Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

10+ Langkah Mudah Membuat Judul Artikel Blog yang Menarik

4 min read

judul artikel blog

Artikel yang bagus saja tidak cukup, Anda juga perlu judul artikel blog yang menarik. Judul adalah hal pertama yang orang lihat ketika mereka mencari kata kunci di mesin pencari atau di timeline media sosial mereka.

Anda harus bisa menarik perhatian calon pembaca untuk bisa menerapkan cara meningkatkan traffic website dengan baik. Sebab, melalui judul, Anda harus bisa menciptakan kesan pertama yang baik kepada calon pembaca.

Berdasarkan data dari Copyblogger, hanya 2 dari 10 orang meneruskan membaca artikel setelah membaca judulnya. Artinya, 80 persen orang hanya membaca judul saja, tanpa membaca artikel keseluruhan. Kemungkinan penulis artikel blog gagal meyakinkan calon pembaca untuk membaca artikel melalui judul.

Tentu 80 persen adalah angka yang besar bukan? Yang perlu Anda lakukan agar orang-orang mau meneruskan membaca artikel Anda secara keseluruhan adalah dengan meyakinkan mereka sejak dari judul. Bagaimana membuat judul artikel yang menarik?

10+ Langkah Membuat Judul Artikel yang Menarik

Apa yang membuat Anda pertama kali tertarik untuk membaca suatu artikel? Apakah Topik? Gambar?

Tentu saja judul. Pembaca akan melihat judul artikel terlebih dahulu sebelum memulai membaca artikel. Judul yang menarik sudah pasti akan membuat pembaca tertarik. 

Berikut kami rangkum 10+ langkah membuat judul artikel blog yang menarik:

1. Mulai dengan Draft Judul

Sebelum menulis artikel, buatlah draft judul terlebih dahulu. Hal ini penting agar Anda dapat membuat artikel menarik dan tidak menulis artikel yang terlalu luas cakupannya serta fokus pada beberapa hal tertentu saja.   

Misalnya, Anda ingin menulis artikel dengan topik “bisnis online”. Berikut ini adalah beberapa contoh judul artikel yang menarik yang bisa Anda dapatkan pada topik ini:

– Panduan Memulai Bisnis Online bagi Pemula

– Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online

– Ide-Ide Bisnis Online Menjanjikan

Terlihat perbedaannya bukan? Topik adalah pokok bahasan yang masih bisa dibagi menjadi beberapa artikel blog. Sedangkan judul adalah acuan spesifik dalam menulis sebuah artikel.

Namun, contoh-contoh judul di atas masih belum menarik bukan? Di langkah selanjutnya, akan dijelaskan bagaimana membuat judul yang menarik perhatian banyak orang.

2. Berikan Informasi yang Akurat

Mungkin Anda sering kali menemukan judul-judul artikel clickbait di internet. Menyebalkan, bukan? Ketika Anda membuka artikel tersebut ternyata isi artikel tidak sesuai dengan judul yang ada.

Contoh judul artikel:

– Cara Mengganti Nama Database WordPress

Sesuai dengan judul artikel tersebut, topik yang akan dibahas adalah panduan untuk mengganti nama database wordpress. Bukan membahas hal lain yang tidak berkaitan dengan judul.

Salah satu aturan penting dalam membuat judul artikel adalah menghargai pengalaman pembaca. Jika Anda memberikan harapan atau ekspektasi terlalu tinggi pada judul yang tidak sesuai dengan isi artikel, Anda akan kehilangan kepercayaan pembaca.

Baca Juga : Cara Menulis Artikel SEO

3. Berikan Manfaat untuk Pembaca

Ketika Anda membuat artikel, tidak hanya topik dan judul saja yang perlu diperhatikan. Pembaca akan mencari manfaat atau solusi pada artikel yang Anda tulis juga. Kenapa? Karena pembaca tidak akan membaca artikel yang tidak memberikan manfaat dan hanya akan membuang-buang waktu bagi mereka.

