. Sumber daya manusia (SDM) merupakan aset terpenting dalam bisnis Anda. Salah dalam memilih SDM bisa berakibat fatal pada bisnis Anda.

Dapat Anda lihat pada infografik 10 Top Startup Mistakes, rekrutmen yang buruk adalah faktor kedua terbesar dalam kegagalan sebuah perusahaan rintisan. Jadi Anda tidak bisa menganggap rekrutmen sebagai proses sepele.

7. Process

Elemen terakhir dalam bauran pemasaran adalah process

Elemen terakhir dalam bauran pemasaran adalah process, yaitu prosedur, mekanisme, atau alur yang perlu dilakukan konsumen untuk menggunakan layanan Anda. Mudahnya, proses adalah pengalaman konsumen dari awal mengetahui produk Anda sampai ia melakukan pembelian.

Hal terpenting dalam salah satu elemen dalam konsep marketing mix 7P adalah konsistensi produk atau layanan. Apa yang Anda iklankan harus konsisten dengan apa yang didapatkan oleh konsumen. Sebab, inkonsistensi akan merusak pengalaman konsumen dan akan membuat konsumen tidak mau menggunakan produk atau jasa Anda lagi.

Fungsi Marketing Mix untuk Bisnis Anda

fungsi marketing mix

Setelah memahami pengertian marketing mix, kini saatnya Anda mengetahui berbagai fungsi penerapan sistem pemasaran yang satu ini. Memang, fungsi utama marketing mix adalah untuk menarik perhatian target konsumen dan mendorong pembelian. 

Namun, ada banyak fungsi marketing mix lainnya yang perlu Anda ketahui, seperti:

  • Mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen.
  • Mengembangkan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.
  • Menentukan harga yang tepat untuk produk atau layanan.
  • Mempromosikan produk atau layanan kepada target konsumen.
  • Menciptakan saluran distribusi yang efektif.
  • Menyediakan informasi kepada konsumen tentang produk atau layanan.
  • Meningkatkan kesadaran merek dan citra perusahaan. 
  • Meningkatkan penjualan dan pangsa pasar.

Manfaat Marketing Mix

Melihat banyaknya fungsi bauran pemasaran di atas, sudah pasti penerapan strategi memasarkan produk dengan konsep ini membawa banyak keuntungan juga.

Berbagai manfaat penerapan strategi marketing mix meliputi:

  • Memungkinkan perusahaan untuk mengelola secara terpadu dan terkoordinasi elemen-elemen pemasaran.
  • Memungkinkan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan lebih baik.
  • Membantu perusahaan dalam mengembangkan produk atau layanan yang relevan dan menarik bagi konsumen.
  • Memungkinkan perusahaan untuk menentukan harga yang kompetitif dan menguntungkan.
  • Membantu perusahaan dalam merencanakan dan melaksanakan strategi pemasaran yang ampuh.

Contoh Penerapan Marketing Mix yang Bisa Anda Tiru

Memahami bauran pemasaran tanpa mengetahui contohnya itu seperti belajar apa saja bahan dari sebuah masakan tapi tidak tahu pasti bagaimana cara membuatnya.
Itulah mengapa, kami akan membahas contoh marketing mix dari brand fiktif bernama Niaga Shoes agar Anda mendapat gambaran konsepnya.

1. Menentukan Produk yang Dibutuhkan Banyak Orang (Product)

PT Niaga Shoes telah melakukan riset pasar dan menemukan fakta-fakta di bawah ini:

  • Apa masalah yang dihadapi konsumen? Orang Indonesia kekurangan pilihan sepatu lari lokal. Kebanyakan sepatu lari didominasi oleh merek luar negeri dan harganya relatif mahal.
  • Solusi apa yang bisa Anda tawarkan? PT Niaga Shoes bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan menghadirkan sepatu lari lokal dengan harga yang lebih murah tanpa menurunkan kualitas.
  • Bagaimana konsumen akan menggunakan produk Anda? Cara penggunaannya sama dengan sepatu biasa.
  • Apa keunikan dari produk yang ditawarkan? Keunikan sepatu Niaga Shoes adalah bahannya yang berkualitas tinggi, tapi bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Sepatu lari ini juga tahan lama.

