Tutorial

Cara Memilih Lokasi Server Hosting untuk Website Anda

Hosting adalah tempat penyimpanan data website, ketika website tersebut dionlinekan. Namun, tahukah Anda kalau hosting diletakkan di tempat fisik yang disebut lokasi server hosting?

Terus, apa pengaruhnya? Bukannya semua server itu sama?

Eits, jangan salah! Lokasi server hosting ternyata berpengaruh besar ke website. Salah satunya, soal kecepatan.

Nah, di artikel kali ini, Anda akan belajar banyak tentang hal tersebut, dampaknya, serta beberapa rekomendasi lokasi server terbaik.

Tak lupa, kami juga akan membocorkan cara memilih lokasi server yang tepat untuk website Anda. Penasaran kan? Langsung saja, ini dia penjelasan selengkapnya!

Apa itu Lokasi Server dan Pengaruhnya bagi Website?

Lokasi server hosting adalah tempat fisik yang dipakai sebagai lokasi untuk menaruh server. Ketika sebuah website dihostingkan, maka ia sebenarnya diletakkan di server.

Nah, satu server biasanya cukup untuk menampung ratusan hingga ribuan website. Lebih jauh, sebuah penyedia server hosting lazimnya menggunakan puluhan atau bahkan ratusan server sekaligus untuk mengakomodasi website pelanggan.

Lantas, kumpulan server tersebut akan dititipkan oleh provider hosting ke sebuah tempat yang disebut data center. Maka bisa disimpulkan, data center adalah istilah yang sama dengan lokasi server hosting.

Oh ya, tahukah Anda jika memilih server hosting murah punya pengaruh yang signifikan bagi website? Setidaknya, karena beberapa alasan berikut:

1. Menentukan Persentase Uptime

Memilih server hosting yang tepat bisa mempengaruhi uptime website Anda. Bagaimana tidak, karena uptime adalah persentase server dan seluruh website di dalamnya bisa diakses dengan normal dalam kurun waktu tertentu.

Maka dari itu, sebisa mungkin pilih lokasi server hosting dengan infrastruktur oke serta minim risiko bencana dan gangguan lain. Sehingga, persentase uptime server selalu memuaskan dan akses website selalu ON.

2. Mempercepat Loading Website

Alasan lain kenapa Anda harus jeli memilih server hosting adalah karena area server dapat meningkatkan kecepatan website. Sebab, jarak tempuh server untuk mengirimkan data ke pengakses jadi semakin pendek.

Jika belum paham, simak analogi berikut:

Anda berlokasi di Yogyakarta. Suatu ketika, Anda memesan barang dari dua tempat berbeda, yaitu Jakarta dan Singapura. Logikanya, paket dari Jakarta akan lebih cepat sampai dibanding yang dari Singapura, kan?

Nah, lokasi server hosting juga demikian. Jika website Anda ditempatkan di server Indonesia, dan pengunjung Anda juga berasal dari nusantara, maka akses menuju website Anda jadi jauh lebih gesit.

Untuk semakin mempercepat akses website, server biasanya menggunakan teknologi CDN untuk mengakomodasi kebutuhan pengakses. Singkatnya, CDN adalah teknologi canggih untuk mengirimkan konten ke pengguna melalui server terdekat.

Sedikit info tambahan, Anda bisa berkunjung ke artikel cek kecepatan website jika penasaran seberapa cepat website Anda.

Baca juga: Cara Mempercepat Loading Website

3. Meroketkan Ranking Website di SERP

Ketepatan dalam memilih server hosting bisa meroketkan ranking website di SERP atau hasil pencarian. Loh, kok bisa?

Kaitannya dengan poin sebelumnya, lokasi server hosting yang tepat akan meningkatkan speed sebuah website. Ketika Anda belajar SEO, ternyata kecepatan adalah salah satu faktor Google ranking yang cukup dominan.

Maka dengan kata lain, semakin cepat website maka semakin tinggi ranking website tersebut di mesin pencari.

Nah, itu tadi pengertian lokasi server hosting sekaligus alasan kenapa Anda harus jeli dalam memilihnya. Berikutnya, mari mengenal beberapa lokasi server hosting terbaik!

Baca juga: Siapa Saja yang Membutuhkan Web Hosting?

Lokasi Server Hosting Terbaik untuk Website

Berikut ini beberapa lokasi server hosting terbaik yang tersebar di seluruh penjuru dunia:

1. Server Indonesia

Sesuai namanya, server Indonesia adalah lokasi server hosting yang ditempatkan di wilayah Indonesia. Logikanya, memilih server Indonesia adalah keputusan yang bijak jika pengunjung Anda berasal dari dalam negeri.

Selain karena aksesnya lebih ngebut, kelebihan server Indonesia ini dapat mengurangi TTFB. TTFB adalah waktu yang dibutuhkan website untuk menerima data byte pertama dari server, diukur dalam skala milisekon.