Contoh: Cara Menonaktifkan Gutenberg dengan Mudah

Pada judul diatas, pembaca ditawarkan cara mudah untuk menonaktifkan Gutenberg. Pembaca akan melihat cara yang dijelaskan pada artikel tersebu layak untuk dicoba karena mudah.

Bagi pembaca yang terpenting adalah Anda dapat memberikan artikel yang bermanfaat sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

4. Poles dengan Kata Sifat dan Angka

Dengan membuat judul artikel yang berisi informasi akurat, apakah Anda bisa membuatnya menarik? Tentu saja bisa.

Anda bisa menggunakan kata-kata sifat (adjective) yang mewakili artikel yang ditulis sebagai salah satu cara membuat judul yang menarik. Misalnya, “menjanjikan”, “terbaik”, “paling populer”, “terpercaya”, dan kata-kata sifat lain yang kiranya bisa menarik perhatian orang, tetapi tetap mewakili artikel.

Kemudian, tambahkan angka ke dalam judul artikel Anda, bila memungkinkan. Orang-orang akan lebih tertarik pada artikel-artikel dengan model listicle karena mereka tahu berapa banyak poin penting yang akan didapatkan dari suatu artikel.
Berikut adalah beberapa contoh judul artikel populer yang menggunakan angka agar artikel terlihat lebih menarik:

– 15+ Website Terbaik Sumber Inspirasi Desain Web

– 50 Template Blog Artikel Keren dan SEO Friendly

Berdasarkan penelitian Content Marketing Institute, judul artikel blog yang menggunakan angka menghasilkan performa 45 persen lebih baik dibandingkan judul artikel biasa. Itulah mengapa membuat judul konten yang menarik menjadi salah satu cara ampuh mengoptimasi SEO on page.

Baca Juga: Cara Optimasi SEO Off Page

5. Buat Judul yang Singkat

Membuat judul artikel blog memang susah susah gampang. Anda harus bisa merangkum keseluruhan artikel dalam beberapa kata saja.

Judul artikel yang terlalu panjang akan membingungkan calon pembaca. Calon pembaca perlu mengetahui dengan pasti apa yang akan mereka dapatkan dari membaca sebuah artikel. Judul artikel yang singkat ini menunjukkan ketegasan Anda akan apa yang ingin disampaikan melalui artikel tersebut.

Panjang judul artikel juga harus disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai. Jika tujuannya adalah agar artikel bisa mendapatkan peringkat bagus di hasil pencarian, sebaiknya pastikan panjang judul selalu di bawah 70 karakter.

Jika tujuan Anda adalah agar artikel banyak dibagikan di media sosial, menurut Hubspot panjang judul artikel yang efektif adalah 8-12 kata untuk Twitter dan 12-14 kata untuk Facebook.

Berikut contoh judul artikel dengan singkat dan jelas sesuai topik:

– Mengatasi wp-admin Tidak Bisa Diakses

– Cara menonaktifkan Komentar di WordPress

Judul yang ada di atas sudah menjelaskan topik yang akan dibahas tanpa perlu menggunakan kata-kata terlalu panjang.

6. Buat Judul untuk Pembaca, Bukan Mesin

Anda memang perlu berusaha mengoptimasi judul artikel disesuaikan dengan focus keyword yang sudah ditentukan melalui cara riset keyword. Namun, terlalu mengikuti focus keyword saja akan membuat artikel Anda terlalu kaku, bahkan terlihat aneh.

Walaupun begitu, jangan lupa bahwa Anda menulis judul tersebut untuk manusia, bukan mesin. Memang lebih baik untuk meletakkan focus keyword di awal judul. Akan tetapi, jika tidak memungkinkan, jangan paksakan diri untuk meletakkan kata tersebut di depan.

Baca Juga: Long Tail Keyword: Rahasia SEO untuk Meningkatkan Traffic Website Anda

7. Brainstorm dengan Orang Lain

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda menulis judul artikel untuk dibaca oleh manusia. Jadi sebelum merilis judul artikel tersebut, sebaiknya tunjukkan judul tersebut kepada teman, kolega, atau siapapun yang bisa Anda minta pendapatnya.

Apakah judul yang Anda buat sudah enak dibaca? Apa yang kurang dari judul tersebut? Apa yang perlu ditambahkan ke dalam judul itu?

Dapatkanlah pendapat dan masukan sebanyak-banyaknya agar judul Anda semakin baik dan semakin menarik perhatian banyak orang.

8. Bangkitkan Perasaan Pembaca melalui Judul Artikel

Salah satu judul artikel yang menarik bagi pembaca adalah dengan melibatkan perasaan mereka. Buat pembaca menjadi penasaran dengan judul artikel yang membuat rasa penasaran, ingin tahu, heran, yakin dan lain sebagainya yang berkaitan dengan perasaan pembaca.

Berikut contoh judul artikel yang mempengaruhi perasaan pembaca:

– 9 Cara Riset Keyword Akurat untuk Blog dan Website

– 50+ Perintah Dasar Linux yang Wajib Diketahui

Saat membaca judul tersebut, pembaca akan merasa yakin dengan kata yang digunakan dalam judul seperti ‘akurat’ dan ‘wajib’. Pembaca akan tertarik untuk membaca artikel membuat mereka penasaran.

9. Buat Pembaca Merasa Terlibat

Bagaimana caranya? Ajukan pertanyaan.

Pembaca akan mulai membayangkan suatu situasi dengan pertanyaan yang Anda ajukan melalui judul.

Contol judul artikel:

– Apakah Anda Kesulitan Membuat Website? Ikuti 7 Langkah Mudah ini

– Website Anda Error 502 Bad Gateway? Simak Cara Mengatasinya

Setelah Anda melihat judul di atas, apa yang Anda pikirkan? Anda akan merasa bahwa judul tersebut sesuai dengan yang pernah Anda alami?

Begitu juga bagi pembaca, dengan judul artikel tersebut pembaca merasa tertarik karena sesuai dengan yang di alami dan akan membaca artikel yang Anda tulis.

10. Letakkan Topik dalam Judul pada Posisi Strategis

Posisi topik yang Anda masukkan pada judul juga penting untuk menarik pembaca. Biasanya topik akan ditambahkan dengan kata hiasan agar pembaca lebih tertarik atau penasaran untuk membaca artikel tersebut.

Contoh: 6+ Tips Marketing Online yang dapat Anda Ikuti dengan Budget Terbatas

Pada contoh judul artikel di atas, topiknya adalah 6+ Tips Marketing Online dan Bugdet terbatas. Lebih baik jika topik artikel diletakkan pada bagian depan atau belakang judul, karena pembaca hanya fokus pada bagian itu saja, sedangkan pada bagian tengah hanya akan dibaca sekilas atau bahkan dilewati.

11. Berikan Kemudahan bagi Pembaca

Saat pembaca mau meluangkan waktunya untuk membaca sebuah artikel, tentu terdapat judul artikel yang menarik. Apa yang ingin Anda sampaikan kepada pembaca melalui judul artikel?

Misalnya, orang membaca artikel “Cara Menghilangkan Malware pada Website” artinya pembaca memerlukan cara atau panduan untuk membantu mengatasi masalah mereka. Dengan adanya artikel tersebut, pembaca akan menemukan kemudahan dalam mengatasi masalahnya.

Kesimpulan

Judul blog adalah hal paling pertama yang dilihat oleh calon pembaca sebelum membaca artikel Anda. Anda harus bisa menarik perhatian calon pembaca sebelum mereka membaca artikel melalui judul.

Judul harus singkat, jelas, mengandung informasi akurat, dan sesuai dengan isi artikel. Hindari penggunaan judul clickbait yang membohongi pembaca. Judul artikel clickbait mungkin bisa menarik perhatian pembaca secara instan, tetapi tidak bertahan lama. Bahkan blog Anda bisa dicap sebagai pemberi informasi bohong karena menggunakan judul artikel clickbait.

Ilham Mubarok Ilham loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

One Reply to “10+ Langkah Mudah Membuat Judul Artikel Blog yang Menarik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *