Cara Melakukan Koneksi PHP ke MySQL - Niagahoster Blog

Tutorial ini sangat berguna bagi Anda yang ingin mulai belajar membuat website. Anda akan belajar cara melakukan koneksi PHP ke MySQL. Hal ini diperlukan jika Anda ingin memodifikasi, menampilkan, menghapus atau mengelola tabel yang telah dibuat pada database Anda.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda:

  • Memiliki akses ke kontrol panel hosting

Berikut ini adalah langkah melakukan koneksi PHP ke MySQL …

Langkah 1: Buat Database MySQL

Langkah ini diperlukan ketika Anda belum memiliki database MySQL. Pertama-tama, silakan buat database MySQL melalui cPanel dengan mengikuti tutorial berikut ini. Dalam tutorial tersebut database berhasil dibuat menggunakan nama niagahos_namadatabase. Nama niagahos_user sendiri berfungsi sebagai user dari database. Jika ingin menggunakan nama database Anda sendiri, silakan sesuaikan dengan nama database yang Anda inginkan.

PENTING: Setelah Anda berhasil membuat database MySQL, jangan lupa catat detail database seperti nama, username dan password dari database.

Langkah 2: Buat File Koneksi PHP untuk Dihubungkan ke Database MySQL

Di sini koneksi ke database akan berjalan dengan nama niagahos_namadatabase dan user niagahos_user. Pastikan juga Anda telah menyimpan password dari user database Anda, pada contoh ini menggunakan password passworddatabase.

Hal lain yang cukup penting, pastikan hostname yang Anda gunakan sudah benar. Kebanyakan hosting menggunakan hostname bernama localhost, sama halnya jika hosting Anda berada di layanan Niagahoster. Apabila Anda tidak menggunakan hosting di Niagahoster, silakan tanyakan  ke layanan hosting Anda mengenai hostname yang Anda gunakan.

Silakan buat file PHP pada direktori utama website maupun direktori yang Anda inginkan. Dalam contoh ini kami meletakkannya pada direktori public_html dengan nama file koneksidatabase.php. Nantinya Anda dapat mengaksesnya melalui http://namadomain.com/koneksidatabase.php.

Masukkan script koneksi ke dalam file koneksidatabase.php. Berikut ini adalah contoh kode standar yang dapat digunakan untuk melakukan koneksi PHP ke MySQL.

<?php
$servername = "localhost";
$database = "niagahos_namadatabase";
$username = "niagahos_user";
$password = "passworddatabase";

// untuk tulisan bercetak tebal silakan sesuaikan dengan detail database Anda
// membuat koneksi
$conn = mysqli_connect($servername, $username, $password, $database);
// mengecek koneksi
if (!$conn) {
    die("Koneksi gagal: " . mysqli_connect_error());
}
echo "Koneksi berhasil";
mysqli_close($conn);
?>

Metode utama pada script ini menggunakan function mysqli_connect(). Ini adalah fungsi internal PHP dan Anda dapat membaca penjelasannya di sini. Di MySQLi, huruf i  adalah improved yang berarti versi update dari MySQL.

Pada baris kode di awal, Anda akan melihat beberapa deklarasi variabel berikut value-nya. Biasanya diperlukan 4 variabel agar dapat terhubung ke database, yaitu: $servername, $database, $username, dan $password. Di bagian kode, telah ditentukan detail database sebagai value dari variable tersebut. Di dalam function mysqli_connect() Anda dapat melihat variabel tersebut digunakan.

Function mysqli_connect() akan mencoba untuk terhubung ke database sesuai value dari variabel. Jika koneksi tidak berhasil, pesan seperti di bawah ini akan muncul.

if ($conn->connect_error) {
die("Connection failed: " . $conn->connect_error);
}

Function die() dieksekusi pada bagian ini, dimana akan menghentikan script dan memberikan pesan yang telah di-set. Karenanya, secara default akan menampilkan Connection failed: dan pesan error akan membantu untuk menentukan masalahnya.

Jika koneksi berhasil, kode selanjutnya akan dieksekusi.

echo "Connected successfully";

Kode ini akan menampilkan pesan sukses sebagai ganti pesan gagal pada kondisi sebelumnya.

Bagian terakhir adalah kode berikut ini.

mysqli_close($conn);

Kode di atas akan menutup koneksi ke database dengan cara manual. Jika tidak Anda tentukan, koneksi akan tertutup dengan sendirinya setelah script berakhir. Nah, Anda dapat menggunakan baris kode ini untuk menutup koneksi.

Anda dapat menjalankan kode di atas dengan mengakses script melalui domain Anda.

Langkah 3: Cek Koneksi dan Mengatasi Masalah yang Sering Muncul

Pada langkah ini, silakan cek koneksi ke database dengan mengakses file. Pengecekan dapat Anda lakukan melalui http://namadomain.com/koneksidatabase.php.

1. Jika kode PHP berjalan dengan baik dan terhubung tanpa ada masalah, Anda akan melihat pesan berikut ini ketika mengakses script yang ada di website Anda.

2. Jika tidak berhasil terhubung, Anda akan melihat pesan yang berbeda. Sebagai contoh, di sini kami mengganti password yang ada pada kode PHP dan muncul pesan seperti di bawah ini.

Apabila Anda melihat pesan seperti di atas, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah cek detail database. Penyebab lain error seperti contoh di atas dapat terjadi adalah karena user yang Anda gunakan belum terhubung ke database. Untuk memastikannya Anda dapat melakukan pengecekan apakah user sudah terhubung atau belum melalui menu MySQL Databases di cPanel Anda.

Jika sudah terhubung, Anda akan melihat keterangan seperti gambar di bawah ini.

koneksi php ke mysql

3. Error lain yang sering muncul adalah tampilnya error server host seperti gambar di bawah ini.

Hal seperti di atas dapat terjadi karena hostname yang digunakan salah dan script PHP tidak dapat terhubung ke server.

Hal yang cukup penting untuk mengecek penyebab error adalah dengan mengecek file error_log. Anda dapat menemukannya pada folder yang sama dengan script yang Anda jalankan.

Sebagai contoh, jika Anda menjalankan script pada direktori public_html, Anda akan menemukan file error_log pada direktori public_html. Di dalam file tersebut terdapat semua laporan error yang dapat Anda gunakan untuk melakukan troubleshooting.

Kesimpulan

Pada tutorial ini, kami telah membahas pengetahuan dasar mengenai database berikut cara melakukan koneksi PHP ke MySQL. Anda dapat menggunakan tutorial ini sebagai panduan dasar ke tahap script serta konfigurasi PHP lanjutan. Melakukan koneksi ke database adalah langkah pertama yang paling penting Anda lakukan.

Apakah Anda masih memiliki pertanyaan? Jangan ragu untuk menyampaikannya pada kolom komentar di bagian akhir halaman ini! Terus dapatkan ulasan terbaru seputar dunia online dari kami langsung melalui inbox email Anda dengan klik Subscribe sekarang 😊

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

  • Angga Indriya

    Tutorialnya bagus tp saya masih punya kendala saat mencoba koneksi database ke komputer lokal. Mohon bantuannya..

    • Waryanto

      Untuk kenadalanya seperti apa mas? apakah ada error yang tampil?

  • akil

    permisi mas, numpang tanya,, saya mencoba mengkoneksikannya dengan database tapi tidak muncul kata2 seperti koneksi berhasil atau hanya muncul blank putih saja, itu termasuk berhasil atau gagal ya?

    • Waryanto

      Pastikan untuk detail database sudah sesuai, atau Anda dapat mencobanya terlebih dahulu di localhost.

Scroll Up