Categories: Marketing

5 Kelebihan Domain ID yang Wajib Anda Ketahui

Banyak pengguna website yang menganggap kalau domain .ID tidak bisa menjual secara komersial dibanding alamat domain .COM. Bahkan, domain ID dianggap kurang andal untuk dapat bersaing secara global. Padahal, pendapat seperti ini sangatlah tidak benar.

Justru, kredibilitas website Anda bisa tetap tinggi walau memakai domain ID. Bahkan, saat ini juga banyak user dari luar negeri yang menggunakan alamat domain ini.

Supaya Anda bisa lebih mengenal apa saja kelebihan domain ID, simak langsung penjelasannya di bawah ini, ya.

Apa itu Domain ID?

Domain .ID adalah salah satu bagian dari ccTLD (Country Code Top Level Domain). Jenis domain satu ini dikhususkan untuk website yang berada di dalam Indonesia. Website dengan ekstensi TLD dua huruf ini biasanya ditujukan untuk memudahkan pengguna mengenal asal negara website tersebut.

Ulasan lengkap mengenai apa itu domain dan TLD bisa Anda baca di Apa Itu Domain? [Semua Hal yang Harus Anda Ketahui].

ccTLD itu sendiri telah digunakan sejak tahun 1985 dan pertama kali memperkenalkan domain .US (Amerika), .UK (Inggris) dan .IL (Israel). Sedangkan, domain ID mulai banyak dipakai pada tahun 1993, walaupun sebenarnya sudah terbentuk sejak tahun 1990.

Kemudian, pada bulan Mei 2007, segala hal yang berkaitan dengan nama domain ID akan diatur oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia) yang sebelumnya diawasi oleh Kominfo. Bahkan, PANDI mengungkapkan kalau minat pengguna domain beridentitas Indonesia ini sudah semakin meningkat.

Hal ini dibuktikan dari laporan PANDI yang mencatat bahwa terdapat 318.090 website yang menggunakan domain .ID di bulan Juni 2019. Bahkan, 4,39 persennya (13.964) berasal dari pengguna luar negeri, lho.

Baca juga: Cara Sukses Jadi Reseller Hosting dan Domain.

Mengenal 5 Kelebihan Domain ID

Kebanyakan orang memakai ekstensi .ID mungkin karena bentuk cintanya terhadap Indonesia. Namun terlepas dari itu, ada banyak kelebihan domain ID yang belum diketahui banyak orang.

Apa saja? Berikut adalah ulasannya:

1. Kredibilitas Tinggi atau Lebih Terpercaya

Website dengan ekstensi domain ID nampak lebih terpercaya. Mengingat, proses pembuatannya yang membutuhkan identitas resmi seperti bukti KTP atau dokumen penting lainnya.

Dengan begitu, pemilik website wajib untuk berhati-hati dalam menyajikan konten, alias tidak boleh sembarangan. Karena, jika konten tersebut menganut informasi negatif atau hoax, hal ini bisa ditindak tegas karena dianggap sebagai kasus penipuan.

2. Memperoleh Ranking Tinggi di Search Engine

Memperoleh ranking tinggi di mesin pencari tentu menjadi tujuan utama bagi setiap pemilik website. Apalagi jika Anda yang mengincar traffic di negara Indonesia saja, maka penggunaan domain .ID bisa menjadi elemen pendukung yang cukup berperan.

Dilansir oleh MOZ, website yang menggunakan ccTLD ranking-nya akan meningkat. . Sebab, Google mendeteksi bahwa website tersebut relevan dan berhubungan dengan  area tertentu.

Jadi kalau target audiens Anda ada di Indonesia, domain .ID adalah pilihan yang tepat. Sebab, Google pun akan menganggap website Anda lebih relevan.

3. Pengaksesan yang Lebih Cepat

Ternyata, menggunakan domain .ID bisa meningkatkan kecepatan akses pada website, lho. Karena Domain Name Server (DNS) berasal dari Indonesia, maka otomatis akses website menjadi lebih cepat.

Secara langsung, hal ini pun menjadi berpengaruh pada pengalaman pengunjung maupun performa SEO website Anda. Untuk membangun website yang user friendly, Anda bisa mengikuti beberapa tipsnya pada artikel kami di 11+ Kriteria Website User Friendly.

4. Tersedia Banyak Kuota Nama Domain

Buat Anda yang kesulitan membuat nama domain unik dengan ekstensi .COM, lebih baik gunakan domain ID saja!

Kenapa? Karena pemilik website yang menggunakan ekstensi .COM sudah terlalu banyak Nama domain yang dipakai untuk ekstensi .COM jadi terbatas.

Beda dengan  ekstensi ccTLD .ID yang masih lebih sedikit digunakan. . Dengan begitu, Anda bisa mengandalkan keyword-keyword potensial untuk dijadikan alamat domain situs Anda.

5. Penggunaan yang Lebih Aman dan Nyaman

Dengan adanya syarat  KTP atau dokumen legalitas lain saat mendaftar sebagai pengguna domain .ID, jelas lah kalau ekstensi domain .ID dijamin sangat aman.

Apalagi, setiap nama domain yang tersedia sudah jelas terdaftar oleh PANDI. Maka, seumpama ditemukan adanya tindakan yang melanggar hukum, PANDI pun tidak akan segan untuk memblokir website tersebut.

Baca juga: 9+ Cara Mudah Agar Website Cepat Diindeks Google

Jenis-Jenis Ekstensi Domain ID

Domain ID juga memiliki ekstensi tingkat dua (2nd level domain) yaitu:

1. Domain .AC.ID

Ekstensi domain satu ini digunakan untuk perguruan tinggi. Di Indonesia, perguruan tinggi tersebut harus secara resmi telah terdaftar pada Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Agama atau kementerian lain yang memiliki hak untuk memberikan izin pendidikan ke berbagai universitas.

2. Domain .SCH.ID

Ekstensi “sch” itu sendiri merupakan singkatan dari school yang berarti sekolah. Domain ini memang diperuntukkan untuk lembaga pendidikan formal dari TK hingga SMA. Namun, ekstensi ini juga bisa dipakai oleh lembaga pendidikan non-formal. Asalkan, lembaga tersebut telah disahkan oleh SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) wilayah masing-masing.

3. Domain .GO.ID

Ekstensi ini khusus digunakan oleh berbagai lembaga atau instansi pemerintah sipil. Dengan begitu, domain .go.id tidak bisa dipakai oleh user reguler. Untuk instansi yang hendak menggunakan domain ini pun perlu mendaftarkan langsung ke situs domain.go.id yang dikelola langsung oleh Kominfo.

4. Domain .DESA.ID

Sesuai namanya, ekstensi domain satu ini diperuntukkan untuk desa-desa yang ingin membangun website. Sama dengan domain .go.id, pengguna yang ingin membangun website desa perlu mendaftarkan langsung ke situs domain.go.id yang telah diatur oleh Kominfo.

Untuk mengetahui bagaimana cara membangun website desa, Anda bisa simak penjelasan lengkapnya pada artikel kami di Cara Membuat Website Desa, Manfaat & Contohnya.

5. Domain .OR.ID

Domain .or.id merupakan ekstensi yang dikhususkan untuk organisasi, komunitas, maupun yayasan tertentu. Untuk bisa menggunakan domain ini, ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi. Misalnya, KTP dan surat kerja internal organisasi.

6. Domain .CO.ID

Termasuk sebagai salah satu ekstensi terpopuler. Domain co.id paling umum digunakan khususnya untuk bidang usaha yang memiliki legalitas hukum dan bergerak di Indonesia.

Biasanya, para pendaftar yang ingin menggunakan ekstensi ini akan diminta untuk melengkapi beberapa dokumen penting. Seperti dokumen kepemilikan merek, surat ijin perdagangan, KTP dan lain-lain. Terutama bila pihak tersebut memang bertujuan untuk mendirikan PT (Perseroan Terbatas), CV atau firma.

7. Domain .BIZ.ID

Lain halnya dengan domain co.id, ekstensi satu ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin membangun website bisnis dengan skala yang lebih kecil. Misalnya, usaha dagang atau UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah).

8. Domain .NET.ID

Berikutnya adalah .net.id, yang merupakan ekstensi domain khusus perusahaan yang bergerak di bidang layanan telekomunikasi dan internet. Biasanya, untuk menggunakan domain ini, Anda perlu menyerahkan dokumen pendukung seperti KTP dan Surat Izin Usaha Telekomunikasi.

9. Domain .MY.ID

Nama “my” menunjukkan bila ekstensi domain ini digunakan untuk kepentingan personal. Makanya, kebanyakan ekstensi domain .my.id seringkali dipakai untuk pengguna yang memiliki blog pribadi.

10. Domain .WEB.ID

Tidak jauh berbeda dengan .my.id, domain .web.id juga dapat digunakan untuk berbagai jenis website. Baik untuk kebutuhan personal maupun institusi. Pendaftarannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu melampirkan salinan KTP saja.

Bila masih bingung bagaimana trik menentukan nama domain yang ideal untuk bisnis, Anda bisa mengikuti langkah-langkah melalui artikel kami di Strategi Memilih Nama Domain untuk Bisnis Anda.

Baca juga: Setelah Beli Domain, Apa yang Bisa Dilakukan?

Gunakan Domain ID Sekarang Juga!

Gimana? Banyak kan kelebihan yang dimiliki ekstensi domain .ID? Selain semua kelebihan itu, memakai domain .ID juga menunjukkan brand dari Indonesia.

Nah, bagi Anda yang ingin menikmati kelebihan domain ID, Anda bisa memanfaatkan promo domain ID. Dengan ini, Anda bisa membeli domain ini dengan harga yang murah.

Domain ID Mulai dari Rp25 ribu
Sekar Ningtyas

As a content writer, Sekar always tries to help people in scaling up their competencies about WordPress, SEO and digital marketing through the simplest way.

Share
Published by
Sekar Ningtyas
Tags: domain

Recent Posts

Mengenal DHCP Server: Fungsi dan Cara Kerjanya

Dalam dunia internet, ada banyak hal yang bisa memudahkan pengelolaan jaringan. Salah satunya, DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol). Protokol ini…

19 hours ago

Pikat Pembaca Anda dengan 11+ Contoh Copywriting Headline Ini!

Ada banyak cara untuk membuat pembaca jatuh cinta pada pandangan pertama. Salah satunya dengan ramuan copywriting. Pelajari berbagai tipe copywriting…

2 days ago

Backend Developer: 5+ Skill yang Harus Dikuasai untuk Jadi Profesional

Kebutuhan website yang kian besar dan kompleks membuat seorang developer harus memiliki skill mumpuni. Inilah yang mendorong munculnya keahlian khusus…

3 days ago

Belajar Membangun Personal Branding yang Menarik di Niagahoster Lite Bites

Percaya tidak? Setiap orang itu memiliki personal branding. Terlepas mereka sengaja membangunnya atau tidak. Anda perlu menggali sisi yang khas…

4 days ago

Hanya di Niagahoster Lite Bites! Belajar Menggunakan Podcast untuk Strategi Branding!

Tahukah Anda? Hasil riset membuktikan kalau popularitas Podcast di Indonesia terus meningkat di kalangan anak muda. Tren pencarian podcast di…

4 days ago

Media Sosial vs Website: Manakah yang Terbaik untuk Mengawali Bisnis Rumahan?

Ketika berencana untuk membangun bisnis rumahan. Barangkali Anda berpikir untuk menggunakan platform media sosial. Terutama untuk aktivitas pemasarannya. Tapi, apakah…

4 days ago