Tutorial

Cara Konfigurasi SSL di CyberPanel

Apakah website Anda mendapat peringatan Not Secure ketika diakses? Jika iya, segera tingkatkan keamanannya, ya! Bagi pengguna CyberPanel, Anda bisa melakukan konfigurasi SSL CyberPanel dulu.

Harapannya, dengan jaminan keamanan yang baik, kredibilitas website bisa dijaga dan pengunjung juga menjadi lebih nyaman berinteraksi dengan website Anda.

Cara konfigurasi SSL di CyberPanel itu juga cukup mudah, kok. Artikel berikut ini akan memberikan penjelasan lengkapnya. Yuk, ikuti panduannya!

Cara Instal SSL di CyberPanel

CyberPanel dilengkapi dengan Let’s Encrypt sebagai sertifikat default untuk menjamin keamanan website. Sertifikat ini bisa Anda dapatkan secara gratis. Anda hanya perlu melakukan 4 langkah konfigurasi SSL CyberPanel berikut ini :

  1. Login ke CyberPanel
  2. Mengakses Menu SSL
  3. Melakukan Issue SSL
  4. Mengecek Validitas SSL

Nah, berikut ini panduan lengkapnya :

1. Login ke CyberPanel

Peringatan Not Secure akan muncul jika konfigurasi SSL belum dilakukan. Hal ini akan terjadi juga di halaman login CyberPanel sebagai berikut:

Nah, untuk mengaktifkan SSL CyberPanel, Anda perlu login ke panel admin CyberPanel terlebih dulu. Caranya, masukkan username dan password akun CyberPanel Anda pada kolom yang tersedia, kemudian klik Sign In.

2. Mengakses Menu SSL

Setelah masuk ke halaman dashboard, Anda dapat mengakses menu SSL dengan dua cara. Pertama, dengan mengakses langsung pada bagian Available Function seperti pada gambar di bawah ini:

Kedua, mengakses menu SSL melalui sidebar menu seperti pada gambar berikut ini:

Terdapat 3 pilihan submenu pada menu SSL di atas:

  • Manage SSL : Digunakan untuk menerbitkan SSL Let’s Encrypt pada website yang ada pada server CyberPanel.
  • Hostname SSL : Digunakan untuk menerbitkan SSL pada hostname VPS Anda. Nantinya, Anda dapat mengakses CyberPanel menggunakan protokol https.
  • MailServer SSL : Digunakan untuk menerbitkan SSL mail server. SSL ini perlu diaktifkan untuk mengakses rainloop/webmail Anda.

Baca Juga : Tutorial Membuat Akun Email CyberPanel

Kami sarankan Anda untuk menerbitkan Hostname SSL terlebih dulu agar proses manajemen VPS di CyberPanel lebih nyaman. Karena jika belum diaktifkan, setiap kali Anda berpindah halaman di CyberPanel, akan muncul peringatan seperti pada gambar berikut :

Cara mengatasinya memang mudah, cukup klik pada tombol Advanced, lalu klik Proceed to domainanda.com (unsafe). Tapi, tetap saja akan sangat mengganggu jika proses ini terus berulang, kan?

3. Melakukan Issue SSL

Ketika Anda mengakses salah satu submenu SSL, Anda akan langsung diarahkan ke halaman issue SSL. Pada tutorial kali ini, kami memilih submenu Hostname SSL untuk aktivasi CyberPanel LetsEncrypt pada hostname.

Pilih domain yang Anda gunakan pada kolom Select Website. Lalu, klik tombol Issue SSL untuk menerbitkan sertifikat SSL.

Tunggu beberapa saat hingga muncul pesan pemberitahuan SSL Issued. Anda dapat melakukan hal yang sama pada submenu Manage SSL dan MailServer SSL.

4. Mengecek Validitas SSL

Setelah sertifikat SSL berhasil diterbitkan, silahkan logout dari CyberPanel terlebih dulu. Lalu, akses kembali CyberPanel dengan alamat https://domain:8090. 

Klik ikon gembok yang terdapat pada samping kiri url Anda. Kalau hostname sudah menggunakan koneksi yang aman, sertifikat SSL-nya pun sudah valid seperti terlihat pada gambar berikut :

Baca Juga : Cara Migrasi dari cPanel ke CyberPanel

Kesimpulan

Bagaimana, sekarang peringatan Not Secure di website Anda sudah hilang kan? 

Keamanan memang salah satu faktor yang penting dalam pengelolaan website. Oleh karena itu, aktivasi SSL sangat dianjurkan.

Beruntung bagi Anda yang menggunakan CyberPanel. Sebab, ada fitur One Click SSL yang akan membuat Anda dapat mengaktifkan SSL hanya dengan satu kali klik, langsung dari dashboard CyberPanel. 

Jika Anda ingin memakai tambahan keamanan, Anda juga bisa mengaktifkannya. Namun sebelumnya, pastikan Anda memilih layanan hosting yang menawarkan fitur tersebut. CyberPanel VPS Hosting Niagahoster adalah salah satu pilihannya. 

CyberPanel VPS Niagahoster memiliki fitur Embedded Security yang menyediakan pilihan aktivasi Comodo maupun OWASP rules.

Comodo Web Application Firewall (CWAF) mendukung pengamanan data VPS pada LiteSpeed web server. Sedangkan OWASP rules bertujuan untuk melindungi website dari berbagai serangan secara real-time.

Bagaimana, Anda semakin tertarik menggunakan web hosting dengan sistem keamanan yang baik? Yuk, langsung saja berlangganan CyberPanel VPS Niagahoster!

Semoga artikel cara konfigurasi SSL di CyberPanel ini bermanfaat bagi Anda, ya 🙂

Nida Regita F

SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Share
Published by
Nida Regita F

Recent Posts

Pilih Blogspot atau WordPress? Ini Perbandingannya

Pilih Blogspot atau WordPress, ya? Sebelum memilih, cek dulu perbandingan keduanya di artikel ini.

6 hours ago

Panduan Lengkap CodeIgniter 4

Dibanding pendahulunya, CodeIgniter 4 menawarkan berbagai kelebihan, terutama pada peningkatan performa yang telah didukung PHP versi 7. CodeIgniter 4 juga…

1 day ago

Niagahoster Kembali Adakan Program #NiagahosterSalingBantu untuk yang Terdampak Pandemi

Pandemi COVID-19 di Indonesia memang menunjukkan penurunan tren kasus baru harian dalam beberapa minggu terakhir, namun hal ini tidak kemudian…

1 day ago

Belajar Docker: Definisi, Fungsi, dan Cara Menginstalnya

Mengembangkan sebuah software dengan efisien itu penting. Terutama, untuk dapat dilakukan di berbagai lingkungan pengembangan sekaligus. Nah, Docker adalah salah…

2 days ago

Produk Update Agustus 2021

Selama bulan Agustus, kami telah melakukan beberapa update fitur untuk terus meningkatkan kenyamanan pelanggan dan mengembangkan produk terbaik. Apa saja…

3 days ago

Cara Memasang Captcha Google di WordPress

Pernahkah Anda melihat postingan blog yang kolom komentarnya dibanjiri oleh komentar spam? Atau mungkin, website Anda sendiri pernah disusupi dengan…

3 days ago