Nah, waktu TTFB dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya lokasi server hosting. Maka tak heran, lokasi server hosting terdekat dapat mempersingkat TTFB.

Kembali ke server Indonesia, Niagahoster adalah salah satu provider hosting yang menitipkan servernya di negeri sendiri. Tepatnya pada Data Center Indonesia atau DCI di kawasan industri Cibitung.

Ada banyak keunggulan Data Center Niagahoster dari DCI ini. Misalnya seperti sertifikasi Tier 4 internasional, fasilitas yang dijaga ketat, berada di lokasi minim bencana, jaminan arus listrik yang memadai, dan masih banyak lagi.

Server Indonesia yang digunakan Niagahoster ini juga terhubung langsung dengan hosting IIX. Nah, hosting IIX merupakan jenis server hosting untuk lokasi di Indonesia. Ia menghubungkan semua penyedia layanan internet di Indonesia.

Otomatis, koneksi antara server dan provider internet Anda jadi lebih cepat karena tidak perlu memutar ke server luar dahulu.

2. Server Singapura

Server Singapura atau yang sering disebut sebagai hosting sg merupakan jenis server hosting untuk lokasi di negara Singapura. Lokasi ini cocok jika pengunjung Anda berasal dari negara ASEAN maupun Asia Pasifik.

Sebab, lokasi Singapura sangat strategis dan berada di titik tengah ASEAN, sehingga jangkauan server menjadi luas. Selain itu, Singapura juga masih berdekatan dengan Indonesia. Otomatis, pengunjung dari Indonesia tidak begitu terkendala soal kecepatan.

3. Server USA

Server USA adalah lokasi server hosting yang ditempatkan di wilayah Amerika Serikat. Dapat ditebak, jenis server ini cocok jika target pengunjung Anda berasal dari Amerika Serikat atau negara-negara di sekitarnya, seperti Kanada dan Meksiko.

Jika ditanya pilih server Indonesia atau USA, maka Anda sudah tahu jawabannya kan? Benar sekali, lagi-lagi sesuaikan dengan lokasi tempat tinggal target pengunjung Anda.

4. Server UK

Lokasi server hosting yang bagus terakhir adalah UK. Server yang ditaruh di wilayah Inggris ini adalah pilihan terbaik jika website Anda kebanyakan dikunjungi pengguna asal Britania Raya dan negara-negara Eropa.

Sampai di sini, Anda sudah menyimak beberapa rekomendasi lokasi server hosting terbaik. Selanjutnya, kami bocorkan cara memilih lokasi server hosting yang tepat. Yuk simak!

Baca juga: Cara Melihat Name Server Hosting

Cara Memilih Lokasi Server Hosting yang Tepat

Setidaknya ada lima cara memilih lokasi server hosting agar hasilnya sesuai dengan harapan dan kebutuhan Anda, yaitu:

1. Kenali Target Audiens

Sepanjang artikel, tak henti-hentinya kami sampaikan bahwa cara memilih lokasi server yang bagus adalah cari tahu dari mana pengunjung website Anda berasal. Jika sudah, baru deh Anda pilih server yang terdekat dengan asal pengunjung.

Yang jadi pertanyaan, bagaimana cara mengetahui asal negara audiens? Gampang, Anda bisa memakai Google Analytics. Tools dari Google ini bisa memperlihatkan statistik demografis pengunjung Anda, termasuk asal negara pengunjung.

Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi panduan cara menggunakan Google Analytics yang sudah kami siapkan.

2. Ketahui Jenis Website

Cara memilih lokasi server yang tak kalah penting lainnya adalah pahami jenis website Anda. Jangan berburuk sangka dulu, kami tahu bahwa semua jenis website berhak ditempatkan di lokasi server terbaik.

Namun memang, ada beberapa jenis website yang cenderung lebih riskan jika lokasi servernya kurang oke. Contohnya website dengan fitur-fitur kompleks, website untuk keperluan penting seperti ujian online, maupun website dengan trafik yang berjubel.

Alasannya, pemilihan server yang kurang tepat bisa mengakibatkan jenis website tersebut jadi lemot atau bahkan tidak dapat diakses sama sekali karena servernya jebol.

Baca juga: Jenis Hosting yang Tepat untuk Website Super Cepat

3. Perhatikan Speed Akses

Seperti yang kami bahas, lokasi server hosting berpengaruh besar terhadap kecepatan website. Alasannya, simpel. Ini berkaitan dengan jarak tempuh antara server dan pengunjung yang jadi lebih singkat.

Alasan yang lebih teknis, server hosting akan memberikan pengguna IP Address sesuai dengan lokasi server. Di sisi lain, pengunjung Anda juga dibekali IP Address masing-masing menurut lokasinya. 

Sehingga, jika IP hosting dan IP pengunjung berasal dari lokasi yang sama atau berdekatan, maka akses menuju website bakal lebih ngebut daripada IP Address yang berjauhan.

4. Pastikan Infrastruktur Memadai

Cara memilih lokasi server yang tepat berikutnya adalah mencari tahu apakah infrastruktur server di lokasi tersebut sudah cukup memadai. Tidak mau kan, website Anda yang terkena dampaknya gara-gara lokasi server yang rawan?

Makanya sebelum berlangganan hosting, ketahui di mana provider tersebut menitipkan server. Misalnya Niagahoster yang menggandeng Data Center Tier 4 dari DCI sebagai lokasi fisik.

Sehingga selain aksesnya cepat dan bebas down, server hosting Niagahoster juga bisa dibilang lebih aman dari ancaman huru-hara, kriminal, bencana alam, maupun gangguan kelistrikan.

Baca juga: Memahami Pentingnya Peran Data Center

5. Pilih Penyedia Server Terbaik

Cara memilih lokasi server hosting yang terakhir adalah mengetahui provider layanan dibaliknya. Pastikan Anda hanya berlangganan server hosting dari perusahaan yang sudah terbukti kualitasnya, seperti Niagahoster.

Selain penempatan lokasi server yang oke, Niagahoster juga punya sederetan teknologi dan fitur pendukung lain untuk menjamin akses website tercepat.

Sebut saja LiteSpeed Enterprise, web server tercepat saat ini. Ada juga WordPress Accelerator, Cloudflare CDN, dan HTTP/3 yang sanggup mengoptimasi kecepatan website. Tak hanya itu, peningkatan sumber daya juga terbukti ampuh menjaga server tetap stabil.

Jika masih kurang, Anda bisa menyimak deretan fitur Niagahoster yang memanjakan Anda sebagai pelanggan setianya.

Itu tadi beberapa cara memilih lokasi server hosting terbaik, sebagai pertimbangan Anda ketika cek lokasi server hosting. Jangan kemana-mana dulu karena kami masih punya satu informasi menarik di bawah ini!

Baca juga: Kenapa Pilih Niagahoster? Berikut Fakta & Keuntungan yang Anda Peroleh

Yuk Dapatkan Hosting dengan Lokasi Server Terbaik di Niagahoster!

Di artikel ini, Anda sudah mengenal apa itu lokasi server hosting, pengaruhnya bagi website, jenis-jenis lokasi server, sampai tips dan cara memilih lokasi server yang terbaik.

Namun mungkin Anda bertanya-tanya, di mana lokasi server Niagahoster berada? Niagahoster menyediakan beberapa opsi lokasi server sesuai paket hosting yang Anda pilih.

Untuk layanan Unlimited Hosting, WordPress Hosting, Simple WordPress, Mail Hosting, dan Cloud Hosting, lokasi server ada di Indonesia dan Singapura. Bisa ditebak, ia akan cocok jika audiens Anda berasal dari dalam negeri atau seputaran Asia Tenggara.

Sementara untuk layanan Cloud VPS, lokasi server lebih bervariasi di Singapura, USA, dan UK. Jika audiens Anda berasal dari Asia, Amerika, atau Eropa, maka layanan tersebut adalah opsi yang tepat untuk Anda.

Namun apapun opsi layanan hosting dan lokasinya, pastikan Anda memilih sesuai dengan kebutuhan. Dan jangan lupa untuk selalu berlangganan hosting di layanan berkualitas dan terpercaya, yaitu Niagahoster.

Yuk, nikmati hosting dengan lokasi server terbaik bersama Niagahoster sekarang!

Muhammad Ariffudin

Share
Published by
Muhammad Ariffudin

Recent Posts

Hosting Murahan vs Niagahoster: Teliti Sebelum Beli Hosting!

Ingin membeli hosting? Awas, jangan terkecoh hosting abal-abal! Yuk ketahui dulu perbedaan hosting murahan vs Niagahoster di sini!

1 hour ago

Jejak Digital Adalah: Pengertian, Bahaya, Cara Menghapus, dan Tips Mengelolanya

Jejak digital adalah informasi yang ditinggalkan seseorang saat menggunakan internet. Informasi ini sulit dihilangkan dan bisa saja disalahgunakan oleh orang…

2 days ago

Apa Itu Dropshipper? Bagaimana Cara Menjadi Dropshipper?

Anda ingin memulai bisnis online dengan modal kecil? Menjadi dropshipper adalah salah satu cara yang bisa Anda coba, apalagi bagi…

2 days ago

Cara Install HestiaCP di VPS Ubuntu dan Debian

HestiaCP adalah alternatif control panel gratisan yang bisa Anda pakai di VPS. Yuk belajar cara install HestiaCP di VPS pada…

3 days ago

Adware: Pengertian, Jenis, Cara Menghindarinya

Adware adalah software yang harus Anda curigai. Meski terlihat seperti iklan biasa, bisa jadi di dalamnya terdapat malware. Biasanya, adware…

4 days ago

Cara Install Plesk di VPS Linux [Termudah]

Plesk adalah software control panel terpopuler sejagat maya. Bagaimana cara install Plesk di VPS? Simak tutorialnya di sini!

4 days ago