Categories: Bisnis OnlineTutorial

7 Manfaat WooCommerce untuk Kesuksesan Bisnis Online Anda

Apa itu WooCommerce?

WooCommerce adalah sebuah plugin untuk membuat toko online dengan beragam fitur lengkap yang mendukung fungsi toko online. WooCommerce dikembangkan oleh WooThemes dan sifatnya open-source sehingga banyak orang bisa mengutak-atiknya dengan mudah. Anda dapat menampilkan produk untuk dijual secara online sesuai keinginan Anda!

WooCommerce sendiri hadir dengan beragam fitur penjualan. Oleh karena itu, tanpa utak-atik terlalu banyak pun sebenarnya Anda sudah bisa menggunakan WooCommerce untuk memulai bisnis online.

Plugin ini sangat cocok digunakan oleh …

  1. Individu atau perusahaan yang membutuhkan platform ecommerce fleksibel untuk menjalankan toko online.
  2. Pengguna yang menginginkan kontrol lengkap pada data website, misalnya fitur untuk memantau performa, menganalisa visitor, dan sebagainya.
  3. Pengguna WordPress yang menginginkan keleluasan dalam membuat fitur tambahan website toko online.

Di Bawah Ini adalah Manfaat WooCommerce untuk Bisnis Online Anda

1. Dibuat untuk WordPress

WooCommerce dibuat agar dapat terintegrasi dengan CMS WordPress. WordPress sendiri merupakan CMS yang paling banyak digunakan karena performa serta kemudahan plugin yang tersedia gratis.

2. Gratis

WooCommerce tersedia secara cuma-cuma. Untuk mendapatkannya Anda hanya perlu langsung menuju ke WordPress.org dan mengunduhnya dari sana. Update versi terbaru pun tidak dikenakan biaya sama sekali!

3. Profesional dan Kustomisasi Mudah

Sebagian besar plugin yang tersedia gratis hanya memiliki fitur standar. Istimewanya, WooCommerce bahkan telah dilengkapi dengan beragam fitur menarik yang dapat Anda kustomisasi sendiri. Sebagian plugin yang tersedia secara gratis hanya bermodalkan fitur standar. Sementara itu, WooCommerce dapat secara leluasa dikustomisasi dan Anda dapat mengintegrasikannya dengan berbagai template toko online WordPress yang Anda inginkan.

Hasilnya, Anda bisa mendapatkan website toko online yang berbeda dari yang dimiliki oleh kompetitor Anda.

4. Analytics dan Pelaporan

Plugin WooCommerce menawarkan berbagai macam tool analytics bagi pengguna. Ini adalah alasan lain mengapa WooCommerce merupakan pilihan tepat untuk pengembangan website ecommerce. Data penjualan seperti omzet dan laba bisa Anda dapatkan dengan mudah. Nah, data seperti inilah yang nantinya akan berguna bagi Anda untuk mengembangkan bisnis Anda lebih besar lagi.

5. Keamanan

Hal terpenting dalam website toko online yang tidak boleh Anda abaikan adalah keamanan. Pelanggan Anda pun tentu menginginkannya. Mereka (dan Anda semestinya juga) pasti menginginkan proses transaksi yang aman.

WooCommerce telah diaudit oleh Sucuri, sehingga Anda tidak perlu khawatir persoalan keamanan pada script-nya. Sucuri merupakan suatu otoritas yang diakui secara global berkenaan keamanan website, dengan spesialisai pada keamanan WordPress.

6. Komunitas

WordPress memiliki komunitas masif yang tersebar di berbagai belahan dunia. Komunitas inilah yang membuat WordPress lebih ‘hidup’ karena Anda dapat secara langsung berinteraksi dengan sesama pengguna. WooCommerce memang tidak menyediakan layanan hotline support bagi pelanggan. Akan tetapi, adanya komunitas yang aktif seperti ini bisa memberikan solusi yang tepat bagi Anda ketika mengalami permasalahan.

7. Mobile Friendly

Seperti yang Anda ketahui, kini jumlah pengguna smartphone lebih banyak dibandingkan dengan pengguna desktop. Karenanya, toko online Anda memiliki peluang lebih besar untuk diakses melalui perangkat mobile oleh para pelanggan. Kami kerap menemui toko online yang memiliki website menawan, namun sulit diakses secara mobile. Tentu ini akan menjadi kerugian karena mengurangi peluang konversi, bukan?

Nah, plugin ini telah didesain sedemikian rupa agar dapat tampil baik pada perangkat apa saja. Ini berarti pelanggan akan dapat dengan nyaman melihat produk Anda menggunakan smartphone dengan layar terkecil sekalipun. Tidakkah Anda menginginkannya untuk toko online Anda?

 

Kesimpulan

Memiliki toko online sendiri bukanlah hal yang mustahil dilakukan. Berbekal plugin WooCommerce, Anda bisa menampilkan produk/layanan apapun dengan mudah dan memulai bisnis dari sana. 

Apabila Anda masih memiliki pertanyaan maupun masukan yang berhubungan dengan artikel ini, silakan tinggalkan di kolom yang yang telah kami sediakan. Klik Subscribe sekarang dan dapatkan ulasan terhangat seputar digital marketing langsung dari inbox email Anda. 🙂

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto

Recent Posts

Panduan Lengkap Mengatasi Website Overload di Shared Hosting

Bayangkan kalau pengunjung susah mengakses website Anda karena lambat. Setelah ditunggu, eh malah tidak bisa diakses sama sekali. Mereka pasti…

21 hours ago

Cara Membuat Database CyberPanel

Umumnya, Anda sudah terbiasa mengelola database di cPanel. Namun, ketika menggunakan VPS dan ingin mencoba database CyberPanel, apa yang harus…

2 days ago

Awas! Inilah Cara Mengatasi Ransomware Berbahaya [Terlengkap]

Mendadak semua file di laptop  terkunci dan nggak bisa diakses. Butuh aplikasi dan password khusus untuk membukanya. Sialnya, password hanya…

3 days ago

Cara Menggunakan Ubersuggest untuk Riset Keyword SEO

Keyword memiliki peran penting dalam keberhasilan strategi konten Anda. Untungnya, Anda tak perlu ribet mencari keyword yang tepat secara manual.…

4 days ago

Hindari 10 Kesalahan Desain Web yang Sering Dilakukan Ini (Dan Solusinya)

Sudah desain web mahal-mahal tapi performanya macet? Bisa jadi, sumber masalahnya adalah desain web kurang tepat. Penting diingat, desain yang…

5 days ago

Waspada Cracking: Cyber Crime Versi Lebih Jahat dari Hacking

Cracking adalah salah satu cyber crime harus paling dihindari website Anda. Ketahui tips menghindari cracking selengkapnya di artikel ini!

6 days ago