Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. His mission is trying to help as many people as possible through his contents. He loves fantasy and sci-fi stories, ranging from video games, TV series, comics, movies, and books.

Mijek: Ingin Sukses Berbisnis? Jeli lah Lihat Peluang Pasar

6 min read

Featured Image Mijek Ingin Sukses Berbisnis Jeli lah Lihat Peluang Pasar

Salah satu cara terbaik untuk memulai bisnis adalah dengan mengisi kekosongan di pasar. 

Maksudnya, Anda memberikan solusi baru atas masalah yang dihadapi masyarakat. Atau, segera memenuhi permintaan masyarakat yang belum terpenuhi. 

Itulah yang dilakukan oleh Mijek! 

Startup ojek online asli Kabupaten Mimika ini berani membuat gebrakan demi memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat. Pemanfaatan teknologi yang diramu dengan strategi branding yang jitu, terbukti membuat Mijek mendapat tempat di hati masyarakat. 

Bukankah enak kalau bisnis baru mulai, tapi sudah mendapatkan banyak pelanggan?

Nah, apakah Anda penasaran bagaimana Mijek melakukannya? Simak cerita lengkapnya di bawah ini, ya!

Baca juga: 7 Cara Memulai Bisnis Startup untuk Pemula

Melihat Solusi Kelas Global untuk Masalah Lokal

Sampai artikel ini ditulis, entah kenapa ojek online raksasa di Indonesia belum beroperasi di Mimika. 

Padahal, warga Mimika membutuhkan transportasi yang mudah dijangkau, murah, dan nyaman. Baik untuk transportasi orang, maupun berbagai kebutuhan lain seperti jasa pesan makanan. Dengan kata lain, ada permintaan pasar yang belum terpenuhi.

Nah, inilah peluang yang dilihat oleh Izzy, sang pendiri Mijek. Ia melihat kekosongan di pasar, lalu menawarkan Mijek sebagai solusi transportasi bagi warga Mimika.

Dibentuk pada tanggal 14 Juni 2019, Mijek menawarkan solusi transportasi yang tak tanggung-tanggung! Sebab, hampir semua kebutuhan masyarakat mampu ditawarkan. Tentu saja, totalitasnya sebagai bisnis patut diacungi jempol.

Lalu, apa saja yang ditawarkan Mijek?

Pertama, ojek biasa yang dapat dipesan dari mana saja dan kapan saja secara online. Kemudian, ada juga layanan pesan antar makanan yang siap melayani delivery untuk konsumen dari berbagai restoran di Mimika. Bahkan, ada layanan pembelian berbagai kebutuhan sehari-hari.

“Saya ingin menghadirkan sesuatu yang baru di sini,” kata Izzy selaku CEO Mijek.

Tak hanya muncul sebagai solusi baru, Mijek juga membuktikan diri mampu bertahan. Padahal, alasan ojek online besar belum masuk Mimika adalah takut tak bisa survive.

Dengan kata lain, jika Izzy tak mengambil langkah berani dalam membangun Mijek, tentu warga Mimika belum mendapatkan solusi transportasi terbaik.

Lalu, apakah semulus itu langkah Izzy dalam membangun Mijek? Oh, tentu tidak. 

Izzy mempunyai dana dan sumber daya manusia yang terbatas. Ia tak bisa asal hire orang untuk membuat aplikasinya dan harus berhati-hati dalam menggunakan anggaran.

Jadi, Izzy harus meraba-raba strategi yang akan digunakan dan putar otak untuk memanfaatkan apa yang dipunya dengan maksimal.

Bahkan, Izzy sampai harus mengganti source code aplikasinya hingga empat kali untuk menemukan mana yang pas. Ia pernah menggunakan source code dari India. Namun, karena tidak cocok dengan topologi aplikasinya, source code dari Indonesia-lah yang dipake sampe sekarang.

Strategi Amati, Tiru, dan Modifikasi yang Tepat

Tidak ada ide yang benar-benar asli dan baru. Ide tersebut pasti merupakan olahan atau modifikasi dari ide yang sudah ada sebelumnya.  

Itulah mengapa di dunia bisnis ada konsep bernama ATM alias Amati Tiru Modifikasi

Konsep ATM bukanlah plagiat. Sebab, plagiat adalah mengambil hasil karya orang lain dan menjadikannya seolah-olah buatan Anda sendiri. Sedangkan ATM adalah mengambil inspirasi dari ide atau karya orang lain, kemudian mengubahnya menjadi sesuatu yang baru dan berbeda milik Anda.

Nah, konsep ATM ini berhasil dieksekusi Mijek dengan sempurna. 

Mijek membuat layanan yang tidak kalah dengan duo ojek online raksasa karena memang terinspirasi dari mereka. Bahkan, warna yang digunakan Mijek pun juga dibuat serupa dengan sumber inspirasi tersebut.

Izzy juga menjelaskan bahwa alasan di atas-lah yang membuatnya memilih hijau sebagai brand:

“Warna hijau sudah tertanam di benak orang sebagai ojek online. Bahkan, di daerah yang belum ada ojek online dan hanya lihat di TV. Jadi, kalau ada orang lihat ojek pake baju hijau pasti ini ojek online,” 

Hal ini tentu saja menguntungkan, baik untuk Mijek sendiri dan calon konsumennya. Kenapa demikian? Inilah alasannya:

  1. Mijek tak perlu edukasi audiens mengenai semua layanan dan fiturnya dari nol.
  2. Promosi dan branding Mijek juga lebih mudah karena orang sudah familiar dengan ojek online.
  3. Konsumen tidak akan bingung dengan teknologi atau fitur yang dihadirkan Mijek.

Tak berhenti branding, Mijek juga menggunakan strategi digital marketing yang mirip dengan duo ojek online raksasa. Mulai dari social media marketing lewat Facebook, Twitter, dan YouTube. Plus, memiliki website sendiri yang memuat semua informasi mendalam tentang Mijek.

banner panduan digital marketing

Mengapa Website Begitu Vital Bagi Bisnis Mijek?

Mijek memang beroperasi menggunakan aplikasi selayaknya ojek online lainnya. Namun, orang mengenal Mijek lebih dekat bukan melalui aplikasinya, melainkan dari websitenya.

Website Mijek dengan alamat di mijek.co.id

Website yang beralamatkan mi-jek.co.id ini memuat berbagai informasi lengkap tentang Mijek. Mulai dari foto kegiatan, lokasi kantor yang sudah terintegrasi dengan Google Maps, hingga panduan cara menjadi mitra. 

“Pengaruh website sangat signifikan. Sebagai portal pertama untuk tahu Mijek,” ujar Izzy.

Mijek memahami bahwa website bagi bisnis di era digital adalah kewajiban.

Alasan pertama, website lebih sulit ditiru dibanding media sosial. Jadi, bisa menjadi identitas online untuk jangka panjang.

Selain itu, website tak hanya memudahkan calon konsumen untuk mengenal Mijek lebih jauh tapi juga bisa meningkatkan kredibilitas Mijek di mata konsumen.

“Apalagi kalau websitenya cepat dan ringan. Buat tambahan pertimbangan juga kalau bukan (bisnis) abal-abal,” kata Izzy.

Memang, website yang cepat dan mudah diakses itu sangatlah penting. Berdasarkan penelitian, 53% pengunjung hanya memiliki tingkat kesabaran selama tiga detik saja. Jika tidak segera terbuka, mereka akan langsung pergi. 

ebook kecepatan website

Andil Besar Nama Domain dalam Kesuksesan Brand MiJek

Nama yang bagus bagi bisnis itu ibarat investasi jangka panjang. Terutama, untuk tujuan branding dan mempermudah promosi ke depannya. Jadi, sebaiknya Anda menggunakan nama yang profesional dan mudah diingat.  

Nah, Izzy paham betul akan hal tersebut dan itulah kenapa dia memilih brand Mijek. 

“…Ini saya hadirkan ini (Mijek), teknologi sudah masuk. Makanya, saya kasih nama bukan nama global, tapi nama khusus kabupaten yakni Mimika Ojek,” katanya.

Baca juga: Apa Itu Branding? Apa Pentingnya bagi Bisnis Anda?

