Yovi Amanda Full time SEO content writer. Passionate to help people in the digital world through writing. She currently juggling between making articles for Niagahoster and raising her only child, Bhadrika Nagendra.

5+ Manfaat Instagram untuk Promosi Bisnis Anda

3 min read

Tahukah Anda? Berdasarkan statistik, ada sekitar 1 miliar orang di seluruh dunia menggunakan Instagram tiap bulannya. Dari 1 miliar tersebut, 63% nya adalah pengguna aktif! Nah, sekarang kita jadi tahu bahwa manfaat Instagram untuk bisnis sangat besar. Itulah mengapa, Instagram bisa jadi salah satu platform yang tepat untuk promosi bisnis Anda.

Jadi, jika Anda sedang dalam proses menyusun strategi Instagram marketing, kebetulan sekali! Di artikel kali ini, kami akan membahas tentang apa saja keuntungan Instagram yang bisa membantu mempromosikan produk dan layanan Anda. Simak ya!

5+ Manfaat Instagram untuk Bisnis Anda 

Di bawah ini, kami telah merangkum enam manfaat Instagram yang bisa membantu bisnis Anda berkembang. Sehingga nantinya, Anda bisa mengeksplor keuntungan Instagram di bawah ini untuk mempromosikan bisnis Anda dengan cara yang paling efektiff.

1. Platform yang populer

Seperti yang kita tahu, Instagram sangat populer karena penggunanya yang begitu banyak. Kebanyakan dari pengguna tersebut, menghabiskan waktu rata-rata 28 menit sehari untuk menjelajahi app ini di tahun 2020. Dan sudah jadi hal yang lumrah, jika mayoritas pengguna Instagram mengikuti akun toko online atau brand favorit mereka di Instagram.

Tidak hanya itu, fitur yang paling digemari, yaitu ‘Stories’ digunakan oleh lebih dari 500 juta orang dalam sehari! Faktanya, generasi Millennial dan Gen-Z gemar mencari Stories dari produk dan layanan yang mereka ingin beli. Sekarang, Anda tentu paham kenapa platform ini bisa jadi cara ampuh untuk mengenalkan dan mempromosikan bisnis Anda ke konsumen.

2. Plattform yang sangat visual

Sekitar 65% populasi penduduk merupakan pembelajar visual (visual learners), itulah mengapa platform seperti Instagram punya banyak penggemar. Instagram memang terbukti unggul untuk urusan memamerkan dan menjelaskan produk.

Dengan bantuan Instagram, sebuah bisnis dapat mem-branding dan membangun karakter bisnisnya. Sehingga, bisnis tersebut bisa menyasar target pasarnya. 

Contohnya, sebuah toko online yang menjual pakaian menggunakan fitur Stories untuk memamerkan koleksi terbaru mereka. Dari Stories itu, follower mereka jadi tahu apa saja produk yang baru saja rilis. Dengan begitu, nantinya akan banyak orang yang kemudian tahu tentang produk Anda. Anda juga punya kesempatan untuk mendapatkan pelanggan dari cara itu. 

Namun, jangan lupa untuk menuliskan link website atau kontak bisnis Anda di bio. Atau, jika Anda memiliki follower lebih dari 10.000, Anda bisa menggunakan fitur ‘Swipe Up’. Dengan fitur ini calon pelanggan akan lebih mudah melihat produk Anda dan melakukan pembelian.

3. Memiliki jangkauan yang luas

Instagram memungkinkan Anda untuk menjangkau banyak orang dari seluruh dunia. Tentu saja, hal itu bisa terjadi karena app ini digunakan oleh orang-orang di berbagai negara di dunia. 

Apalagi, kini Instagram memiliki fitur tab explore khusus untuk toko online. Dengan fitur ini, toko online memiliki jangkauan yang lebih besar ke para penggunanya. Karena jangkauannya yang luas, bisnis Anda tentu jadi punya kesempatan untuk menarik pelanggan dari luar negeri.   

Nah, untuk memudahkan pelanggan dari negara mana pun untuk melakukan pembelian produk atau layanan Anda, website bisa jadi solusi. Di bawah ini ada sedikit  tips yang bisa Anda gunakan dalam berbisnis lewat website dan Instagram.

Pro tip: Untuk memperkuat akun Instagram bisnis Anda, pastikan untuk menggunakan username yang sama dengan nama domain bisnis Anda. Caranya? Tinggal daftarkan nama domain Anda dengan ekstensi domain baru seperti: .store, .tech, .site, .online, .fun, .space, dan lain-lain. Contohnya, nama domain Anda adalah www.yourkitchen.com. Jadi, Anda bisa menggunakan yourkitchen.site untuk username Instagram Anda.

