Sekar Ningtyas As a content writer, Sekar always tries to help people in scaling up their competencies about WordPress, SEO and digital marketing through the simplest way.

13+ Kebiasaan Blogger Sukses yang Harus Anda Lakukan

8 min read

Berkecimpung di dunia blogging, akhir-akhir ini memang menarik banyak perhatian. Pasalnya, profesi yang juga disebut content creator ini bisa membawa penghasilan yang menggiurkan. Tapi, bagaimana caranya untuk bisa menjadi blogger sukses?

Kesuksesan seorang blogger itu diawali dengan banyaknya followers dan pembaca setia yang akan mengantarkan Anda kepada pundi-pundi rupiah. Namun nyatanya, hal tersebut tidak bisa diraih secara instan. Ada beberapa kebiasaan yang perlu dianut untuk bisa sukses layaknya para blogger inspiratif di luar sana. 

Maka itu, buat Anda yang bergelut di dunia blogging, artikel ini akan membahas apa saja kebiasaan-kebiasaan agar menjadi blogger sukses yang bisa Anda tiru. Silahkan simak satu per satu ya.

13+ Kebiasaan Blogger Sukses 

Sebenarnya, ada banyak sekali kebiasaan baik yang bisa menjembatani Anda untuk menjadi seorang top blogger. Namun, disini kami hanya membahas beberapa diantaranya yang paling menonjol seperti berikut ini:

1. Passion

kebiasaan blogger sukses

Dalam bahasa sederhana, passion itu sendiri diartikan sebagai perasaan yang kuat terhadap sesuatu. Itulah mengapa banyak yang berasumsi kalau “bekerja sesuai passion” bisa membawa kesuksesan dan kebahagiaan. Karena saking besarnya perasaan tersebut, orang akan rela melakukan apapun walau dihadapkan dengan banyak pengorbanan.

Begitu pun dengan profesi blogger. Di luar sana, banyak blogger ngetop yang sangat passionate dengan apa yang mereka tulis dan share. Mereka sangat mencintai dengan topik-topik yang sesuai dengan passion mereka.

Misalnya Anda passionate di dunia masak-memasak, maka ketika Anda harus menghabiskan waktu berjam-jam di dapur demi mendapatkan resep yang pas, Anda tidak terbebani. Malahan, Anda selalu antusias untuk mengeksplor menu-menu lainnya untuk bisa dibagikan ke pembaca.

Nah, kalau Anda mampu menyajikan konten-konten bermutu, niscaya blog Anda akan semakin ramai pengunjung yang nantinya bisa berpeluang untuk menghasilkan uang. 

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang dari Blog dalam 6 Langkah di 2020.

2. Jujur

Jujur disini berbeda dengan kejujuran saat menjalin hubungan asmara lho, ya. Kejujuran sebagai seorang blogger disini artinya Anda harus bisa menjamin bahwa setiap konten Anda adalah fakta dan no hoax. 

Apalagi di dunia jurnalisme atau media yang sudah populer dengan banyaknya isu-isu palsu demi menarik perhatian publik. Nah, jangan sampai nih niat seorang blogger yang seharusnya menyampaikan pesan bermanfaat, malah berujung dengan kebohongan.

Contoh kasus yang mungkin sering terabaikan adalah saat blogger menambahkan foto atau ilustrasi pada postingannya, tapi tidak mencantumkan nama pemilik foto tersebut. Biarpun mungkin ini terdengar sepele, tetapi blogger yang jujur sudah seharusnya memberi tahu siapa pemilik foto tersebut.

Menjadi blogger yang baik juga tidak perlu cemas disaat mereka harus menyampaikan pengalaman yang mungkin tidak mengenakkan. Misalnya, ketika Anda menulis review produk skin care yang iming-imingnya bisa membuat wajah terbebas dari jerawat. Tapi, nyatanya wajah Anda justru malah semakin berjerawat. Nah, disinilah Anda harus jujur ke pembaca kalau produk tersebut memang tidak cocok untuk Anda.

3. Temukan style penulisan yang unik

penulisan yang unik

Setiap manusia pasti dibekali dengan karakter dan kepribadian berbeda-beda. Begitupun dengan blogger. Mungkin ada blogger yang saat menulis, mereka suka dengan cara penyampaian yang casual dan tidak bertele-tele. Ada juga mungkin yang dari awal sampai akhir, kontennya dipenuhi dengan meme.

Hal ini sangat bagus. Itu berarti  kalau masing-masing blogger tersebut memiliki khas dan gaya penulisan yang unik. Secara tidak langsung, cara ini bisa menjadi ajang untuk membentuk brand image diri. Termasuk Anda yang juga ingin membangun karir sebagai blogger sukses.

Coba sesuaikan gaya penulisan konten dengan kepribadian Anda. Apakah Anda orang yang humoris, ramah atau malah cenderung to the point? Silahkan saja! Eksplor lebih jauh diri Anda supaya para pembaca juga bisa mengenal Anda lebih dekat.

4. Buat Goals per hari

goal

Tidak ada pekerjaan yang berhasil tanpa adanya rancangan goals yang jelas. Termasuk Anda yang berprofesi sebagai blogger. Idealnya, sebelum Anda menciptakan tujuan jangka panjang, Anda juga perlu menetapkan tujuan per hari yang harus dicapai. 

Misalnya dengan menentukan berapa banyak konten yang akan ditulis dalam sehari, berapa jumlah kata yang harus dicapai, bahkan berencana untuk bangun lebih pagi bisa menjadi tujuan harian Anda juga, lho.

Lakukan evaluasi pada setiap pencapaian yang sudah dilakukan. Ada kalanya Anda mungkin melewati jalur dari perencanaan yang sudah dibuat. Tapi, itu tidak masalah selagi Anda bisa kembali konsisten untuk mencapai tujuan yang lebih besar.

5. Atur waktu seefektif mungkin

kebiasaan agar menjadi blogger sukses

Kebanyakan di waktu awal-awal blogging, biasanya penulis punya semangat yang menggebu-gebu. Tapi setelah sehari, seminggu bahkan sebulan kemudian, seringkali mood mereka malah jadi turun, bahkan hilang sepenuhnya.

Makanya, kenapa profesi blogger membutuhkan konsistensi tinggi. Karena kalau sedikit saja Anda tidak konsisten, seterusnya Anda bisa menjadi malas untuk mengurus blog.

So, tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ini adalah dengan membuat jadwal posting. Yup, berhubung mengumpulkan niat menulis terkadang menjadi sebuah tantangan besar, maka dengan adanya jadwal posting Anda bisa lebih konsisten. 

Di samping itu, Anda juga bisa menentukan waktu-waktu terbaik untuk menulis. Misalnya di saat pagi hari sebelum makan siang, ketika sore, atau ada juga para blogger yang aktif di saat malam. Yang pasti, jangan sampai kegiatan penting lain Anda menjadi terbengkalai karena blogging, ya.

6. Memposisikan diri sebagai pembaca

reader's view

Setiap kali hendak menulis konten, biasakan untuk memposisikan diri sebagai pembaca. Mengapa? Karena dengan demikian, Anda akan terlatih untuk memprioritaskan apa yang menjadi harapan dan keinginan audience untuk mau mengunjungi blog Anda. 

Gampangnya sebelum menulis artikel, coba untuk biasakan menjawab beberapa bentuk pertanyaan seperti:

  • Kenapa pengunjung mau mengunjungi blog Anda?
  • Untuk siapa Anda menulis? Pembaca dan pengunjung seperti apa yang Anda harapkan?
  • Bagaimana konten Anda bisa membantu memecahkan masalah pembaca?
  • Konten apa saja yang bisa Anda share hari ini?
  • Apa tujuannya Anda menulis topik ini?

Dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan lainnya yang bisa Anda kembangkan untuk memposisikan diri Anda sebagai seorang pembaca.

7. Ingat, Motto Blogger adalah untuk berbagi

kebiasaan agar menjadi blogger sukses

Ketika Anda memutuskan untuk menekuni profesi sebagai blogger, coba ingat-ingat, apa tujuan awal Anda? Apakah hanya demi uang, atau niat untuk berbagi ilmu? Sebenarnya, menjadi blogger demi mendapatkan banyak uang sah-sah saja. Tapi, mindset seperti ini biasanya sulit untuk sukses. Bahkan, bisa eksis tidak lama di jagad maya.

Karena utamanya ketika Anda menekuni blogging, tujuannya ya jelas untuk berbagi ilmu kepada publik. Bahkan, Anda menganggap bahwa uang bukanlah prioritas utama. Itu hanyalah bonus dari apa yang sudah Anda lakukan.

Maka itu, untuk menjadi blogger yang sukses, coba tanamkan dulu dengan niat untuk berbagi. Niscaya, dengan hal ini, kami yakin Anda bisa berkembang apalagi kalau didukung dengan keahlian menulis yang tinggi.

8. Jadilah penulis produktif

kebiasaan agar menjadi blogger sukses

Biasanya, setiap blogger memiliki jadwal khusus untuk memposting konten baru. Ada yang sebulan sekali, dua minggu sekali, atau bisa juga dua tiga artikel setiap minggu. Namun sebenarnya semakin sering Anda menulis, akan semakin bagus pula kualitas konten Anda. 

Stephen King pernah berkata di salah satu bukunya yang berjudul “On Writing: A Memoir of the Craft”, bahwa ia kerap menulis 2,000 kata per harinya. Ia berpesan, bahwa menjadi penulis handal adalah dengan menulis terus menerus secara produktif.

Sama halnya dengan blogging. Anda harus pintar-pintar mencuri waktu setiap harinya untuk latihan menulis. Baik itu menulis draft untuk blog, atau menulis untuk pekerjaan lainnya, yang penting buat jari-jari Anda bisa produktif.

Usahakan untuk selalu konsisten menulis setiap harinya. Jari-jari yang tidak terlatih untuk menulis akan menurunkan motivasi Anda, dan pada akhirnya bisa mendorong Anda untuk menghapus blog Anda secara permanen.

9. Membuat konten berkualitas yang sesuai dengan niche blog

kebiasaan blogger sukses

Kebiasaan blogger sukses berikutnya adalah fokus menyajikan konten berkualitas untuk niche blog Anda. Apa itu niche blog? Niche blog memiliki arti sama dengan istilah niche market pada sebuah bisnis. Yang artinya Anda memiliki market atau audience khusus yang Anda fokuskan ketika membuat konten.

Contohnya, kalau blog Anda membahas dunia otomotif, maka niche blog Anda adalah pembaca yang butuh informasi mengenai cara merawat mobil, tips mengganti mesin motor dan sebagainya. Kemudian, Anda bisa menambahkan elemen niche blog lainnya seperti rentang usia pembaca, tempat tinggal, dan sebagainya. 

Baca juga: Lindungi Konten Website Anda dengan DMCA

Jika sudah, sisanya tinggal Anda fokuskan untuk mencari topik pembahasan yang sekiranya berkualitas dan bermanfaat. Perdalam sebanyak mungkin topik Anda agar pertumbuhan visitor blog bisa terus meningkat. 

Untuk referensi topik pembahasan blog, kami memiliki 50+ macam ide yang bisa Anda simak di sini.

10. Sisipkan nilai (value) pada setiap konten

kebiasaan blogger sukses

Menulis konten itu tidak cuma yang penting ada. Anda juga harus memikirkan aspek terpenting dari mengapa konten tersebut dibuat, yaitu dengan penambahan nilai atau value. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa tujuan blogging adalah untuk berbagi informasi atau pengetahuan. Itulah mengapa setiap kali Anda membuat konten, sisipkan nilai-nilai tambahan yang menjadikan blog Anda terlihat berbeda dibanding blog lainnya.

Misalnya, Anda ingin membuat konten seputar tips digital marketing. Maka, untuk penambahan nilainya, Anda bisa menyisipkan video-video tutorial, grafik, data, atau membuat seri Question and Answers.

Dibanding Anda hanya menyajikan artikel saja, maka dengan penambahan value tersebut, pembaca Anda bisa merasa lebih berkesan. 

Yah, walaupun hal ini bisa menguras banyak waktu, tapi kebiasaan ini bisa membawa potensi untuk menjadikan Anda sukses sebagai blogger. Dijamin!

11. Tambah wawasan dengan membaca

kebiasaan untuk menjadi blogger sukses

Kebiasaan blogger sukses tidak hanya mengasah kemampuan menulis, tapi juga memperluas wawasan dengan banyak membaca. Apalagi kita tahu kalau perkembangan dunia blogging akan terus berkembang. Itu artinya Anda juga harus rajin-rajin membaca untuk memperdalam topik konten yang akan disuguhkan ke para pembaca.

Jangan lupa juga untuk asah pengetahuan Anda seputar hal teknis, yang sekiranya bisa meningkatkan performa blog Anda. Misalnya dengan mencari tahu berbagai update terkini seputar content marketing, WordPress, SEO dan lain-lain.

Baca juga: 15 Langkah Optimasi SEO On Page untuk Website dan Blog.

Banyak medium yang bisa Anda manfaatkan untuk bisa menambah wawasan. Ada buku, e-book, media sosial, situs-situs populer, hingga jejeran forum diskusi yang bisa Anda ikuti.

12. Asah kemampuan analisa

kebiasaan untuk menjadi blogger sukses

Menjadi seorang blogger sukses, Anda harus bersikap analitis. Tidak hanya fokus menyiapkan topik-topik bermutu, tapi Anda juga harus mampu menganalisa dari mana datangnya traffic blog Anda? Keyword mana yang paling menonjol mendatangkan traffic? Atau halaman mana yang membuat pembaca betah berlama-lama di blog Anda? Dan masih banyak lagi. 

Siapkan rangkaian tools untuk mendukung kemudahan Anda dalam menganalisa seperti Google Analytics dan berbagai keyword research tools, lalu ulik sedalam-dalamnya. Biasakan diri Anda untuk berorientasi secara detail. Sehingga, ketika Anda mendapati masalah seperti performa blog turun, Anda bisa lebih siap mencari solusi yang strategis.

Bila Anda yang ingin tahu bagaimana cara menggunakan Google Analytics, Anda bisa mempelajarinya melalui artikel kami di sini.

Baca juga: 9 Cara Riset Keyword Akurat untuk Blog dan Website

13. Pandai menciptakan interaksi dengan sosial

kebiasaan untuk menjadi blogger sukses

Sebuah blog tidak akan bisa populer kalau pihak penulis tidak pandai bersosial. Layaknya kita sebagai manusia, kalau tidak bersosialisasi, bagaimana bisa punya teman? Nah, begitupun dengan blog. Anda juga harus rajin membagikan konten-konten Anda di banyak platform. Mulai dari Instagram, Twitter, Facebook atau LinkedIn.

Kenalkan kepada siapapun target niche Anda dan jangan malas untuk berinteraksi dengan pembaca. Misalnya dengan membalas setiap komentar yang masuk ke blog Anda, baik itu dalam bentuk pertanyaan, kritikan, saran atau apapun supaya chemistry antara Anda dengan pembaca bisa semakin kuat.

Baca juga: 10+ Cara Mempromosikan Blog untuk Meningkatkan Pengunjung

Di samping membangun ikatan kepada setiap pengunjung, Anda juga bisa melakukan Blogwalking. Apa itu?

Blogwalking merupakan istilah para blogger untuk bertamu ke blog-blog lain. Alias bersilaturahmi kepada blog-blog yang sekiranya membahas topik sama dengan milik Anda. Walaupun cara ini terbilang cukup jadul, tapi masih sangat efektif, kok.

Selain memungkinkan Anda untuk mendapatkan pengunjung baru, ada manfaat lain yang bisa didapat seperti kenalan dengan blogger lain, saling berbagi link, atau bahkan mendapat inspirasi baru untuk topik konten Anda.

14. Membangun jaringan yang luas (Networking)

kebiasaan untuk menjadi blogger sukses

Networking tidak cuma berlaku pada bisnis saja, tapi juga di kalangan blogger yang tentu bisa membawa segudang manfaat. Seperti menjadi rekan untuk brainstorming, mendapat inspirasi baru untuk topik konten, atau berbagi backlinks dan guest post.

Yah, walaupun kita menyadari bahwa menjadi blogger adalah profesi yang bekerja secara individualis.  Mulai dari membuat planning, penentuan topik, penulisan, hingga publishing, tapi bukan berarti hal ini menjadikan Anda untuk membatasi diri dalam membangun koneksi. 

Memperluas jaringan (networking) harus tetap dilakukan. Karena siapa yang menyangka, kalau nantinya networking bisa membawa Anda kepada banyak kesempatan untuk menjangkau audience yang lebih luas.

Dalam membangun jaringan itu sendiri bisa dilakukan secara online dan offline. Untuk online, Anda bisa memulainya dengan bergabung pada forum-forum perkumpulan blogger yang kini banyak ditemukan di media sosial. Atau dengan mengikuti workshop-workshop online yang bisa membawa Anda untuk berkenalan dengan orang-orang baru.

Lalu untuk offline juga kurang lebih sama. Anda bisa bergabung pada komunitas-komunitas yang memiliki interest serupa dengan topik blog Anda, atau bisa juga dengan mengikuti berbagai event besar untuk bisa bertemu dengan banyak blogger ternama.

Berikut ini ada beberapa referensi komunitas blogger populer di Indonesia:

  • Blogger Jakartasesuai namanya, komunitas ini memang ditargetkan untuk para blogger yang berdomisili di Jakarta. Setiap bulannya, mereka saling berbagi tips seputar menulis, teknik SEO, hingga menjalin kolaborasi untuk menunjang kualitas konten mereka.
  • Kumpulan Emak Blogger (KEB) – komunitas KEB tidak membatasi niche blog atau tema tertentu untuk bisa bergabung didalamnya. Tapi, dari namanya sudah cukup jelas, kalau komunitas ini ditargetkan untuk emak-emak yang kebanyakan sudah memiliki anak. Tapi biarpun begitu, komunitas ini masih terbuka lebar untuk Anda yang masih single dan ingin bergabung. 
  • Indonesian Beauty Bloggeruntuk Anda yang bergelut di bidang kecantikan, komunitas ini sangat pas untuk membangun jaringan. Cukup dengan membuka grup Facebook Indonesian Beauty Blogger, lalu klik Join. Di sini, Anda bisa bebas membagikan banyak tulisan seputar beauty, hingga mendapat banyak kesempatan untuk berkolaborasi dengan sesama anggota. 
  • Indonesian Social Blogpreneur (ISB) – ISB membuka peluang untuk Anda para blogger yang ingin menjalin networking. Komunitas ini mempunyai banyak event online dan event offline dengan misi mempertemukan para blogger Indonesia dari berbagai bidang. Tentu, agenda ini sangat menyenangkan. Karena Anda bisa menemukan banyak perspektif baru dari setiap anggota dengan latar belakang berbeda.

Baca juga: Ini Dia 5+ Cara untuk Menjadi Beauty Blogger yang Sukses

15. Konsisten

Tips kebiasaan blogger sukses yang terakhir adalah konsisten, konsisten, konsisten.

Iya, tidak ada blogger yang namanya bisa melejit dalam waktu sepekan. Butuh waktu dan proses yang tidak mudah. Bahkan, ada saja blogger yang di tengah-tengah perjalanannya malah ingin berhenti total karena tidak sabar.

Itulah mengapa poin konsisten ini diselipkan di akhir tips. Karena dari keseluruhan tips yang sudah disebutkan di atas, tidak ada gunanya kalau Anda tidak konsisten. Mungkin lebih gampang untuk membicarakan kegigihan, tapi faktanya hal ini sangat sulit dijalankan. 

Yang penting untuk menjadi sukses, Anda harus punya tujuan besar mengapa ingin menjadi blogger. Karena kalau tujuannya sudah kuat, pasti semua bisa tercapai pada bila Anda persistent!

Baca juga: 9 Cara Menjadi Blogger Sukses dan Profesional 2020

Penutup

Yash! Akhirnya sampai juga di akhir pembahasan tentang kebiasaan blogger sukses. Sekarang waktunya Anda untuk mencoba dari masing-masing tips di atas, ya. Bagi yang baru mau mulai menjadi blogger, kami memiliki artikel yang membahas bagaimana cara membuat blog secara gratis.

Selain itu, untuk Anda yang hobi jalan-jalan alias traveling, Anda bisa menghasilkan uang dari pengalaman tersebut dengan membuat blog yang kami ulas tipsnya di ebook Hasilkan Uang dengan Blog dari Hobi Jalan-Jalan Anda.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar artikel ini atau sekedar ingin memberi saran dan kritik, silahkan cantumkan di kolom komentar. Jangan lupa juga untuk subscribe blog kami untuk tahu berbagai update konten terbaru di Niagahoster. Semoga sukses!


1
Sekar Ningtyas As a content writer, Sekar always tries to help people in scaling up their competencies about WordPress, SEO and digital marketing through the simplest way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]