Jenis Iklan Google Ads yang Harus Anda Ketahui!

Beriklan di Google merupakan salah satu strategi marketing yang harus Anda coba. Kenapa? Sebab, peluang iklan Anda dilihat oleh banyak orang jadi lebih besar. Menariknya lagi, ada beberapa jenis iklan Google Ads yang bisa Anda pilih yaitu:

  1. Google Adwords (Google Ads)
  2. Google Display Network
  3. Google Shopping
  4. YouTube Ads
  5. Google AdMob

Masing-masing jenis iklan telah didesain untuk tujuan bisnis tertentu. Misalnya untuk meningkatkan penjualan (sales), website traffic, leads, product and brand consideration, app promotion, dan brand awareness.

Nah, bagaimana cara menggunakan iklan tersebut? Tak perlu bingung, kami punya panduan masing-masing jenis iklan Google Ads. Langsung saja simak uraiannya berikut ini!


Google AdWords (Google Ads)

Google Ads merupakan layanan iklan berbayar yang ditampilkan di halaman hasil pencarian Google. Dengan strategi search network campaign, iklan Anda akan muncul sesuai pencarian dengan kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda.

Ada beberapa keunggulan menggunakan jenis iklan ini. Pertama, iklan bisa dilihat oleh banyak orang. Kedua, Anda bisa menentukan target audience dengan lebih spesifik.

Jika tujuan iklan Anda untuk meningkatkan penjualan, trafik website, dan leads, jenis iklan Google Ads ini bisa Anda pakai. Apalagi, cara menggunakan Google Ads pun cukup mudah lho.

BACA CARA MENGGUNAKAN GOOGLE ADWORDS›


Google Display Network (GDN)

Google Display Network (GDN) merupakan jenis iklan berupa teks maupun gambar yang ditampilkan di website, aplikasi, dan mobile games.

Jenis iklan Google ads ini dapat meningkatkan brand awareness bisnis Anda. Alasannya, GDN mampu menjangkau 90% pengguna internet. Selain itu, peluang iklan Anda diklik juga lebih besar. Sebab, tampilan visual lebih menarik audiens daripada sekedar teks.

Ada beberapa tips ketika beriklan dengan GDN. Pertama, buat visual iklan agar menarik. Kedua, gunakan berbagai format iklan yang tersedia. Pastikan Anda menerapkannya dengan tepat agar keuntungan bisnis Anda meningkat. Tenang, cara melakukannya juga cukup mudah, kok

BACA CARA LIPATKAN KEUNTUNGAN DENGAN GOOGLE DISPLAY NETWORK›


Google Shopping

Google Shopping adalah layanan iklan Google dalam katalog yang menampilkan informasi produk lebih detail. Artinya, bukan hanya menampilkan gambar dan nama produk, tetapi juga harga dan link toko online-nya.

Dengan iklan Google Ads ini, transaksi penjualan bisa mudah dilakukan. Tak heran, Google Shopping cukup ampuh dalam meningkatkan conversion rate Anda. Menariknya lagi, Anda juga bebas mengatur budget sesuai kebutuhan.

Nah, untuk menggunakan Google Shopping, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Dimulai dengan membuat akun dan melakukan beberapa pengaturan khusus sesuai kebutuhan Anda.

BACA PANDUAN LENGKAP GOOGLE SHOPPING›


YouTube Ads

Google tak hanya menyediakan iklan berformat gambar dan teks. Ada juga iklan dengan format video untuk YouTube. Beriklan di YouTube sangatlah menguntungkan karena jumlah penggunanya merupakan yang terbanyak di Indonesia.

YouTube Ads memiliki beberapa tipe iklan yang bisa Anda pilih. Ada Skippable in-Stream Ads yang bisa diskip, Discovery Ads yang akan muncul di halaman hasil pencarian hingga Non-video Ads yang formatnya bisa berupa teks atau gambar.

YouTube ads cocok untuk berbagai tujuan. Mulai dari meningkatkan brand awareness, product consideration, traffic website, hingga leads.

Cara membuat YouTube ads pun mudah seperti halnya jenis iklan Google ads lain. Selain itu, ada berbagai optimasi yang bisa Anda gunakan dengan efektif.

BACA JENIS IKLAN YOUTUBE ADS DAN CARA MENAYANGKAN IKLAN DI YOUTUBE›


Google AdMob

AdMob merupakan kependekan dari advertising on mobile. Jenis iklan Google ads ini dapat membantu Anda mempromosikan produk lewat aplikasi seluler. Dengan Google AdMob, banner iklan Anda akan muncul di aplikasi seluler yang digunakan pengguna.

Google AdMob bersifat multiplatform. Artinya, mendukung berbagai sistem seperti Android, WebOS, iOS, dan Windows Phone.

Salah satu fitur penting Google AdMob adalah Open Bidding. Anda dapat melakukan penawaran harga klik iklan dengan mudah. Jadi, Anda bisa mendapatkan harga yang sesuai budget Anda.

Untuk menggunakan Google AdMob, memang perlu langkah teknis dibanding jenis iklan lainnya. Namun, selama mengikuti panduan, Anda dapat melakukannya dengan mudah.

BACA FITUR UNGGULAN DAN TUTORIAL MENGGUNAKAN GOOGLE ADMOB›

Jenis Iklan Google Ads Mana yang Anda Pilih?

Google memiliki layanan iklan sesuai fungsi dan lokasi di mana iklan ditayangkan. Ada banyak jenis iklan Google Ads yang bisa digunakan untuk menunjang upaya promosi produk Anda.

Jenis iklan Google Ads pun menawarkan berbagai format sesuai dengan tujuan Anda. Mulai dari sekedar membangun brand awareness hingga meningkatkan penjualan. Apapun bisnis Anda, Google ads menawarkan jenis iklan sesuai anggaran yang tersedia.

Singkatnya, banyak kemudahan yang ditawarkan Google Ads sebagai upaya promosi dengan mudah.

Jadi tunggu apa lagi? Siap beriklan di Google? Pilih dahulu jenis iklan Google ads yang terbaik untuk kesuksesan bisnis Anda. Semoga sukses!

Putri Aprilia

an SEO Content Writer at Niagahoster. Enjoy her articles about online business, web, and other technology-related issued.

Share
Published by
Putri Aprilia

Recent Posts

14+ Ide Konten TikTok untuk Promosi Bisnis

Ide konten TikTok check~ Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana orang-orang bisa membuat konten TikTok yang menarik? Dance viral, voiceover, duet with…

24 hours ago

Customer Success Agent: Layani Pelanggan Sepenuh Hati Walau Diterpa Pandemi

Sejak munculnya COVID-19, hampir semua lini pekerjaan menghadapi tantangan. Terutama setelah adanya anjuran untuk bekerja dari rumah. Ada yang mampu…

2 days ago

13+ CMS Laravel Terbaik Untuk Developer!

Laravel merupakan salah satu framework PHP yang populer. Dengan framework ini pekerjaan developer dalam mengembangkan website jadi lebih mudah. Bahkan,…

2 days ago

11+ Website Inspirasi Footer Design Terbaik (2021)

Tahukah Anda bahwa footer design termasuk bagian website yang mendapat perhatian paling banyak oleh pengunjung? Ketika membuka website, memang header…

3 days ago

Cara Menambahkan Custom Pagination WordPress Tanpa Ribet!

Anda sedang mencari cara menambahkan fitur pagination WordPress? Wah, Anda sudah menemukan artikel yang tepat nih! Kali ini kami akan…

4 days ago

Cara Membuat Blog dengan Laravel untuk Pemula (Terlengkap!)

Laravel merupakan salah satu framework terbaik untuk membuat blog. Dengan framework gratis ini, Anda bisa lebih mudah mengembangkan blog dengan…

5 days ago