Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Manfaat Website untuk Bisnis dan Pengguna Pribadi [Lengkap!]

2 min read

manfaat website

Website adalah sesuatu yang bisa membawa kegunaan bagi Anda. Namun jika Anda yang belum punya website, mungkin Anda bertanya-tanya. Apa sih manfaat website? Bagaimana website bisa menguntungkan Anda dan bisnis Anda?

Sebetulnya manfaat website cukup bervariasi, sebagian di antaranya adalah menjadi platform untuk mempromosikan produk, berbagi informasi dengan target audiens, hingga membantu bisnis meningkatkan penjualan.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat website, baik untuk bisnis maupun pengguna pribadi. Berikut daftarnya:

  1. Membuat portfolio online;
  2. Membagikan pengalaman pribadi;
  3. Mengenalkan company profile;
  4. Sebagai display produk atau jasa;
  5. Melayani transaksi digital selama 24 jam;
  6. Media promosi dan pemberitaan;
  7. Membangun komunitas.

Ingin memahami manfaat website semakin dalam? Mari kita bedah satu per satu!

Manfaat Website untuk Pribadi

Siapa bilang kegunaan website cuma untuk bisnis? Manfaat website juga menguntungkan bagi pribadi atau individu lho. Berikut contohnya:

1. Membuat Portfolio Online

Sah-sah saja untuk menjadikan website sebagai album karya Anda. Kalau Anda hobi menulis, isi saja situs dengan naskah cerpen Anda. Kalau Anda suka mendesain website, silakan upload contoh tema buatan Anda.

Dengan membuat website portfolio, personal branding pun meningkat. Yang mana, ini dibutuhkan oleh freelancer atau siapapun yang berencana melamar pekerjaan. Sebab, kemampuan dan nilai lebih Anda makin terlihat.

Tips!

Untuk membuat web portfolio, Niagahoster menyediakan berbagai jenis hosting yang harganya terjangkau dan kualitas pun terbaik. Misalnya, web hosting paket Personal.

2. Membagikan Pengalaman Pribadi

Anda suka menulis, travelling, ataupun berburu pengalaman seru lainnya? Nah, kegunaan website tepat banget untuk mencurahkan pikiran Anda menjadi blog yang bisa dinikmati banyak orang.

Apalagi, website membebaskan Anda menyulap desain blog menjadi buku harian atau tampilan apapun sesuai minat Anda. Isinya pun bisa Anda atur sesuka hati. Seperti konten, fitur, dsb.

5 Manfaat Website untuk Usaha

Pada bagian sebelumnya, Anda sudah tahu beberapa keuntungan membuat website untuk pribadi. Terus, kalau di perusahaan bagaimana?

Pastinya, ada lebih banyak lagi manfaat website bagi perusahaan:

1. Mengenalkan Company Profile

Company profile adalah informasi yang harus disediakan oleh setiap perusahaan. Salah satunya melalui website resmi perusahaan. Mengapa harus menggunakan website?

Alasannya, membuat website perusahaan mampu memperluas jangkauan promosi Anda hingga meningkatkan brand awareness.

Ketika ada yang mencari info perusahaan Anda lewat Google, situs tersebut akan muncul. Orang-orang pun lebih mudah dalam mengingat dan mempelajari profil serta gambaran umum perusahaan Anda.

Tips!

Website company profile tidak membutuhkan spec yang terlalu rumit. Yang penting, daya tampung traffic cukup besar dan hosting gampang dikelola. Jadi, kami sarankan Anda memakai layanan web hosting Bisnis.

2. Sebagai Display Produk atau Jasa

Tak hanya mengenalkan profil perusahaan, kegunaan website juga sebagai etalase produk ataupun jasa.

Seperti katalog menu, website toko online akan memudahkan pengunjung Anda saat mempelajari ataupun melihat-lihat penawaran suatu produk/jasa.

Apalagi, di website Anda bisa memberi informasi sedetail mungkin. Baik lewat tulisan, foto, video, bahkan melihat gambar secara 360 lewat fitur 360 product viewer.

3. Melayani Transaksi Digital Selama 24 Jam

Manfaat website yang sayang jika dilewatkan setiap pebisnis yaitu… kesempatan melayani transaksi digital selama 24 jam. Artinya, website memungkinkan toko online Anda menerima orderan pelanggan setiap saat.

Dengan kata lain, website memperbesar potensi cuan Anda. Daripada, kalau Anda hanya mengandalkan jam buka operasional di offline store.

Tips!

Agar situs bisa menyala 24 jam, Anda wajib memakai hosting yang uptime-nya andal. Misalnya, cloud web hosting. Menggunakan cloud hosting, kemungkinan situs down saat diakses banyak orang pun lebih kecil.

4. Pusat Informasi dan Pemberitaan

Lewat website, segala bentuk informasi dan pemberitaan terkait perusahaan bisa Anda pasang. Misalnya, promo ataupun pembaruan fitur produk seperti yang Niagahoster rutin update pada situs blognya.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menampilkan pengumuman lainnya. Misalnya, pengumuman hasil seleksi karyawan, pendaftaran event tertentu, berita terbaru perusahaan, dan banyak lagi.

Tips!

Kalau Anda ingin fokus website lebih ke distribusi informasi dan pemberitaan, sebaiknya gunakan hosting yang sistem keamanannya mutakhir. Sehingga, web lebih sulit di-hack. Misalnya, Layanan WordPress (paket hosting untuk yang ingin memakai CMS WordPress) ataupun Cloud Hosting (untuk penggunaan yang lebih umum).

5. Membangun Komunitas

Community marketing biasanya menjadi salah satu strategi pemasaran perusahaan. Sebab, komunitas mampu menghubungkan perusahaan dengan lebih banyak konsumen. Sehingga, terbentuklah brand loyalty.

Tips!

Agar pengeluaran lebih hemat, pengelolaan lebih mudah, dan performa SEO aman, sebaiknya pisahkan web komunitas dengan web utamanya. Oleh sebab itu, gunakan hosting yang menyediakan fitur addon domain. Jadi, web komunitas Anda masih bisa berada dalam satu hosting yang sama dengan domain utama perusahaan, tapi tetap terpisah dengan web utamanya.

Di Niagahoster, Anda bisa memilih antara web hosting (selain paket Bayi), hingga WordPress Hosting.

Ayo Rasakan Manfaat Website Sekarang Juga!

Sekarang, Anda percaya kan manfaat website untuk urusan pribadi maupun usaha ternyata banyak? Tapi agar manfaat website lebih terasa, Anda harus memilih layanan hosting yang tepat.

Ini rekomendasi kami untuk layanan Niagahoster yang sebaiknya Anda pakai:

  • Website untuk pribadi: web hosting (Bayi, Pelajar, dan Personal)
  • Website untuk perusahaan: web hosting (Bisnis), Cloud Hosting, VPS, Jasa Pembuatan Website.

Kenapa Anda harus memilih Niagahoster? Tentu saja itu tak lepas dari berbagai keunggulan web hosting Niagahoster:

  • Tersedia berbagai fitur pendukung kecepatan;
  • Uptime 99% sehingga website jarang down;
  • Proteksi keamanan berlapis;
  • Customer support standby 24 jam;
  • Dan banyak lagi.

Jadi, masa sih Anda masih mau melewatkan kesempatan merasakan manfaat website? Buruan, bangun website Anda sekarang!

Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

2 Replies to “Manfaat Website untuk Bisnis dan Pengguna Pribadi [Lengkap!]”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *