Hosting

Daftar Lengkap Kekurangan Hosting Gratis (Wajib Tahu!)

Kalau Anda ingin coba-coba membangun website, hosting gratis memang bisa menjadi pilihan. Website Anda dapat diakses secara online, tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Tapi, tahukah Anda kekurangan hosting gratis? Adakah bahayanya bagi website Anda?

Nah, kalau Anda belum tahu, Anda sudah berada di artikel yang tepat. Di artikel ini, kami akan membahas tentang apa saja keterbatasan hosting gratis bagi website Anda. 

Tidak perlu basa-basi lagi, yuk simak artikel ini sampai tuntas!

Apa Itu Web Hosting dan Mengapa Ini Penting?

Web hosting adalah tempat untuk menyimpan semua data website Anda, supaya dapat diakses pengunjung melalui internet. Data website yang dimaksud bisa berupa video, gambar, email, script, aplikasi, dan database. 

Tanpa adanya hosting, website Anda tidak akan bisa diakses. Itulah peran hosting yang utama. 

Selain itu, kualitas hosting juga harus diperhatikan. Mulai dari performa yang optimal berkat teknologi server yang baik, hingga sistem keamanan yang kuat demi melindungi data website dan pengunjung. 

Nah, apakah sebuah hosting gratis bisa memberikan semua keunggulan itu?

Sayangnya, masih banyak keterbatasan hosting gratis yang perlu Anda ketahui sebelum menggunakannya untuk website Anda. Di bagian berikutnya, kami akan menjelaskan berbagai kekurangan hosting gratis tersebut.  

6 Kekurangan Menggunakan Hosting Gratis

Berikut ini adalah kekurangan menggunakan hosting gratis:

  1. Server Tidak Stabil
  2. Keamanan Data Kurang Terjamin
  3. Nama Domain Tidak Profesional
  4. Muncul Iklan di Halaman Website
  5. Kapasitas Bandwidth dan Disk Space Terbatas
  6. Kurangnya Customer Support

Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Server Tidak Stabil

Performa website menjadi prioritas utama ketika membangun website. Itulah mengapa, server web hosting yang digunakan harus stabil. Jika tidak, maka website akan sering down dan tidak dapat diakses oleh pengunjung.

Biasanya, penyedia hosting gratis akan menyediakan satu server untuk banyak website sekaligus. Akibatnya, performa server jadi tidak stabil. Inilah yang menjadi salah satu kekurangan hosting gratis.

Server yang down akan merugikan Anda sebagai pemilik website, itulah mengapa Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih paket hosting.

2. Keamanan Data Kurang Terjamin

Kekurangan hosting yang berikutnya adalah keamanan data website kurang terjamin.

Kebanyakan hosting gratis hanya menyediakan fitur perlindungan keamanan yang standar. Sehingga, website akan mudah terkena serangan hacker. Ini artinya, data-data website Anda tidak aman dan bisa saja sewaktu-waktu akan hilang. 

Hal tersebut pernah menimpa Hetzner, salah satu penyedia layanan hosting. Karena ulah hacker, data pribadi milik 40 ribu pengguna mereka bocor.

Ini tentu berbahaya karena hacker bisa menyalahgunakan data tersebut untuk hal-hal yang merugikan. Itu sebabnya, keamanan data yang kurang terjamin menjadi salah satu kekurangan hosting gratis.

3. Nama Domain Tidak Profesional

Jika Anda menggunakan hosting gratis, penyedia layanan hosting akan memberikan nama domain gratis untuk website Anda. Hanya saja, Anda diberi kebebasan untuk memilih nama third level domain, bukan nama domain utama. 

Sebagai gambaran, alamat website Anda akan tertulis bisnisanda.layananhosting.com. Karena Anda hanya bisa memilih third level domain, akibatnya alamat website Anda terlalu panjang dan terkesan tidak profesional, bukan?

Ditambah lagi, pengunjung website Anda akan kesulitan menghafal alamat website sepanjang itu. Sehingga, website Anda akan sulit bersaing dengan kompetitor.

4. Muncul Iklan di Halaman Website

Kekurangan hosting gratis yang selanjutnya adalah munculnya iklan di halaman website Anda. 

Sebuah perusahaan tentu membutuhkan modal besar untuk dapat menyediakan layanan hosting. Jika Anda menggunakan paket hosting secara cuma-cuma, otomatis perusahaan akan mengambil keuntungan dengan cara lain.

Salah satunya adalah dengan menampilkan iklan. Nah, adanya banner iklan akan mengganggu pengunjung yang ingin melihat konten Anda dan akan membuat website Anda terlihat tidak rapi. 

5. Kapasitas Bandwidth dan Disk Space Terbatas

Data yang Anda unggah ke website akan tersimpan di server hosting. Itulah mengapa, kapasitas bandwidth dan disk space yang terbatas menjadi salah satu kekurangan hosting gratis. 

Keterbatasan ruang penyimpanan (disk space) akan menyebabkan Anda tidak dapat mengunggah file, foto, atau video pada website dengan leluasa. 

Jika Anda melebihi batas ruang penyimpanan, Anda tidak akan bisa mengunggah file baru karena website Anda telah melampaui batas yang ditetapkan oleh jenis layanan hosting Anda.

Kabar buruknya lagi, server bisa down ketika diakses banyak orang bersamaan kalau kapasitas bandwidth Anda terbatas. Sebab, akan terjadi overload karena server harus melayani permintaan di luar kapasitasnya. 

6. Customer Support Terbatas

Umumnya, hosting gratis tidak menyediakan customer support khusus yang akan membantu Anda ketika terjadi kendala. Beberapa bahkan akan menjawab pertanyaan dari pengguna melalui forum. 

Tak hanya itu, Anda mungkin diharuskan membaca sendiri penyelesaian masalah sesuai dokumentasi yang disediakan. Ini tentu menjadi kekurangan hosting gratis terbesar, terutama bagi Anda yang pemulan. 

Nah, itu tadi beberapa kekurangan menggunakan hosting gratis yang perlu Anda ketahui. Lalu, apa bedanya hosting gratis dan hosting berbayar? Yuk, simak penjelasannya.

Perbedaan Hosting Gratis vs Hosting Berbayar

Seperti yang sudah Anda ketahui, kekurangan menggunakan hosting gratis yaitu server tidak stabil dan keamanannya kurang terjamin. Selain itu, keterbatasan hosting gratis meliputi penggunaan nama domain hingga kapasitas bandwidth dan disk space website Anda. 

Semua kekurangan hosting gratis tersebut tidak akan Anda temukan ketika menggunakan hosting berbayar. 

Sebagai contoh, berbagai paket web hosting yang ditawarkan Niagahoster menawarkan banyak keunggulan di antaranya:

  • Server LiteSpeed yang dikenal sebagai server tercepat di dunia
  • Uptime rate hingga 99,99% yang membuat website online 24 penuh
  • Ada fitur keamanan untuk meminimalisasi risiko serangan malware
  • Member area yang intuitif sehingga memudahkan pengelolaan website
  • Bandwidth dan disk space berkapasitas besar
  • Customer support siap melayani 24 jam penuh.

Baca Juga: Keunggulan Domain Berbayar

Mau Hosting Gratis Terjamin? Yuk Dapatkan di Niagahoster!

Kekurangan hosting gratis cukup banyak. Mulai dari performa server yang kurang terjamin, perlindungan keamanan yang standar, hingga kapasitas penyimpanan dan bandwidth yang terbatas.

Oleh karena itu, jenis hosting ini hanya cocok digunakan pemula yang ingin membangun website dengan mudah dan murah. Bagi Anda yang ingin membangun website lebih profesional atau untuk kebutuhan bisnis, hosting berbayar tentu lebih menjanjikan. 

Nah, bagaimana kalau Anda ingin hosting gratis, tapi dengan fitur mumpuni seperti hosting berbayar?

Anda bisa mengikuti program hosting gratis Niagahoster. Dengan tiga langkah mudah, Anda bisa mendapatkan paket hosting dan domain selama satu tahun. 

Menariknya lagi, semua keunggulan layanan hosting Niagahoster di atas, akan Anda dapatkan untuk membangun website yang mudah diakses dan aman.

Jadi, kapan Anda mau daftar program hosting gratis Niagahoster?

Aura Nisrina Hesanty

I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Share
Published by
Aura Nisrina Hesanty

Recent Posts

Perbedaan Cloud Hosting dengan Cloud Computing, Jangan Salah Pilih!

Cloud Hosting dan Cloud Computing adalah dua istilah yang serupa tapi tak sama. Yuk ketahui perbedaan Cloud Hosting dan Cloud…

16 hours ago

Cara Mengganti Nama Domain Dengan Cepat dan Mudah

Anda ingin tahu cara mengganti nama domain? Tapi, sebenarnya bisakah mengganti nama domain website dengan nama lain? Tenang, Anda sudah…

19 hours ago

Cara Backup dan Restore Database MySQL dengan Mysqldump

SQL Dump adalah tools CI untuk membackup database MySQL. Yuk ketahui cara backup MySQL dengan Mysqldump di sini!

5 days ago

Hosting Murahan vs Niagahoster: Teliti Sebelum Beli Hosting!

Ingin membeli hosting? Awas, jangan terkecoh hosting abal-abal! Yuk ketahui dulu perbedaan hosting murahan vs Niagahoster di sini!

7 days ago

Jejak Digital Adalah: Pengertian, Bahaya, Cara Menghapus, dan Tips Mengelolanya

Jejak digital adalah informasi yang ditinggalkan seseorang saat menggunakan internet. Informasi ini sulit dihilangkan dan bisa saja disalahgunakan oleh orang…

1 week ago

Apa Itu Dropshipper? Bagaimana Cara Menjadi Dropshipper?

Anda ingin memulai bisnis online dengan modal kecil? Menjadi dropshipper adalah salah satu cara yang bisa Anda coba, apalagi bagi…

1 week ago