Tutorial

Lupa Password Gmail? Begini Cara Mengatasinya

Lupa password Gmail adalah hal kerap dialami oleh banyak orang. Jika ini terjadi pada Anda, Google telah mengantisipasinya melalui dua pilihan berbeda untuk memulihkan akun Anda seperti sedia kala.

  1. Nomor telepon pemulihan
  2. Alamat email pemulihan

Sebagai antisipasi, dua pilihan tersebut perlu Anda tambahkan terlebih dulu ketika daftar Gmail. Kemudian, pastikan Anda tidak melupakan, alamat email (berikut password untuk akses masuknya), serta nomor telepon pemulihan yang Anda gunakan.

Nah, sekarang mari simak penjelasan setiap caranya berikut ini!

Cara mengatasi lupa password Gmail dengan Mudah!

Terdapat beberapa metode yang dapat Anda lakukan untuk mengganti password Gmail yang lupa. Berikut pambahasan lengkapnya.

Menggunakan Alamat Email Pemulihan

Cara pertama mengatasi lupa kata sandi gmail dengan mudah ialah menggunakan alamat email pemulihan yang Anda masukkan saat mendaftar Google. Jika Anda telah memasukkan alamat email untuk pemulihan, begini langkah-langkahnya:

1. Masukkan alamat email Anda pada laman login Gmail. Kemudian klik Next.

2. Saat diminta memasukkan password, klik Forgot password.

3. Gmail akan mengirimkan kode verifikasi ke akun email pemulihan yang Anda masukkan saat daftar gmail. Masukkan kode verifikasi tersebut lalu klik Next.

4. Anda akan diarahkan ke halaman pembuatan password Gmail baru. Setelah membuat password, klik Save Password.

Setelah Anda membuat password baru, Anda berarti telah berhasil login ke akun Gmail Anda.

Menggunakan Nomor Telepon Pemulihan

Semisal Anda tidak tidak bisa mengakses akun alamat email recovery pada saat daftar Gmail, Anda masih bisa pakai nomor telepon yang pernah Anda daftarkan. Begini langkah-langkahnya:

1. Masukkan alamat Gmail Anda pada laman login Gmail. Lalu klik Next.

2. Saat diminta memasukkan password, klik Forgot Password.

3. Pada tampilan untuk memasukkan kode verifikasi, klik Try another way.

4. Selanjutnya, Anda akan diminta memilih penerimaan kode verifikasi melalui pesan atau telepon.

5. Cek ponsel Anda dan masukkan kode verifikasi yang dikirimkan pada pada kolom yang telah disediakan. Lalu klik Next.

6. Selanjutnya, Anda tinggal membuat password baru untuk login ke Gmail. Kemudian klik Save Password. Setelah berhasil login, Anda akan melihat rekomendasi Security Checkup.

Pastikan rekomendasi keamanan tersebut telah Anda ikuti untuk menjaga keamanan akun Gmail Anda.

Baca juga: cara membuat email di cPanel

Segera Atasi Lupa Password Gmail!

Itu tadi beberapa cara mengatasi lupa sandi Gmail yang bisa Anda coba. Google telah mempersiapkan antisipasi lupa password Gmail dalam dua pilihan cara, yaitu melalui nomor telepon dan alamat email pemulihan.

Anda bisa memilih pemulihan lupa kata sandi email sesuai dengan pilihan Anda. Jangan lupa pastikan Anda memmiliki akses alamat email nomor telepon tersebut.

Oya, semisal Anda ingin memiliki email dengan domain sendiri supaya lebih profesional, Anda bisa baca artikel berikut –> Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri.

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto
Tags: Emailgmail

Recent Posts

Carousel Adalah: Pengertian, Jenis, dan Tips Memaksimalkannya

Media sosial sangat ideal untuk membangun engagement dengan audiens, apalagi dengan adanya carousel yang akan membuat postingan lebih interaktif. Carousel…

5 hours ago

Apa Itu Big Data? Konsep, Karakteristik, dan Manfaatnya Bagi Bisnis Anda

Perkembangan teknologi menghasilkan data super banyak, dan big data adalah sistem yang mengaturnya. Apa itu big data? Berikut selengkapnya.

19 hours ago

Apa Itu DDNS dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Tahukah Anda? IP Address yang jadi identitas perangkat Anda bisa berubah-ubah.  Penyebabnya, semakin banyak perangkat terhubung dengan internet, semakin terbatas…

1 day ago

19+ Fitur Toko Online yang Wajib Ada [Update 2021]

Sudah punya toko online, tapi penjualan masih belum maksimal? Bisa jadi penyebabnya ada di tampilan toko online Anda yang tidak…

2 days ago

Apa itu Pemasaran Online? Pelajari Manfaat, Contoh, hingga Strateginya Berikut Ini!

Di zaman serba online seperti sekarang, pemasaran online nampaknya jauh lebih menguntungkan dibanding pemasaran tradisional. Apalagi, hampir semua orang pasti…

2 days ago

Apa itu SEO? Pengertian, Manfaat, Sampai Cara Kerjanya (Terbaru)

Banyak orang mengira SEO adalah cara agar website menyabet ranking teratas di Google. Padahal, konsep itu cuma kulitnya saja, lho.…

3 days ago