2. Menetapkan Harga Produk (Price)

PT Niaga Shoes adalah perusahaan yang memproduksi sepatu. Biaya keseluruhan (Total Fixed Cost) untuk membuat sepatu adalah Rp3.750.000.000,00. 

Niaga Shoes akan memproduksi 50.000 pasang sepatu (Production Volume). Biaya produksi per unit produk adalah Rp49.000,00. 

Break Even Price Niaga Shoes: (3.750.000.000/50.000) + 49.000

Menggunakan rumus di atas, break even price yang didapatkan untuk PT Niaga Shoes adalah Rp124.000. 

3. Menentukan Tempat Berjualan (Place)

Untuk memudahkan konsumen berbelanja, Niaga Shoes memutuskan untuk menjual produknya secara online. Makanya, Niaga Shoes membuat website toko online sebagai tempat berjualan utamanya.

Tidak hanya toko online, Niaga Shoes juga akan membuka toko fisik di beberapa kota. Niaga Shoes akan membuka toko fisik pertamanya di Yogyakarta.

4. Merancang Strategi Promosi (Promotion)

Karena target konsumen dari produk ini adalah anak muda, Niaga Shoes perlu merancang strategi promosi yang bisa menjangkau anak muda dengan mudah.

Salah satu strategi utamanya adalah dengan menggalakkan promosi di media sosial. Niaga Shoes akan melakukan promosi besar-besaran di Instagram dan YouTube bekerja sama dengan influencer yang dekat dengan anak muda. 

Selain itu, Niaga Shoes juga akan membuat blog untuk menjaring traffic organik di hasil pencarian Google.

5. Mengemas Produk dengan Baik (Physical Evidence)

Salah satu physical evidence dari Niaga Shoes adalah produknya itu sendiri, yaitu sepatu lari. Selain produk fisik, Niaga Shoes juga akan mempersiapkan logo, brosur, merchandise, dan bentuk bukti fisik lainnya untuk membuktikan keberadaan Niaga Shoes.

6. Merekrut SDM yang Berkualitas (People)

Niaga Shoes membutuhkan beberapa SDM utama yang akan menunjang keberlangsungan perusahaan. Beberapa posisi lowongan yang akan dibuka adalah tim perancang sepatu, tim HR and office operation, tim marketing, tim customer servcie, dan tim finance.

Untuk pengrajin sepatu, Niaga Shoes akan menggunakan outsourcing ke tempat pengrajin sepatu terpercaya.

7. Membuat SOP Perusahaan (Process)

Untuk memudahkan proses perencanaan produk hingga produk dikonsumsi oleh pelanggan, Niaga Shoes membutuhkan Standard of Procedure (SOP). Hal ini penting untuk memastikan semua produk yang dihasilkan Niaga Shoes kualitasnya sama.

Jadi, semua karyawan Niaga Shoes harus memahami SOP ini agar bisa memberikan pengalaman yang baik kepada konsumen.

Marketing Mix, Resep Rahasia Raih Kesuksesan Bisnis!

Marketing mix adalah kombinasi ajaib dari berbagai elemen pemasaran yang mampu mengubah bisnis Anda menjadi sorotan hingga bisa memikat pelanggan potensial. Salah satu bentuk kegiatan pemasaran dengan konsep ini yang tak boleh dilewatkan adalah membuat website bisnis. 

Website bisnis merupakan media yang penting untuk membangun branding, menyampaikan informasi terbaru soal brand, serta memasarkan produk atau jasa secara online. Untuk itu, pastikan Anda memberi website Anda dukungan layanan hosting yang berkualitas.

Salah satu layanan hosting Indonesia yang kualitasnya sudah teruji adalah Unlimited Hosting Niagahoster. Paket hosting ini akan membuat akses website Anda jadi sat-set-sat-set berkat dukungan server LiteSpeed. Apalagi, Niagahoster menjamin uptime hingga 99,99% sehingga website akan selalu online 24 jam penuh.

Yuk, dapatkan keunggulan Unlimited Hosting Niagahoster mulai dari Rp 9 ribuan/bulan saja!

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *