Tutorial

Kelebihan dan Kekurangan cPanel Hosting yang Wajib Anda Tahu

Hingga kini, cPanel dianggap sebagai control panel hosting sejuta umat. Namun, apa iya yang terpopuler itu pasti yang terbaik? 

Makanya, Anda perlu tahu kelebihan dan kekurangan cPanel terlebih dahulu. Tapi tenang, Anda tak salah tempat, kok! Kali ini, kami akan mengulas kelebihan dan kekurangan cPanel secara mendalam. Anda jadi penasaran, kan?

Yuk langsung simak artikel selengkapnya!

Manfaat cPanel

cPanel adalah software control panel hosting berbasis Linux untuk mengelola fitur-fitur yang disediakan penyedia hosting murah dengan tampilan yang user friendly.

Pada dasarnya, cara kerja cPanel tak jauh beda dengan software control panel hosting lain. Yaitu, mempermudah Anda melakukan konfigurasi berkaitan dengan hal-hal berikut:

1. Melihat Informasi Dasar Hosting

Dengan cPanel, Anda dapat mengetahui informasi dasar berkaitan dengan hosting yang Anda sewa. Misalnya untuk cek IP hosting yang diberi penyedia hosting, atau mengetahui informasi server dengan cara melihat Name Server di cPanel.

Baca juga: cPanel vs Webmin

2. Membuat dan Mengelola Akun Email

Ingin membuat email dengan nama domain sendiri, misalnya seperti hello@domainsaya.com?

Gampang! cPanel memungkinkan Anda membuat email dengan domain yang sudah Anda daftarkan, loh.

Bagaimana caranya? Silakan kunjungi panduan cara membuat email dengan domain sendiri di cPanel.

Baca Juga: List atau Daftar Hosting cPanel Gratis

3. Mengelola dan Membackup File Website

Manfaat cPanel lainnya adalah untuk mengelola file-file milik website Anda. Dengan cPanel, Anda bisa mempraktikkan cara upload website ke hosting maupun mengakses file dari jarak jauh dengan metode File Transfer Protocol (FTP).

Oh ya, cPanel juga memudahkan Anda melakukan backup file website. Hal ini sebagai langkah preventif, jika sewaktu-waktu file Anda tak sengaja terhapus atau mengalami kerusakan.

Baca juga: cPanel vs DirectAdmin

4. Membuat dan Mengelola Database

cPanel menyediakan sederetan fitur untuk memudahkan Anda mengelola database. Misalnya seperti membuat database MySQL, menambahkan akun pengguna, sampai mengatur hak akses masing-masing pengguna.

5. Mengelola Domain dan DNS

Tak hanya database, cPanel juga bermanfaat untuk mengelola hal-hal terkait dengan domain. Mulai dari menambahkan Addon Domain, membuat Subdomain di cPanel, mengatur Parkir Domain atau Aliases, serta melakukan setting DNS di cPanel.

Baca juga: cPanel vs CyberPanel

6. Menginstall Berbagai Software

Dengan cPanel, Anda menginstall aneka software untuk mempermudah proses pengembangan website. Nah, sebagian besar software tersebut dapat Anda temukan via Softaculous App Installer.

Itu tadi sekilas tentang manfaat cPanel. Berikutnya, yuk mengenal kelebihan dan kekurangan cPanel!

Kelebihan cPanel

Apa keunggulan dari cPanel? Ini dia penjelasannya:

1. Aneka Fitur yang Melimpah

Kelebihan cPanel yang pertama adalah ketersediaan fitur yang melimpah. Saking komplitnya, Anda bisa menggunakan beberapa fitur berbeda untuk satu tujuan yang sama.

Sebagai contoh untuk melakukan backup, cPanel memberi Anda tiga opsi berbeda. Mulai dari JetBackup, Backup Wizard, maupun fitur Backup bawaan.

Baca juga: cPanel vs Webuzo

2. Mudah Digunakan oleh Pemula

Kelebihan cPanel yang lain bisa ditengok dari sisi kemudahan. Control panel ini mengusung tampilan GUI (Graphical User Interface). Otomatis, ia lebih mudah dipahami dan digunakan, bahkan oleh pemula sekalipun.

Tak hanya itu, fitur-fitur di cPanel juga ditata berdasarkan kategorinya masing-masing. Sehingga, Anda tak akan kesulitan mencari fitur yang dibutuhkan.

3. Populer dan Banyak Tersedia di Hosting

Berdasarkan survey W3Techs, cPanel menduduki posisi kedua control panel hosting terpopuler dengan persentase 9%. Bahkan di Indonesia, cPanel ternyata jauh lebih populer.

Bisa dibilang, hampir semua penyedia layanan hosting menggandeng cPanel sebagai software resmi untuk mengelola fitur-fitur yang mereka sediakan.

Baca juga: cPanel vs SPanel

4. Panduan dan Dokumentasi Lengkap

Semakin populer sebuah software, biasanya semakin lengkap panduan penggunaannya. Begitu pula dengan cPanel. Software control panel ini menyediakan dokumentasi yang cukup lengkap di laman resmi.

Sampai di sini, Anda sudah mengenal beberapa kelebihan cPanel. Tentu saja, software ini juga punya kekurangan. Apa saja itu? Jawabannya ada di poin setelah ini!

Kekurangan cPanel

Apa saja kekurangan dari cPanel? Berikut penjabarannya:

1. Performa Agak Lambat

Kekurangan cPanel yang pertama adalah kinerjanya agak yang lambat. Hal ini merupakan konsekuensi dari ratusan fitur yang dijejalkan ke dalam software tersebut.

Otomatis, resource hosting untuk pengguna menjadi lebih cepat habis, karena sudah terpakai untuk menginstall cPanel beserta isinya.

Baca juga: Cara Reset Hosting cPanel

2. Membingungkan Sebagian Pengguna

Kekurangan cPanel yang berikutnya juga masih berhubungan dengan fitur. Banyaknya opsi fitur untuk tujuan yang sama bisa saja membingungkan sebagian pengguna.

Alih-alih dimudahkan karena banyaknya pilihan, mungkin Anda malah bingung sendiri mau pakai fitur yang mana, kan?

3. Biaya Langganan Mahal

Sebagai software berbayar, biaya sewa cPanel terbilang mahal. Varian termurahnya dibanderol $15.99 atau setara Rp230 ribuan per bulan.

Pun demikian, jika Anda membeli hosting yang dikelola penyedia layanan, harga sewa cPanel biasanya lebih murah karena sudah termasuk biaya langganan hosting.

Misalnya di Niagahoster. Anda bisa mencoba layanan hosting plus cPanel seperti Unlimited Hosting, Cloud Hosting, WordPress Hosting, dan VPS cPanel.

Nah, itu dia kekurangan dan kelebihan cPanel. Eits, jangan kemana-mana dulu karena kami masih punya satu informasi lagi di poin berikutnya!

Sudah Paham Kelebihan dan Kekurangan cPanel, kan?

Dari penjelasan lengkap tentang kelebihan dan kekurangan cPanel, kami bisa merangkum seperti berikut:

Kelebihan cPanel: Aneka fitur yang melimpah, mudah digunakan oleh pemula, populer dan banyak tersedia di hosting, serta panduan dan dokumentasi lengkap.

Kekurangan cPanel: Performa agak lambat, membingungkan sebagian pengguna, dan biaya langganan yang mahal.

Lantas, apakah Anda tertarik mencoba cPanel? Jika ya, silakan pilih penyedia hosting yang tak hanya asal support cPanel, tapi juga punya reputasi oke seperti Niagahoster.

Lewat layanan Unlimited Hosting, Niagahoster rutin memperbarui cPanel demi kenyamanan Anda sebagai pelanggan. Soal harga tak perlu khawatir! Mulai dari Rp9 ribuan/bulan, Anda sudah bisa menikmati cPanel untuk mengelola website.

Yuk cobain hosting murah terbaik dari Niagahoster sekarang!

Muhammad Ariffudin

Share
Published by
Muhammad Ariffudin

Recent Posts

Perbedaan Cloud Hosting dengan Cloud Computing, Jangan Salah Pilih!

Cloud Hosting dan Cloud Computing adalah dua istilah yang serupa tapi tak sama. Yuk ketahui perbedaan Cloud Hosting dan Cloud…

15 hours ago

Cara Mengganti Nama Domain Dengan Cepat dan Mudah

Anda ingin tahu cara mengganti nama domain? Tapi, sebenarnya bisakah mengganti nama domain website dengan nama lain? Tenang, Anda sudah…

18 hours ago

Cara Backup dan Restore Database MySQL dengan Mysqldump

SQL Dump adalah tools CI untuk membackup database MySQL. Yuk ketahui cara backup MySQL dengan Mysqldump di sini!

5 days ago

Hosting Murahan vs Niagahoster: Teliti Sebelum Beli Hosting!

Ingin membeli hosting? Awas, jangan terkecoh hosting abal-abal! Yuk ketahui dulu perbedaan hosting murahan vs Niagahoster di sini!

7 days ago

Jejak Digital Adalah: Pengertian, Bahaya, Cara Menghapus, dan Tips Mengelolanya

Jejak digital adalah informasi yang ditinggalkan seseorang saat menggunakan internet. Informasi ini sulit dihilangkan dan bisa saja disalahgunakan oleh orang…

1 week ago

Apa Itu Dropshipper? Bagaimana Cara Menjadi Dropshipper?

Anda ingin memulai bisnis online dengan modal kecil? Menjadi dropshipper adalah salah satu cara yang bisa Anda coba, apalagi bagi…

1 week ago