Selain nama bisnis, pemilihan domain .CO.ID untuk website Mijek pun juga tepat sasaran. Kenapa demikian? Ada dua alasannya:

1. Domain Lokal untuk Bisnis Lokal 

Berbeda dengan duo ojek online raksasa yang juga bermain di pasar global, Mijek hanya beroperasi di Mimika saja. Jadi, pemilihan domain .CO.ID untuk website Mijek adalah langkah terbaik karena sesuai calon konsumennya. 

“Ekspansi belum mikir. Karena susah ekspansi menggunakan nama lokal. Tapi, tidak apa-apa karena bakti saya ke Indonesia khususnya Mimika sini,” jawab Izzy saat ditanya apakah ada rencana ekspansi Mijek keluar Mimika.

2. Orang Lebih Mengenal dan Percaya Domain .CO.ID

Hanya pengguna di Indonesia yang berhak menggunakan Top Level Domain (TLD) .CO.ID.

Maka dari itu, dengan memakai Mijek.co.id, orang-orang langsung tahu bahwa Mijek benar-benar dari Indonesia. Sangat cocok dengan “misi” yang dibawa Mijek, yakni kebanggan produk asli Mimika. 

Apalagi, agar website bisa menggunakan .CO.ID itu harus menyerahkan dokumen persyaratan yang lengkap. Hal ini sangat berbeda dengan domain .COM. 

Dengan begitu, anggapan bahwa Mijek itu bisnis yang profesional akan langsung terbentuk.  

Nah, jika Anda bingung memilih nama dan domain yang tepat, berikut kami berikan tips singkatnya memilih domain seperti Mijek.

  • Sederhana

Nama yang sederhana membuat bisnis Anda mudah diingat oleh siapapun. Hal ini penting karena sia-sia saja jika Anda membangun bisnis dengan baik tapi nama Anda sulilt dikenal. 

  • Mudah Dieja dan Diketik

Gunakanlah nama yang mudah untuk dieja untuk menghindarkan orang dari salah ketik atau susah mengingatnya. Jika bisnis Anda tidak muncul di Google bisa memberikan kesan Anda tipu-tipu. Padahal, alasannya karena konsumen salah ketik di kolom pencarian.

  •  Sesuaikan dengan Target Pasar

Jika target pasar Anda orang Indonesia saja, sebaiknya gunakan nama dan domain yang identik bagi target pasar tersebut.

Sebegai contoh, sebagai bisnis transportasi atau ojek online, penggunaan “jek” pada brand Mijek lebih mudah dipahami konsumen. Bayangkan jika menggunakan istilah bahasa asing yang kurang dipahami seperti hailing ride? Tentu kurang sesuai dengan target pasar.

  • Targetkan Area Bisnis Anda

Apabila bisnis Anda hanya mencakup wilayah tertentu saja, tak ada salahnya untuk menggunakan nama wilayah tersebut. Seperti Mijek yang merupakan singkatan dari “Mimika Ojek” karena memang hanya beroperasi di Mimika saja.

  • Tentukan Ekstensi Domain yang Pas

Setiap ekstensi domain saat ini .COM, .CO.ID, .NET, dan lain-lain. Anda bisa memilihnya dengan tepat sesuai fungsinya masing-masing. Misalnya, .ORG untuk organisasi atau .SCH.ID untuk sekolah yang tentu saja tidak cocok untuk bisnis.

Mijek menggunakan langkah yang sama. Dengan ekstensi domain .CO.ID, Mijek ingin menunjukkan bahwa memang target pasarnya hanyalah orang Mimika dan Indonesia pada umumnya.

Baca Juga: 9 Tips Membuat Nama Toko Online dan Contohnya

Hosting Lokal: Penggerak Kesuksesan Bisnis Agar Lebih Optimal

Mijek memanfaatkan hosting lokal sebagai penggerak bisnisnya

Selain nama dan domain yang bagus, website bisnis juga harus didukung oleh hosting yang mumpuni agar bisa berfungsi optimal. 

Itulah yang dipikirkan Izzy ketika memilih hosting untuk website Mijek. Ada banyak hal yang harus dijadikan pertimbangan. Mulai dari sisi keamanannya, kecepatan, dukungan customer support, hingga harga.

