Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Inilah Cara Mengatasi Laravel Error 500 dengan Mudah

2 min read

Cara Mengatasi Laravel Error 500

Apakah website Anda menggunakan framework laravel dan saat ini tidak bisa diakses karena HTTP error 500? Lalu, bagaimana cara mengatasi error 500 di laravel itu? 

Anda tak perlu terlalu khawatir. Setiap permasalahan pasti ada solusinya kok. Di artikel ini, kami akan membahas cara mengatasi laravel error 500 yang bisa Anda coba! 

Namun, sebelumnya masuk ke pembahasan cara mengatasi error http 500 , simak terlebih dulu apa saja sih yang menyebabkan error 500? 

Baca Juga: Cara Mengatasi Error 500 pada WordPress

Penyebab Error 500 pada Website

Laravel error 500

Jika Anda mendapati pesan error berupa HTTP error 500 pada server atau internal server error, hal itu berkaitan dengan kendala pada server. Namun, apa sih sebenarnya penyebabnya?

Nah inilah beberapa masalah yang mungkin jadi penyebab http error 500: 

Baca juga: Cara Install Laravel di Ubuntu

1. Web Server Belum Aktif Secara Keseluruhan 

Laravel error 500 kemungkinan terjadi karena hosting yang baru Anda beli belum sepenuhnya aktif. Biasanya, penyedia hosting masih harus melakukan proses validasi dari server terkait domain dan hosting Anda. 

Jadi, meskipun file project Anda sudah berhasil saat dites di localhost, namun server Anda belum aktif, website Anda tentu belum akan dapat diakses.

2. Kesalahan Pengaturan pada Folder Config Laravel 

Penyebab error 500 laravel selanjutnya adalah adanya kesalahan pengaturan pada folder config laravel. Bisa jadi, kode script pada folder config tersebut belum Anda isi dengan benar. 

3. File .htaccess Belum Terpasang 

File .htaccess sangat penting bagi sebuah website. Sebab, file tersebut berfungsi untuk menyimpan konfigurasi website di web server Anda. Nah, jika file .htaccess belum terpasang, bisa saja muncul error 500.  

Baca juga: Tutorial Belajar Laravel untuk Pemula

Cara Ampuh Mengatasi Error 500 Laravel 

Setelah mengetahui kemungkinan penyebab laravel error 500, sekarang mari simak cara untuk mengatasinya! 

1. Muat Ulang dan Hapus Cache Browser Anda 

Kalau error 500 di laravel ini terjadi ketika Anda baru membeli layanan hosting, bisa karena adanya proses validasi sekitar 3 sampai 24 jam. Jadi, solusinya adalah menunggu proses tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa menghapus cache browser Anda. Caranya, gunakan shortcut Ctrl + Shift + Delete dan klik Clear Data

Hapus cache browser Anda

Setelah itu, coba akses website Anda kembali. 

2. Edit Pengaturan pada Folder Config Laravel 

Jika cara sebelumnya belum belum bisa mengatasi error 500 laravel, sekarang coba edit pengaturan pada folder config laravel Anda. Begini caranya: 

  1. Masuk ke folder laravel, cari folder config > file app.php 
  2. Klik kanan pada file app.php lalu pilih edit
  3. Cari bagian URL, biasanya masih tertulis https://localhost
  4. Ganti URL tersebut dengan nama domain Anda, lalu simpan 
Edit pengaturan pada file app.php

Setelah selesai mengedit file app.php, ada satu file lagi yang perlu Anda edit: 

  1. Cari file database.php 
  2. Klik kanan file tersebut dan pilih edit
  3. Cari baris database, username, dan password dan ganti datanya sesuai database yang Anda buat untuk laravel. 
edit pengaturan file database.php

3. Pasang File .htaccess pada Folder Laravel 

Kalau pengaturan folder config tadi belum juga bisa mengatasi error tersebut, coba cek apakah file .htaccess sudah terpasang di folder laravel Anda? Jika belum, Anda perlu menambahkannya. Begini caranya: 

  1. Pilih +File pada bagian kiri atas header menu cPanel Anda
  2. Buat file dengan nama .htaccess
  3. Klik kanan pada file tersebut, lalu pilih edit
  4. Masukkan kode script berikut ini:
<IfModule mod_rewrite,c>
RewriteEngine On 
RewriteRule ^(.*)$ public/$1 [L] 
</IdModule>
  1. Simpan hasil kode script tersebut 

Atasi Error 500 Laravel Sekarang Juga! 

Ketika Anda menemukan error 500 laravel sehingga website tidak bisa diakses, ada beberapa kemungkinan penyebabnya. Mulai dari hosting yang belum sepenuhnya aktif, kesalahan pada pengaturan folder config, hingga belum memasang file .htacces. 

Nah, untuk mengatasi error tersebut, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti yang telah dijelaskan di atas. Berikut ini rangkumannya: 

  1. Refresh website dan hapus cache browser 
  2. Edit pengaturan folder config laravel 
  3. Pasang file .htaccess pada file laravel

Jika Anda telah mencoba semua langkah tersebut, tetapi error 500 laravel belum teratasi,  coba cek  kembali apakah masih terdapat error pengaturan pada file di folder config Anda. Apabila masih terjadi kendala, menghubungi customer success layanan hosting bisa menjadi solusi untuk bantuan pengecekan lebih lanjut. Semoga berhasil, ya!

Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.