Sekar Ningtyas As a content writer, Sekar always tries to help people in scaling up their competencies about WordPress, SEO and digital marketing through the simplest way.

3+ Kegunaan Domain .STORE yang Belum Banyak Diketahui

3 min read

kegunaan domain .store

Ketika melihat sebuah nama domain seperti www.greenpolka.com, mungkin Anda masih menerka-nerka apa isi dari website tersebut. Apakah tergolong situs e-commerce, blog, atau bahkan organisasi tertentu.

Beda halnya jika domain tersebut diganti menjadi www.greenpolka.store, Anda pasti sudah bisa menebak kalau isinya berkaitan dengan retail bisnis atau e-commerce. 

Nah, itu artinya, dengan domain .STORE pengguna bisa mudah mengenali website Anda sebagai toko online atau semacamnya. Selain itu, masih banyak keunggulan lain yang bisa didapatkan dari domain tersebut.

Apa saja? Kami akan menjelaskannya satu per satu di bawah ini. Namun, sebelum itu, akan lebih baik jika Anda mengenal dulu apa itu domain .STORE. 

Apa itu Domain .STORE?

Domain .STORE adalah salah satu ekstensi domain yang ditujukan untuk pengguna yang ingin memiliki website bisnis, online shop atau e-commerce.

Buat Anda yang belum begitu populer dengan istilah domain dan ekstensi domain, Anda bisa membaca ulasan kami pada artikel Apa Itu Domain.

Berhubung pemakaian ekstensi domain populer seperti .COM sudah terlalu banyak, alhasil ketersediaan nama domain .COM menjadi terbatas. Anda harus cepat menentukan nama bisnis dan langsung beli domain selagi ada promo domain .COM dari Niagahoster daripada Anda jadi pebisnis yang terpaksa memakai nama domain panjang dan kompleks dibanding nama yang singkat dan mudah diingat.

Itu dia, bagi Anda yang ingin membangun bisnis online, akan lebih baik jika menggunakan domain .STORE sebagai alternatif. Supaya Anda bisa mengusung nama domain yang lebih menjual dan menarik di mata audiens.

Saat ini penggunaannya pun telah mencapai lebih dari 240 ribu website bisnis. Termasuk beberapa di antaranya merupakan brand ternama skala global seperti:

  • Emirates.store, website yang menjual merchandise Emirates — perusahaan penerbangan  terkemuka.
  • DudePerfect.store, website pemilik seorang YouTubers dengan jumlah 40 juta lebih subscribers.
  • Khalid.store, brand fashion milik penyanyi ternama asal Amerika, Khalid.
  • CenturyMedia.store, website resmi yang menjual berbagai album band metal tersohor dengan label Sony Music.
  • Dan masih banyak contoh website ternama lainnya.

Baca juga: 5 Kelebihan Domain ID yang Wajib Anda Ketahui

Mengapa Perlu Menggunakan Ekstensi Domain .STORE?

Bila sebelumnya kita membahas apa itu domain .STORE, berikutnya kami akan menguraikan apa saja saja alasan mengapa Anda perlu menggunakan domain tersebut, yaitu: 

1. Meningkatkan brand awareness 

Dengan domain .STORE, website Anda akan langsung dikenal sebagai toko online atau e-commerce. Selain itu, pemakaian nama domain yang langsung sesuai dengan produk/layanan bisnis bisa meningkatkan brand awareness di mata pengguna. 

Misalnya, website merchandise miliki Emirates. Mereka menggunakan domain .STORE untuk website yang khusus menjual merchandise saja. Ini memudahkan pelanggan untuk mengenali sebagai online store, bukan website pemesanan tiket pesawat Emirates.

2. Nama domain yang masih banyak tersedia

Website bisnis yang menggunakan ekstensi .STORE memang belum sebesar pengguna ekstensi .COM, .NET atau .CO.ID. Jadi kabar baiknya, ketersediaan nama domain dengan ekstensi .STORE juga masih lebih banyak. Anda pun bisa menentukan nama domain yang lebih eksplisit sesuai layanan/produk yang ditawarkan.  

Oleh karena itu, ekstensi ini bisa memberikan kesempatan untuk Anda menggunakan nama-nama domain yang eye-catching dan terlihat eksklusif.

Kita ambil contoh Niagahoster yang ketika ingin membuat website khusus menjual merchandise. Daripada harus membuat domain www.niagahosterstore.com, akan lebih sederhana bila nama domain menjadi www.niagahoster.store. 

3. SEO-friendly

Kita semua tahu, bahwa SEO menjadi kunci utama untuk mendapatkan ranking pada search engine, seperti Google. Tetapi kebanyakan pengguna juga khawatir jika mereka menggunakan domain .STORE,  mereka akan sulit mendapatkan ranking yang tidak semudah ekstensi lain.

Hal ini disebabkan oleh penggunaan ekstensi yang belum begitu terkenal seperti domain .COM. 

Namun, pendapat seperti ini tidaklah tepat. Karena faktanya SEO bukan dipengaruhi dengan pemakaian ekstensi domain. Ada banyak faktor yang lebih diutamakan pada SEO seperti konten, link building, keyword, kecepatan website dan sebagainya.

Untuk penjelasan lengkapnya, Anda bisa baca di Belajar SEO: Panduan Terbaru Raih Peringkat Satu

Jadi, jika sekiranya Anda berminat untuk menggunakan domain .STORE, Anda tidak perlu khawatir dengan masalah ini. Sebab, domain tersebut pun tetap sama di mata Google, sehingga website Anda masih berkesempatan untuk mendapatkan ranking.

4. Harga domain yang lebih murah

Seperti yang disebutkan tadi, ekstensi .STORE belum memiliki banyak pemain seperti ekstensi domain .COM, .CO.ID, .ORG dan lain-lain. Untuk itu, volume nama domain yang belum terdaftar pun masih banyak tersedia. Anda jadi bisa memakai nama-nama domain yang menarik dan menjual. 

Nah dikarenakan hal tersebut, maka harga penjualan ekstensi .STORE juga jauh lebih murah dibanding ekstensi .COM.

Seperti di Niagahoster yang menjual ekstensi ini dengan harga 30 ribu Rupiah saja. Dibandingkan ekstensi .COM dan .NET yang dibanderol dengan harga di atas 100 ribu Rupiah.

cek domain

Jadi bisa dibilang, pemakaian domain .STORE sangat dianjurkan bila Anda menginginkan website bisnis dengan modal sedikit.

Baca juga: 5 Tips Memilih Nama Domain Unik dan Menarik untuk UKM

Miliki Domain .STORE Sekarang Juga!

Bagi Anda yang ingin membangun website toko online atau e-commerce, memakai ekstensi domain .STORE merupakan pilihan yang tepat. Nama website Anda pun menjadi lebih eksplisit dan mudah dikenal oleh audiens. 

Apalagi ekstensi ini juga memiliki banyak keunggulan yang dapat menunjang performa website bisnis Anda.

Sesuai yang dijelaskan pada artikel ini, ada empat alasan utama mengapa Anda perlu menggunakan ekstensi .STORE, yaitu meningkatkan brand awareness, nama domain yang banyak tersedia, bersifat SEO-friendly, dan penawaran harga domain yang murah.

Nah, bila Anda menginginkan promo domain .STORE, Anda tak perlu bingung mencari ke sana ke mari. Tinggal kunjungi saja langsung di website Niagahoster. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan free nama website dari kami dengan mengunjungi link yang ada di tautan tersebut

Selain memiliki ekstensi terlengkap, di sini Anda juga bisa beli domain murah yang disertai jejeran paket layanan hosting dengan biaya yang ramah dikantong. Mulai dari .com, co.id domain, .store, maupun ratusan ekstensi lainnya bisa Anda daftarkan melalui Niagahoster.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera buat website bisnis terbaik Anda dengan domain .STORE sekarang juga!

Sekar Ningtyas As a content writer, Sekar always tries to help people in scaling up their competencies about WordPress, SEO and digital marketing through the simplest way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *