Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

Apa Itu Lead dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

5 min read

ilustrasi menambah leads

Lead adalah orang yang memiliki ketertarikan pada suatu produk atau layanan tertentu. Orang-orang ini biasanya memberikan info kontak berupa nama dan alamat email. Dengan begitu, perusahaan bisa mengirimkan berbagai informasi penting ke mereka, seperti diskon terbatas atau fitur produk terbaru.

Menjaring leads memang merupakan salah satu aspek penting dalam strategi bisnis untuk meningkatkan angka penjualan. Tapi, bagaimana sih cara mendapatkan leads yang paling efektif?

Tenang, Anda akan menemukan jawabannya di artikel ini. Yuk simak artikelnya sampai tuntas! 

Apa itu Lead?

Lead adalah orang-orang yang berpotensi besar untuk diprospek menjadi pelanggan. Umumnya, mereka meninggalkan kontak supaya Anda dapat menghubungi mereka secara leluasa. Berbekal kontak itulah, Anda bisa mengirimkan info seputar promo atau rilis produk terbaru.

Ada banyak cara untuk mendapatkan leads, mulai dari membuat iklan, meningkatkan engagement di media sosial, optimasi SEO, atau upaya marketing lainnya.

Setelah memperoleh lead, seringkali pelaku bisnis menerapkan strategi lead nurture yaitu membangun hubungan dengan pelanggan potensial dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian.

Mengapa Lead itu Penting?

ilustrasi marketing funnel

Lead tidak datang begitu saja. Anda harus menggiring lead menuju jalur yang disebut dengan marketing funnel. Nah, marketing funnel adalah proses seseorang dari mengenal brand, menimbang-nimbang, melakukan pembelian, menilai produk, hingga menjadi pelanggan setia.

Jadi sebetulnya, proses menjaring lead atau lead generation adalah bagian dari babak kedua marketing funnel tadi. Tanpa lead generation, Anda tidak akan bisa menjalin kontak dengan calon pembeli. Sebab, yang Anda dapatkan hanyalah traffic dan eksposur. 

Padahal, lead generation juga berguna untuk meyakinkan pelanggan agar menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Misalnya, dengan mengirimkan bermacam resources seperti artikel, e-book, sampai akses konten premium ke mereka. 

Dengan begitu, calon pembeli bisa mengerti bagaimana produk yang Anda tawarkan menyelesaikan persoalan mereka. Lewat berbagai konten itu pula, Anda bisa menunjukkan kelebihan Anda dibandingkan dengan kompetitor. Dari sana lah, calon pembeli merasa semakin mantap untuk membeli produk atau layanan bisnis Anda.

Jenis-Jenis Lead

Setelah memahami apa itu lead dan seberapa penting lead bagi bisnis, sekarang saatnya Anda mengenal jenis-jenis lead. Dengan begitu, Anda akan tahu cara mengubah tiap jenis lead menjadi pelanggan setia. 

Nah, berikut adalah empat macam lead yang perlu Anda ketahui: 

1. Marketing Qualified Leads (MQL)

Marketing Qualified Leads adalah orang-orang yang sudah terpapar dan berinteraksi dengan materi promosi yang Anda buat. Misalnya, mereka sudah pernah mengisi kontak di form subscribe blog ataupun mengunduh e-book gratis.

Walaupun sudah familiar dengan produk atau layanan Anda, MQL belum siap melakukan pembelian. Namun, MQL justru menjadi leads paling potensial untuk diprospek menjadi konsumen.

2. Sales Qualified Leads (SQL)

Sales Qualified Leads adalah orang-orang yang tertarik membeli produk atau layanan Anda. Tak sekadar bertanya saja, SQL biasanya memang sudah siap membayar sejumlah uang alias menjadi pelanggan. Umumnya, SQL dapat dikenali karena pertanyaan mereka seputar detail info atau spesifikasi produk.

3. Product Qualified Leads (PQL)

Product Qualified Leads adalah orang-orang yang telah menjajal program “coba gratis” atau versi basic dari sebuah produk. Biasanya, mereka akan tertarik untuk berlangganan produk atau melakukan upgrade produk ke versi premium.

4. Service Qualified Leads

Hampir sama dengan PQL, Service Qualified Leads adalah orang-orang yang telah menjajal versi gratis atau fitur terbatas dari sebuah layanan. Lalu, mereka tertarik untuk membayar lebih agar mendapat fitur premium yang diinginkan. 

Cara Mendapatkan Leads Paling Efektif

Setelah paham apa itu lead, jenis-jenisnya, dan mengapa lead itu penting, saatnya Anda masuk ke bagian yang lebih praktikal. Ada 10 cara mendapatkan leads yang bisa diterapkan ke bisnis Anda, yaitu:

  1. Bangun Landing Page
  2. Buat Ebook
  3. Bagikan Freebies
  4. Buat Konten Premium
  5. Beri Opsi Subscribe Konten
  6. Manfaatkan Media Sosial
  7. Adakan Kuis
  8. Gunakan Referral
  9. Tawarkan Trial Produk atau Layanan
  10. Bagikan Kupon DIskon

Yuk, kita bahas satu per satu.

1. Bangun Landing Page

niaga partner

Landing page adalah halaman khusus berisi form untuk mengumpulkan lead. Biasanya halaman ini juga memuat informasi lengkap seputar produk atau layanan yang bisnis tawarkan.

Membuat landing page merupakan strategi mendulang lead yang paling bisa diandalkan. Sebab, landing page akan terus ada di website. Jadi, Anda hanya perlu mengarahkan orang untuk mengunjungi website dan landing page tersebut.

Nah, untuk tahu cara membuat landing page lebih detail, Anda bisa ikuti panduan di artikel Cara Membuat Landing Page di WordPress.

2. Buat Ebook

ebook niagahoster

Membuat ebook dan membagikannya secara gratis bisa juga mendatangkan lead. Bagaimana caranya?

Buatlah form yang di dalamnya ada kolom isian kontak lead. Dengan begitu, lead harus mengisi form tersebut untuk bisa mendownload ebook. Informasi tersebut bisa menjadi jalan untuk mempromosikan produk Anda ke lead.

3. Bagikan Freebies

Freebies adalah konten yang sengaja dibuat dan dibagikan secara gratis. Tapi, konten ini tidak lah sama seperti blog atau video. Freebies umumnya dapat diunduh dan dicetak di atas kertas. Misalnya, checklist, worksheet, panduan singkat, ebook, poster, dan lain sebagainya.

Dibandingkan strategi mendapatkan leads via ebook, strategi freebies bisa dibilang lebih efektif. Sebab, Anda bisa membuat konten dalam waktu yang lebih singkat. Pastinya, format konten ini juga lebih hemat tenaga. Karenanya, Anda bisa fokuskan sisa tenaga untuk menggiring traffic menjadi leads yang berkualitas.

4. Buat Konten Premium

Kalau Anda punya konten kualitas super dan basis massa yang loyal, coba saja buat konten premium. Dijamin, yang satu ini merupakan cara mendapatkan leads berkualitas yang sangat efektif. Karena orang-orang yang sesuai kriteria target pasar lah yang akan memberikan kontaknya. 

cara mendapatkan leads dari membuat konten premium

Strategi macam ini sebetulnya lebih banyak diterapkan oleh portal berita dan majalah online. Namun, kalau Anda tertarik menjajal cara satu ini, pastikan konten Anda benar-benar memiliki nilai plus. Jadi, pastikan konten memberi insight baru dan menjawab rasa penasaran mereka. 

5. Beri Opsi Subscribe Konten

Cara mendapatkan leads yang satu ini wajib untuk diterapkan. Utamanya, bagi Anda yang sudah menjalankan blog untuk bisnis. Dengan iming-iming dapat update eksklusif, Anda bisa dapat nama dan alamat email pengunjung secara mudah. 

salah satu cara niagahoster menjaring leads adalah dengan membuat form subscribe blog

Anda pun bisa menambahkan form subscribe di semua konten blog. Dengan memasukkan kolom nama dan alamat email, Anda bisa menjaring lead dari calon pelanggan yang sangat potensial. Terutama yang jenisnya sales qualified lead (SQL).

6. Manfaatkan Media Sosial 

Usaha mendapatkan lead juga bisa dilakukan lewat media sosial. Syaratnya, Anda punya suatu nilai plus atau konten eksklusif untuk menarik calon pelanggan.

Setelah memiliki “faktor X” yang dimaksud, Anda bisa membuat konten pengumuman di media sosial. Isinya memberitakan kalau Anda ingin membagikan konten eksklusif secara gratis. Untuk bisa mengakses konten tersebut, si calon pelanggan tinggal memberitahukan alamat emailnya.

lead dari media sosial

7. Adakan Kuis

Mendapatkan lead juga bisa dilakukan lewat kuis. Tak melulu dengan membuat kuis berhadiah, kok. Anda bisa juga membuat kuis-kuis trivial untuk tujuan senang-senang saja. 

Salah satu contoh kuis trivial ialah kuis kepribadian. Tapi, Anda bisa saja mengubah kontennya agar lebih berhubungan dengan bisnis Anda. Dengan begitu, konten yang dibuat akan jadi lebih menarik.

8. Gunakan Referral

Membuat kode referral adalah salah satu langkah yang bisa dijadikan ladang mencari leads. Cara yang satu ini memang tidak bisa menjanjikan leads banyak dalam waktu singkat. Akan tetapi, cara ini cenderung baik diterapkan dalam jangka waktu lama. 

Melalui referral pun lead yang didapat biasanya lebih berkualitas. Sebab, hanya orang-orang yang siap memakai produk lah yang ditarget lewat program ini. Namun perlu diingat, supaya program referral berhasil, Anda perlu memberikan bonus seperti kupon diskon, poin, dan lain- lain kepada si pemberi referral.

9. Tawarkan Trial Produk atau Layanan

trial untuk dapat leads

Dengan memberi opsi trial atau coba gratis, Anda membiarkan calon pelanggan merasakan seberapa kehebatan dan keampuhan produk yang dibuat.

Cara mendapatkan leads ini malah membuka dua peluang sekaligus. Pertama, peluang untuk mendapatkan calon pelanggan secara langsung. Kedua, peluang untuk mendapatkan leads dalam bentuk product qualified lead maupun service qualified lead.

10. Bagikan Kupon Diskon

Tak ada orang yang tak menyukai diskon. Itulah mengapa, penawaran diskon adalah sesuatu yang sulit ditolak. Apalagi kalau untuk mendapatkannya, mereka hanya dimintai alamat email dan sedikit info personal.

salah satu cara niagahoster memperoleh leads adalah dengan membagikan kupon diskon

Maka dari itu, cobalah bagikan kupon diskon untuk menggaet lead. Supaya bisa sekaligus menambah user, Anda boleh gabungkan strategi ini dengan opsi subscribe blog. Seperti halnya yang dilakukan di Niagahoster Blog.

Siap Berburu Lead dengan Cara-Cara di Atas?

Bisa dibilang, lead adalah salah satu hal yang penting dalam strategi bisnis. Lead merujuk pada orang-orang yang tertarik pada sebuah produk atau layanan yang ditawarkan.

Dengan memahami apa itu lead dan bagaimana cara mendapatkan leads, pelaku bisnis bisa mengubah target audiens menjadi pelanggan setia. Caranya pun bermacam-macam, mulai dari membuat konten premium, membagikan ebook, sampai menawarkan trial produk. 

Untungnya, kini Anda bisa menjangkau calon konsumen secara lebih mudah. Contohnya melalui media sosial atau website. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa website adalah sarana yang paling ideal, karena website Anda akan terlihat lebih profesional.

Nah, agar upaya mendapatkan leads makin lancar, pastikan website Anda selalu dapat diakses. Kuncinya, gunakan layanan web hosting yang andal seperti Unlimited Hosting Niagahoster.

Dengan jaminan uptime 99,9%, website Anda akan mudah diakses online 24 jam penuh. Didukung web server tercepat LiteSpeed Enterprise, website Anda akan memiliki performa optimal. Dan yang paling menarik, semua itu bisa Anda dapatkan mulai dari Rp9900/bulan saja!

Yuk, dapatkan leads dari website yang didukung Unlimited Hosting sekarang!

Imas Indra A detail-oriented and innovative writer. She developed her creative talent and expertise after years of practice in journalism, academic research, essay writing, and blogging. Currently in Niagahoster, she boosted more people to #BuildSuccessOnline using SEO and content marketing strategies. When it comes to writing, her goal is to make complex topics enjoyable.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *