Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

Cara Mengatasi Internal Server Error 732

3 min read

Cara Mengatasi Internal Server Error 732

Website Anda tiba-tiba tak dapat diakses dan muncul notifikasi internal server error 732? Setelah mengecek status kondisi server, ternyata server dalam keadaan normal. Lalu, sebenarnya apa dan mengapa error tersebut bisa terjadi? 

Tenang, Anda akan temukan jawabannya di artikel ini. Kami juga akan menjelaskan cara mengatasi internal server error 732 supaya website Anda bisa normal kembali. Penasaran, kan? Yuk simak pembahasannya berikut ini! 

Apa itu Internal Server Error 732? 

Internal Server Error 732

Internal server error 732 adalah error yang terjadi akibat adanya masalah pada ISP (internet Service Provider) atau provider internet Anda. Error tersebut pun sebenarnya tak ada hubungannya dari sisi server website. Sebab, secara umum, kode HTTP error untuk internal server error adalah 500, bukan 732.  

Masalah provider internet ini bisa disebabkan oleh adanya gangguan pada provider, pengaturan jaringan yang kurang sesuai, atau pemblokiran akses ke server tertentu. 

Lalu bagaimana cara mengatasi error tersebut? Anda tak perlu terlalu khawatir, sebab kami akan membahasnya pada bab berikut. 

Baca juga: Cara Mengatasi Website Tidak Bisa Diakses

Cara Mengatasi Internal Server Error 732 

Berikut ini cara mengatasi internal server error 732 yang bisa Anda coba! 

1. Merefresh Berulang Kali 

Cara Mengatasi Internal Server Error 732 dengan Merefresh Beberapa Kali

Jika Anda mendapati notifikasi internal server error 732, langkah pertama yang bisa Anda coba lakukan adalah merefresh halaman beberapa kali. 

Sebab, kemungkinan koneksi jaringan internet provider Anda sedang error untuk sementara waktu. Sehingga ketika direfresh dan menunggu beberapa saat, website bisa diakses normal kembali.  

2. Merestart Koneksi Internet 

Cara Mengatasi Internal Server Error 732 dengan Merestart Koneksi Internet

Cara lainnya untuk mengatasi internal server error 732 ialah merestart koneksi internet Anda. Langkah ini dilakukan untuk membuat koneksi internet lebih stabil.  

Semisal Anda menggunakan modem, silakan restart modem terlebih dulu. Kalau Anda menggunakan koneksi wifi atau internet seluler, Anda bisa disconnect lalu connect kembali ke jaringan tersebut. 

3. Menggunakan DNS Eksternal

Terkadang provider internet tidak menyediakan DNS (domain name server) yang cepat. Sehingga koneksi internet menjadi lambat dan bisa jadi salah satu penyebab terjadinya internal server error 732. 

Untuk itu, menggunakan layanan eksternal DNS adalah opsi yang bisa Anda lakukan. Misalnya menggunakan DNS Google atau open DNS. 

Berikut ini cara mengubah DNS di Windows: 

  1. Klik kanan icon jaringan pada toolbar, lalu pilih Open the Network and Sharing Center  
  2. Pilih Change Adapter Settings 
  3. Klik kanan pada koneksi yang ingin diubah DNS servernya, lalu klik Properties
Cara Setting DNS Eksternal di Windows
  1. Setelah muncul tab Properties, pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), lalu klik Properties
  2. Pada section Use the Following DNS Server Addresses masukkan IP DNS Google, yaitu 8.8.8.8 dan 8.8.4.4
Mengganti DNS ISP dengan DNS Google

Setelah itu coba akses kembali website Anda. Bagaimana? Apakah cara ini menyelesaikan masalah Anda? 

4. Memakai Koneksi VPN Sementara

Memakai Koneksi VPN Sementara

Internal server error 732 bisa terjadi akibat provider internet Anda memblokir akses ke server luar negeri. Jadi, jika server website Anda menggunakan server luar negeri, error tersebut dapat terjadi. 

Nah, solusinya Anda bisa coba pakai koneksi VPN (virtual private network) untuk sementara waktu. VPN merupakan layanan koneksi yang dilakukan dengan mengubah jalur koneksi server.  Sederhananya, koneksi VPN itu seperti mengakses internet menggunakan jalan khusus, bukan jaringan utamanya. 

Dengan VPN, Anda bisa menggunakan jaringan internet negara tertentu untuk mengakses server luar negeri. 

Untuk menggunakan VPN, Anda bisa install aplikasi VPN terlebih dulu. Ada banyak aplikasi VPN untuk PC yang bisa Anda pakai, misalnya Tunnelbear VPN, Psiphon, Hide.me, dan lainnya. 

Nah, setelah menggunakan VPN, apakah masalah Anda telah teratasi? Jika telah teratasi, artinya, provider internet Anda memang memblokir akses server ke luar negeri.  Jika belum, Anda perlu mengecek apakah ada kendala pada server hosting Anda. 

5. Menghubungi Tim Support Penyedia Hosting

Menghubungi Tim Support Penyedia Hosting

Untuk memastikan dan mengecek apakah terdapat kendala pada server website, Anda bisa menghubungi customer service layanan penyedia hosting Anda. 

Biasanya layanan support hosting terpercaya, seperti Niagahoster menyediakan support 24 jam, baik lewat chat, email, dan telpon. 

Mereka akan membantu Anda menyelesaikan masalah pada website Anda. Jika terdapat error pada server website, mereka tentu dapat mengatasi masalah tersebut. Namun, jika kendala tak berhubungan dengan server, Anda perlu mendapatkan bantuan dari provider internet Anda.  

Baca juga: Customer Success Agent: Layani Pelanggan Sepenuh Hati 

6. Menghubungi Provider Internet  

Menghubungi Customer Service Provider Internet

Jika semua langkah tadi belum juga mengatasi error, cobalah menghubungi provider internet yang Anda pakai. 

Anda bisa menghubungi layanan bantuan yang tersedia. Indihome misalnya menyediakan layanan chatting, call center, dan email. 

Kemudian jelaskan bahwa website tidak dapat diakses menggunakan provider internet yang Anda pakai. Dengan begitu, provider internet Anda bisa memberikan solusi yang tepat. 

Baca juga: 10+ Cara Cek Website Down atau Tidak dengan Mudah [Terlengkap]

Segera Atasi Internal Server Error 732 dengan Tepat!

Internal server error 732 adalah error yang disebabkan oleh ISP atau provider internet Anda. Error tersebut bukanlah error dari sisi server website Anda. 

Error bisa terjadi akibat adanya gangguan jaringan ISP, pengaturan jaringan, hingga pemblokiran akses ke server tertentu.  

Nah, untuk cara mengatasinya, Anda bisa mencoba langkah-langkah yang telah disebutkan di atas: 

  1. Merefresh halaman berulang kali 
  2. Merestart koneksi internet 
  3. Menggunakan DNS eksternal 
  4. Memakai koneksi VPN sementara waktu 
  5. Menghubungi support layanan penyedia hosting
  6. Menghubungi provider internet 

Segera atasi internal server error 732 supaya website Anda bisa diakses kembali. Oya, semisal Anda mengalami error website lainnya, Anda bisa temukan cara mengatasinya di artikel berikut → 40+ Error WordPress dan Cara Mengatasinya 

Semoga tutorial tadi dapat membantu menyelesaikan kendala error yang Anda alami. 

Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.