Baca Juga: 6 Cara Memilih Web Hosting Terbaik untuk Website Anda

Nah, untuk urusan ini, sejak awal Izzy mempercayakan pilihannya pada hosting lokal Niagahoster. Sebab, hosting lokal itu mempunyai keunggulan yang tak dimiliki hosting luar negeri, seperti:

1. Harga Bersahabat

Hosting luar negeri memasang harga dalam bentuk Dollar. Artinya, jika nilai tukar Dollar atas Rupiah naik, biaya yang Anda keluarkan pasti akan lebih besar.

Hal ini tak akan terjadi jika menggunakan hosting lokal. Jadi, biaya berlangganan Anda bisa lebih stabil. Selain itu, hosting lokal juga sering memberikan diskon yang membuat anggaran membuat website jauh lebih terjangkau.

2. Website Lebih Cepat Diakses

Sesuai namanya, hosting lokal menempatkan server dekat dengan lokasi pengguna. Contohnya, Niagahoster dengan server yang berlokasi di Indonesia.

Keuntungan menggunakan server yang dekat akan dengan pengguna adalah kecepatan akses website. Tanpa menunggu loading lama, website bisa cepat dibuka. 

Nah, karena target bisnisnya adalah warga Mimika, tak salah Mijek menggunakan hosting lokal sebagai pendukung bisnis mereka. Apalagi, hosting lokal juga tak kalah dalam penggunaan teknologi canggih yang terbaru.

Sebagai contoh, penggunaan Data Center Tier-4 DCI Indonesia yang berstandar internasional sehingga memberikan jaminan uptime hingga 99,99%. Selain itu, adanya server mumpuni seperti LiteSpeed yang dapat diandalkan untuk meningkatkan kecepatan website Anda lebih optimal.

3. Kemudahan Customer Support

Hosting lokal memberikan berbagai kemudahan layanan pelanggan. Mulai dari layanan dengan customer support berbahasa Indonesia hingga berbagai channel komunikasi yang disediakan.

Kenapa hal ini cukup membantu Anda? Sebab, bagi Anda yang tidak fasih berbahasa Inggris, Anda bisa dengan mudah curhat semua masalah terkait website tanpa pusing merangkai kata.

Selain itu, Anda memiliki banyak pilihan untuk menghubungi CS. Mulai dari telepon hingga email. Bahkan, ada juga layanan live chat yang bisa membalas pertanyaan Anda secara real time tanpa menunggu lama.

Nah, semua keunggulan di atas sudah dirasakan sendiri oleh Izzy ketika menggunakan layanan Niagahoster.

Yang paling ia sukai adalah customer support yang cepat  dan tanggap. Kenapa begitu berkesan? Sebab, ia pernah hanya menunggu beberapa detik saja dan pertanyaannya sudah dijawab dengan memuaskan.

Apa yang Dapat Dipelajari dari Mijek?

Melalui Mijek, Izzy menunjukan bahwa dalam memulai bisnis, Anda harus jeli melihat peluang dan berani action. Jika ragu-ragu, peluang emas tersebut bisa saja diambil oleh orang lain.

Namun, langkah Anda harus diikuti dengan menerapkan strategi yang tepat. Sebab, Anda perlu melakukan berbagai langkah untuk pengembangan bisnis untuk jangka panjang. 

Izzy sudah membuktikannya dengan Mijek. Ia berhasil menerapkan konsep ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) dengan sempurna hingga menyiapkan upaya digital marketing yang komplit.

Yang tak kalah penting, Mijek fokus pada website dengan performa tinggi yang mengandalkan hosting lokal, Niagahoster.

Baca juga: 10+ Keunggulan WordPress Hosting Niagahoster, Buat Website Makin Gampang!

Maka dari itu, tak usah takut untuk mengambil peluang atau mengisi kekosongan di pasar. Seperti kata Albert Einstein: “Ada peluang di tengah-tengah kesulitan.”

Jadi, tunggu apa lagi? Segera ambil peluang bisnis di sekitar Anda dan buat website untuk menunjangnya!

download-ebook-membuat-website

6
Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. His mission is trying to help as many people as possible through his contents. He loves fantasy and sci-fi stories, ranging from video games, TV series, comics, movies, and books.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]