4. Memungkinkan Anda beriklan ke pelanggan potensial

Manfaat lain dari Instagram untuk bisnis Anda yaitu Instagram Stories Ads. Fasilitas ini bisa jadi cara terbaik untuk mengiklankan produk Anda. Kami ambil satu contoh, yaitu brand The North Face. 

Merek pakaian dan perlengkapan outdoor ini meluncurkan kampanye iklan di Instagram dengan cara yang keren. Iklan mereka berisi tiga gambar backpack yang berbeda. Dilengkapi dengan kalimat yang berbeda pula di tiap gambar. 

Whether you’re single

Or taken

Don’t swipe right, swipe up to match with the right bag.

caption menarik di ig ads

Untuk kamu yang jomblo

Atau yang punya pacar

Jangan geser ke kanan, geser ke atas aja untuk menemukan tas yang tepat.

Iklan di atas adalah salah satu contoh iklan sukses di Instagram Stories yang mengandung unsur humor. Dari contoh tadi pula, Anda bisa lihat bahwa The North Face ingin menunjukkan produknya ke target pasar, meskipun mereka bukan follower aktif.

Stories memang bukan satu-satunya cara beriklan di Instagram. Karena Anda juga bisa beriklan dengan postingan di feed. Anda bisa memposting sebuah gambar, atau video yang menarik target pasar Anda. Anda juga bisa menambahkan (#) tagar atau hashtag agar konten Anda di Instagram mudah ditemukan.

5. Memberikan dukungan pada bisnis lokal

Meskipun merupakan platform populer di dunia, Instagram tetap mendukung bisnis lokal lho! Instagram memberikan fasilitas untuk menargetkan iklan Anda ke lokasi geografi yang spesifik.

Bagaimana caranya? Anda bisa melihatnya di bawah ini:

  • Langkah ke-1 

Siapkan halaman Facebook lengkap dengan lokasi Anda di sana, lalu sambungkan ke Instagram.

Langkah ke-2 

Tandai lokasi Anda di gambar dan iklan yang Anda unggah. Dengan begitu, orang akan tahu bahwa bisnis Anda berada di dekat mereka.

cara mengatur lokasi geografis anda di facebook
  • Langkah ke-3

Perbarui pengaturan lokasi Anda dalam aplikasi Instagram untuk memberikan izin agar lokasi Anda bisa dilacak. Cara ini memastikan iklan Anda dapat dilihat oleh orang lain yang berada di lokasi yang sama dan yang layanan lokasinya (location services) aktif.

cara mengatur lokasi geografis di instagram

6. Memberikan komisi kepada pengguna

Masih ada satu lagi manfaat Instagram untuk bisnis Anda! Iklan Instagram ternyata bisa juga jadi kesempatan untuk memberikan komisi ke pengguna. Tujuannya tentu agar banyak orang tertarik dengan bisnis Anda.

Ada dua cara memberikan komisi yang terbukti efektif menarik lebih banyak pelanggan. Yaitu: 

  • Undian Giveaway

Anda bisa memberikan giveaway menarik untuk mereka yang membeli produk Anda. Untuk memilih siapa yang pantas mendapat giveaway, Anda bisa mengundinya. 

contoh undian giveaway instagram untuk bisnis
  • Kode kupon di Stories Ads

Anda juga bisa memasukkan kode kupon di Stories Ads Anda. Anda tentu setuju bahwa tidak ada orang yang tidak suka diskonan, kan?

contoh kode kupon di stories ads

Dengan dua cara di atas, Anda tidak hanya akan mendapat pelanggan baru. Bisnis Anda tentu bisa mendapat lebih banyak pelanggan setia. Sehingga, nantinya dapat menciptakan brand bisnis dengan loyalitas yang kuat.

Sudah Kenal Manfaat Instagram untuk Bisnis, kan?

Dari 6 keuntungan Instagram untuk bisnis di atas, bisa disimpulkan bahwa menggunakan Instagram adalah salah satu strategi bisnis yang menjanjikan. Oleh karena itu, Instagram merupakan platform yang tepat untuk promosi bisnis, membangun ikatan dengan pengguna, serta meningkatkan trafik dan penjualan.

Namun, tentunya Instagram bukan satu-satunya sarana untuk melakukan pemasaran online. Anda juga bisa memanfaatkan search engine optimization, email marketing, iklan pay per click (PPC), dan jenis digital marketing lainnya.

Nah, kami menyediakan ebook yang membahas masing-masing jenis digital marketing secara mendalam untuk Anda pelajari. Klik banner di bawah ini untuk download ebooknya ya!

panduan-digital-marketing
Yovi Amanda Full time SEO content writer. Passionate to help people in the digital world through writing. She currently juggling between making articles for Niagahoster and raising her only child, Bhadrika Nagendra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *