Matias Sri Aditya Chief Content Officer at Niagahoster. Full time writer/editor/translator. Also a band guy.

Perkenalkan, Ini Dia Logo Baru Niagahoster!

4 min read

niaga azure

Mulai 10 April 2018, Niagahoster resmi menggunakan logo baru. Tidak, ini bukan berarti kami tidak menyukai logo kami yang lama.

Logo baru ini kami cetuskan guna mempertegas fokus kami terhadap kepuasan pelanggan.

logo baru Niagahoster
Logo baru kami. Anda suka? 😉

Jika Anda mengikuti perkembangan Niagahoster, tentu Anda cukup familiar dengan logo lama kami – yang telah kami gunakan sejak tahun 2013. Logo ini terinspirasi dari teknologi cloud computing dan kami gambarkan melalui bentuk awan secara utuh.

Ada banyak perubahan yang terjadi dalam kurun waktu lima tahun. Tidak hanya lanskap persaingan web hosting Indonesia saja, tim kami juga telah jauh berkembang dari hanya empat orang staf pada awalnya menjadi hampir 90 orang di tahun 2018.

Sebagai gambaran, saat ini kami melayani lebih dari 140 ribu pelanggan aktif, 11 digit pendapatan tahunan, serta 3 digit persentase pertumbuhan revenue dari tahun ke tahun.

Perubahan berikut pencapaian monumental inilah yang juga ingin kami gambarkan melalui logo baru Niagahoster.

Secara visual, simbol awan masih kami pertahankan. Hanya saja, kali ini kami hadirkan dengan bentuk yang lebih catchy, sedikit menyerupai ombak yang menggambarkan fleksibilitas secara progresif.

Warna Niaga Azure mirip logo terdahulu pun masih kami pertahankan. Alasannya, warna ini menggambarkan sifat trust atau rasa terpercaya dan dapat diandalkan.

Kami menyadari bahwa logo bukan hanya sebatas penggambaran visual suatu entitas. Logo dapat berbicara banyak mengenai dasar pemikiran, semangat, hingga tujuan yang ingin dicapai.

Customer Obsession: Bold, Lean, Care

Anda adalah inspirasi utama logo baru kami. Segala pemikiran, semangat, serta tujuan kami hanya tercurah pada Anda, pelanggan setia Niagahoster.

Customer obsession, atau obsesi terhadap pelanggan, memang menjadi tema besar logo baru kami.

Ini artinya, kami melakukan segala upaya terbaik untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman hosting yang tiada duanya.

Obsesi terhadap pelangganlah yang membuat kami dapat berkembang sedemikian pesat hanya dalam kurun waktu lima tahun.

Obsesi ini memacu kami untuk berevolusi dan terus berbenah diri.

Setelah melalui serangkaian proses panjang, kami berhasil memetakan ide pengembangan logo Niagahoster ke dalam tiga aspek utama: bold, lean, dan care. Tiga sifat atau aspek ini merupakan terusan dari semangat obsesi terhadap pelanggan yang kami miliki.

Bold

Aspek bold menggambarkan keberanian. Di tengah kerasnya persaingan bisnis web hosting di Indonesia, kami tidak gentar menghadapi tantangan apa saja yang ada di depan mata.

Lean

Agar tetap relevan dengan cepatnya perkembangan yang ada, kami perlu memiliki sifat lean atau gesit. Kami sepenuhnya menyadari bahwa kecepatan sangatlah diperlukan dalam bisnis.

Kecepatan, kerja tim yang efisien, serta kemampuan mengadaptasi perubahan secara cepat merupakan tiga hal yang membuat kami semakin terdepan.

Tentu asal cepat saja tidaklah cukup. Kami terus berupaya memberikan hasil terbaik dalam waktu sangat singkat!

Care

Care merupakan penggambaran sahih dari nilai customer obsession yang kami anut. Kepedulian terhadap pelanggan membuat kami terus bekerja sepenuh hati guna memahami Anda lebih baik lagi.

Tiga aspek di atas merupakan dasar filosofi logo baru Niagahoster. Langkah selanjutnya adalah mengembangkannya menjadi gagasan visual.

Pertama-tama, kami melakukan pengembangan dari tipografi atau huruf yang akan kami gunakan terlebih dahulu.

Typemark Niagahoster

Jika Anda perhatikan, kami menggunakan typemark (huruf terapan) yang tidak berubah secara drastis dari logo sebelumnya. Hal ini didasari pemikiran bahwa typemark logo kami sudah tertanam di benak pelanggan setia kami.

Sementara itu, typeface (jenis huruf) yang kami gunakan memiliki karakter tegas guna menggambarkan nilai bold yang kami anut.

Seperti yang telah kami sampaikan di bagian sebelumnya, keberanian merupakan salah satu karakter yang dimiliki Niagahoster. Kami memang terhitung pemain baru dalam bisnis hosting di Indonesia. Meskipun demikian, kami tidak gentar menghadapi ketatnya persaingan pasar yang telah bertahun-tahun ada.

Nunito Sans dalam Sistem Niagahoster

Dalam sistem website dan dashboard baru, kami menggunakan tipografi bernama Nunito Sans.

Dirancang pertama kali oleh Vernon Adams dengan terminal bulat yang dioptimasi untuk tampilan pada layar, jenis huruf ini kemudian diperluas ke set typeface yang lebih lengkap berikut versi terminal non-bulat oleh Jacques Le Bailly.

Kami memilih Nunito Sans karena typeface ini dirancang untuk menyeimbangkan keterbacaan dengan kepribadian brand kami.

Typeface Ini memiliki fleksibilitas luar biasa yang memungkinkan kami untuk menciptakan hierarki antara brand Niagahoster, produk kami, serta materi promosi lain untuk keperluan pemasaran & branding kami.

Yang lebih penting lagi, kami percaya bahwa Nunito Sans memiliki kemampuan untuk bertahan dalam kurun waktu lama.

Dengan alasan ini, kami merasa Nunito Sans merupakan elemen yang tepat bagi keluarga brand Niagahoster.

Tiga Aspek Visual Logo Niagahoster

Apalah arti suatu logo tanpa adanya sentuhan estetika visual.

Setelah aspek filosofis dan tipografi kami siapkan dengan matang, langkah selanjutnya adalah menuangkan imajinasi kreatif ke dalam guratan nyata.

Kami menggabungkan tiga aspek utama di bawah ini secara visual. 

1. Inisial “N” untuk Niagahoster

Dasar pembuatan logo baru kami berawal dari huruf “N” sebagai inisial Niagahoster. Memang di Indonesia perusahaan hosting mana lagi yang punya inisial nama ini? 😀

2. Teknologi Cloud Computing

Teknologi cloud computing adalah masa depan internet. Hal inilah yang membuat kami memutuskan untuk mempertahankan simbol awan ala cloud computing. Di logo baru Niagahoster, kami memilih untuk tidak mengadaptasi simbol ini secara terang-terangan. Kami memadukan lekukan garis gelombang awan dengan huruf “N” inisial Niagahoster.

3. Growth

Garis yang mengarah ke atas identik dengan aspek growth atau pertumbuhan. Bagaimana pun juga, pertumbuhan harus selalu positif, bukan? Visualisasi bentuk ini menyiratkan pesan bahwa kami tidak pernah lelah berbenah untuk mencapai perkembangan yang luar biasa.

Anda sudah lihat ‘kan, hasilnya? Sejak pertama kali memutuskan ingin mengganti logo, kami tahu ini akan menjadi sangat spesial. 🙂

Kematangan dalam Usia Muda Ala Niaga Azure

Warna biru masih menjadi pilihan utama logo baru Niagahoster. Kami menamakannya Niaga Azure.

Warna seperti apa itu?

Seperti yang dapat Anda lihat, Niaga Azure merupakan warna biru khas Niagahoster. Tidak ada warna biru lain yang secara persis menyerupai birunya kami.

Ada alasan tersediri mengapa kami sangat menyukai warna ini.

Secara umum, warna biru menggambarkan rasa percaya dan sikap konservatif. Dalam saat yang bersamaan, warna ini juga merupakan gambaran sifat tenang, serius sekaligus maskulin.

Jika dihubungkan, melalui warna biru kami ingin menunjukkan keseriusan dalam memberikan layanan kepada pelanggan. Keseriusan ini dapat menjamin rasa aman dan keandalan, mengingat Anda memercayakan segala data serta keperluan website pada kami.

Intensitas warna yang berbeda dapat memberikan kesan sifat yang berbeda. Di logo baru ini, kami menggunakan gradasi warna biru muda ke biru gelap. Warna biru muda melambangkan usia Niagahoster yang masih muda, sedangkan biru gelap mencerminkan kekuatan, keandalan, dan kedewasaan.

Paduan keduanya memberikan semangat yang ideal bagi Niagahoster: energi muda yang dibarengi kematangan sikap dewasa.


Mulai hari ini, logo baru akan menggantikan logo lama Niagahoster di halaman website maupun segala kegiatan yang berkaitan dengan Niagahoster.

Tidak hanya itu saja, kami masih memiliki beragam perubahan menarik di halaman website serta produk yang akan kami aplikasikan secara bertahap hingga beberapa bulan ke depan.

Perubahan logo Niagahoster ibarat meletakkan sentuhan akhir pada suatu mahakarya. Ini adalah penggambaran visual atas janji kami untuk melayani Anda sebaik-baiknya.

Mahakarya kami adalah dedikasi tanpa batas kepada Anda, pelanggan setia Niagahoster.

Let’s go online. Mari beralih ke dunia online bersama Niagahoster.

Bagaimana pendapat Anda tentang logo baru Niagahoster? Tentu kami ingin mendengarnya! Tuliskan di kolom komentar ya 😉

Matias Sri Aditya Chief Content Officer at Niagahoster. Full time writer/editor/translator. Also a band guy.

11 Replies to “Perkenalkan, Ini Dia Logo Baru Niagahoster!”

  1. Logo yang mudah di ingat dan bisa melekat di ingatan dengan mudah! Maju terus Niagahoster, hosting terbaik di Indonesia dengan pelayanan yang ramah 1×24 jam tanpa henti

  2. Hi Niaga

    Its really good logo. One that totally modern dibanding yang sebelumnya.

    Kalau saya boleh ngasih masukan jarak optical kerning antara N dengan I, I dengan A, dan H dengan O, agak kelihatan lebih lebar sedikit dibanding huruf yang lain. Untuk lebih detailnya mungkin ada di screenshot ini : https://cl.ly/140H2l000M2r

    Tapi ini pendapat pribadi saya, dan biasanya emang logo sangat subjektif dalam melihatnya. And I can be totally wrong here. This doesn't change the fact that the design is nicely done and well thought. The typeface choice is superb as well. Congrats :).

  3. weeh… mateb tu icon min, faviconnya juga sekalin bagitu..
    btw, kalau ada orang yang make/niru make favicon n logo itu boleh gak min?

  4. Hi Niagahoster

    Suka dengan logo barunya, kelihatan lebih modern.

    Btw baru tahu Niagahoster pakai Nunito Sans ternyata, kebetulan saya juga pakai font ini buat website saya. Setelah sempat gonta-ganti font, kyknya sreg sama font yang satu ini.

  5. Keren sekali logonya, sangat fresh enak dilihat jadi betah liat web niagahoster

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *